Pacaran Itu Juga Butuh Modal Nggak Bisa Seenaknya Sendiri

blog edukasi cinta - curhat cinta online gratis
Sudah larut malam kamu masih belum tidur? Jangan lupa ya untuk pejamkan mata sebelum larut menyapa. Terima kasih ya sudah berkunjung

Buat kalian yang memutuskan berpacaran. Pentingnya untuk belajar berpikir realistis karena pacaran itu juga butuh modal. Hidup itu butuh uang begitu pula cinta. Realitanya nggak ada hubungan cinta yang bisa bertahan hanya bermodalkan cinta.


Baca pacaran itu juga butuh modal ini sampai selesai agar kamu dapat konsep berpikir yang kuat, lengkap, dan utuh + kuis untuk mengecek kamu/dia bermodal atau nggak saat pacaran

Pola pikir ini bukan bersifat matre karena banyak keperluan hidup yang membutuhkan uang. Utamanya kamu yang sudah berpacaran lama dan memutuskan menikah sama dia. Aturan pacaran yang perlu kalian pegang adalah jangan sampai ditemukan berat sebelah.

Hanya satu pihak yang paling banyak berinvestasi waktu, pikiran, tenaga, bahkan uang dalam hubungannya. Lama-lama pihak yang menanggung biaya pengeluaran tiap kali berpacaran jadi nggak nyaman sama hubungannya. Apa contohnya? Pacar jadi cepat bosan, cuek, nggak peduli lagi, hingga minta putus.

Baca juga: Pahami Niat Pacar Untuk Apa Berpacaran Biar Nggak Sakit Hati

Pacaran itu juga butuh modal dan komitmen. Kamu dan dia memutuskan berpacaran, maka harus berani bertanggung jawab terhadap hubungan kalian. Nggak bisa seenaknya sendiri. Bukan pula satu pihak saja paling banyak berkorban

Pacaran Itu Juga Butuh Modal Jangan Seenaknya Sendiri

Ingat ya, pacaran nggak hanya dijumpai acara ngedate tiap weekend, melontarkan kata-kata gombal nan romantis ke pacar, atau mengupload foto-foto bareng pacar ke media sosial. Tapi juga butuh modal uang yang jumlahnya nggak sedikit kalau dihitung-hitung, terutama usia pacaran kalian sudah lama.

Mulai dari biaya pulsa buat teleponan, kouta internet, bensin buat jalan bareng, nonton film di bioskop juga makan, serta munculnya biaya tak terduga (belikan kado buat pacar di hari spesial). Kamu memutuskan berpacaran sama dia, maka berani bertanggung jawab terhadap hubunganmu itu bagian dari kamu belajar berkomitmen.

Kamu berpacaran = belajar nggak jadi orang yang egois atau mau menang sendiri. Bukan jadi pacar yang seenaknya sendiri hanya mementingkan keinginan atau keegoanmu. Apa tandanya pacaran nggak ada proses belajar? Kamu mulai bertanya dia serius atau nggak, hingga kamu paling banyak berinvestasi dalam hubunganmu daripada pacar.

Baca juga: Cara Menghadapi Pacar Pengangguran Berikan Rasa Tanggung Jawab

Saat pacaran dia nggak ada inisiatif untuk membayar atau patungan, tapi dia sering minta dibayarin. Tandanya pacarmu orangnya egois ini alasannya pacaran itu juga butuh modal (nggak ada yang dirugikan)

Pacaran Itu Juga Butuh Modal Jangan Seenaknya Sendiri

Tipe pacar nggak modal (kamu paling banyak berkorban) selalu dijumpai kamu yang harus tanggung semua beban biaya berpacaran tiap kali jalan bareng. Dia selalu nuntut segala keinginannya dipenuhi sama kamu.

Apa contohnya? Dia minta dibeliin barang yang sudah lama diincarnya, kamu harus antar-jemput dia, atau tiap nonton/makan nggak mau patungan. Dia tipe pacar yang mau menang sendiri. Kalau kamu biarkan terus pacaranmu akan berubah jadi toxic.


Bagaimana cara mengatasinya? Kamu harus ngomong secara jujur dan terbuka apa yang dirasakan. Kamu minta dia untuk patungan buat menekan biaya pengeluaran pacaran nggak berat sebelah. Bukankah berpacaran itu kalian belajar untuk peka, bertoleransi, dan pengertian atas kondisi satu sama lainnya?

Baca juga: Cara Terapkan Reward dan Punishment buat Pacar yang Tepat

Kuis pacaran itu juga butuh modal untuk mengecek kamu/dia bermodal nggak saat pacaran

Pacaran Itu Juga Butuh Modal Jangan Seenaknya Sendiri

A. Kendaraan apa yang kamu gunakan untuk menjemput dia?

  1. Mobil biar nggak kepanasan, kehujanan, dan bebas dari polusi
  2. Motor dengan model dan warna helm yang sama biar kompak
  3. Pinjam kendaraan milik teman yang bagus biar terlihat keren di mata dia

B. Apa yang biasa kamu bawakan saat menjemput dia di rumahnya?

  1. Nggak lupa makanan kesukaan orang tuanya agar izin keluarnya mulus.
  2. Modal senyuman manis saja dan berjanji ke orang tuanya pulang tepat waktu.
  3. Janjian selalu di depan pagar rumah atau gerbang kompleknya.

C. Pacaran nggak lengkap kalau nggak ada acara makan-makan. Kamu pilih makan di mana saat jalan bareng?

  1. Tempat makan yang lagi ngehits atau Instagramable di kotamu.
  2. Cari tempat makan yang murah meriah, terutama ada promonya.
  3. Nebeng makan di rumah pacar sekalian dekatin keluarganya biar makin akrab.

D. Seperti apa gaya pacaranmu saat nonton film sama dia?

  1. Pilih hari biasa bukan weekend dan beli popcorn buat makan berdua biar hemat.
  2. Tiap ada film baru berusaha nonton di hari pertama penayangan, lalu upload di media sosial dengan tag ke pacar.
  3. Nonton streaming film secara online bareng pacar lewat aplikasi di laptop.

E. Kamu jalan-jalan bareng dia sering bepergian ke mana?

  1. Kalau ada duit lebih pengin liburan ke tempat yang kekinian dan Instagramable.
  2. Biar nggak bosan tiap beberapa bulan pergi ke luar kota yang dekat-dekat saja.
  3. Nongkrong di taman kota yang nggak bikin mati gaya dan cocok buat hangout.

F. Bagaimana cara kamu menunjukkan rasa cinta ke dia?

  1. Kasih kejutan dengan beliin barang yang sudah lama dia inginkan.
  2. Biar makin mesra bikin video story atau postingan di Instagram dengan tag akunnya.
  3. Sering kirim chat ke dia kalau kamu ada untuknya.
Jika kamu paling banyak menjawab dari kuis pacaran itu juga butuh modal di atas adalah

Poin 1: Kamu tipe pacar yang memanjakan dia

Wow, hebat kamu tipe pacar yang bisa memanjakan dia. Kamu cenderung membawa dia ke tempat-tempat yang lagi hits atau viral. Oh ya, jangan lupa kamu harus tetap memperhatikan anggaran biar isi dompetmu tetap aman di bulan berikutnya.

Poin 2: Meski terbatas, tapi kamu pacar yang kreatif 

Kamu sadar memiliki keterbatasan biaya itu mendorongmu untuk berpikir kreatif. Kamu bisa memanfaatkan momen sederhana jadi luar biasa. Contohnya untuk makan saat berpacaran. Kamu menginstall aplikasi yang bisa memberikan info tentang promo atau sejenisnya.

Poin 3: Kamu dikatakan pacar yang pelit

Kamu ingin mengendalikan pengeluaran bulananmu, tapi ingat pacaran juga butuh modal. Belajarlah lagi mengatur pengeluaran bulananmu, seperti buat anggaran berpacaran agar kamu nggak dikatakan pelit sama dia. Jangan lupa install aplikasi yang ada promonya.

Terima kasih buat kamu yang sudah membaca sampai selesai. Tinggalkan komentarmu apabila masih ada kurang dimengerti. Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor silakan ke menu layanan curhat.

Pastikan kamu subscribe agar nggak ketinggalan update 5K’s relationship. Follow juga Instagram @ruang cinta yang bahas masalah relationship yang remeh-temeh, serius, hingga sensitif. Termasuk isu-isu tabu relationship dibahas secara ringan.



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *