Melek Cinta / Emosi Cinta / NPD Bikin Virgoun Selingkuh dari Inara Setelah 8 Tahun Nikah

NPD Bikin Virgoun Selingkuh dari Inara Setelah 8 Tahun Nikah

npd bikin virgoun selingkuh

Benarkah NPD bikin Virgoun selingkuh dari Inara Rusli setelah 8 tahun menikah? Virgoun selama ini dikenal pria romantis dan tipe family man. Ia juga menciptakan lagu berjudul ‘Bukti’ untuk sang istri, Inara Rusli dan ‘Surat Cinta Untuk Starla’ untuk anak pertamanya.

Yang akhir april 2023 lalu, Inara Rusli tidak hanya membongkar kabar perselingkuhan suaminya, tapi juga menyinggung Virgoun mengidap gangguan kepribadian narsistik (NPD) di balik perilaku selingkuh.

Baca juga: Virgoun Selingkuh Alami Puber Kedua Itu Mitos Atau Fakta?

Tonton juga video sindrom narsistik (NPD) bikin Virgoun selingkuh dari Inara Rusli setelah 8 tahun pernikahan

Benarkah orang dengan gangguan kepribadian narsistik (NPD) gemar melakukan perselingkuhan?

Untuk dipahami bersama, perselingkuhan bisa dilakukan oleh siapa saja. Ini termasuk orang tidak mengidap gangguan kepribadian narsistik (NPD). Orang yang mengidap gangguan kepribadian narsistik bisa saja berselingkuh dari pasangannya.

Tapi bukan berarti, orang yang mengidap gangguan kepribadian narsistik akan berselingkuh, atau orang yang selingkuh hanyalah orang dengan gangguan kepribadian narsistik.

Yang membedakan orang berselingkuh atau tidak dari pasangannya. Hanyalah nilai yang dipegang, pengendalian diri, dan pengambilan keputusan

Alasan orang menjadi pemicu untuk berselingkuh, seperti yang diterbitkan dalam Jurnal Terapi Seks dan Perkawinan Tahun 2020: What Do People Do, Say, and Feel When They Have Affairs? Associations between Extradyadic Infidelity Motives with Behavioral, Emotional, and Sexual Outcomes.

Meski perselingkuhan banyak melibatkan hubungan seksual, tapi alasan utamanya jarang sekali mengutamakan kebutuhan seks. Alasan utama orang berselingkuh karena kurangnya rasa cinta dan sering diabaikan oleh pasangan.

Kebanyakan dipicu dari faktor masalah rumah tangga. Ini membuat orang berselingkuh dari pasangan merasa ada semacam keterikatan emosional sama selingkuhannya.

Penelitian ini juga menyebutkan orang berselingkuh mengaku lebih sayang sama selingkuhannya akibat tidak mendapatkan cinta yang cukup dalam hubungannya secara nyata sama pasangan.

Baca juga: Virgoun Akui Salah Sudah Selingkuh, Bisakah Suami Tobat?

Orang narsistik merasa dirinya lebih daripada yang lain. Ia selalu merasa benar dan hebat. Ia senang dikagumi dan tidak bisa didebat

npd bikin virgoun selingkuh - insight romantis tempatnya belajar cinta
Virgoun sang musisi (image: Instagram @virgoun_)

Kembali ke topik awal, orang mengidap gangguan kepribadian narsistik merasa dirinya lebih daripada yang lain. Ia selalu merasa benar dan hebat. Orangnya senang dikagumi dan tidak bisa didebat.

Ini sebabnya orang narsistik haus akan sanjungan dan pengakuan dari orang lain yang menggandrungi atau mengidolakan dirinya. Orang narsistik juga pandai manipulasi pikiran dan perasaan pasangan. Bahasa gaulnya disebut gaslighting.

Orang mengidap gangguan kepribadian narsistik bisa membuat pasangan meragukan dirinya sendiri, atau mempertanyakan keyakinan diri sendiri atas suatu fakta atau kenyataan yang diketahuinya.

Orang narsistik akan mencoba merusak harga diri pasangan sebagai upaya untuk membuat pasangan hanya mengandalkan dia, baik itu untuk gagasan harga diri maupun validasi apa pun.

Caranya dengan mencoba menghancurkan harga diri pasangan secara terus-menerus. Contohnya membandingkan pasangan sama orang lain bertujuan agar pasangan memiliki harga diri yang rendah.

Ibaratnya membuat pasangan merasa tidak berharga dan berguna. Tidak jarang, perilaku orang dengan gangguan kepribadian narsistik bisa sulit diidentifikasi karena awalnya sering terlihat menawan, baik hati, dan suportif.

Baca juga: Wajah Cantik Inara Rusli Kok Virgoun Masih Tergoda Selingkuh?

Orang narsistik memiliki perilaku tidak serasi dalam hal kesadaran, persepsi, dan cara berpikir

npd bikin virgoun selingkuh - insight romantis tempatnya belajar cinta
Momen Virgoun bersama Inara Rusli (Image: Instagram/mommy_starla)

Ini sebabnya orang mengidap gangguan kepribadian narsistik memiliki perilaku tidak serasi dalam hal kesadaran, persepsi, dan cara berpikir. Meski orangnya sangat percaya diri, tapi harga dirinya sangat rapuh.

Orang narsistik sangat sensitif terhadap kritik dan emosinya cenderung bereaksi secara berlebihan. Orangnya mudah tersinggung, meski terhadap kritikan kecil. Orang narsistik juga mudah marah saat tidak mendapatkan apa yang ia inginkan.

Orang narsistik sering mengabaikan kebutuhan pasangannya. Ia memandang pasangannya hanya sebagai objek untuk melayani atau memenuhi kebutuhannya.

Ini alasannya orang narsistik enggan tunjukkan rasa empati karena takut dianggap sebagai salah satu kelemahannya. Ia tidak menunjukkan rasa empati sebagai bentuk perlindungan dirinya.

Terima kasih sudah membaca sindrom NPD bikin virgoun selingkuh setelah 8 tahun menikah. Suka postingan ini? Kamu bisa sharing ke teman-temanmu supaya mereka dapat value yang sama.

Insight eksklusif menawarkan sesuatu lebih fundamental bukan trik dan tips PDKT atau pacaran lagi, tapi ajak kamu berfokus pada intimate relationship. Kamu akan belajar pemberdayaan relasi pria dan wanita super lengkap secara gratis!

Bagi yang pacaran serius untuk menikah, kamu akan diajak berpikir dan berperilaku untuk ciptakan hubungan yang sehat. Mulai dari pola pikir, perilaku, pergaulan, dan komunikasi, serta mengenal pola hidup dan pola asuh pasangan.

Insight eksklusif tidak menggunakan akses sistem sekali bayar atau berlangganan. Konten yang disajikan bersifat inklusif, kritis, memberdayakan, menghibur, dan berorientasi solusi.

npd bikin virgoun selingkuh - insight romantis tempatnya belajar cinta

Siap tingkatkan value kamu? Pilih kebutuhan dirimu di Insight Romantis
  • Sistem berpikir dan berperilaku karismatik (laki-laki).
  • Cara menjadi pribadi yang memesona (perempuan).
  • Menyamakan persepsi buat kamu yang pacaran serius (pranikah).

Insight pemberdayaan diri eksklusif bersifat terbatas, silakan cek ketersediaan koutanya di insight romantis eksklusif.

Yang ingin curhat masalah cintamu dan menginginkan solusi profesional tanpa menghakimi. Teman curhat bareng psikolog klinis via chat bukan bersifat konseling, klik teman curhat.

Pantau terus Youtube @MelekCinta, Instagram @RuangCinta, dan Facebook @MelekRomansa. Follow konten dipersonalisasi @GoogleNews seputar pemberdayaan diri menginspirasi kamu untuk meraih sukses.

Apa komentarmu tentang sindrom NPD bikin Virgoun selingkuh dari Inara Rusli? Kamu punya pengalaman yang sama bisa berbagi mungkin kita semua bisa belajar dari pengalaman kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top