Makna hidup dari kisah cinta batman

Makna hidup dari kisah cinta batman
Artikel tentang Makna hidup dari kisah cinta batman dibaca normal antara tiga atau empat menit (ilustrasi: pixabay).

Film trilogi batman “The Dark Knight Rises” karya dari Christopher Nolan berhasil menampilkan suatu karya yang luar biasa brilian, film batman diubah menjadi lebih realistis dan lebih manusiawi. Bahwa makna hidup dari kisah cinta batman menceritakan bahwa manusia selalu punya sisi gelap dan ketakutan.

Tetapi bisa diredam dengan aturan-aturan agama, norma-norma sosial, hukum dan kontrol sosial lain supaya tidak menjadi aksi negatif. Lalu kenapa batman trilogi karya Christopher Nolan luar biasa brilian karena lebih realistis dan manusiawi.

Makna hidup dari kisah cinta batman lewat film terakhir “The Dark Knight Rises” memberikan pelajaran untuk menghargai makna hidup, kasih sayang, kemerdekaan, ketenteraman, kedamaian dan persatuan

Kita sedikit kembali mengulang film batman pertama, apakah kamu masih ingat dengan film “Batman Begins” menceritakan asal mula batman hanyalah orang biasa yang memiliki ketakutan. Bruce Wayne adalah bocah anak keluarga billionaire yang tidak bisa diam melihat kejahatan, ketidakadilan dan praktek korupsi di kotanya, yaitu Gotham City.

Bruce Wayne sebelum menjadi batman harus belajar mengenal dirinya sendiri dengan mengatasi menghilangkan semua rasa ketakutannya dan mengasah ketrampilan bela dirinya, ketika menjadi batman di seluruh bagian tubuhnya penuh dengan banyak memar-memar. Bukankah itu lebih sangat manusiawi bagi seorang manusia.

Apakah kamu masih ingat juga dalam film batman kedua “The Dark Knight”, Christopher Nolan berhasil membuat penonton untuk care terhadap Bruce Wayne sebagai seorang manusia biasa dan batman sang superhero. Penonton tidak hanya dibuat kagum tetapi juga diketuk hatinya dengan perasaan sayang dan peduli kepada sosok Bruce Wayne maupun sosok batman.

Kepoin juga,   Kapan Waktu yang Dibutuhkan Kamu Untuk Jatuh Cinta

Bahwa Bruce Wayne seorang batman bisa jatuh cinta, patah hati, sedih dan putus asa dalam menghadapi hidup sebagai seorang manusia biasa maupun sosok batman. Bahkan batman harus merelakan dirinya untuk disalahkan, dihujat dan dicap penjahat oleh banyak orang untuk melindungi terciptanya suatu ketenteraman, keamanan dan kenyamanan di Gotham City. Karakter superhero batman masuk ke dalam diri Bruce Wayne dan karakter human spirit Bruce Wayne masuk ke dalam sosok batman.

Lalu film batman ketiga yang terakhir “The Dark Knight Rises” sangat kelam, spektakuler dan brillian menceritakan kalau Bruce Wayne tidak bergairah menjalani hidupnya tetapi juga harus memakai tongkat selama 8 tahun akibat cedera yang dialaminya dan peristiwa yang merenggut nyawa kekasihnya Rachel.

Sebelum tewas Rachel lebih memilih Harvey Dent sebagai orang yang dicintainya bukan Bruce Wayne, seiring dengan perjalanan waktu Bruce Wayne mengetahui siapa yang dicintai oleh Rachel dari Alfred sehingga memicu konflik yang sangat emosional di antara keduanya.

Bruce Wayne yang ingin pensiun sebagai batman, akhirnya terpaksa harus kembali menjadi batman karena kemunculan teroris Bane yang jauh lebih brutal, lebih muda, lebih kuat dan lebih pandai dibandingkan batman yang sekarang sudah berusia.

Kepoin juga,   Perasaan Gampang Tersinggung Merupakan Contoh Sifat Insecure

Sebagai penutup dari trilogi batman yang tidak kalah menariknya adalah bagaimana Bruce Ways seorang batman yang ingin pensiun dan hidup dengan tenang bersama sang kekasih Selina Kyle “catwoman”. Bruce Wayne menemukan cara yang tepat, yaitu berpura-pura meninggal dunia supaya penduduk Gotham City mengingat dan menghargai akan makna hidup, kasih sayang, kemerdekaan, ketenteraman, kedamaian dan persatuan di Gotham City.

Sementara itu seorang polisi muda bernama John Blake atau robin melakukan pensiun dini karena berambisi ingin menjadi batman untuk meneruskan perjuangan batman dan Bruce Ways mempercayakan semuanya kepada John Blake dengan memberikan sebuah GPS kepadanya untuk diarahkan ke tempat persembunyian batman beserta peralatan canggihnya.

Kesimpulan makna hidup dari kisah cinta batman yang bisa dipetik:

1. Manusia biasa bisa menjadi pahlawan.
Kalau batman saja bisa menjadi manusia biasa dan manusia biasa bisa menjadi batman, walaupun dunia senantiasa terus bergeser dan berubah. Kamu bisa menjadi pahlawan bagi dirimu sendiri, keluargamu, pasanganmu atau teman-temanmu.

2. Bisa menjadi penerang.
Cinta yang bisa menjadi penerang dimana pun ada kegelapan dan cinta sendiri yang mampu memberikan kekuatan untuk bangkit dan mandiri.

3. Kamu boleh ditolak oleh semua orang.
Kita boleh saja ditolak oleh banyak orang asalkan kita tetap dicintai oleh seseorang yang istimewa seperti keluarga kita, pasangan hidup kita dan sahabat kita.

Kepoin juga,   Cara Tepat untuk Memperoleh Restu Menikah dari Orang Tua

4. Apa yang dikerjakan tidak perlu diketahui.
Cinta sejati tidak terletak pada apa yang telah dikerjakan dan diketahui oleh banyak orang melainkan pada apa yang telah dikerjakan namun tidak diketahui.

5. Katakan perasaanmu sebelum terlambat.
Katakan perasaanmu kepada orang yang kamu sayangi sebelum terlambat, kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi besok. Kamu tidak akan pernah tahu siapa yang akan meninggalkanmu besok dan tidak akan pernah kembali lagi.

6. Tidak ada yang sempurna.
Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, termasuk diri kita sendiri. Jadi sayangilah baik-baik orang yang kamu sayangi maupun orang yang menyayangi dirimu.

7. Bukan demi apa-apa.
Pejuang sejati bukan berjuang demi mendapatkan pujian melainkan tanpa pamrih demi kepentingan orang banyak atau pasangan kita karena alasan yang sederhana, ingin melihatnya bahagia.

8. Kehormatan dan integritas.
Walaupun hidup apa adanya tetap memiliki kehormatan dan integritas sebagai seorang manusia sehingga kita bisa menerima apa adanya kita pada hari ini dengan bijaksana.

Artikel lainnya: kisah cinta sejati superman.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca makna hidup dari kisah cinta batman, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?



6 sahabat telah bertukar pikiran

  1. Oleh hera
  2. Oleh Mucha Ilophe Avec Vous
  3. Oleh Phie Phie Narkan