Pembelajaran Penting yang Terkandung dari Film Go Back Couple

Pembelajaran Penting yang Terkandung dari Film Go Back Couple
Ilustrasi Pembelajaran Penting yang Terkandung dari Film Go Back Couple (pixabay)
Artikel ini dibaca normal sekitar 3-4 menit

Ada pembelajaran penting yang terkandung dari film Go Back Couple atau Couple in the Backtrack tentang pentingnya komunikasi, dukungan, keterbukaan, dan penghargaan dalam hubungan asmara. Kdrama ini menceritakan Ma Jin-Joo (Jang Na-Ra) bertemu dengan Choi Ban-Do (Son Ho-Jun) ketika berusia 20 tahun dan menikah di usia 24 tahun.

Pembelajaran Penting yang Terkandung dari Film Go Back Couple
Ilustrasi kdrama Go Back Couple (Sumber: dramafever.com).

Seiring dengan perjalanan waktu, Ma Jin-Joo terlalu lelah untuk mengurus anak dan kehilangan semangat hidup setelah kematiannya ibunya. Sedangkan, Choi Ban-Do merasa tertekan karena pekerjaannya, terutama mengurusi perselingkuhan Park Hyun-Seok (Im Ji-Kyu).

Setelah 18 tahun pernikahan, dua pasangan ini memutuskan untuk bercerai secara emosi karena faktor permasalahan di atas. Namun, keduanya mengalami kejadian aneh dalam proses perceraian. Tiba-tiba mereka kembali ke 1999 dan berusia 20 tahun, di mana pertama kalinya mereka bertemu saat kuliah.

Pembelajaran penting yang terkandung dari film Go Back Couple adalah pikirkan secara bijaksana (matang) dan dewasa bukan berasal dari faktor emosi sesaat atau keegoisan sepihak. Contohnya minta putus karena kondisi yang kamu ciptakan sendiri

Di sini, kami tidak membahas bagaimana jalan cerita film ini, konflik yang terjadi, penokohan karakter, ataupun bagaimana akhir ceritanya. Film ini menjabarkan banyak pesan bagi yang menontonnya, apa pun masalah yang terjadi segera diselesaikan jangan ditunda-tunda, serta jangan pernah menganggap masalahmu lebih besar daripada masalah orang lain.

Pembelajaran penting yang terkandung dari film Go Back Couple atau Couple in the Backtrack menyuguhkan beragam persoalan hidup saat menjalani hubungan cinta, seperti hubungan dirimu dengan orang tua, jatuh cinta dengan orang yang kamu sukai, perkenalan dengan orang tua pasangan, memutuskan untuk menikah, hingga konflik yang terjadi dalam pernikahan.

Ketika kamu menonton film ini, terutama episode pertama dan kedua menceritakan tentang keretakan hubungan cinta yang sering terjadi dalam kasus percintaan di dunia nyata. Bahwa kamu merasa ingin putus dari pasanganmu setelah menjalani hubungan cukup lama, alasannya kamu merasa tidak bahagia bersama pasanganmu yang sudah menemani hari-harimu cukup lama karena faktor tertentu yang kamu ciptakan sendiri.

Apakah keputusanmu untuk putus itu berasal dari pemikiran yang matang (bijaksana) dan dewasa? Ataukah hanya berasal dari emosi sesaat saja atau keegoisan sepihak. Pikirkan secara bijak sebelum menyesal di kemudian hari, apakah kamu mampu menjalani hidupmu tanpa orang yang sudah menemanimu cukup lama, baik susah maupun bahagia.

Ada kalanya kamu menjalani menjalani kehidupan terjebak dengan kondisi bermusuhan dengan orang tua. Contohnya mungkin permasalahan penentuan jalan hidup, seperti pemilihan jurusan saat kamu masih SMA, ataukah pemilihan program studi ketika masuk perguruan tinggi.

Pembelajaran Penting yang Terkandung dari Film Go Back Couple
Ilustrasi Ma Jin-Joo tidak ragu menunjukkan cinta kepada ibunya dengan membawa tas keranjang belanjaan (Sumber: elle.vn)

Atau bisa juga, permasalahan cinta. Bahwa orang tuamu tidak setuju kamu pacaran dulu, orang tuamu tidak sreg dengan pacarmu yang dianggap tidak bisa menghargai kamu, atau orang tuamu tidak suka dengan kelakuan pacarmu yang tidak punya tata krama (sopan santun) dalam etika pergaulan.

Ketika kamu menonton kdrama ini, banyak sekali adegan di mana Ma Jin-Joo sangat lengket kayak perangko dengan ibunya, terutama di episode ke-11. Bahwa Ma Jin-Joo sangat menyesal dahulu ketika ibunya masih hidup selalu benci dan berselisih paham. Kesempatan ini Ma Jin-Joo lebih berbakti kepada ibunya, seperti menghabiskan waktu bersama, mengobrol bersama, dan lain-lain.

Pembelajaran penting yang terkandung dari film Go Back Couple ini mengajarkan kamu untuk memiliki waktu luang bersama orang tuamu (rasa kebersamaan) yang sayang untuk dilewatkan. Kamu juga tidak boleh benci dengan orang tuamu apabila terjadi perbedaan pandangan. Mengapa demikian? orang tua mana pun akan selalu khawatir terhadap keselamatan dan masa depan anaknya, terutama saat anak masih remaja.

