Suami Doyan Selingkuh 6 Kali Ketahuan Itu Tanda Narsistik

suami doyan selingkuh 6 kali - melek cinta tempatnya belajar cinta gratis

Melalui unggahan Instagram pribadinya @iranndha, Ira Nandha mengungkapkan 4 tahun pernikahan kalau suaminya ketahuan 6 kali selingkuh sama pramugari di maskapai yang sama. Suami doyan selingkuh 6 kali ketahuan ada kecenderungan mengidap gangguan kepribadian narsistik.

Suami narsistik pandai manipulasi pikiran dan perasaan istri atau dikenal gaslighting. Suami berupaya menanamkan gagasan harga diri pada istrinya kalau suami selingkuh itu salah istri. Contohnya istri tidak becus mengurus suami.

Seperti pengakuan Ira Nandha di Instagram Stories, ia menyakiti diri sendiri tiap kali tahu suaminya yang berprofesi pilot main gila dengan perempuan lain.

suami doyan selingkuh 6 kali - melek cinta tempatnya belajar cinta gratis
Ira Nandha menyakiti diri awal-awal suaminya ketahuan (Foto: Dok. Instagram @iranndha)

“Dulu, waktu awal-awal ketahuan, aku selalu nyakitin diriku sendiri supaya aku puas. Karena aku enggak mungkin nyakitin anak dan suamiku. Tapi sekarang aku enggak lecet sedikit pun lo, ternyata aku sekarang kuat”, tulis Ira Nandha pada kolase foto unggahannya.

Baca juga: Seleb Tiktok 6 Kali Diselingkuhi Suami Pilot Bisa Tobat Selingkuh?

Tidak ingin baca artikel ini? Tonton video suami doyan selingkuh 6 kali di bawah

Suami yang mengidap gangguan kepribadian narsistik merasa dirinya lebih daripada istrinya. Singkatnya secara umum, ciri-ciri suami yang memiliki gangguan kepribadian narsistik sebagai berikut:

  • Merasa berhak mendapatkan keistimewaan dan perlakuan khusus.
  • Selalu merasa superior atau tidak ada orang lain yang lebih unggul.
  • Memandang rendah orang yang dianggap tidak penting.
  • Iri pada orang lain dan percaya orang lain juga iri padanya.
  • Membesarkan prestasi atau bakat yang ia memiliki.
  • Berperilaku arogan dan menyombongkan diri.
  • Bersikeras untuk memiliki yang terbaik dari segalanya.
  • Percaya ia lebih unggul dari orang lain dan hanya bisa dipahami atau menghabiskan waktu bareng orang yang sama spesialnya seperti dirinya.

Baca juga: Motivasi Suami Selingkuh 6 Kali dalam 4 Tahun Pernikahan (Kisah Ira Nandha)

Apa korelasi antara perselingkuhan dan narsistik?

suami doyan selingkuh 6 kali - melek cinta tempatnya belajar cinta gratis
Bella dan Ira Nandha bersama suami (Foto: Dok. Detik.com)

Seperti yang dibuktikan dalam sebuah penelitian tahun 2020 yang berjudul Exploring the associations between narcissism, intentions towards infidelity, and relationship satisfaction: Attachment styles as a moderator. Penelitian itu mengukur niat terhadap perselingkuhan dan gaya keterikatan dalam hubungan romantis.

Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan pasangan yang memiliki kepribadian narsistik cenderung merasa kurang puas dalam hubungan mereka. Niat untuk tidak setia sama pasangan menjadi penyebab orang narsistik merasa kurang puas dalam hubungannya.

Dengan kata lain, suami dengan kepribadian narsistik selalu merasa superior dan berani melakukan apa pun, meski perilakunya tidak dapat diterima oleh istrinya. Ia suka bertindak berdasarkan dorongan hati dan keinginannya tanpa memikirkan batasan.

Singkatnya suami narsistik itu gampang bosan. Lewat perselingkuhan, suami bisa menghilangkan kebosanan juga ada rasa kepuasan dan kesenangan tersendiri yang dapat mendorong egonya.

Baca juga: Menikahi Pria Rapuh Siap-siap Pernikahan Berubah Toxic

Suami doyan selingkuh 6 kali ketahuan istri itu ciri-ciri narsistik

suami doyan selingkuh 6 kali - melek cinta tempatnya belajar cinta gratis
Ira Nandha bersama suami foto bareng (Foto: Dok. Instagram @iranndha)

Suami narsistik senang dicintai, dihargai, dan dikagumi. Ia haus akan sanjungan dan pengakuan dari orang lain yang menggandrungi atau mengidolakan dirinya. Suami narsistik cenderung tidak puas sama hubungan langgeng dan begitu-begitu saja.

Kok bisa begitu?

Menurut suami narsistik, seiring berjalannya waktu istri akan berhenti mengagumi dan mengidolakannya. Jadi selingkuh menjadi jalan untuk memuaskan hasrat narsistik bagi suami.

Ini sebabnya suami narsistik bisa membuat istri meragukan dirinya atau mempertanyakan keyakinan diri atas suatu fakta atau kenyataan yang diketahuinya.

Suami dengan kepribadian narsistik akan mencoba merusak harga diri istri sebagai upaya untuk membuat istrinya hanya mengandalkan dia, baik itu gagasan harga diri maupun validasi apa pun. Apa contohnya?

  • Sering mengabaikan atau mengacuhkan kebutuhan istrinya. Ia memandang istrinya hanya sebagai objek untuk melayani atau memenuhi kebutuhannya.
  • Enggan menunjukkan rasa empati karena takut dianggap sebagai kelemahannya. Ia tidak menunjukkan rasa empati sebagai bentuk perlindungan dirinya.
  • Anggapan kalau suami selingkuh itu ‘salah’ istri. Contohnya istri tidak becus mengurus suami.

Parahnya istri bisa kehilangan self-esteem dalam berumah tangga. Efeknya istri akan merasa dirinya tidak berharga lagi dalam pernikahannya. Suami narsistik sengaja menghancurkan harga diri istri secara terus-menerus karena tujuannya agar istri punya harga diri yang rendah dalam pernikahannya.

Seperti pengakuan Ira Nandha di Instagram Stories, ia menyakiti diri sendiri tiap kali tahu suaminya main gila dengan perempuan lain. Ibaratnya bikin istri merasa tidak berharga dan berguna dalam hidupnya.

Tidak jarang, perilaku suami yang mengidap gangguan kepribadian narsistik bisa sulit diidentifikasi karena awalnya sering terlihat menawan, baik hati, dan suportif.

Ini alasannya suami narsistik memiliki perilaku tidak serasi dalam hal kesadaran, persepsi, dan cara berpikir dalam berumah tangga.

Terima kasih sudah membaca suami doyan selingkuh 6 kali ketahuan. Kalau kamu rasa postingan ini bermanfaat, silakan share di media sosialmu agar teman-temanmu dapat value yang sama. Semoga kebermanfaatan ini terus berlanjut!

Insight eksklusif menawarkan materi yang berbeda dan lebih fundamental. Ini bukan tips PDKT atau pacaran, tapi ajak kamu membangun value dirimu lewat cara berpikir dan berperilaku. Kamu akan belajar relasi keintiman dalam hubungan romantis super lengkap dan GRATIS!

Materi pemberdayaan pria dan wanita ini tidak menggunakan akses sistem sekali bayar atau berlangganan bulanan. Materi ini disajikan bersifat inklusif, kritis, memberdayakan, menghibur, dan berorientasi solusi.

melek cinta tempatnya belajar cinta gratis

Yuk tingkatkan value romantis kamu. Pilih kebutuhan kamu di Insight Romantis

  • Sistem berpikir dan berperilaku karismatik untuk laki-laki.
  • Cara menjadi pribadi yang cantik dan memesona untuk perempuan.
  • Menyamakan persepsi intimasi buat kalian yang serius (pranikah).

Insight pemberdayaan diri eksklusif ini bersifat terbatas, buruan biar tidak kehabisan kuotanya. Segera cek di insight romantis eksklusif

Yang ingin curhat masalah cintamu dan menginginkan solusi profesional tanpa menghakimi. Teman curhat bareng psikolog klinis via chat bukan bersifat konseling, Untuk curhat bisa ke teman curhat

Yuk kita belajar bareng seputar relasi keintiman dalam hubungan romantis. Subscribe Youtube @Melek Cinta, Instagram @Ruang Cinta, dan Facebook @Melek Romansa. Follow juga konten yang dipersonalisasi @Google News

Apa komentarmu tentang suami doyan selingkuh 6 kali? Kamu punya pengalaman yang sama bisa berbagi mungkin kita semua bisa belajar dari pengalaman kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.