Melek Cinta / Emosi Cinta / 3 Cara Sehat Move On Ditinggal Nikah Mantan (Pacaran Lama)

3 Cara Sehat Move On Ditinggal Nikah Mantan (Pacaran Lama)

melek cinta tempatnya belajar cinta dan insight romantis keintiman - blog edukasi cinta

3 cara sehat move on ditinggal nikah mantan pacar, apalagi kamu yang sudah lama pacaran. Sudah pasti nyesek rasanya, kamu sudah banyak berkorban dalam hubungan itu. It’s oke untuk bersedih, pelan-pelan saja untuk move on.

“Ada yang sudah bertunangan masih bisa gagal dan tidak jadi menikah. Apalagi pacaran bertahun-tahun tidak bisa menjamin hubungan akan berakhir di pelaminan”

Cara cepat move on yang sehat usai ditinggal nikah sama pacar, pahami meski pacaran bertahun-tahun. Ketika pacarmu bukan ditakdirkan oleh Tuhan, maka kalian bisa putus di tengah jalan. Menurut Tuhan, mantan pacarmu bukanlah pasangan yang baik untuk kamu.

Tuhan menetapkan sesuatu bukan berdasarkan keinginanmu, tapi apa yang kamu butuhkan untuk kehidupan pernikahanmu. Tuhan lagi mempersiapkan pasangan yang terbaik buat kamu. Jadi, yang harus kamu lakukan agar Tuhan segera mengirimkan jodoh terbaikmu:

  • Belajar berdamai dengan kuatkan hati dan pikiranmu,
  • Stop menyalahkan orang yang dipilih mantan sudah merusak kebahagiaanmu,
  • Jangan jadi orang jahat yang suka mempermainkan perasaan orang karena dulu pernah dikecewakan oleh mantan,
  • Tidak perlu datang ke pernikahan mantan bila tidak diundang, atau kamu masih menyimpan kesedihan maupun kekecewaan,
  • Percaya dan yakin akan hadir pengganti mantan, jadi tetap tingkatkan kualitas hidupmu dengan melakukan kegiatan produktif daripada berlarut-larut dalam kesedihan.

Untuk move on yang sehat bukan sekadarΒ menyangkut soal kesabaran dan keikhlasan kamu untuk menerima takdir Tuhan, tapi seberapa jauh kamu percaya dan yakin sama Tuhan.

Baca juga:

Yang suka nonton video, kamu bisa play video 3 cara sehat move on ditinggal nikah mantan pacar di bawah


3 cara sehat move on ditinggal nikah mantan pacar: kuatkan hatimu, jangan jadi orang jahat, dan tetap tingkatkan kualitas hidupmu

3 cara sehat move on menikah

Yang pertama, jangan menyalahkan siapa pun

Agar kamu cepat move on untuk menguatkan hatimu, belajarlah untuk tidak menyalahkan mantan atau orang lain yang dipilih oleh mantan. Ini termasuk, jangan menyalahkan dirimu sendiri. Jika kamu belum bisa berdamai sama dirimu sendiri, alias kamu masih suka menyalahkan orang lain.

Kamu akan terus menyalahkan orang itu yang dipilih oleh mantan kamu dia sudah merusak kebahagiaanmu. Jadi apa pun penyebabnya, jangan jadi orang jahat itu akan membuatmu terlihat tidak dewasa. Ini semakin memperjelas alasan mantan kalau putus dari kamu itu keputusan yang tepat.

Belajarlah untuk ikhlas menerimanya, belajarlah untuk tidak menyalahkan siapa pun, dan belajarlah untuk menerima apa yang sudah ditakdirkan oleh Tuhan. Jadikan semua ini sebagai pembelajaran hidup yang berharga untuk membuatmu jadi lebih baik. Tetap tingkatkan kualitas hidupmu agar Tuhan mengirimkan pasangan yang cocok sesuai kebutuhanmu.

3 cara sehat move on menikah

Yang kedua, tidak perlu datang ke acara pernikahan mantan

Jika kamu masih menyimpan kesedihan, atau masih ada rasa kecewa sama mantan. Apalagi kalian berpisah dengan cara tidak baik-baik. Alih-alih ingin tunjukkan kalau kamu sudah bisa move on dari mantan, atau ingin terlihat dewasa dengan datang ke acara pernikahan mantan itu malah membuat egomu jadi lebih terluka.

Sebenarnya tidak apa-apa kamu datang ke acara pernikahan mantan, asalkan kamu diundang oleh mantan. Kamu juga tidak lagi menyimpan kesedihan, amarah, rasa kecewa, atau kebencian sama mantan.

Kalau kamu masih belum sanggup tidak perlu paksakan diri untuk datang ke acara pernikahan mantan. Alih-alih ingin tampil keren di depan mantan itu malah membuatmu jadi susah untuk move on. Jadi cobalah untuk lebih jujur pada dirimu sendiri.

Baca juga:

3 cara sehat move on menikah

Yang ketiga, percaya dan yakin akan hadir pengganti mantan yang lebih baik

Yang ketiga ini ada kaitannya dengan tips pertama di atas, ini menyangkut soal kesabaran dan keikhlasan kamu untuk menerima takdir Tuhan. Kesabaran dan keikhlasan yang membutuhkan kepercayaan dan keyakinan dari kamu.

  • Seberapa jauh kamu percaya dan yakin sama Tuhan?
  • Apakah kamu tetap jadi pribadi yang baik saat tahu mantan menikah dengan orang lain?
  • Apakah kamu bisa belajar berdamai sama dirimu dengan tidak menyalahkan orang lain yang dipilih oleh mantan. Yang kamu anggap dia sudah merusak kebahagiaanmu?
  • Apakah kamu tidak berubah jadi pribadi yang suka mempermainkan perasaan orang karena dulu pernah dikecewakan oleh mantan?

Ada yang sudah bertunangan masih bisa gagal dan tidak jadi nikah. Apalagi yang pacaran bertahun-tahun tidak bisa menjamin hubungan akan berakhir di pelaminan.

Saran dari melek cinta, cobalah berpikir positif dengan tetap tingkatkan kualitas hidupmu. Carilah kegiatan yang bisa membuatmu produktif itu cara terbaik untuk melupakan rasa sakit dan luka yang kamu rasakan saat iniΒ daripada berlarut-larut dalam kesedihan.

Yang ada kamu malah membuat jodohmu semakin jauh. Percayalah kehidupan terus berjalan dan selalu berputar. Saat ini kamu merasakan kesedihan, tapi akan tiba waktunya. Kamu akan menemukan kebahagiaanmu, sosok pasangan yang lebih baik untuk kehidupan pernikahanmu.

Semoga artikel ini bisa menambah insight kamu. Terima kasih sudah membaca 3 cara sehat move on ditinggal nikah mantan. Suka postingan ini? Kamu bisa sharing ke teman-temanmu supaya mereka dapat value yang sama.

Sampai jumpa di artikel berikutnya. Ikuti update terkini yang dipersonalisasi dari melek cinta di Google News.Β Pantau terus Youtube Melek Cinta, Instagram Ruang Cinta, dan Facebook Melek Romansa untuk update terkini seputar literasi pasangan.

Yang ingin curhat menginginkan solusi profesional “bukan bersifat konseling” dengan konselor via chat bisa langsung ke curhat konselor. Pastikan kamu subscribe mingguan biar tidak ketinggalan update terkini soal relasi cinta.

Tinggalkan komentarmu, atau kamu punya pengalaman yang sama bisa berbagi sama kami. Bisa jadi kita semua bisa belajar dari pengalaman kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top