Pasangan Ketahuan Selingkuh dengan Mantan (Studi Kasus)

blog edukasi cinta - curhat cinta online gratis
Hebat, pagi ini kamu sudah bangun dan siap menjemput mentari pagi dengan secangkir kopi semangat. Selamat pagi kawan

Pasangan ketahuan selingkuh dengan mantan. Apa yang harus aku lakukan? Apa dia masih bisa dipercaya? Sebelum kami menjawabnya, perlu dipahami dulu apa dia pernah berselingkuh di masa lalu?

Ini bisa memengaruhi responmu yang tergantung pada tingkat kepercayaanmu di kemudian hari. Fakta pasangan pernah berselingkuh di masa lalu bisa membuatmu memiliki kekhawatiran dia akan kembali pada kebiasaan buruk itu.

Untuk mengetahui pasangan ketahuan selingkuh dengan mantan telah berubah. Perhatikan saja, cara dia membahas perselingkuhannya di masa lalu sama kamu. Apa dia bisa bertanggung jawab dan menunjukkan penyesalannya secara tulus?

Apa dia malah menyalahkan kamu, kondisi, atau selingkuhannya atas perbuatannya itu? Apa dia bisa dapat diandalkan dan konsisten dengan perilakunya? Apa dia bisa mendukungmu secara emosional?

Jika respon pacarmu tidak menunjukkan perubahan sikap atau malah menyalahkan. Ada kemungkinan besar ia melakukan perselingkuhan lagi. Sikapnya itu menunjukkan refleksi kekuatannya kalau dia tidak bisa berubah.

Pasangan ketahuan selingkuh dengan mantan dan mengakui perbuatannya. Ia lebih memilih kamu daripada selingkuhannya. Gunakan kesempatan itu untuk mempelajari tentang dirinya dan alasannya memilih berselingkuh

Pasangan Ketahuan Selingkuh dengan Mantan (Studi Kasus)
Pasangan ketahuan selingkuh dengan mantan (image: pixabay.com)

Dari sana kalian bisa merumuskan dan menetapkan hal-hal seperti apa yang dianggap perselingkuhan itu. Cara apa yang tepat untuk menangani situasi yang menyebabkan pasangan selingkuh.

Kalian bisa membuat perjanjian emosional tentang kebutuhan, perasaan, keinginan, dan ketakutan untuk membangun dan memperkuat ikatan, serta meminimalisir terjadinya perselingkuhan. Gunakan kesempatan ini untuk memahami pasangan lebih dalam lagi.

Pahami ya, bila pacar menyatakan penyesalannya secara tulus pernah berselingkuh. Ia juga sudah membuktikan dirinya dapat menjaga perasaanmu dan setia terhadap komitmen hubungan. Nggak ada alasan kamu nggak bisa percaya sama dia.

Baca juga indepth perselingkuhan

Berikut dua studi kasus pasangan ketahuan selingkuh dengan mantan untuk membantumu memahami masa lalunya dan alasan ia memilih untuk selingkuh

Pasangan Ketahuan Selingkuh dengan Mantan (Studi Kasus)
Pasangan ketahuan selingkuh dengan mantan (image: pixabay.com)

Kasus 1, Saat anniversary ke-1 tahun dia ketahuan selingkuh dengan mantannya

Kamu dan dia sudah berpacaran selama 1 tahun, tapi anniversary ke-1 tahun yang seharusnya ini momen kebahagiaan kalian . Kamu malah mengetahui dia selingkuh dengan mantannya yang sudah jalan selama 4 bulan.

Kamu mencoba memahami dan menerima kenyataan pahit itu karena masih sayang dan cinta sama dia. Namun, di sisi lain hatimu sangat terluka dan sulit untuk percaya lagi.

Apakah memaafkan dia yang ketahuan selingkuh dan memberikan kesempatan kedua itu tepat?

Jawaban: Apa pun yang kamu putuskan mau memberikan kesempatan lagi atau tidak sebenarnya punya risiko yang sama. Jika kamu memberikan kesempatan lagi, pertanyaannya apa dia bisa berubah tidak berselingkuh lagi.

Kembali lagi semua itu tergantung dari alasan pacarmu berselingkuh itu apa. Lalu, cek juga pacar berselingkuh itu apa kamu ada kontribusi atas kejadian perselingkuhan ini. Kamu harus mau introspeksi diri.

Bila ada sangkut pautnya pacar berselingkuh karena nggak suka atas sikapmu, maka kamu harus memperbaiki diri. Jika pacar berselingkuh karena alasan yang lain. Apa pun alasannya itu tidak dibenarkan.

Bila ada nggak sreg bicarakan secara jujur dan terbuka. Faktor ini banyak dijumpai pada kasus perselingkuhan. Kalian masih punya masalah kemarin yang belum tuntas. Masalah yang ada di masa lalu akan dibahas lagi di kemudian hari.

Jika kamu pilih putus dari dia, bisakah kamu masih percaya sama orang lain? Kamu tidak ada trauma karena dulu pernah diselingkuhin sama mantan. Bila kamu sulit untuk percaya bisa jadi ada masalahmu di masa lalu yang belum terselesaikan dengan tuntas.

