Virgoun Selingkuhi Inara Rusli, Surat Pernyataan Selingkuh Rugikan Istri?

virgoun selingkuhi inara - insight romantis tempatnya belajar cinta

Masalah rumah tangga artis kembali terjadi, kabar Virgoun selingkuhi Inara Rusli menjadi sorotan publik. Lewat Instagram story, ibu tiga orang anak ini membongkar perselingkuhan suaminya dengan seorang wanita.

Inara Rusli juga membeberkan bukti-bukti perselingkuhan Virgoun, mulai dari bukti transfer uang, akun seorang wanita yang diduga selingkuhan, hingga foto surat pernyataan bermaterai yang dibuat Virgoun setelah ketahuan berselingkuh pada Agustus 2022.

virgoun selingkuhi inara - insight romantis tempatnya belajar cinta
Surat pernyataan Virgoun yang ketahuan selingkuh (image: Instagram@mommy_starla)

Isi surat pernyataan bermaterai itu mengatakan apabila mengulangi perbuatan asusila, Virgoun siap diproses secara hukum Islam sesuai Surah An Nur ayat 2 dan hukum Indonesia sesuai Pasal 284 tentang perzinaan.

Hingga menceraikan Inara Rusli dan menyerahkan hak asuh ketiga anak ke Inara. Poin lainnya, Virgoun juga menjanjikan nafkah sebesar Rp40 juta per bulan.

Suami ketahuan selingkuh, lalu istri bikin surat pernyataan bermaterai agar suami tidak mengulangi perilaku selingkuhnya. Yang jadi pertanyaan, benarkah surat pernyataan bisa melindungi atau malah merugikan istri dari pernikahan tidak sehat di masa depan?

Biar tidak gagal paham, baca dan pahami keseluruhan insightnya 

Versi video Virgoun Selingkuhi Inara Rusli, benarkah surat pernyataan pengakuan selingkuh bisa rugikan istri?

Berkaca dari kasus Virgoun selingkuhi Inara Rusli, surat pernyataan bermaterai agar suami tidak mengulangi selingkuh tidak cukup melindungi istri

Surat pernyataan pengakuan selingkuh tidak rugikan istri apabila dibuat dengan pengesahan notaris. Surat pernyataan itu punya kekuatan hukum, maka pihak yang melanggar tidak bisa mengindahkan atau menghindar dari kewajibannya.

Jika suatu hari suami mengulangi lagi perbuatan tersebut dan istri memiliki bukti yang kuat perselingkuhan suaminya. Maka istri harus melaporkan suami dan wanita selingkuhan ke kantor polisi berdasarkan surat pernyataan bermaterai itu.

Apabila ada gugat cerai, maka aduan perselingkuhan yang pernah dilaporkan istri ke polisi bisa disertai dalam gugatan perceraian dari pihak istri. Kasus perselingkuhan yang berdampak pada keretakan rumah tangga dapat dilanjutkan ke pengadilan.

Sekadar info yang perlu kamu pahami:

  • Untuk hukum Indonesia, terutama proses kasus pidana. Klarifikasi laporan ke polisi adalah hal yang penting. Polisi akan memastikan kebenaran dari laporan tersebut, seperti waktu, tempat, dan kronologi kejadian perkara, serta memeriksa bukti-bukti.
  • Keberadaan notaris merupakan kepanjangan tangan negara yang bisa memperkuat surat pernyataan yang dibuat oleh suami istri. Dengan kata lain, sebagian kewenangan negara untuk membuat akta otentik dijalankan oleh notaris.

Baca juga: Ceraikan Inge Anugrah, Benarkah Perjanjian Kawin Rugikan Istri?

Bisa merugikan istri apabila….

Surat pernyataan bermaterai pengakuan selingkuh dibuat tanpa pengesahan notaris, maka pihak penuntut dalam hal ini istri harus bisa memberikan bukti dari isi surat pernyataan tersebut. Efeknya akan memakan waktu yang cukup lama, bahkan kerugian finansial bisa dialami pihak istri dalam berperkara.

Meski sudah membuat surat pernyataan bermaterai agar suami tidak mengulangi perilaku selingkuhnya. Tapi istri tidak melaporkan suami dan wanita selingkuhan ke polisi, meski sudah diselingkuhi beberapa kali. Maka istri akan kesulitan membuktikan kasus perselingkuhan suaminya di pengadilan apabila ada gugatan cerai.

Ini termasuk istri memiliki bukti yang cukup perselingkuhan suaminya, tapi tidak melaporkan ke polisi melainkan malah mengunggah bukti perselingkuhan ke media sosial. Istri bisa terkena kasus pencemaran nama baik, baik dari pihak suami atau wanita selingkuhan.

Apabila istri tidak menggugat cerai suami, meski tahu sudah diselingkuhi beberapa kali. Istri merasa suaminya masih bisa memperbaiki diri dan kembali pada pelukannya. Nyatanya suami malah menggugat istri. Gugatan cerai ini akan berdampak pada harta, hingga hak asuh anak.

