Nggak Ada Manusia Sempurna Pesan Drakor It’s Okay to Not Be Okay


Nggak ada manusia sempurna itulah pesan yang ingin disampaikan drakor It’s Okay to Not Be Okay. Saat kamu mengalami kenangan buruk akan jauh tersimpan dalam ingatanmu. Luka yang berasal dari rasa kecewa yang mendalam pada kejadian sebelumnya.

Kamu cenderung memikirkan kebahagiaan dia daripada kebahagiaan dirimu sendiri. Seolah kebahagiaan dia itu tanggung jawabmu. Nggak selamanya buruk kok kamu jadi sedikit egois memikirkan juga kebahagiaanmu demi menjaga kesehatan mentalmu.

Contoh lainnya, kamu nggak salah minta putus apabila dia nggak mau lagi berpartisipasi membangun hubungan yang sehat. Kamu sangat mencintainya, tapi kelakuannya bikin kamu sakit hati.

Dia orangnya kaku dan keras kepala cenderung ngeyel nggak ada habisnya. Kalau sudah punya pendapat nggak peduli itu salah nggak bisa dibelokkan apa pun alasannya.

Dia juga seenaknya sendiri nggak suka diatur, bahkan bisa kejam sama kamu. Kalau kamu sudah nggak kuat lagi pilihan putus adalah solusi terbaik buat kesehatan mentalmu ke depan.

Mungkin judul “Nggak Ada Manusia Sempurna Pesan Drakor It’s Okay to Not Be Okay” agak berat bagi sebagian kamu. Siapkan dulu camilan favoritmu soalnya ini agak panjang. Buka hati dan pikiranmu ya. Are you ready?

Kami tidak mereview drakor It’s Okay to Not Be Okay. Tapi pesan-pesan positif yang bisa dipetik dari drama ini, terutama teknik menjaga kestabilan emosi dan isu-isu psikologi yang sering dijumpai dalam keseharian maupun hubungan asmara.

Walau drakor It’s Okay to Not Be Okay bergenre romansa, tapi tema utamanya tentang kesehatan mental. Bila kamu sudah bisa penuhi keinginan dan kebutuhanmu sendiri (mencintai diri sendiri), kamu jadi lebih mudah buat membahagiakan dan menyenangkan dia.

Apabila kamu belum bisa mencintai dirimu sendiri, kamu cenderung bersikap impulsif dan suka melukai secara fisik/emosional orang lain. Kamu nggak bisa bertanggung jawab secara konsisten, hingga melakukan agresi untuk dapat apa yang kamu inginkan.

Kamu juga suka berbuat curang dan nggak ada rasa penyesalan. Yang terjadi cintamu penuh toxic, hidupmu sulit untuk temukan namanya kebahagiaan. Kamu selalu merasa ada yang kurang, tapi nggak tau itu apa. Jadi, menerima/mengakui diri sendiri itu penting.

Pesan moral lainnya dari Drama Korea yang bisa diambil pembelajaran positifnya:

Pesan moral drakor It’s Okay to Not Be Okay, nggak ada manusia sempurna kalau lelah nggak apa-apa kamu ingin beristirahat. Kamu sedih ingin menangis, silakan kamu menangis sekencang-kencangnya

Nggak Ada Manusia Sempurna Pesan Drakor It's Okay to Not Be Okay
Salah satu adegan It’s Okay to Not Be Okay (hancinema.net)

It’s Okay to Not Be Okay, artinya kamu tau kapan harus berhenti dan kapan untuk melanjutkan. Terkadang kamu merasa nggak baik-baik saja dalam hidupmu itu sesuatu yang wajar. Karena kamu manusia bukanlah robot/benda mati. Nggak ada manusia sempurna yang hidup di dunia ini.

Apabila kamu nggak sanggup, nggak apa-apa ingin berhenti sebentar buat sekadar beristirahat. Lalu, berjuang lagi mengapai impianmu. Ingatlah selalu ada orang terdekat yang setia mendukungmu, seperti keluarga, pasangan, atau sahabatmu. Kamu nggak sendirian berjuang di dunia ini.

Ko Moon Young, penulis buku anak sangat terkenal punya kepribadian antisosial (Antisocial personality disorder). Gangguan ini disebabkan dari kejadian di masa lalu yang kelam. Hingga membuatnya trauma dan enggan mempercayai orang atau mengenal namanya cinta.

Pertemuan Ko Moon Young dan Moon Gang Tae saling melengkapi mereka. Pelan-pelan masalah emosional dari kejadian masa lalu berhasil mereka atasi satu per satu. Awalnya mereka nggak bisa menerima dirinya sendiri/menolak keadaan yang terjadi.

Lama-lama mereka bisa berdamai untuk nggak merasa bersalah saat ada perasaan nggak baik-baik saja. Kesamaan Ko Moon Young dan Moon Gang Tae adalah lari dari rasa takutnya. Hal itu malah membuat masalah mereka makin rumit dan hidupnya terasa lebih kosong.

Dengan mengakui diri sebagai manusia yang punya emosi dan iklas menerima kondisi tersebut. Mereka bisa temukan jalan untuk bangkit/pulih dari luka. Menerima/berdamai dengan diri sendiri membuat mereka bisa terlahir dengan versi terbaik dirinya.

Kamu berdamai dengan diri sendiri, artinya kamu bisa hidup dengan ekspektasi yang realistis bukan meniru konsep yang ada dalam drama romantis/sinetron yang selalu menggambarkan bahagia.

Realitanya akan ada sakit hati, perjuangan, kesedihan, kekecewaan, luapan emosi yang meledak-ledak, hingga rasa percaya yang hilang. Untuk menghadapi realita kamu harus bangkit dan berjuang lagi. Menata lagi keping-keping tersisa dari dirimu untuk membuat lagi rencana yang baru.

Ya, proses ini akan selalu kamu hadapi sepanjang hayatmu. Adakalanya kamu nggak suka dan ingin menyerah, tapi kamu harus bisa hadapi ketakutanmu untuk menjadi kekuatanmu berubah ke versi terbaik dirimu.

Pesan utama drakor It’s Okay to Not Be Okay nggak ada manusia sempurna. Berikut 5 pesan moral dijabarkan satu per satu yang dapat diaplikasikan dalam keseharianmu

Nggak Ada Manusia Sempurna Pesan Drakor It's Okay to Not Be Okay
Adegan Moon Gang Tae berusaha mencegah Ko Moon Young melukai salah satu pasien (hancinema.net)

1. Nggak semua yang kamu inginkan bisa didapatkan

Jika kamu hanya berfokus untuk mengikuti obsesi saja. Hidupmu akan selalu nggak puas merasa ada yang kurang. Ko Moon Young untuk dapatkan apa yang diinginkannya.

Dia nggak bisa menahan diri untuk mengatakan atau melakukan sesuatu sampai keinginannya terwujud (emosi meledak-ledak dan cenderung impulsif). Ini pentingnya belajar menyeimbangkan emosi dan mengendalikan keinginan kamu.

Caranya dengan melatih diri yang berfokus pada solusi hidup bukan obsesi secara berlebihan. Belajar untuk menerima segala sesuatu yang sudah kamu rencanakan dengan baik, tapi hasilnya nggak sesuai diharapkan.

Saat kamu punya keinginan yang ingin dicapai/harapan tinggi terhadap seseorang, kamu harus siap dengan segala skenario terburuk. Penerimaan diri berperan penting untuk kesehatan mental dalam kehidupanmu.

2. Nggak hanya kamu, tapi semua orang pasti punya titik terendah dalam hidupnya

Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti pernah mengalami titik terendah dalam hidupnya. Akuilah kondisi itu agar kamu bisa bangkit lagi dan nggak menyalahkan orang lain atau keadaan yang terjadi.

Kamu sebagai manusia memang kerap membandingkan diri dengan orang lain, terutama ada perasaan iri lihat teman yang lebih sukses atau hidupnya lebih nyaman dibandingkan kamu.