Misalnya masalah dengan mantanmu dulu, masalah teman di masa sekolahmu, atau masalah yang jauh di masa kecilmu. Jika kamu ingin punya keseriusan hubungan ke depan (menikah), maka kamu harus belajar untuk percaya lagi sama orang lain.

Faktor kamu sulit untuk percaya lagi karena masih punya beban di masa lalu. Kamu yang menghambat dirimu untuk percaya dan berisiko mendapat lebih banyak masalah di masa depan, baik kamu sebagai individu maupun pasangan. Coba deh kamu berbicara dengan psikolog untuk menuntaskan ada bebanmu yang belum tuntas ini.

Baca juga kasus perselingkuhan yang sering dijumpai

Kasus 2, Pacar suka ngomong kehebatan mantan di depanmu karena dulu kamu pernah berselingkuh

Kesalahan fatal yang pernah kamu lakukan adalah berselingkuh. Kamu akui perbuatan itu salah dan minta maaf sama pacarmu. Kamu pun memilih pacarmu daripada selingkuhan demi mempertahankan hubungan kalian yang sudah lama berjalan.

Di sisi lain, kamu bimbang apa dia masih bisa menghargai dan menghormatimu. Kamu tahu dia masih mau menerima dan memaafkanmu atas perselingkuhan itu. Kamu pun paham dia mencintaimu karena selalu ngomong itu di depanmu.

Apa ia sudah bisa melepaskan mantannya? Apa ia bisa menghormati dan menghargai aku sebagai pacarnya? Apa keputusan pilih dia daripada putus itu pilihan terbaik?

Jawaban: Kelakuan pacar yang suka ngomong kehebatan mantan di depanmu itu salah. Kamu merasa nggak dihargai dan dihormatinya. Tapi, dorongan untuk selingkuh karena nggak suka sama sikap dia itu juga keputusan salah yang kamu ambil.

Jika kalian masih tetap mempertahankan kesalahan satu sama lain, maka dapat dipastikan hubungan kalian nggak bahagia, baik itu sebagai individu maupun pasangan. Bila kamu masih ingin menyelamatkan hubunganmu, maka gunakan kesempatan ini untuk memperbaiki kesalahanmu.

Ingat ya, pacarmu masih menerima dan memaafkan perbuatan perselingkuhanmu itu bukti dia masih percaya dan sayang sama kamu. Sekarang giliranmu untuk membuktikannya. Jangan buat dia kecewa lagi.

Meski dia menerimamu lagi, tapi kamu nggak pernah menyelesaikan masalah yang kemarin sempat menganggu. Kamu rentan melakukan kesalahan itu lagi. Bicarakan secara jujur dan terbuka agar masalah kalian tuntas.

Apa yang kamu kehendaki dan harapkan dari hubungan ini? Hal apa yang nggak boleh diulangi lagi? Nggak cukup kamu ngomong “Aku ingin jadi pasangan yang lebih baik lagi” ingat ya “baik” itu relatif. Pengertian “baik” antara kamu dan dia itu bisa berbeda.

Jadi, sepakati dulu apa pengertian yang disebut “baik” itu agar kalian tidak salah paham di kemudian hari. Bila kalian masih kesulitan untuk membicarakan hal ini bisa ngomong ke psikolog untuk berkonsultasi.

Kesimpulan pasangan ketahuan selingkuh dengan mantan (studi kasus)

Pasangan Ketahuan Selingkuh dengan Mantan (Studi Kasus)
Pasangan ketahuan selingkuh dengan mantan (image: pixabay.com)

Pahami ya, tiap keputusan diambil harus dicermati dan dipikirkan secara matang agar terhindar dari masalah besar di kemudian hari. Ngomong jujur nggak cukup bila kamu beranggapan dia benar sayang. Ia pasti bakal berhenti bahas masa lalu.

Ini perlu diluruskan kejujuran itu penting, tapi perlu dipahami juga bila masalah di masa lalu belum terselesaikan dengan tuntas. Masalah itu pasti dibahas di kemudian hari, terutama saat kamu melakukan kesalahan fatal.

Cara terbaiknya, selesaikan dulu masalah yang ada di masa lalu bersama dia benar–benar tuntas secara baik baik. Hingga masalah di masa lalu itu tidak akan dibahas lagi di kemudian hari.

Semoga contoh studi kasus ini bisa membantu apabila kamu memiliki masalah yang serupa. Terima kasih buat kamu yang sudah membaca artikel ini sampai selesai. Tinggalkan komentarmu apabila masih ada yang kurang dimengerti.

Oh ya, jangan lupa follow Instagram @ruang cinta berfokus membangun cinta berkualitas, ekspektasi yang realistis, dan mindset yang sehat + Persoalan toxic relationship, broken relationship, premarital, dan bad marriages.

Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor langsung ke menu layanan curhat. Pastikan kamu subscribe dengan menyalakan notifikasi agar nggak ketinggalan update terbaru dari KCS Academy.


Free Access Seputar Love & Relationship
Cara jadi pribadi berkualitas lewat building pesona, meningkatkan skill mengobrol, mengendalikan egomu, cara agar cowok bucin sama kamu, sampai kriteria pasangan ideal versi kamu lewat mr right check list. Daftarkan email kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *