Melek Cinta / Deurama & Dorama / Self Healing Lewat Film Eat Pray Love Perjalanan Mengatasi Luka Batin

Self Healing Lewat Film Eat Pray Love Perjalanan Mengatasi Luka Batin

Self healing lewat film Eat Pray Love

Self healing lewat film Eat Pray Love merupakan bentuk dari wisata healing untuk belajar mengenal diri dan hal-hal baik yang dijumpai dari orang-orang baru. Film ini diangkat dari novel karangan Elizabeth Gilbert dan dibintangi oleh Julia Roberts.

Meski film Eat Pray Love sudah lama dirilis di tahun 2010. Lewat film ini kamu akan tau wellness itu penyembuhan secara jasmani, sedangkan healing itu penyembuhan secara rohani. Gampangnya, kamu mau belajar memaafkan diri sendiri.

Healing harus berasal dari pikiranmu sendiri yang mau berani berdamai atas kekurangan dan kesalahanmu secara pelan-pelan. Rasa gunggah yang kamu rasakan nggak lagi mengganggu pikiranmu dalam menjalani kehidupan.

Memaafkan diri sendiri dapat melepaskan beban emosional di masa depan. Kamu memberi kesempatan pada dirimu untuk tunjukin pada dunia betapa hebatnya dirimu. Kamu berkesempatan besar juga untuk melakukan hal hebat dalam hidupmu.

Self healing lewat film Eat Pray Love tentang belajar memaafkan diri sendiri agar hidupmu bahagia dan bermakna

  • Fondasi apa untuk memperkuat memaafkan diri,
  • Langkah apa yang harus diambil untuk dapat memaafkan diri,
  • Let it go karena nggak mungkin kamu bisa kembali ke masa lalu.

Singkat cerita, film ini menceritakan Elizabeth Gilbert (Julia Roberts) yang melakukan perjalanan tiga negara (Italia, India, dan Indonesia).

Self Healing Lewat Film Eat Pray Love Perjalanan Mengatasi Luka Batin
Julia Roberts dalam film Eat Pray Love (Foto: Columbia Pictures)

Elizabeth Gilbert, seorang wanita dewasa punya kehidupan yang mapan. Ia punya suami idaman, rumah yang nyaman, dan karir yang bagus. Tapi ia justru nggak merasa bahagia dan kehilangan tujuan hidup.

Hubungannya dengan suami pun memudar dan perlahan kehilangan arti. Yang akhirnya memutuskan untuk berpisah. Elizabeth Gilbert merasa perlu menemukan arti dirinya. Ia mengambil cuti setahun dan memutuskan solo traveller ke tiga negara.

  • Di Italia, Elizabeth Gilbert mencicipi banyak makanan nggak hanya untuk menghilangkan rasa lapar, tapi merasakan lagi betapa enaknya makanan itu.
  • Di India, Elizabeth Gilbert menyelami lebih dalam dunia spiritual dan ketenangan batin. sedangkan di Bali, Indonesia. Ia bertemu lagi dengan temannya terdahulu.

Selama perjalanan pencarian jati dirinya ke tiga negara itu, Elizabeth Gilbert banyak belajar arti kehidupan dan berserah diri pada Tuhan, utamanya memaafkan diri sendiri. Inilah tujuan dari self healing.

  • Memahami diri sendiri,
  • Menerima ketidaksempurnaan,
  • Membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi.

Kamu yang berhasil melakukan self healing akan jadi sosok pribadi lebih tegar dalam menghadapi kesulitan, kegagalan, atau trauma di masa lalu.

Baca juga: Drakor Mad for Each Other Bercerita Trauma Psikis Itu Nyata

Self healing lewat film Eat Pray Love, kamu belajar bagaimana menyembuhkan luka batin seperti yang dilakukan Elizabeth Gilbert

Self Healing Lewat Film Eat Pray Love Perjalanan Mengatasi Luka Batin
Julia Roberts dalam film Eat Pray Love (Foto: Columbia Pictures)

1. Temukan arti kebahagiaan dirimu

Kamu boleh punya bayangan tentang kebahagiaan versimu. Seperti yang dilakukan oleh Elizabeth Gilbert untuk keluar dari ketidakbahagiaan harus punya kekuatan (power) untuk keluar dari belenggu masalah.

