Melek Cinta - Bebas Drama - Hubungan Beda Agama Saat Pilihan Menikah Itu Muncul (Ribet)

Hubungan Beda Agama Saat Pilihan Menikah Itu Muncul (Ribet)

melek cinta tempatnya belajar cinta gratis
Perkaya wawasan kamu semua hal tentang keintiman dalam hubungan romantis, termasuk isu bercinta. Follow Google News Melek Cinta

Masalah hubungan beda agama saat pilihan menikah itu muncul. Keputusan antara memilih dia atau memaksa dia mengkhianati Tuhannya dengan cara pindah agama. Ingat, Al Baqarah ayat 221 dan UU Perkawinan agar pernikahan kalian bahagia dan langgeng.

Tidak ingin baca artikel ini? Tonton video ribetnya hubungan beda agama saat pilihan menikah itu muncul

Untuk kamu yang sedang menjalani pacaran beda agama jangan terlalu berfokus pada euforia cinta. Bahwa cinta dapat mengatasi segala perbedaan, termasuk perbedaan keyakinan. Ingat, kamu tidak bisa mengabaikan konsekuensi pilihan untuk menikah itu datang. Apa contohnya?

  • Restu orang tua.
  • Kehidupan setelah pernikahan.
  • Masalah keyakinan terhadap anak.
  • Indonesia tidak mengatur perkawinan beda agama.

Baca juga: Pacaran Banyak Drama Efeknya Bisa Salah Pilih Suami

Pahami hukum pernikahan untuk hubungan beda agama (Al Baqarah ayat 221 dan UU Perkawinan)

hubungan beda agama - melek cinta tempatnya belajar cinta gratis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hubungan beda agama dapat menimbulkan konflik dalam hubungan. Salah satunya hukum pernikahan beda agama. Menurut ajaran Islam baik itu pria maupun wanita tidak boleh menikahi pasangan tidak beragama Islam (Al Baqarah ayat 221).

Lalu Pasal 40 huruf c Kompilasi Hukum Islam menyebutkan pria muslim tidak boleh menikahi wanita tidak beragama Islam, sedangkan Pasal 44 Kompilasi Hukum Islam juga menyebutkan wanita muslim tidak boleh menikahi pria tidak beragama Islam.

Selain itu juga, Fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2005 lihat halaman 477 menyebutkan perkawinan beda agama adalah haram dan tidak sah. Dengan kata lain, menikah beda agama secara syariat itu tidak sah.

Sejarahnya perkawinan beda agama dapat dicatatkan di kantor catatan sipil berdasarkan Putusan MA No. 1400K/PDT/1986 menyatakan pengajuan pencatatan pernikahan di kantor catatan sipil telah memilih perkawinannya tidak dilangsungkan menurut agama Islam.

Kasus ini bermula dari wanita beragama Islam dengan pria beragama Kristen Protestan yang hendak mencatatkan perkawinannya. Sang wanita tidak lagi menghiraukan status agamanya (Islam), maka kantor catatan sipil harus mencatatkan sebagai perkawinan beda agama (non Islam).

Tapi setelah diterbitkan SE Ketua MA Nomor 2 Tahun 2023 tentang petunjuk bagi hakim dalam mengadili perkara permohonan pencatatan perkawinan beda agama harus berpedoman pada ketentuan:

  • Perkawinan sah dilakukan sesuai Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 8 huruf f UU Perkawinan.
  • Pengadilan tidak mengabulkan permohonan pencatatan perkawinan beda agama.

Baca juga: Istri Kabur Bareng Mantan, Suami Bisa Ajukan Pembatalan Nikah

Selain hukum perkawinan, perhatikan dampak kehidupan habis menikah dan masalah keyakinan terhadap anak

hubungan beda agama - melek cinta tempatnya belajar cinta gratis

Buat kamu sedang menjalani hubungan beda agama, perhatikan juga kehidupan setelah pernikahan. Ingat, meski sudah menikah dan sah bukan berarti masalah berhenti datang.

Apakah pasangan mau kembali ke agamanya habis menikah atau tetap satu agama?

