Setop Suka Membandingkan Pacar dengan Mantan


Setop suka membandingkan pacar dengan mantan tanpa kamu sadari sama saja kamu menghancurkan hubunganmu sendiri. Jadi, sudah seberapa sering kamu suka membandingkan pacarmu dengan mantan?.

Kelakuan kamu suka banding-bandingkan pacar dengan mantan disebabkan kamu sudah merasa nyaman atas perlakuan mantan di masa lalu. Namun, pacarmu belum mampu memberikan kepuasan yang sama seperti mantan lakukan.

Contohnya dulu mantan sering antar jemput ke mana pun kamu pergi, mantan sering membelikanmu hadiah, tiap chatting mantanmu selalu melemparkan kata-kata gombal ala Dilan.

Kelakuan-kelakuan mantan yang seperti itu membuatmu mengingat kembali masa lalu. Kamu pun mulai membanding-bandingkan kelakuan pacar yang berbeda dengan mantan dulu lakukan

Hampir kasus pacaran yang terjadi, kamu menginginkan pacarmu harus memperlakukan sama seperti yang mantanmu dulu lakukan. Dengan harapan, kamu bisa merasakan kembali kenyamanan perlakuan yang dulu pernah kamu dapatkan. Seperti itu kan yang kamu mau?

Baca juga: 5 Tuntutan realistis relationship berhak kamu sampaikan sama pacar

Apa yang terjadi? Bukan kenyamanan kelakuan yang akan kamu dapatkan melainkan pertengkaran/percekcokan sama pacarmu. Karena sudah pasti pacarmu tidak mau disamakan/dibandingkan dengan mantanmu dulu.

Pacar dan mantan adalah dua orang yang berbeda sifat, sikap, tingkah laku, masa lalu, kebiasaan, hingga latar belakang. Semakin kamu meminta pacar untuk mengikuti keinginanmu, pacar akan semakin menolak untuk mengikutimu.

Semakin keras kamu membanding-bandingkan pacar dengan mantan, semakin keras pula pacar bersikeras untuk berubah mengikuti keinginanmu. Lama-lama kamu membuat bara api dalam hubunganmu sendiri, ya tinggal tunggu bara api ini meletus ke permukaan.

Keinginanmu yang secara sepihak agar pacar mengikuti apa keinginanmu, artinya kamu sudah menciptakan konflik baru dalam hubunganmu. Saat kamu membandingkan pacar dengan mantan, artinya kamu sudah merendahkan/melecehkan pacarmu sendiri. Dengan kata lain, nilai mantan lebih baik daripada pacarmu.

Oleh karena itu, hindari ucapan yang bisa menyinggung pacarmu. Misalnya, “Kamu enggak seperti mantanku, dia selalu ngasih aku hadiah kesukaanku”, “Dulu mantanku sering menjemputku”, atau “Sebenarnya aku enggak mau banding-bandingkan, tapi mantanku lebih peka daripada kamu”.

Kata-kata tersebut kamu seperti “mendeklarasikan perang” sama pacarmu lewat mantan. Dijamin 100% pacaran kalian tidak nyaman sering bertengkar/cekcok akibat ulahmu sendiri.

Ada cara lebih baik agar pacarmu mau melakukan apa yang kamu sukai, yakni bicarakan dengan obrolan yang santai bukan membandingkan/menyerang secara agresif. Contohnya “Sayang, aku mau dong dijemput sepulang sekolah/kerja. Kutunggu kamu ya di tempat biasanya”.

Setop suka membandingkan pacar dengan mantan akan selalu menyakitkan, termasuk juga kamu kan pasti enggak mau. Kamu memilih dia menjadi pacarmu untuk membuat dan menciptakan kisah/kenangan baru bukan mengulangi lagi kisah yang lama.

Bukankah kamu memilih dia jadi pacarmu untuk meninggalkan semua kisah masa lalu dengan mantan?

Kalau pacar masih suka membanding-bandingkan kamu dengan mantannya, bahkan dia memintamu berubah untuk mengikuti seperti yang mantannya dulu lakukan.

Cara untuk menghadapinya kamu harus katakan secara tegas dan tidak sukai dibanding-bandingkan “Kamu sekarang jalan sama saya bukan sama dia lagi”.

Baca juga: Pacar narsistik penuh dengan love bombing terhadap hubungannya

Kesimpulan setop suka membandingkan pacar dengan mantan

Pacar masih suka membanding-bandingkan kamu dengan mantannya, kamu harus tegas tidak suka dibanding-bandingkan. Berikan pemahaman sama dia untuk jadi orang yang dewasa dalam bersikap untuk menjalani hubungannya. Kalau kamu tidak tegas, pacar semakin lama akan sering membandingkan kamu dengan mantannya dulu.

Sesungguhnya menjalin hubungan cinta itu bukanlah perbedaan yang menyebabkan konflik, tetapi kamu dan dia tidak begitu paham cara berkomunikasi mengatasi perbedaan yang ada.

Inilah yang membuat konflik sering terjadi dalam hubungan kalian. Apabila kamu dan dia tidak saling membandingkan perbedaan yang ada. Kamu dan pacar mau menerima perbedaan berdasarkan ciri khas masing-masing. Dijamin tidak akan ada konflik yang lahir dari perbedaan tersebut.

Semoga poin-poin setop suka membandingkan pacar dengan mantan bisa membantumu untuk memahami dan menghargai lagi pacar agar punya hubungan cinta yang sehat.

Kalau kamu suka artikel ini, silakan share, like, dan subscribe. Jangan lupa sharing ke Facebook, Twiiter, Line, WhatsApp, grup-grup WA, dan teman-temanmu agar enggak ketinggalan tips-tips self improvement dan relationship seperti ini.

Kalau kamu punya pengalaman yang sama, please komentar bisa jadi kita punya pengalaman yang sama. Follow Instagram @ruang cinta membahas masalah percintaan yang mungkin tidak ingin kamu dengar, tapi harus kamu ketahui.




Tinggalkan komentar