Manfaat Positif Merayakan Anniversary Bikin Hubunganmu Awet
Chemistry Hubungan Cinta

Manfaat Positif Merayakan Anniversary Bikin Hubunganmu Awet

Manfaat positif merayakan anniversary enggak hanya bikin hubungan kalian awet, tapi juga dapat memperkuat keintiman hubungan. Apabila kalian sedang ada konflik, perayaan hari jadi dapat mengendurkan ketegangan yang terjadi.

Hari jadi yang dirayakan satu tahun sekali bisa merefreshing kembali hubungan kalian di masa-masa awal pendekatan. Kalian pasti ingat perasaan deg-degan saat pertama kali, ia mengungkapkan rasa cinta ke kamu untuk mengajak jadian.

Pertama kali kalian berkencan enggak berani saling menatap, “Ya gitu deh, malu-malu kucing gitu.” Saking gugupnya kamu bisa jadi salah tingkah di depannya. Kamu merasa grogi, kaku, dan sungkan karena rasa canggung tetap saja muncul.

Kamu bingung menemukan topik yang tepat untuk mengobrol saat kencan pertama. Bahkan, kamu pernah merasa enggak percaya diri karena terlalu memikirkan penilaian dia dalam benakmu.

“Apakah ia menyukaiku?”, ” Apakah ia cocok denganku?”, “Apakah kencan ini sukses?” Eh, ternyata setelah kamu mengobrol banyak. Ia enggak seperti kamu bayangkan sebelumnya. Orangnya asyik dan cocok sama kamu.

Betapa bahagianya kamu mendengar pasangan mengungkapkan rasa sayangnya setelah lama berpacaran, hingga memutuskan untuk menikah. Mengingat lagi masa-masa awal hubungan saat merayakan anniversary dapat memperkuat hubungan dengan pasangan.

Baca Juga:

Manfaat positif merayakan anniversary sebagai sarana mengevaluasi hubungan satu tahun ke belakang agar hubungannya enggak toxic

Anniversary bisa membawa kalian bernostalgia ke masa-masa awal pendekatan, terutama momen-momen tak terlupakan yang kalian anggap punya nilai bersama. Contohnya, momen saat ia mengajak menikah dengan melamarmu. Betapa bahagianya kamu mendengar ajakan tersebut.

Momen saat pasanganmu menangis bahagia setelah selesai mengucapkan ijab kabul, atau perasaan deg-degan dan malu-malu kuncing setelah kalian menikah pada malam pertama. Merayakan anniversary tiap satu tahun sekali bisa dikatakan perayaan/selamatan bersatunya dua keluarga yang berbeda kebiasaan dan latar belakang.

Dari contoh di atas, kalian sudah bisa punya gambaran merayakan hari jadi hubungan bisa mengenang kembali betapa bahagianya kalian berdua pada hari itu. Momen bahagia ini bisa kalian manfaatkan dengan mengevaluasi hubungan satu tahun ke belakang.

Tujuannya untuk melihat pencapaian apa yang sudah kalian lakukan dalam hubungannya. Evaluasi hubungan ini membuat kalian jadi lebih tahu apa keinginan/harapan satu sama lain, apa yang harus kalian raih bersama-sama dalam tiga sampai lima tahun mendatang.

Manfaat evaluasi hubungan untuk mengetahui dan menilai lebih lanjut, apa ada pemicu yang bisa menjadi celah munculnya ketidakpuasan terhadap pasangan di kemudian hari?

Evaluasi hubungan sebagai sarana untuk tumbuh kembang antarpasangan agar hubungan kalian enggak toxic. Kamu dan pasangan bisa memahami dan mengetahui perasaan satu sama lainnya. Kamu bisa memastikan pasanganmu juga merasakan hal yang sama kamu rasakan, bahwa hubungan kalian baik-baik saja.

Kalian mampu bertanya apa yang dirasakannya, apa yang diinginkannya, dan lain-lain. Kamu dan pasangan bisa mencari tahu apa pemicunya sebelum menjadi masalah atau bom waktu di kemudian hari. Ini bisa dikatakan sebagai sarana berdiskusi secara sehat antarpasangan.

Baca Juga:

Berikut enam tips merayakan anniversary bikin hubunganmu awet dengan menikmati momen kebersamaan secara maksimal untuk memperkuat keintiman hubungan

1. Ajaklah kencan romantis seperti masa-masa awal pendekatan

Kamu bisa mengajak pasangan melakukan kencan romantis, seperti awal-awal hubungan kalian dulu. Contohnya, makan malam romantis di tempat pertama kali kalian berkencan. Setelah menikah kalian bisa mendatangi lagi tempat di mana pasangan melamarmu.

2. Kalian bisa bertukar hadiah dengan pasangan

Pilihlah hadiah yang bisa menghadirkan sebuah objek kenangan dan melekat di hati pasangan. Contohnya, sepucuk surat cinta itu lebih romantis dibandingkan lewat WA, jam tangan couple, tumbler saat pasangan minum bisa mengingatmu, scrapbook dengan memasukkan kumpulan momen penting.