Ingat urusan iman tidak bisa dimainkan, kenapa? Fondasi pernikahan harus dibangun dengan landasan iman yang kuat. Fondasi ini menyangkut juga masalah keyakinan terhadap anak di kemudian hari.

Apakah anak mau ikut ayah atau ibunya?

Belum lagi masalah orang tua yang mau cucunya mengikuti agama kakek neneknya. Ingat, proses merawat dan mendidik anak berawal dari keluarga. Apabila kamu dan dia bersikeras dengan agama masing-masing dalam mendidik anak.

Maka anak akan susah untuk memperoleh lingkungan keluarga yang harmonis. Semua itu harus siap kamu hadapi apabila memiliki perkawinan beda agama. Hubungan beda agama harus dipersiapkan secara matang sebelum sah pernikahan kalian.

Baca juga: Janji Palsu Diajak Nikah, Permainan Halus Cowok Manipulatif

Bukan sekadar cinta, wajib kalian sadari hubungan beda agama ketika pilihan menikah itu datang

hubungan beda agama - melek cinta tempatnya belajar cinta gratis

Pacaran beda agama saat pilihan menikah itu datang. Jangan pernah ada pemaksaan dari kamu agar dia pindah dari agamanya ke agama kamu dengan mengatasnamakan ikatan pernikahan.

Hubungan beda agama membutuhkan keseimbangan logika, perasaan, dan kompromi dari kalian. Meski pasangan mau pindah agama dan akhirnya kalian menikah. Tolong dipahami bukan jaminan….

  • Dua atau lima tahun lebih pernikahan, pasangan akan tetap menjalani agama yang baru itu penuh dengan keikhlasan dan kesabaran.
  • Pasangan tidak akan kembali lagi ke agamanya yang semula.
  • Pasangan jadi cocok sama kamu karena beragama yang sama.
  • Pernikahan kalian otomatis bahagia dan langgeng karena pasangan sudah pindah agama.

Ingat, kalau dari awal sudah ada pemaksaan dari salah satu pasangan untuk pindah agama agar bisa menikah. Hal itu bisa menimbulkan kerusakan pernikahan di kemudian hari.

Terima kasih sudah membaca hubungan beda agama saat pilihan menikah itu muncul. Kalau kamu rasa postingan ini bermanfaat, silakan share di media sosialmu agar teman-temanmu dapat value yang sama. Semoga kebermanfaatan ini terus berlanjut!

Insight eksklusif menawarkan materi yang berbeda dan lebih fundamental. Ini bukan tips PDKT atau pacaran, tapi ajak kamu membangun value dirimu lewat cara berpikir dan berperilaku. Kamu akan belajar relasi keintiman dalam hubungan romantis super lengkap dan GRATIS!

Materi pemberdayaan pria dan wanita ini tidak menggunakan akses sistem sekali bayar atau berlangganan bulanan. Materi ini disajikan bersifat inklusif, kritis, memberdayakan, menghibur, dan berorientasi solusi.

hubungan beda agama - melek cinta tempatnya belajar cinta gratis

Yuk tingkatkan value romantis kamu. Pilih kebutuhan kamu di Insight Romantis

  • Sistem berpikir dan berperilaku karismatik untuk laki-laki.
  • Cara menjadi pribadi yang cantik dan memesona untuk perempuan.
  • Menyamakan persepsi intimasi buat kalian yang serius (pranikah).

Insight pemberdayaan diri eksklusif ini bersifat terbatas, buruan biar tidak kehabisan kuotanya. Segera cek di insight romantis eksklusif

Yang ingin curhat masalah cinta dan menginginkan solusi profesional tanpa menghakimi. Teman curhat bareng psikolog klinis via chat bukan bersifat konseling, Untuk curhat bisa ke teman curhat

Yuk kita belajar bareng seputar relasi keintiman dalam hubungan romantis. Subscribe Youtube @Melek Cinta, Instagram @Ruang Cinta, dan Facebook @Melek Romansa. Follow juga konten yang dipersonalisasi @Google News

Apa komentarmu tentang hubungan beda agama saat pilihan menikah itu muncul? Kamu punya pengalaman yang sama bisa berbagi mungkin kita semua bisa belajar dari pengalaman kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.