Yang perlu kamu sadari dulu, kebahagiaan bukanlah sesuatu yang pasti karena manusia itu dinamis. Di sinilah kamu membutuhkan self love untuk dirimu. Contohnya, jika hubunganmu nggak sesuai harapan atau bahagia menurut versimu.

Kenapa kamu masih mempertahankan dan memperjuangkan hubunganmu itu? Jika kamu pilih keluar (putus) dari hubungan nggak bahagia itu. Nggak lantas kamu langsung bahagia.

Tentu saja kamu akan mengalami rasa kecewa, sedih, dan marah.Β Inilah pentingnya mencari kegiatan dan lingkungan positf untuk membantu kamu dalam proses memaafkan diri dalam kehidupanmu.

Baca juga: Nggak Ada Manusia Sempurna Pesan Drakor It’s Okay to Not Be Okay

Self Healing Lewat Film Eat Pray Love Perjalanan Mengatasi Luka Batin
Julia Roberts dalam film Eat Pray Love (Foto: Columbia Pictures)

2. Ambil langkah nyata memaafkan diri dengan berserah diri pada Tuhan

Berserah diri pada Tuhan dan mengakui nggak semuanya berjalan sesuai kehendak atau ekspektasimu. Langkah ini memang paling berat, tapi ini yang dilakukan oleh Elizabeth Gilbert.

Kamu berserah diri pada Tuhan, mengakui diri kamu nggak sempurna, dan berani memaafkan diri sendiri bisa melepaskan rasa sakit hati, kekecewaan, dan amarah yang kamu derita selama ini.

Berserah diri pada Tuhan agar kamu nggak terlalu keras dan memaksakan kehendakmu secara berlebihan. Belajarlah jadi pribadi lebih baik dalam ketidaksempurnaan. Cintailah dirimu dengan sempurna dari ketidaksempurnaan itu.

Baca juga: Pesan Mendalam Kim Ji-Young Born 1982, Istri yang Dituntut Sempurna

blog edukasi cinta, curhat cinta online
Julia Roberts dalam film Eat Pray Love (Foto: Columbia Pictures)

3. Pahami nggak mungkin kamu bisa kembali ke masa lalu

Let it go seperti judul lagu dari film Disney Frozen, kamu nggak mungkin bisa kembali ke masa lalu. Yang kamu hadapi sekarang. Yang kamu lakukan sekarang. Semua itu akan berdampak nyata di masa depan.

Jika kamu ingin punya masa depan lebih baik dan bahagia. Lakukanlah kebiasaan yang baik dan positif di masa sekarang. Ini dilakukan oleh Elizabeth Gilbert selama perjalanannya banyak belajar hal baru agar masa depannya lebih baik dan bahagia.

Akhirnya Elizabeth Gilbert menemukan kedamaian di hatinya. Arti cinta sejati untuk dirinya dalam menyembuhkan luka batin dari pengalaman buruk di masa lalu. Gagal dalam suatu hal, sesuatu nggak diinginkan terjadi, putus cinta, marah pada diri sendiri, atau masalah lainnya.

Elizabeth Gilbert telah jadi sosok dia versi dia yang lebih tangguh dan bahagia. Kamu pasti bisa melakukannya seperti Elizabeth Gilbert lakukan. Kamu jadi lebih mencintai diri sendiri dan menemukan kebahagiaan versimu dalam mewujudkan cita-citamu. Kita percaya itu.

Baca juga: Nobita Ragu Jelang Pernikahan dengan Shizuka di Stand by Me Doraemon 2

Terima kasih kamu sudah baca sampai selesai. Suka postingan ini? Kamu bisa sharing ke teman-temanmu supaya mereka dapat value yang sama. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Pantau terus channel Youtube Cinta Merem Melek, Instagram @ruang cinta, dan Facebook @cintasejatiportal buat insight menarik seputar hubungan cinta cowok cewek, pranikah, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan komentarmu bila masih ada kurang dimengerti, atau kamu punya pengalaman yang sama bisa berbagi. Bisa jadi kita semua bisa belajar dari pengalamanmu.

Yang ingin curhat menginginkan solusi profesional dari konselor bisa langsung ke curhat konselor. Pastikan kamu subscribe mingguan hubungan romantis ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top