Kamu juga bisa memberikannya aksesoris couple yang nyambung, pakaian atau jaket yang matching dengan pasangan. Kado dasi bisa kamu berikan pada pasanganmu, walaupun mungkin terlihat sederhana. Tapi ini bisa dikatakan simbol penyemangatnya di tempat kerja.

3. Liburan bersama pasangan

Liburan bersama pasangan punya manfaat positif bagi kelangsungan asmara kalian, tepatnya keintiman hubungan. Kalian punya banyak quality time bersama pasangan.

Kamu dan pasangan bisa melakukan kegiatan menyenangkan secara bersama-sama. Kamu bisa membicarakan apa yang pasangan rasakan selama liburan, “Ia bisa menikmati liburan yang sama kamu rasakan.”

4. Membuat daftar lagu agar pasangan makin baper

Lagu bisa menyampaikan apa perasaan kamu sesungguhnya ke pasangan. Kamu enggak perlu pusing untuk merangkai kata-kata puitis buat pasangan. Kamu bisa memilih lagu sesuai dengan kesukaan/kepribadian pasanganmu.

Contohnya beberapa lagu untuk mengungkapkan cinta, Marion Jola – So In Love, Ed Sheeran – Perfect, The Overtunes – I Still Love You, Haley Reinhart – Can’t Help Falling In Love With You, Christina Perri – A Thousand Years, Frankie Valli – Can’t Take My Eyes Off You.

Andra and The Back Bone – Sempurna, Andmesh – Cinta Luar Biasa, Rizky Febian – Kesempurnaan Cinta, Jikustik – 1000 tahun lamanya, Jikustik – 1000 tahun lamanya, RAN – Pandangan Pertama, Sheila on 7 – Hari Bersamanya, Virgoun – Surat Cinta untuk Starla, Once – Dealova

5. Membuka kembali foto pre-wedding bersama pasangan setelah menikah

Bagi pasangan yang sudah menikah enggak ada salahnya untuk membuka kembali foto pre wedding. Tujuannya untuk mengembalikan momen indah dan bahagia pada hari itu. Kalian bisa bernostalgia ke masa-masa awal pre-wedding.

Setiap foto akan memiliki cerita tersendiri. Nah, ini akan menjadi pengalaman yang seru untuk diingat/diceritakan kembali. Contohnya, saat sesi foto tiba-tiba turun hujan. Kalian harus berteduh dulu di bawah pohon dan menunggu sampai hujan reda.

Foto pre-wedding bisa menjadi penyempurna album kenangan perjalanan kisah cinta kalian. Apalagi konsep foto pre-wedding itu enggak biasa atau unik. Tentu saja ini bisa memperkuat kemesraan dan keintiman hubungan kalian ke depan.

Baca Juga:

Kesimpulan manfaat positif merayakan anniversary bikin hubunganmu awet

Merayakan anniversary dapat memperkuat keintiman hubungan kalian, bahkan ada konflik di antara kalian mampu mengendurkan ketegangan yang terjadi. Hari jadi bisa mengingatkan kembali hubungan kalian di masa-masa awal pendekatan.

Perasaan deg-degan saat pertama kali jadian dan mengungkapkan rasa sayang, hingga memutuskan untuk menikah. Mengingat kembali masa-masa awal hubungan dapat memperkuat hubungan dengan pasangan.

Hari jadi juga bermanfaat untuk mengevaluasi hubungan kalian satu tahun ke belakang. Ini sebagai sarana tumbuh kembang antarpasangan agar hubungan kalian enggak toxic. Kamu dan pasangan bisa memahami perasaan satu sama lainnya. Kalian merasakan hal yang sama hubungannya baik-baik saja.

Semuanya ada di sini, buat kamu yang membutuhkan saran untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas hubungan. Melek cinta terdapat banyak materi, contohnya cara kamu harus bersikap saat menghadapi konflik hubungan, strategi apa yang cocok, dan langkah apa yang tepat apabila ingin mengakhiri hubunganmu.

Pengin curhat masalah cintamu? DM saja di ruang cinta yang dibantu oleh konselor, tapi bukan bersifat konseling. Gabung Instagram @ruang cinta buat kamu yang ingin tau banyak masalah 5k relationship itu apa sih.

Semoga poin-poin manfaat positif merayakan anniversary bikin hubunganmu awet bisa membantumu untuk meningkatkan kualitas kemesraan dan keintiman hubungan. Kalau kamu suka artikel ini, silakan share, like, dan subscribe ya.

Bagikan artikel ini ke Facebook, Twitter, Line, dan WhatsApp agar teman-temanmu enggak ketinggalan info menarik ini. Kalau kamu punya pengalaman yang sama, berikan komentar bisa jadi kita punya pengalaman yang sama.


Yang ingin tau masalah 5k relationship. Cari tau di sini, kupas tuntas satu per satu. Pengin curhat dibantu konselor? DM aja bukan bersifat konseling dan cuma-cuma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *