5 Cara Menenangkan Perempuan yang Menangis Ini Harus Kamu Lakukan

kisah cinta sejati

Cewekmu lagi menangis, kamu nggak usah bingung untuk menghadapinya. Ada 5 cara menenangkan perempuan yang menangis. Yang perlu kamu perhatikan jangan pernah katakan kata-kata ini, “Sudahlah lupakan saja”, “Nggak seburuk itu masalahnya”

“Itu bisa saja lebih buruk dari ini”, “Aku mengerti perasaanmu”, “Tolong jangan menangis”, “Kamu lagi datang bulan ya”, atau “Reaksi kamu terlalu berlebihan”

Kamu perlu pahami, perempuan cenderung lebih emosional dalam menghadapi masalah daripada laki-laki. Masalah yang benar-benar membuatnya jadi stres perempuan bisa menangis, meski masalah itu terlihat sepele atau kecil menurut laki-laki.

Perempuan menangis tiga hingga lima kali sebulan, atau 30 hingga 64 kali setahun. Dua hingga lima kali lebih sering dibandingkan laki-laki. Tingginya hormon prolaktin pada perempuan sekitar 60% dibandingkan laki-laki menyebabkan perempuan lebih sering menangis.

Hormon prolaktin ini juga merangsang keluarnya ASI pada ibu usai melahirkan, sedangkan hormon testosteron yang tinggi pada laki-laki menyebabkan mereka nggak mudah untuk menangis. Back to point, ketika perempuan lagi menangis. Laki-laki terkadang melakukan kesalahan untuk memahaminya.

Nggak jarang, masalah ini laki-laki sering dituduh “Nggak Peka” oleh perempuan. Jadi, sebelum kamu menyalahkan dia nggak peka terhadap perasaanmu. Pahami dulu dari sudut pandang laki-laki. Menurut laki-laki ketika perempuan lagi menangis. Laki-laki langsung berpikir “Apa yang menyebabkannya menangis?” atau “mengapa dia menangis?”

Baca juga

1 dari 5 cara menenangkan perempuan yang menangis. Jangan langsung cari penyebabnya atau berbentuk pertanyaan, tapi berikan waktu untuk dia menangis dulu

5 Cara Menenangkan Perempuan yang Menangis Ini Harus Kamu Lakukan
5 cara menenangkan perempuan yang menangis (image: pixabay.com)

Laki-laki sebagai makhluk logika akan langsung mencari alasan kenapa perempuan menangis, “Apa sih yang membuat dia menangis.” Nggak jarang, sikap kamu yang sebenarnya ingin membantu perempuanmu. Yang ada jadi salah tingkah atau merasa bersalah karena kamu nggak mampu membantu masalah dia.

Ujung-ujungnya kamu jadi bingung kok dia nggak berhenti menangis. Kamu lakukan ini salah, lakukan itu juga salah. Kok nggak ada yang berhasil. Ini disebabkan kamu salah identifikasikan penyebab yang membuat dia menangis.

Gunakan tahap demi tahap lima cara menenangkan perempuan yang menangis

1. Jangan menanggapi dengan logikamu dulu

Yang harus kamu lakukan berusaha tenang dengan cara diam sejenak dulu. Kamu jangan menanggapi dia dengan logikamu dulu, “Apa yang menyebabkan dia menangis” itu sebaiknya hindari dulu itu. Bersabarlah dan berikan pundakmu sebagai tempat dia untuk mencurahkan air mata.

Biarkan saja dulu, berikan sedikit waktu untuk dia mengeluarkan semua emosi dan perasaannya. Stop bertanya alasan dia menangis itu apa. Berikan dia waktu untuk mencari ketenangan dalam pelukan perhatianmu. Bila dia sudah selesai menangis, maka kamu bisa masuk pelan-pelan dengan bertanya “Kamu masih sedih?”

2. Jangan kamu menasihatinya dulu

Ini penting kamu perhatikan saat dia lagi menangis jangan menasihatinya dulu. Apalagi kamu nggak tahu apa yang menjadi penyebab dia menangis. Ketika melihat perempuan menangis secara otomatis laki-laki muncul keinginan untuk menghiburnya (menenangkan).

Mulai dari menemani, melawak, hingga memberi nasihat yang intensif/mendalam. Perempuan yang lagi menangis lebih sensitif perasaannya. Kalau kamu salah memberi respon perkataan atau tindakan. Kamu bukan malah menenangkannya, tapi bisa menyakiti perasaannya.

Ujung-ujungnya kamu dan dia bisa bertengkar, meski niatmu baik ingin membantunya. Jadi, kalau kamu ingin memberikan nasihat sama dia. Tahan dulu hingga dia selesai menangis, lalu kamu bisa bertanya sama dia “Kamu masih sedih?” agar nggak terjadi kesalahpahaman.

Baca juga

3. Tunjukkan sikap empatimu ke dia 

Ini menunjukkan kamu mengerti apa yang dia rasakan. Gimana caranya? Kamu bisa mendengarkan seluruh ceritanya tanpa memotong ceritanya ini untuk membuat perasaannya jadi lega dan nyaman. Empatimu menunjukkan kamu membiarkan dia terbuka dan berbicara banyak apa yang menjadi permasalahannya (kamu mau mendengarkan dia).

Cara ini membuat kamu bisa memahami secara jelas bukan menduga-duga apa masalah yang dia sedang hadapi. Hingga kamu bisa menyikapi dengan tepat apa yang membuatnya menangis. Efeknya dia tahu kamu peduli terhadap perasaannya dengan mendengarkan apa masalahnya. Kamu berempati menempatkan diri sesuai tempatnya (kamu bisa memahami seandainya kamu berada pada posisinya).

4. Stop gunakan kata tanya “Kenapa” atau “Mengapa”

Kamu harus berhenti gunakan kata tanya “Kenapa” atau “Mengapa” untuk mencari jawaban kenapa dia menangis. Perempuan lagi menangis mendengar bentuk kalimat pertanyaan dari kamu, ibaratnya dia seperti dikritik sama kamu ketika suasana hatinya lagi sedih/terluka.

Kalimat pertanyaan itu bisa membuatnya tersinggung dan bukan jawaban yang akan kamu terima, tapi omelan. Bahkan, dia bisa menjauhimu daripada menceritakan masalahnya. Nggak jarang, dia akan mengatakan kamu nggak peka terhadap perasaannya. Serba repot ya, meski niatmu ingin membantunya.

Kalau kamu ingin membuatnya bercerita masalahnya, maka ubahlah bentuk pertanyaanmu “Kenapa” atau “Mengapa” jadi pertanyaan berbentuk pernyataan. Contohnya, “Apa yang membuatmu gelisah?”, “Ceritakan apa yang terjadi?” atau “Apa yang membuatmu gelisah?”

Tiga contoh itu bisa membuat dia jadi lebih terbuka sama kamu untuk menceritakan masalahnya. Bahkan, dia akan menyadari nggak ada alasan lagi untuk dirinya berlama-lama bersedih. Apalagi kalau kamu gunakan kalimat ini, “Apa ada hal buruk yang akan terjadi setelah ini?”

Kalimat itu secara tidak langsung memberikan pesan sama dia. Ada orang lain yang tertimpa masalah lebih buruk dibandingkan dia, tapi orang itu masih tetap bertahan dan berjuang. Kalimat ini untuk membuatnya berhenti menyalahkan diri sendiri.

5. Berikan sentuhan fisik yang menenangkan

Jika kamu sudah berusaha menenangkan dia lewat kata-kata empati, tapi nggak kunjung berhenti menangis. Kamu bisa memberikan sentuhan fisik yang menenangkan untuk membuat dia berhenti menangis. Contohnya, kamu bisa pegang kedua tangannya, berikan pelukan hangat, atau berikan pundakmu untuk dia bersandar sebentar.

Mungkin kamu berpikir cara ini seperti yang ada di film/drama romantis. Jangan salah cara ini dapat memberikan dia ketenangan dan mengurangi kegelisahan. Ketika dia sudah selesai menangis, maka kamu bisa mengajaknya bicara empat mata untuk membicarakan apa masalah yang sedang dia hadapi.

Kesimpulan 5 cara menenangkan perempuan yang menangis

5 Cara Menenangkan Perempuan yang Menangis Ini Harus Kamu Lakukan
5 cara menenangkan perempuan yang menangis (image: pixabay.com)

Untuk menghadapi perempuan yang lagi menangis. Jangan langsung kamu cari tahu apa alasan yang membuat dia menangis. Ini juga termasuk pertanyaan “Mengapa” atau “Kenapa” karena itu akan membuatnya jadi kesal dengan mengatakan kamu nggak peka.

Cara terbaiknya dengan memberikan waktu untuk dia menangis dulu. Ketika dia sudah reda, kamu bisa bertanya “kamu masih sedih?”dan hindari langsung berikan nasihat dulu. Apalagi kamu nggak begitu tahu apa masalah yang sesungguhnya.

Untuk membuat perempuan mau menceritakan apa masalahnya. Kamu bisa menempatkan diri dengan mendengarkan seluruh ceritanya tanpa memotong pembicaraannya. Bila kata-kata empati nggak dapat membuatnya berhenti menangis. Pegang kedua tangannya dapat mengurangi kegelisahan pada dirinya.

Semoga artikel ini bisa membuat kamu menghadapi dia yang lagi menangis. Terima kasih yang sudah membaca artikel ini sampai selesai. Tinggalkan komentarmu apabila masih ada yang kurang dimengerti.

Jangan lupa follow Instagram @ruang cinta berfokus membangun cinta berkualitas, ekspektasi yang realistis, dan mindset yang sehat + Persoalan toxic relationship, broken relationship, premarital, dan bad marriages.

Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor langsung ke menu layanan curhat. Pastikan kamu subscribe dengan menyalakan notifikasi agar nggak ketinggalan update terbaru dari KCS Academy.



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *