kisah cinta sejati - melek cinta - cinta berlogika

Cara Mengatasi Pacar Impulsif Ini yang Harus Kamu Lakukan

Sebelum menjawab cara mengatasi pacar impulsif, kamu harus menjawab pertanyaan ini. Apakah pacarmu selalu bertanya secara detail kegiatan apa saja yang kamu lakukan hari ini?

Saat jalan bareng apa pacar selalu saja periksa isi chat-mu, media sosialmu, atau telepon yang keluar masuk? Ketika pacar bertanya dan kamu menjawabnya nggak sesuai apa kemauannya. Apa dia marah-marah sambil bicara nggak jelas, bahkan menuduh kamu nggak mencintainya lagi?

Kalau jawabanmu “YA” tandanya, kamu punya seorang pacar yang impulsif.
Suatu dorongan yang sifatnya nggak bisa dikelola oleh dirinya sendiri secara matang.

Loading...

Dorongan untuk melakukan sesuatu tanpa memikirkan konsekuensinya dulu. Kamu perlu tau ini juga, 3 Sikap Hadapi Pertengkaran Secara Dewasa untuk Meminimalisir Konflik.

Cara mengatasi pacar impulsif, kamu harus pahami dulu dia suka tiba-tiba bertindak irrasional, atau bertindak sesuai kata hatinya tanpa berpikir panjang

Jika kamu dan dia punya tingkat impulsif yang berbeda, maka tingkat kepuasan hubungan kalian bisa jadi lebih rendah. Kamu akan lebih menderita daripada dia yang suka memutuskan sesuatu tanpa berpikir panjang.

Namun, kamu dan dia punya gaya yang sama (bertindak tanpa berpikir). Kualitas hubungan kalian jauh lebih bahagia daripada satu pihak saja yang bertindak irrasional dalam hubungannya.

Kenapa pacar bisa menjadi orang yang impulsif? Ada kondisi yang melatarbelakangi, seperti kejadian di masa lalu yang menginginkan sesuatu nggak terpenuhi.

Saat pacar menginginkan sesuatu di masa sekarang, dia mengingat lagi pengalaman di masa lalu dan berusaha untuk memenuhinya. Contohnya kelakuan yang perlu kamu tau, Pacar Suka Memanipulasi Itu Bagian dari Abusive Relationship.

Masalahnya pacar yang punya perilaku impulsif nggak membiasakan untuk melatih diri, maka impulsifnya akan berkembang sampai dia usia dewasa. Lama-lama perilaku impulsif jadi kebiasaan dalam hidupnya.

Tiap orang memiliki perilaku impulsif itu tergantung dari tipe kepribadian masing-masing orang. Ada yang marah-marah, menangis, atau bergembira secara berlebihan. Ada pula yang meledak-ledak.

Semua itu disebabkan peristiwa yang mendahuluinya. Pacar berperilaku impusif secara nggak langsung buat menenangkan dirinya, atau mencari sesuatu yang bisa memuaskan dirinya.

Ada tiga cara mengatasi pacar impulsif ini yang bisa kamu lakukan

1. Sabar dan tenang

Untuk menghadapinya kamu jangan ikutan marah-marah. Ikuti dulu apa kemauannya sambil tenangkan pacar dengan sentuhan lembut, seperti pegang tangannya dan berikan pelukan.

Loading...

Ketika pacar sudah merasa tenang, kamu baru ajaklah dia berbicara. Kenapa? Kalau kamu mengajak pacar yang kondisinya belum tenang, dia nggak akan bisa menerima apa pun penjelasan dari kamu.

Logika dia lagi tumpul (nggak bisa dikendalikan). Apalagi dia punya sifat merasa benar sendiri, nggak usah bingung ada Cara Damai Nan Elegan Menghadapi Pacar Selalu Merasa Benar.

2. Berkomunikasi dan saling mendengarkan

Cara kedua ini merupakan kelanjutan dari cara pertama, setelah pacar sudah tenang dan bisa diajak berbicara. Coba kamu tanyakan apa sih pemicunya. Dengarkan dia secara seksama buat menemukan jalan keluarnya.

Adakalanya pemicu dia bersikap seperti itu, ada penyebab lain yang membuat pacar jadi impulsif. namun, dia meluapkannya sama kamu yang sesungguhnya nggak tau apa-apa. Di sinilah, peran kamu untuk membantu pacar buat mengelola emosinya.

3. Cintai dirimu sendiri

Terakhir nggak kalah pentingnya apabila dua cara di atas, pacar nggak ada perubahan/dia nggak mau berubah. Akhiri hubunganmu sama dia itu solusi terbaik buat kamu, mencintai dirimu sendiri sama artinya kamu menyayangi mentalmu.

Pacar nggak ada niatan untuk berubah, walau kamu sudah berusaha sekuat tenaga untuk membantunya. Jangan sampai pacar merebut kebebasanmu, bahkan memberikanmu siksaan fisik maupun batin.

Kalau kamu membiarkannya masih bersamanya, kamu akan terjebak menjalani hubungan yang “toxic” bersama dirinya. Pertanyaannya, seberapa kuat kamu bisa bertahan lihat kelakuan pacar yang makan ati? Agar nggak salah pilih pacar, 3 Tanda Kamu Salah Pilih Pacar dalam Hubunganmu.

Kesimpulan cara mengatasi pacar impulsif

Untuk mengatasinya nggak bisa secara instan, tapi butuh waktu dan proses. Juga, kesanggupan kamu untuk bertahan liat kelakuan pacar yang impulsif. Walau, kamu sudah berusaha keras membantu dan menyemangati pacar.

Balik lagi, keberhasilannya tergantung dari niat dan kesungguhan pacar itu sendiri. Bagaimana cara dia untuk mengatasi keadaan tertekan dalam dirinya saat itu muncul.

Pengin curhat dibantu oleh konselor? DM saja, layanan ini bukan bersifat konseling. Cek juga @ruang cinta yang ingin tau lebih banyak soal 5k relationship dan permasalahannya.

Terima kasih sudah berkenan membaca postingan ini. Share di media sosialmu agar banyak teman-teman yang lain ikutan dapat manfaatnya.

Loading...



20 pemikiran pada “Cara Mengatasi Pacar Impulsif Ini yang Harus Kamu Lakukan”

  1. hi min…
    aku punya temen yang sifatnya impulsif, dia suka marah2 min.
    jadi aku merasa risih dan tertekan ama dia.
    apa sifat impulsif adalah gangguan kejiwaan?
    terima kasih min.

    Balas
    • Perilaku impulsif salah satu gejala dari kelainan mental. Temanmu tidak bisa mengendalikan dirinya karena respons emosional dirinya terhadap kejadian di masa lalu. Perilaku impulsif bisa muncul dari masalah sepele, seperti tidak bisa menahan keinginan untuk berbelanja. Hingga masalah cukup besar, seperti tidak bisa menahan emosinya.

      Kamu bisa berjaga jarak apabila tidak nyaman sama temanmu. Kamu juga bisa menyarankan temanmu untuk meminta bantuan profesional, seperti psikolog karena orang impulsif rentan terkena penyakit mental. Contohnya depresi

      Balas
  2. Halo disini aku si penderita impulsif yg sama seperti artikel. Dan cara mengatasi dan mengobatinya yaitu memang membutuhkan seseorang yang extra sabar utk selalu ada di sampingnya. Dan 1001 manusia sabar di dunia ini. Seseorang menjadi impulsif adalah kegagalan personal individual yang tidak sempurna. Maka dr itu dia selalu terobsesi sama suatu hal yang dia kejar dan bisa berhenti ditengah jalan. Oleh karena itu seorang impulsif membutuhkan pasangan yg bisa menjaga rasa kepercayaan, sabar, pintar dan pendengar setia. Karena orang2 impulsif adalah org2 yg setia. Dan dia akan bergantung dengan pasangannya.
    Jadi kalo kalian yg memiliki karakter kuat dan individual banyak yg tidak berlangsung lama.

    Balas
  3. Mungkin aq termasuk tipe impulsif. Terkadang sifat itu muncul tiba2, tanpa disadari seperti mood. Shg sering menyakiti keluarga, teman, n pacar. Kalo sadar n menyesal uda sakiti org yg disayang terkadang sbg pelampiasan adlh menyakiti diri sendiri.
    Apakah impulsif seperti ini gangguan jiwa? Bgm solusinya?

    Balas
    • setiap orang memiliki impulsif di dalam dirinya tetapi tingkatnya berbeda-beda ada ringan, sedang dan berat, solusinya tanamkan niat dan kesungguhan hati sista untuk mengatasi keadaan tertekannya dengan latihan mengontrol dirinya atau bersikap disiplin agar memiliki kestabilan emosi.

      Balas
  4. Aq dl jg pnya sifat kyk gt. Tp akhirnya ditinggalin sm mantan soalny dia merasa tertekan. Akhirny aq instropeksi dan berubah gk lagi pnya sifat sperti itu

    Balas
  5. sesekali sih mungkin gapapa dicek.. tapi kalo keseringan ribet juga, yang wajar2 ajalah yang penting saling percaya

    Balas
  6. Wah artikelx brmanfaat bgt min. Q jg pny mantan yg kyk gt. Udah dwasa tp kelakuanx kyk ank kcil bgt. Slalu pgn tw ap yg q lakuin. Sering mrh2 gag jelas..

    Balas
  7. Klou aq sneng pny pcr yg tanya2 scra dtail wlopun kdang dlm sbel,y q hargai cew yg sprt 2,dy tnya krna dy pngen lbh tau tntng khdpan psnganya,kgiatanya,.dy lkukan smua 2 krna dy takud khlangan km

    Balas
  8. Iya bnr min. Aq jg ngalami gitu….
    Smpe di selidiki sapa yg pnya nomer itu apa hubngan nya.
    Bikin BT deh,,aq aja gk prnh tnya2 eh diamlh tnya2.ya kan qt cm tmn masak gk blh.
    Smpe skrg msh aja kyk gitu dia suka ngambek sndr

    Balas

Tinggalkan komentar