Nanti kamu akan merasakan apa yang orang tuamu rasakan saat ini setelah kamu memiliki anak dan menjadi orang tua. Berbakti dan sayangilah orang tuamu mumpung masih ada (hidup) karena kamu masih bisa melihat, berinteraksi, mengobrol, dan mencium tangannya. Jangan sampai baru muncul rasa penyesalan ketika orang tua sudah tidak ada (meninggal), seperti apa yang dirasakan oleh Ma Jin-Joo.

Apakah kamu salah satu orang memiliki rasa takut untuk menyatakan cinta kepada orang yang kamu sukai? Buang jauh-jauh rasa takut tersebut, ungkapkan saja tidak perlu memikirkan perasaan ditolak. Karena mengungkapkan perasaan cinta kepada orang yang disukai merupakan bagian dari proses pendewasaan dirimu.

Jika kamu menonton episode ketiga, di mana Choi Ban-Do berusaha mendekati lagi cinta pertamanya, Min Seo-Young (Ko Bo-Gyeol) adalah seorang penari balet di kampusnya. Saat itu, Choi Ban-Do sempat berpikir kalau Min Seo-Young sebagai pasangannya, maka ia akan bahagia daripada dengan Ma Jin-Joo. Di sisi lain, Min Seo-Young jatuh cinta dengan gaya berpikir Choi Ban-Do yang berbeda dengan kebanyakan cowok.

Apa pun yang kamu lakukan untuk menyenangkan dan membahagiakan pasanganmu, tetapi ia tidak pernah menghargai apa yang telah kamu lakukan. Jangan khawatir tidak hanya kamu yang mengalaminya, banyak pasangan di luar saja juga mengalami apa yang kamu rasakan.

Jika kamu menonton episode pertama dan kedua, kamu akan menjumpai adegan tentang pahitnya sikap pasangan yang tidak pernah menghargai pasangannya. Apa pun dilakukan oleh pasangan selalu saja dianggap kurang, tidak benar, ataupun salah di mata pasangannya.

Namun, kalau kamu menonton episode ke-11 akan dijumpai bagaimana cara untuk mengatasi pasangan yang tidak pernah menghargai pasangannya. Termasuk juga, bagaimana cara pasangan untuk memahami permasalahan tersebut dengan menekan faktor keegoisan maupun emosi sesaat.

Apakah kamu salah satunya yang menyesal menerima ia menjadi pasanganmu? Aku seharusnya memilih “B” bukan “A”, aku pasti bahagia kalau sama “A”. Ataupun, kamu selalu merasa pasanganmu membawa sial dalam kehidupanmu. Penyesalan yang terjadi dalam hidup adalah sesuatu yang wajar, tetapi kalau terus-menerus itu tandanya kamu belum dewasa dalam bersikap menghadapi kehidupan.

Pembelajaran Penting yang Terkandung dari Film Go Back Couple
Ilustrasi Choi Ban-Do menyadari istrinya, Ma Jin-Joo adalah pasangan yang tepat bagi dirinya (Sumber: hellokpop.com).

Bahwa pembelajaran penting yang terkandung dari film Go Back Couple adalah tidak selamanya apa yang kamu inginkan itu terbaik untukmu. Apa yang kamu inginkan itu, belum tentu dibutuhkan untuk kamu. Karena Tuhan mengerti dan memahami apa yang kamu butuhkan saat ini bukan yang kamu inginkan. Kdrama ini, kamu akan belajar melihat sisi lain pasanganmu, menerima pasanganmu, dan bersyukur atas apa yang telah kamu miliki.

Jika kamu menonton episode ke-10, ke-11, dan ke-12 ada pertempuran hebat antara perasaan, pikiran, dan emosi di dalam diri Choi Ban-Do, sebelumnya berpikir kalau bersama Min Seo-Young (cinta pertamanya) pasti dirinya akan bahagia. Namun, lama-lama Choi Ban-Do menyadari bahwa Ma Jin-Joo memiliki kecantikan dan kebaikan yang selama ini ia butuhkan.

Kesimpulan pembelajaran penting yang terkandung dari film Go Back Couple

Kdrama Go Back Couple atau Couple in the Backtrack mengajarkan betapa pentingnya komunikasi dua arah, penghargaan, keterbukaan, dan dukungan dari pasangan dalam menjalani hubungan cinta. Penting juga untuk diperhatikan, apa pun masalah yang terjadi segera diselesaikan jangan ditunda-tunda. Karena masalah itu akan tambah besar dan kamu akan kesulitan untuk menyelesaikannya.

Kalau ada yang menganjal pikiranmu, maka segera ungkapan jangan diam saja. Diamnya kamu itu sama saja kamu memelihara emosi sesaat dan amarah yang meledak-ledak, bahkan cikal bakal hubungan cinta yang tidak sehat ke depannya. Jangan pernah kamu menganggap bahwa masalahmu itu lebih berat dibandingkan masalah orang lain. Mengapa demikian? Kalau kamu terlalu tenggelam dengan masalahmu sendiri, kamu akan tidak menyadari ada orang di sekitarmu yang peduli kepadamu.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca pembelajaran penting yang terkandung dari film Go Back Couple. Bagikan artikel ini kepada teman-temanmu, pacarmu, atau keluargamu. Jika kamu punya pendapat lain tentang makna yang terkandung dari film kdrama Go Back Couple ini? Silakan berinteraksi dengan memberikan komentarnya di bawah.

Berikan Komentarmu