Saat Bertengkar Ucapkan 12 Kalimat Ini Bikin Hubunganmu Bisa Hancur

kisah cinta sejati
Hebat, pagi ini kamu sudah bangun dan siap menjemput mentari pagi dengan secangkir kopi semangat. Selamat pagi kawan

Saat bertengkar ucapkan 12 kalimat yang mengandung pesan “menyerang pribadinya” atau “menyalahkan dia” bisa bikin hubunganmu jadi rusak, bahkan berujung petaka. Jika kamu menginginkan hubungannya langgeng dan tidak berujung petaka.

Belajarlah untuk tidak mengucapkan 12 kalimat yang ada di bawah saat bertengkar dengan dia.

Saat Bertengkar Ucapkan 12 Kalimat Ini Bikin Hubunganmu Bisa Hancur

“Kamu tuh nggak pernah ngertiin aku!”
“Selalu kayak gini, kapan sih kamu bisa ngertiin aku?”

Jika hubunganmu mau langgeng dan tidak berujung petaka, maka belajarlah untuk tidak mengucapkan dua kalimat di atas. Kenapa? Kalimat itu mengandung pesan kamu menyerang kelemahan dia.

Kamu seperti mengkritik dia secara berlebihan. Kata “Nggak pernah” atau “Selalu” mengandung pesan seperti kamu “menghakimi” dia dengan mengatakan kepribadiannya itu selalu buruk atau tidak pernah selalu benar.

Pesan itu yang ditangkap oleh dia. Kamu seperti menyudutkan atau menyalahkan dia. Lama-lama itu membuatnya jadi nggak nyaman dan efeknya bisa terjadi pertengkaran hebat.

Saat Bertengkar Ucapkan 12 Kalimat Ini Bikin Hubunganmu Bisa Hancur

“Pokoknya ini semua salah kamu!”
“Ini semua gara-gara kamu. Kalau bukan kamu nggak akan kayak gini!”
“Kamu emang nggak bisa berubah. Nggak akan bisa!”
“Emang selalu aku yang salah. Kamu nggak pernah salah”

Saat kamu bertengkar dengan dia sering mengucapkan empat kalimat di atas, artinya kamu lagi bersikap defensif. Kok bisa defensif? ya, kamu lagi meluapkan emosimu lewat cara dengan mengeluh.

Kamu sedang mencari alasan pembenaran untuk bisa menyalahkan dia. Apabila kamu melakukan kesalahan, maka akui itu kesalahanmu. Kamu mengakui kesalahanmu menunjukkan dirimu bukanlah orang yang egois ke dia.

Pahami ya, saat bertengkar jangan sampai keluhanmu menjadi alasan pembenaran untuk menyalahkan dia. Kamu menghindari empat kalimat di atas saat bertengkar untuk hubungan cinta yang sehat dan hidup lebih bahagia.

Baca juga cara komunikasi yang baik dan benar agar terhindar dari pertengkaran

Saat Bertengkar Ucapkan 12 Kalimat Ini Bikin Hubunganmu Bisa Hancur

“Aku lagi serius. Kamu malah asyik main game!”
“Nggak pernah ada mantanku yang seburuk kamu!”
“Makanya cari duit yang banyak. Biar nggak kayak gini jadinya!”
“Dasar cowok lemah. Gitu aja nggak bisa!”

Saat kamu bertengkar dengan dia jangan mengucapkan empat kalimat di atas. Kenapa? Kalimat tersebut mengandung pesan kamu merendahkan, atau menghina dia lewat kata-kata kasar yang bisa melukai hatinya.

Pahami ya, walau posisimu benar karena dia tidak mau mendengarkan keluh kesahmu, atau dia tidak pernah mempedulikan kamu saat berbicara. Tapi sampaikan keluhanmu itu menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

Perilaku tidak mau mendengarkan keluhan pasangan, tidak mau mendengarkan secara seksama saat pasangan berbicara, atau menghina pasangan dengan kata-kata kasar.

Semua itu sudah termasuk kategori merendahkan pasangan. Ini juga faktor paling dominan hancurnya hubungan cinta. Apa pun keluhanmu belajarlah menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

Jika kamu punya kebiasaan tidak peduli saat pasangan berkeluh kesah atau berbicara. Segera ubah kebiasaanmu itu dengan belajar mulai detik ini mendengarkan keluhan pasanganmu.

Kamu mau belajar mendengarkan keluhan pasangan, terutama saat bertengkar itu artinya kamu ada niat dan usaha untuk memiliki hubungan cinta yang sehat.

Saat Bertengkar Ucapkan 12 Kalimat Ini Bikin Hubunganmu Bisa Hancur

“Dengar nggak sih aku ngomong apa?”
“Kamu nggak pernah dengerin aku ngomong!”

Munculnya dua kalimat di atas, berawal dari kurangnya komunikasi yang baik dan sehat antara kamu dan dia. Ketika kamu sedang berbicara atau berkeluh kesah, tapi sikapnya seperti mengacuhkan atau berpura-pura nggak mendengar.

Inilah membuatmu marah karena dia mengacuhkanmu. Dia tidak memberikan respon atas keluhanmu. Dia tidak mendengarkan secara seksama apa yang sedang kamu bicarakan.

Yuk, belajar gunakan bahasa yang baik dan sopan agar dia mau mendengarkan keluhanmu. Sedangkan, kamu yang malas mendengarkan keluhannya. Belajarlah membiasakan diri untuk fokus mendengarkan dia yang sedang berkeluh kesah.

Kamu belajar mendengarkannya, artinya ini sebagai bentuk apresiasi kamu untuk dirinya yang mau mendengarkan keluhannya. Kamu pasti nggak suka kan saat kamu berbicara dia ogah-ogahan mendengarkanmu. Seperti itu rasanya, jadi pahami perasaan itu.

Kesimpulan saat bertengkar ucapkan 12 kalimat ini bikin hubunganmu bisa hancur

Lewat konflik yang terjadi kamu dan dia bisa saling mengenal seperti apa karakter pasangan yang sebenarnya. Apa dia orangnya meluapkan amarah secara berlebihan? Apa dia cenderung memilih diam saja? Apa dia bisa tenang saat bertengkar?

Ini penting buat kalian yang menginginkan hubungannya dibawa ke jenjang pernikahan. Belajarlah untuk mendengarkan, mengamati, dan memberikan nasihat yang baik untuk kemajuan hubungan kalian di masa depan.

Terima kasih bagi kamu yang sudah membaca artikel ini sampai selesai. Tinggalkan komentar di bawah kalau masih ada yang kurang dimengerti. Oh ya, jangan lupa follow @ruang cinta di Instagram kalau belum.

Mau curhat? Kamu menginginkan solusi yang lebih profesional bisa masuk ke menu layanan curhat untuk berkonsultasi dengan konselor kami. Pastikan kamu sudah subscribe biar nggak ketinggalan insight dan update-an terbaru tiap bulannya.


Free Access Seputar Love & Relationship
Cara jadi pribadi berkualitas lewat building pesona, meningkatkan skill mengobrol, mengendalikan egomu, cara agar cowok bucin sama kamu, sampai kriteria pasangan ideal versi kamu lewat mr right check list. Daftarkan email kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *