Pentingnya Memiliki Tujuan Dalam Hubungan Cinta

Pentingnya Memiliki Tujuan Dalam Hubungan Cinta
Artikel tentang Pentingnya Memiliki Tujuan Dalam Hubungan Cinta dibaca normal antara tiga atau empat menit (ilustrasi: pixabay).

Hubungan cinta itu ibaratnya sebuah kapal laut, apabila kapal berlayar tanpa persiapan yang matang dan kejelasan tujuan. Maka, kapal bisa tersesat di tengah lautan yang luas atau karam karena bocor. Oleh karena itu, pentingnya memiliki tujuan dalam hubungan cinta. Jika kamu dan pasanganmu menjalani hubungan tanpa tujuan yang jelas, maka kemungkinan besar akan tersesat dan membuang-buang waktu saja.

Salah satu contohnya ketika ada masalah kamu dan pasanganmu malah bingung bagaimana cara penyelesaiannya yang tepat, ataukah malah menyalahkan pasangan ataupun keadaan yang terjadi. Contoh lainnya, kamu dan pasanganmu sudah menjalani hubungan bertahun-tahun lamanya lebih dari dua tahun, tetapi hubungan yang dijalani tidak jelas arah tujuannya.

Pentingnya memiliki tujuan dalam hubungan cinta bagi kamu yang ingin memiliki keseriusan hubungan, caranya dengan mengenali dan pahami dulu tujuan orang yang kamu taksir sebelum menjalani hubungan bersamanya. Kesamaan tujuan untuk menyatukan visi misi kamu dan ia dalam menjalani hubungan ke depannya

Hubungan cinta yang dikatakan sehat apabila dua pasangan punya keseriusan, atau kejelasan tujuan bukan sekadar main-main saja. Bahwa hubungan yang dibangun harus berdasarkan komitmen dan landasan yang sama (keseragaman visi misi hubungannya). Tanpa dua hal tersebut, maka akan kesulitan dalam memperoleh hubungan yang sehat. Bahkan, kehangatan dan keromanisan hubungan sulit tercapai.

Baca Juga  Pacar Minta Break Tandanya Ia Suka Lari dari Masalah

Mengapa demikian? Sejak awal hubungannya sudah memiliki tujuan yang berbeda, maka bisa dipastikan hubungan ke depannya akan “tersesat” atau terombang-ambing. Bahasa kekinian dikatakan kegalauan terhadap hubungan yang dijalaninya, maka sering timbul pertanyaan dari salah satu pasangan “ia itu serius tidak sih dengan aku”, “ia selalu menghindar kalau aku bicara masa depan hubungan”, dan lain-lain.

Pentingnya memiliki tujuan dalam hubungan cinta bagi kamu dan pasangan sebagai kuncinya. Karena ini menyangkut tujuan dan arah pandang yang sama dalam menjalani hubungan cinta ke depannya. Contohnya saja, kamu ingin pergi ke tujuan A, tetapi pasanganmu ingin pergi ke tujuan B. Maka, bisa dipastikan kamu dan pasanganmu tidak akan sepaham arah tujuannya. Ujung-ujungnya yang ada, malah timbul rasa kekecewaan dari kedua pasangan.

Contoh di atas, ibaratnya seperti menjalani hubungan cinta yang tidak memiliki kesamaan tujuan (misi visi hubungannya). Seperti yang kamu ketahui, tujuan dalam hubungan cinta itu bersifat prinsip dan susah untuk dipatahkan. Apa sih tujuan kamu ingin menjalani hubungan cinta? Sekadar bermain-main dengan berpacaran berlama-lama, ataukah sudah memiliki kejelasan menikah sebagai tujuan akhir.

Baca Juga  Cinta Itu Juga Butuh Logika Bukan Hanya Perasaan Saja

Oleh karena itu, penting bagi kamu dan pasangan untuk membiasakan diri berkomunikasi tentang tujuan bersama yang ingin tercapai. Tidak hanya soal tujuannya, tetapi juga cara untuk mencapai tujuan itu harus dinegosiasikan pula. Negosiasi itu membicarakan hal penting apa saja yang ingin diprioritaskan dalam hubungannya, misalnya bagaimana cara kamu dan pasangan dalam mempertahankan hubungan ketika ada masalah yang terjadi, ataukah cara membangun keromantisan dan kehangatan hubungan, hingga cara berkomunikasi yang sesuai dengan kenyamanan bersama.

Tujuan ini untuk mengingatkan apabila salah satu pasangan lupa terhadap tujuan awal hubungannya. Seperti yang kamu ketahui, tujuan dan pola setiap pasangan dalam menjaga hubungannya sangat berbeda satu sama lain. Inilah diperlukan toleransi antarpasangan agar sama dalam memandang tujuannya. Apabila hubungan tidak berdasarkan rasa ingin mempertahankan, maka hubungan tersebut bisa hancur.

Itulah yang terjadi apabila setiap pasangan tidak memiliki tujuan yang sama. Dampak ketidakjelasan hubungan adalah usia. Semakin lama menjalani hubungan cinta tanpa tujuan yang jelas, maka semakin banyak pula usia dan tenagamu terbuang sia-sia. Belum lagi kenangan yang ditimbulkan dari hubungan tersebut, ujung-ujungnya malah membuatmu sakit hati.

Baca Juga  Pembelajaran Penting yang Terkandung dari Film Go Back Couple

Kesimpulan pentingnya memiliki tujuan dalam hubungan cinta

Kenali dan pahami dulu tujuan seseorang sebelum kamu menjalani hubungan bersamanya. Bicarakan dulu tujuan sesungguhnya sebelum menjalin hubungan cinta (apa sih misi visinya, apakah sama dengan kamu atau tidak). Kesamaan tujuan ini untuk menyatukan arah berlabuh dalam mengarungi hubungan cinta ke depannya. Tujuan ini menyangkut mempertahankan hubungan ketika ada masalah yang terjadi, membangun keromantisan dan kehangatan hubungan, hingga cara berkomunikasi sesuai kenyamanan bersama.

Kenali juga pasangan yang belum siap untuk menjalani keseriusan hubungan, seperti menghindari pembicaraan tentang masa depan hubungan, sering adu argumentasi untuk sesuatu yang sepele, jarang melakukan pembicaraan yang serius dalam hubungannya, tidak mau melakukan kompromi dalam hubungannya, melanggar komitmen bersama dengan ketahuan berselingkuh, hingga sering dijumpai berbohong.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca pentingnya memiliki tujuan dalam hubungan cinta. Silakan bagikan artikel ini kepada teman-temanmu, pacarmu, atau keluargamu melalui media sosial. Jika kamu punya pendapat lain tentang pentingnya memiliki tujuan dalam hubungan cinta? Silakan berinteraksi dengan berkomentar di bawah.



Silakan bertukar pikiran di bawah