Belajar dari kasus Virgoun selingkuhi Inara Rusli, solusi lebih adil ketimbang bikin surat pernyataan bermaterai pengakuan selingkuh lebih baik perjanjian pascanikah

virgoun selingkuhi inara - insight romantis tempatnya belajar cinta
Virgoun bersama Inara Rusli sedang berfoto naik motor (image: Instagram@virgoun_)

Perjanjian pascanikah bisa dibuat oleh suami istri setelah pernikahan berlangsung. Perjanjian ini bisa menjadi solusi dari permasalahan yang kerap muncul dalam pernikahan. Bisa menjadi penegas hak dan kewajiban suami istri dalam berumah tangga.

Ibaratnya, perjanjian pascanikah untuk memperkuat komitmen pertanggungjawaban pasangan agar terhindar dari motivasi pernikahan tidak sehat. Apa contohnya? KDRT atau perselingkuhan.

  • Suami tidak boleh poligami tanpa izin istri, atau melindungi kepentingan istri apabila suami melakukan poligami.
  • Suami selingkuh lagi yang disertai perzinaan, maka suami melepaskan atau memberikan hak asuh anak pada istri.
  • Suami melakukan KDRT bertujuan ingin mengontrol atau memanipulasi istri untuk mempertahankan dominasi hubungan. Istri keberatan berhak menggadu ke pengadilan untuk minta cerai.
  • Suami tinggalkan istri dan anak beberapa bulan berturut-turut tanpa ada kabar dan nafkah lahir batin. Istri berhak mengadu ke pengadilan untuk minta cerai.
  • Suami tidak dapat meminta ‘menuntut’ warisan orang tua istri yang telah meninggal dunia (harta warisan tidak lantas jadi harta gono-gini).
  • Setelah bercerai mantan suami tetap memberikan nafkah anaknya sampai dewasa, misalnya sampai berusia 21 tahun.
  • Suami berutang tanpa sepengetahuan istri. Pelunasan tidak dapat diambil dari harta pribadi milik istri atau harta gono-gini dijadikan jaminan, misalnya rumah.

Apalagi perjanjian pascanikah tidak hanya disahkan oleh notaris, tapi juga dicatatkan oleh petugas kantor urusan agama (KUA) bagi pasangan yang beragama Islam, sedangkan dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) bagi pasangan yang beragama bukan Islam.

Perjanjian pascanikah juga dapat mengikat pihak ketiga selain suami atau istri. Contohnya, suami atau istri diam-diam berutang tanpa sepengetahuan pasangannya. Pelunasannya tidak dapat ambil dari harta pribadi milik pasangan atau diambil dari harta bersama.

Baca juga: Menikah Demi Harta, Cara Achraf Hakimi dari Pernikahan Toxic

Yang diperlu dipahami, perjanjian pascanikah dibuat bukan seolah-olah ‘siap’ untuk bercerai dan meninggalkan pasangan. Tapi untuk melindungi hak dan kewajiban pasangan dari potensi pernikahan tidak sehat. Misalnya menikah karena harta, perselingkuhan, atau KDRT.

Menikah, kamu dan dia sudah masuk ke tahap hidup yang jelas berbeda dari masa lajang atau pacaran. Contohnya, pengeluaran akan bertambah banyak dan cita-cita hidup bisa berubah, apalagi kalau sudah memiliki anak.

Terima kasih sudah membaca Virgoun selingkuhi Inara Rusli, apa benar surat pernyataan pengakuan selingkuh bisa rugikan istri? Suka postingan ini? Kamu bisa sharing ke teman-temanmu supaya mereka dapat value yang sama.

Insight eksklusif menawarkan sesuatu lebih fundamental bukan trik dan tips PDKT atau pacaran lagi, tapi ajak kamu berfokus pada intimate relationship. Kamu akan belajar pemberdayaan relasi pria dan wanita super lengkap secara gratis!

Bagi yang pacaran serius untuk menikah, kamu akan diajak berpikir dan berperilaku untuk ciptakan hubungan yang sehat. Mulai dari pola pikir, perilaku, pergaulan, dan komunikasi, serta mengenal pola hidup dan pola asuh pasangan.

Insight eksklusif tidak menggunakan akses sistem sekali bayar atau berlangganan. Konten yang disajikan bersifat inklusif, kritis, memberdayakan, menghibur, dan berorientasi solusi.

virgoun selingkuhi inara - insight romantis tempatnya belajar cinta

Siap tingkatkan value kamu? Pilih kebutuhan dirimu di insight romantis

  • Sistem berpikir dan berperilaku karismatik (laki-laki).
  • Cara menjadi pribadi yang memesona (perempuan).
  • Menyamakan persepsi buat kamu yang pacaran serius (pranikah).

Insight pemberdayaan diri eksklusif bersifat terbatas, silakan cek ketersediaan koutanya di insight romantis eksklusif.

Yang ingin curhat masalah cintamu dan menginginkan solusi profesional tanpa menghakimi. Teman curhat bareng psikolog klinis via chat bukan bersifat konseling, klik teman curhat.

Pantau terus Youtube @MelekCinta, Instagram @RuangCinta, dan Facebook @MelekRomansaFollow konten dipersonalisasi @GoogleNews seputar pemberdayaan diri menginspirasi kamu untuk meraih sukses.

Apa komentarmu tentang Virgoun selingkuhi Inara Rusli dan surat pernyataan pengakuan selingkuh? Kamu punya pengalaman yang sama bisa berbagi mungkin kita semua bisa belajar dari pengalaman kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.