Kamu pasti hanya melihat sisi kehidupan Ko Moon Young yang sukses dan kaya raya. Tapi kamu nggak tau seperti apa perjuangan Ko Moon Young untuk mencapai kesuksesan tersebut. Kamu juga nggak tau kalau Ko Moon Young sedang berjuang untuk keluar dari trauma masa lalunya.

Setiap orang pasti memiliki masalah/beban hidupnya masing-masing, walau bebannya nggak ditunjukin nggak berarti beban dia lebih ringan dibandingkan kamu. Apa pun masalah yang kamu miliki jangan sampai itu memengaruhi kebahagiaanmu buat bangkit lagi.

Jangan biarkan peristiwa yang terjadi atau omongan orang merusak kebahagiaanmu. Kalau kamu sedang sedih butuh bantuan, atau teman curhat nggak apa-apa untuk mengakuinya. Itu langkah pertama untuk pulih dan bangkit dari keterpurukan.

3. Bijak dan pikirkan dua kali dengan matang sebelum berucap ke orang lain

Poin ketiga ini sangat penting, terutama saat berinteraksi di media sosial. Kamu gampang menyimpulkan orang menurut anggapanmu sendiri dari kesan pertama, walau kamu nggak tau seperti apa sesungguhnya dia orangnya.

Ini pentingnya menjaga kestabilan emosi kamu, terutama berinteraksi di media sosial kamu harus bisa mengfilter dua kali lipat sebelum memposting atau menuliskan komentar.

Jangan sampai kamu nggak tau pokok masalahnya ikut-ikutan menghakimi seseorang di media sosial, bahkan ikut menyerang kehormatannya. Kamu bisa dituduh ujaran kebencian/ucapan kebencian “hate speech” dan terancam kena UU ITE.

Kamu suka bacot di media sosial karena alasan biar seru dan ikut-ikutan. Kamu beranggapan dia orang nggak kamu kenal. Dia nggak tau tempat tinggalmu itu salah besar. Walau kamu pakai anonim, tapi polisi cyber bisa melacak di mana rumahmu.

Pilihan kata yang kamu ucapkan bisa membantu dan mendorong orang lain jadi lebih bersemangat atau menjatuhkan mentalnya. Jadilah pribadi yang punya empati dan kepekaan. Kamu lebih baik menambah kawan itu lebih bermanfaat daripada menambah musuh.

Karena kamu nggak pernah tau orang yang dibacotin di media sosial, ternyata dia punya pengaruh kuat di lingkungan masyarakat. Kamu nggak akan berdaya dan nggak ada orang yang bisa menolongmu. Hindari cari musuh di media sosial kalau nggak mau masa depanmu berantakan.

Moon Sang Tae pernah memberikan nasihat pada adiknya, Moon Gang Tae lebih baik menunjukkan rasa cinta daripada berkelahi. Di sebuah kafe ada seorang anak perempuan minta tanda tangan Ko Moon Young untuk buku dongengnya.

Ko Moon Young berusaha memperbaiki “perspektif” anak perempuan itu tentang putri yang cantik, tapi pilihan katanya bisa dikatakan kasar buat anak kecil. Hingga anak perempuan itu kaget mendengarnya dan menangis.

Kalau kamu nggak mau disakiti, kamu nggak mencari-cari masalah/menciptakan konflik dengan orang lain. Kehidupan ini nggak stagnan atau sebatas kehidupanmu saja. Ada juga kehidupan orang lain nggak hanya sebatas hitam dan putih saja.

4. Trauma itu nyata nggak bisa dianggap remeh

Trauma bisa datang ke semua orang tanpa pandang bulu. Nggak peduli usiamu, pendidikanmu, atau statusmu. Trauma bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh, efeknya nyata dan nggak mudah untuk dilupakan. Trauma bukanlah sesuatu yang cepat/gampang untuk disembuhkan.

Contohnya orang sering mengalami bullying, terutama di media sosial. Apabila nggak ada orang yang mendukungnya secara fisik maupun batin. Pikiran buat bunuh diri itu ada dan nyata. Korban bullying merasa dirinya nggak berharga dan hidupnya sendirian di dunia ini.

Drakor It’s Okay to Not Be Okay, Jo In Young pasien kepribadian ganda yang ketika kecil sering disiksa oleh ibu tirinya. Moon Sang Tae pengidap autisme yang takut sama kupu-kupu karena trauma melihat ibunya dibunuh di depan matanya.

Cara terbaik mengatasi trauma adalah mengakui dan menghadapinya. Walau sulit dan terasa menakutkan di awalnya, tapi kamu akan merasa lebih baik setelah menghadapinya. Jangan ragu minta bantuan ahli, seperti psikolog/psikiater ketika beban hidup yang dijalani terasa berat.

5. Nggak ada yang salah menjadi berbeda dari orang lain

Kamu bisa menjadi dirimu sendiri sesuai kepribadianmu bukan sekadar ikut-ikutan. Itu membuatmu terlihat unik di mata orang lain. Keunikan ini bisa menjadi kelebihanmu dalam menghadapi dunia yang serba berubah.

Contohnya kamu punya jiwa pedagang dan suka bisnis, kamu memanfaatkan akun instagram buat menjalani bisnis online dari rumah daripada bacot nggak ada faedahnya.

Kamu menjadi pribadi yang berbeda nggak sekadar ikut-ikutan yang lagi viral, artinya kamu sudah menemukan apa yang membuatmu bahagia. Memikirkan diri sendiri nggak selamanya buruk daripada sibuk ikut campur urusan orang.

Bacot sana sini nggak berfaedah di media sosial. Hidup hanya sekali, jadilah orang yang bisa memberikan manfaat. Walau itu terlihat kecil, nggak berarti, dan sederhana bagi kamu. Tapi untuk orang lain bisa jadi bantuanmu sangatlah berarti.

Seperti yang diceritakan di episode terakhir, Moon Sang Tae memutuskan untuk jadi ilustrator dan meminta adiknya, Moon Gang Tae tetap melanjutkan impiannya.

Moon Sang Tae mengingatkan adiknya, Moon Gang Tae nggak usah terlalu memikirkan dirinya. Walau mereka kakak adik masing-masing punya kehidupan dan kebahagiaan yang ingin digapai.

Kesimpulan pesan moral drakor It’s Okay to Not Be Okay nggak ada manusia sempurna di dunia ini

Nggak Ada Manusia Sempurna Pesan Drakor It's Okay to Not Be Okay
Adegan Ko Moon Young tersenyum saat mengobrol bersama Moon Gang Tae (hancinema.net)

Drakor ini memberikan pelajaran hidup yang bisa kamu aplikasikan, semua orang punya cerita dan masalahnya masing-masing, kamu harus bisa mengendalikan emosimu agar hidupmu jauh lebih baik, dan juga trauma/luka lama dapat berpengaruh besar dalam kehidupanmu.

Pentingnya kamu harus punya pengetahuan tentang kesehatan mental. Contohnya teman yang bisa diajak curhat apabila beban hidup yang kamu jalani terasa berat. Dukungan nyata dari teman terdekat bisa memulihkan jiwa dalam dirimu.

Jika kamu sedang marah dan kesulitan mengendalikan emosimu, bahkan kamu cenderung impulsif. Cara menenangkan diri bisa menghitung sampai tiga sebelum mengambil keputusan, atau mengambil napas lewat hidung dan membuangnya lewat mulut sebanyak tiga kali.

Tinggalkan komentar di bawah ini kalau kamu masih ada yang kurang dimengerti, atau kamu juga bisa sharing pengalamanmu nonton drakor ini. Oh ya, jangan lupa follow @ruang cinta di Instagram kalau belum.

Mau curhat? Kamu menginginkan solusi yang lebih profesional bisa masuk ke menu layanan curhat untuk berkonsultasi dengan konselor kami.

Program baru kursus cinta berisi pembelajaran eksklusif 5k relationship. Pembelajaran yang nggak kamu dapatkan di media sosial kami atau artikel yang sering kamu baca di blog ini. Hanya dibatasi untuk 1000 orang saja.

Pastikan kamu sudah subscribe biar nggak ketinggalan insight dan update-an terbaru. Terima kasih yang sudah membaca artikel ini sampai selesai.




Tinggalkan komentar