Pahami Arti Cinta yang Sesungguhnya Agar Kamu Tidak Keliru

blog edukasi cinta - curhat cinta online gratis
Selamat sore kawan, bagaimana harimu? Sore hari telah memberitahu kalau kamu sudah menyelesaikan tugasmu hari ini. Semoga kamu menikmati malam yang segera tiba.

Pahami arti cinta yang sesungguhnya agar kamu tidak keliru memandang tentang jodoh, logika vs perasaan, kenyamanan dan keamanan hubungan, hingga perilaku manipulatif yang mengatasnamakan cinta.


Gampangnya, kamu akan paham cinta yang terhubung secara emosional dan responsif. Ini termasuk usia pacaran yang lama tidak menjamin kamu dan dia itu berjodoh atau sampai menikah.

Cinta menurut KBBI Daring adalah suka sekali; sayang benar, kasih sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan). Secara umum cinta adalah keinginan tulus untuk kebahagiaan orang yang kamu cintai dan menempatkan kebutuhan bersama di atas kebutuhan pribadi (tidak egois).

Dengan kata lain, cinta itu mengandung ketulusan yang mendalam dari kamu dan dia secara intensional atau kesadaran penuh dalam menjalani sebuah hubungan.

*Baca juga: Cinta Itu Komunikasi Dua Arah Adalah Kunci Agar Hubungan Langgeng

Pahami arti cinta yang sesungguhnya yang terhubung secara emosional dan responsif

Pahami Arti Cinta yang Sesungguhnya Agar Kamu Tidak Keliru

Kamu yang menginginkan hubunganmu ke depan bisa awet dan bahagia, maka bagaimana caranya kamu dan dia bisa terhubung secara emosional dan responsif. Kalian terhubung secara emosional sebagai media perekat untuk mengikat hubungan kalian.

Kenapa? Tidak adanya emosional dalam hubungan kalian, maka tidak akan ada ketertarikan kalian untuk hubungan yang berkelanjutan. Komunikasi dua arah yang baik untuk meningkatkan faktor emosional dalam hubungan kalian.

Kamu dan dia bisa mengobrol tentang topik kehidupan, tujuan hidup, hobi, olahraga, politik, bahkan keseriusan hubungan. Komunikasi dua arah yang baik dan sehat adalah kamu dan dia bisa mengekspresikan kegembiraan dan ketakutan terdalam kalian.

Kalian terhubung secara responsif terlihat dari sikap yang bisa kamu tunjukkan secara nyata ke dia. Kamu bisa berikan waktu dan keberadaanmu saat dia berada pada kondisi terbaik maupun terpuruk. Kamu bisa menjadi sistem pendukungnya saat dia menghadapi berbagai persoalan hidup.

Gampangnya, cinta yang terhubung secara emosional dan responsif adalah kamu bisa menanggapi perasaan dia secara nyata, terutama yang menjadi ketakutan atau keresahan dia.


*Baca juga: Kamu Paham Peta Cinta Berpeluang Menemukan Pasangan yang Tepat

Pahami arti cinta yang sesungguhnya agar kamu tidak keliru memandang soal jodoh. Kamu tidak memaksa dia yang sebenarnya belum siap menikah daripada pernikahanmu jadi toxic

Pahami Arti Cinta yang Sesungguhnya Agar Kamu Tidak Keliru

Kalau dia belum siap menikah jangan pernah memaksanya untuk menikahimu, meski usia pacaran kalian sudah lama daripada pernikahan kalian berubah jadi toxic. Ingat ya, jangan punya pikiran rugi sudah lama pacaran tidak jadi menikah.

Berikut 7 tanda dia sebenarnya belum siap menikah.
1. Ia tidak bisa mengerti prioritas hidupmu

Pacarmu tidak begitu peduli dengan ambisi dan cita-cita yang ingin kamu raih. Ia tidak mau mendukung kamu untuk mengejar cita-cita dan impianmu. Yang ada dia malah menghambatmu, seperti menggerutu, mengomel, atau menghina cita-cita dan impianmu.

Kenapa pacar melakukan ini? Pacarmu tidak suka melihat kamu sukses dan bahagia dengan ambisi dan cita-citamu karena nanti kamu tidak bisa dikendalikan atau dikontrol sama dia.

2. Ia suka sekali menghakimi kamu

Pacarmu tidak bisa menerima dan menghargai pendapatmu. Ini termasuk juga dia tidak suka dengan hobimu. Kebanyakan dia selalu menghakimi atau memberikan label negatif tentang pendapat dan hobimu.

Ia selalu mengkritik atau berkomentar jahat menyangkut pendapat dan hobimu daripada berikan solusi atau saran. Ini artinya, ia tidak bisa menerima kepribadian dan hal yang berbeda dari kamu.

3. Ia sering mengecewakanmu

Tindakan pacar untuk membahagiakanmu jumlahnya sangatlah sedikit. Ia sering membuatmu sedih dan kecewa. Apa contohnya? Kalian sudah berpacaran cukup lama, tapi dia tidak pernah membicarakan pernikahan. Pacar bisa berikan perhatian yang berlebihan, tapi perhatiannya itu malah membuatmu terkekang.

4. Ia tidak mau terbuka dengan kamu

Hubungan yang sehat, kamu dan dia tidak ada yang disembunyikan. Meski itu hal terkecil tidak ada dirahasiakan dari kamu. Apalagi sesuatu yang besar pasti tidak akan dia rahasia dari kamu.

Kalau pacar sudah tidak bisa terbuka sama kamu, artinya dia tidak bisa memercayaimu. Padahal faktor keterbukaaan dan kejujuran itu hal utama untuk menjalani hubungan jangka panjang.

5. Kamu selalu disembunyikan dari teman-teman dan keluarganya

Pacar tidak pernah memperkenalkan kamu ke teman-teman dekat dan keluarganya. Ini tidak peduli usia hubungan kalian sudah lama berjalan atau baru beberapa bulan. Kalau dia tidak pernah memperkenalkan kamu, artinya dia tidak serius menjalin hubungan bersamamu. Ada yang ditutup-tutupi dari kamu.

6. Saat bertengkar dia selalu menyalahkan kamu

Setiap hubungan pasti pernah mengalami pertengkaran itu hal yang wajar. Munculnya pertengkaran karena kamu dan dia punya perbedaan pendapat. Pacar yang dewasa akan memandang konflik dengan cara menangani konflik tersebut secara sehat. Gampangnya, dia tidak menyalahkanmu atau mengungkit masalah yang dulu lagi, tapi mencari solusi bersama-sama.

7. Ia tidak bisa berikan kenyamanan dan keamanan perasaanmu

Pacar tidak pernah peduli mengenai ketakutan dan kesedihanmu. Ia selalu cuek dengan perasaanmu ketika kamu menceritakan keresahanmu. Gampangnya, dia tidak nyaman saat kamu bercerita tentang ketakutan dan kesedihanmu. Ia justru menyerang keresahanmu. Inilah yang membuatmu tidak bahagia jalani hubungan bersamanya.

*Baca juga: Cara Menguji Keseriusan Dia dengan Mengetes Kadar Cintanya

Apa tanda kamu pahami arti cinta yang sesungguhnya tidak akan terbutakan oleh cinta?

Pahami Arti Cinta yang Sesungguhnya Agar Kamu Tidak Keliru

  • Kamu punya kehidupan tersendiri bukanlah robot harus selalu siaga 24 jam kapan pun dia minta.
  • Kamu tidak selalu menuruti semua permintaan atau keinginan dia. Apa pun yang dikatakan oleh dia belum tentu disetujui oleh kamu, terutama menyangkut prinsipmu.
  • Kamu tidak memaksakan dirimu untuk menjadi orang lain lain (pribadi yang dia sukai) agar dia menyukai dan memilihmu.
  • Meski kamu memiliki rasa takut akan kehilangan dia, tapi rasa takut itu sesuatu yang realistis. Kalau ternyata putus di tengah jalan, maka kamu bisa move on secara sehat tidak sampai punya pikiran tidak bisa hidup tanpa dia.
  • Kamu punya mimpi dan cita-cita yang ingin diraih. Ketika pacar memaksa untuk memilih, maka kamu tidak selalu menurutinya. Kamu tidak mau mengubur dalam-dalam mimpi dan cita-citamu hanya ingin bersamanya atau demi menyenangkan dia.
  • Ketika pacar harus memaksa kamu untuk memilih antara dia dan teman dekatmu, maka kamu bisa bersikap tegas menentukan pilihanmu. Pacar dan teman dekat bukanlah pilihan, tapi saling melengkapi hidupmu. Pacar yang memaksa kamu untuk memilihnya, maka dia tidak layak untuk dipertahankan.
  • Kamu paham memanjakan pacar dengan menuruti semua keinginan dia (kamu selalu nurut) bukanlah solusi yang sehat. Kamu tidak menuruti semua keinginannya, maka kamu bisa tahu dia seperti apa orangnya. Bahkan ini sebagai sarana kamu untuk evaluasi hubunganmu.
  • Kamu tidak sulit menerima masukan, saran, atau kritik dari orang lain mengenai hubunganmu. Kamu bisa berpikiran terbuka (tidak menutup mata dan telingamu). Hingga kemungkinan kamu terjebak dari hubungan yang toxic sangatlah kecil.
  • Kamu mengerti menuruti semua kemauannya bukanlah wujud cinta, tapi itu kebodohan karena akan membuat pacar jadi manja dan tidak berdaya.
  • Saat pacar sering memaksakan kehendaknya. Kamu mengerti dia bukanlah orang yang bisa menerima kamu apa adanya. Kamu bisa berpikir ulang mengenai hubunganmu daripada berubah jadi penyesalan (dia sudah tidak layak lagi untuk diperjuangkan).

Suka dengan postingan seperti ini? Pastikan kamu subscribe agar tidak ketinggalan update 5K’s relationshipTerima kasih kamu yang sudah membaca sampai selesai. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentarmu apabila masih ada kurang dimengerti. Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor silakan ke menu layanan curhat.

Follow juga Instagram @ruang cinta yang bahas masalah relationship yang remeh-temeh, serius, hingga sensitif. Ini termasuk isu-isu tabu relationship yang dibahas secara ringan.



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *