kisah cinta sejati
Fakta dan Konsep Cinta

Pacar Narsistik Penuh dengan Love Bombing terhadap Hubungannya

Pacar narsistik penuh dengan love bombing terhadap hubungannya. Pacar menunjukkan afeksi yang kuat sama kamu. Contohnya ia suka memberikan pujian, hingga membelikan hadiah yang mahal.

Sebelumnya kenali dulu, apa itu love bombing atau hujan cinta?

Pacar menempatkan kamu sebagai orang terpenting di hidupnya. Ia mengungkapkan cintanya secara berlebihan, seperti mengatakan kamu satu-satunya atau kamu itu soulmate-nya.

Pacar memberikan perhatian bertubi-tubi agar kamu bisa bertoleransi terhadap sikap buruknya di kemudian hari. Segala bentuk perhatian pacar yang begitu manis lama-lama akan berubah menjadi hubungan abusif atau tidak sehat.

Ciri-cirinya pacar memberikan perhatian secara intens, baik itu lewat pesan teks, telepon, hingga membanjiri media sosial kamu dengan berkomentar atau like statusmu. Yang diikuti dengan bentuk perhatian secara berlebihan.

Apabila pacarmu menunjukkan perilaku seperti di atas, kamu sudah mengalami love bombing dalam hubunganmu. Ini disebabkan pacar punya tingkat kepedulian secara berlebihan pada dirinya yang ditandai sikap arogan, percaya diri, dan egois.

Tipe pacar narsistik penuh dengan love bombing karena dirinya orang yang optimis, punya kecocokan tinggi terhadap hubungan, dan berambisi mencapai posisi tertinggi dalam hidupnya.

Namun, pacar juga punya kerentanan tinggi terhadap masalah harga diri, hubungan afektif antara dirinya dengan kamu harus punya arti khusus (kelekatan hubungan), hingga perilaku narsistik dalam menjalani hubungannya.

Pacar narsistik butuh kekaguman yang berlebihan dari kamu, tak jarang ia suka membesar-besarkan prestasi atau bakatnya agar diakui sebagai orang hebat. Walaupun, omongan tentang pencapaiannya tidak sesuai dengan kenyataan.

Sikap itu membuat dirinya merasa berhak untuk memiliki kamu atas harapan tidak masuk akal terhadap hubungannya. Pacar cenderung bersifat eksploitatif agar tercapai tujuan pribadinya.

Hal ini yang menyebabkan pacar kurang berempati, atau tidak mampu mengidentifikasi perasaan dan kebutuhan kamu.

Baca juga: Tentukan tujuan pacaran yang realistis agar hubunganmu tidak gagal

Penyebab pacar bisa menjadi pribadi narsistik

Pacar jadi narsistik disebabkan pola asuh ketika masih kecil dulu, atau masalah basic trust dirinya menuju proses dewasa. Apabila sejak kecil pacar terlalu dimanja setelah tumbuh dewasa menjadi pribadi yang pencemas (baca: tidak bisa jauh dari orang terdekat).

Ketika berpacaran, orang yang narsistik punya pola anxiety (kecemasan) terhadap pacarnya. Pacar selalu terobsesi dan ingin selalu dekat dengan kamu. Efeknya ketika kamu melakukan kesalahan kecil, pacarmu akan menuduh kamu sebagai penyebabnya.

Pacar sengaja menyalahkan kamu agar terlepas dari bentuk tanggung jawab dalam menjaga hubungannya (baca: pihak tidak mau disalahkan). Ini alasannya pacar melakukan love bombing agar kamu bisa mentoleransi sikap buruknya di kemudian hari.

Pacar narsistik cenderung melakukan love bombing karena dirinya haus akan kasih sayang, penghargaan, perhatian, dan cinta tanpa batas dari kamu sebagai pacarnya.

Sikap pacar memberikan perhatian bertubi-tubi agar kamu lebih memuja dan mengistimewakan dirinya (baca: kamu tidak bisa hidup tanpa dirinya).

Selain itu, pacar sengaja melakukan love bombing sama kamu karena ada ketakutan kamu minta putus setelah tahu tentang keburukan dan kelemahan dirinya.

Lewat love bombing, pacar bisa dengan mudah mengontrol kamu sesuai keinginannya. Apabila kamu tidak bisa ditaklukkan, pacar jadi tertekan dan mengancam kamu dengan minta putus.

Kenali ciri-ciri pacar yang love bombing

1. Tidak bisa membangun relasi hubungan yang sehat

Pacar bisa dikatakan ramah dan pandai ambil hatimu sejak awal mula pacaran. Ia akan melakukan segala macam cara di awal pendekatan, apalagi dari segi penampilan orangnya juga menarik. Tapi, semua sikapnya itu perlahan-lahan akan memudar seiring waktu berjalan.

Pacar yang love bombing sangat lihai dalam mengambil hatimu. Ia sering menggunakan “permainan cinta” dengan menyirami berbagai macam bentuk perhatian. Tujuannya agar kamu menilai dirinya sebagai pacar yang romantis, perhatian, lembut, dan penyayang.

Nanti seiring waktu berjalan kamu yang akan bersikap ngarep dan bergantung pada dirinya. Kemudian, pacar akan bersikap abusive dengan membatasi hidupmu dan tidak mau mendengar pendapatnya kamu.

Ya, kamu akan tidak diberikan ruang untuk pengembangan diri di luar hubunganmu. Aktivitas hidup dibatasi oleh pacarmu, seperti kamu kamu melaporkan di mana kamu berada dan apa yang kamu lakukan.

2. Pacar terbaik yang pernah kamu temukan

Pacar memberikan pemahaman ini sejak awal pacaran. Dengan cara memberikan segala bentuk perhatian, pujian, bantuan, hingga hadiah secara bertubi-tubi. Karena pacar yang love bombing ingin kamu bergantung hanya padanya.

Akhirnya kamu akan berpikir dirinya adalah pacar terbaik dari semua yang kamu kenal. Pacar lakukan ini untuk mendapatkan sesuatu dari kamu, ya segala bentuk perhatian dan sikap romantisnya ada kepentingan di belakang.

Contohnya cewekmu minta dibelikan barang yang lagi diincarnya, cowokmu minta “wik wik” sama kamu dengan alasan bukti cinta (baca: hubungan badan di luar nikah). Apabila kamu tidak mau menuruti permintaannya, pacar akan mengancam minta putus.

3. Sikapnya sangat baik sama kamu

Jangan tertipu dulu dengan sikap manis pacar yang love bombing, seperti rutin menanyakan kabarmu tiap waktu dan mengutarakan perkataan manis daripada mengejek kamu atau bersikap cuek.

Tapi untuk orang lain, pacar bisa berperilaku kasar dan semena-mena, terutama yang derajatnya rendah.

Sikap manis pacar pada kamu itu bukanlah watak aslinya, tapi memperlakukan orang lain yang derajatnya rendah secara kasar itu baru watak aslinya.

Ya, sikap manis pacar atas semua bantuan dan pertolongan yang diberikan padamu. Ada pamrihnya agar kamu mau menuruti segala permintaannya.

Pacar yang love bombing tidak mampu berempati terhadap kebutuhan dan keamanan perasaanmu. Karena pacar kurang bisa mengidentifikasi atau memahami pikiran, perasaan, dan kebutuhan kamu juga orang-orang di sekitarnya.

Baca juga: Pacar suka memanipulasi contoh abusive relationship

Ada dua cara hadapi pacar yang love bombing

1. Berani berkata “tidak” terhadap sikap manipulatif pacar

Kamu harus tegas terhadap perilaku pacar yang manipulatif, katakan saja kamu tidak suka dengan bentuk perhatian, pujian, atau hadiah yang bertubi-tubi.

Kamu tidak perlu takut untuk menolaknya secara halus. Ini harus kamu lakukan agar tidak terjebak hubungan yang abusive ke depannya.

Apabila kamu masih proses pendekatan (PDKT), jangan senang dulu kalau gebetan memberikan segala bentuk perhatian, pujian, dan hadiah yang bertubi-tubi. Kamu harus cari tahu motif di balik sikap manisnya itu.

Cara untuk mengidentifikasi, coba perhatikan sikapnya ketika kamu dan gebetan makan di sebuah restoran atau warteg. Bagaimana gebetanmu memperlakukan pelayan restoran atau warteg, apakah sopan dan baik? Atau, kurang baik dan semena-mena

Kalau gebetan bisa bersikap manis dan baik sama kamu, tapi untuk orang lain malah bersikap kasar dan semena-mena. Segera hentikan proses PDKT sama dia agar kamu tidak terjebak hubungan yang abusive.

2. Berikan batasan yang jelas dalam hubunganmu

Batasan ini penting dalam menjalani hubungan ke depan, seperti hak privasimu yang tidak boleh dilanggar oleh pacar. Karena hak privasi adalah bagian dari hak asasi manusia yang telah diberikan oleh Tuhan dan dilindungi oleh negara melalui aturan hukum.

Sampaikan secara tegas dan jelas hak privasimu pada pacar. Kamu punya “me time” untuk pengembangan kualitas diri, kumpul bareng teman atau keluarga tanpa harus dikekang oleh pacar.

Kamu pun tidak suka dengan bentuk perhatian dan pujian pacar yang posesif, hingga mengganggu aktivitas hidupmu dalam mengembangkan diri atau menghalangi impianmu.

Baca juga: Pacar posesif adalah contoh toxic relationship

Kesimpulan pacar narsistik penuh dengan love bombing

Kamu berhak memiliki hubungan yang sehat dan baik, tapi berhak juga menyelamatkan diri dari hubungan yang abusive. Contohnya kelakuan pacar yang love bombing terhadap hubungannya.

Kalau tidak segera kamu atasi akan terjebak dalam hubungan tidak sehat. Apabila kamu sudah mengutarakan perasaanmu terhadap sikap pacar yang love bombing, tapi sikapnya malah enggan berkompromi.

Keputusan terbaik, pilih mengakhiri hubungan tersebut demi kebaikan dan kesehatan jiwamu sendiri daripada kamu menjalani hubungan tidak sehat. Ingat, hidupmu tidak tamat apabila putus dari pacarmu yang love bombing.

Mungkin kamu pikir tidak ada masalah dengan sikap manis pacar yang berlebihan itu, tapi tanpa sadar seluruh energi, perasaan, dan pikiranmu telah terkuras habis untuk memenuhi semua permintaan pacar.

Lebih baik memilih putus dari pacar yang love bombing daripada kamu mengalami kekerasan verbal dan psikis dalam hubunganmu ke depan.

Semoga poin-poin dari pacar narsistik penuh dengan love bombing bisa membantumu terhindar dari hubungan yang tidak sehat.

Kalau kamu suka artikel ini, silakan share, like, dan subscribe. Jangan lupa sharing ke Facebook, Twiiter, Line, WhatsApp, grup-grup WA, dan teman-temanmu supaya dapat belajar dari ilmu-ilmu cinta seperti ini.

Kalau kamu punya pengalaman yang sama, please berikan komentarnya bisa jadi kita punya pengalaman yang sama. Follow ya Instagram @ruang cinta untuk tips cinta yang lebih banyak.


Kupas tuntas masalah 5K relationship yang perlu kamu ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *