Ketika Hubungan Harus Kandas Karena Mitos, Bagaimana Menyikapinya?

Ketika Hubungan Harus Kandas Karena Mitos, Bagaimana Menyikapinya?

Kisahcintasejati.com - Artikel berjudul "Ketika Hubungan Harus Kandas Karena Mitos, Bagaimana Menyikapinya?" dibaca normal sekitar tiga sampai empat menit.

Ketika hubungan harus kandas karena mitos, padahal kamu dan pacar sudah cocok dan mengenal baik keluarga pasangan satu sama lainnya. Bahkan, sudah ada rencana menikah. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menyikapinya?

Ketika hubungan harus kandas karena mitos, hargailah keputusan dan keyakinan yang dianut oleh keluarga pacar. Pahami bukanlah perbedaan adat yang memisahkan kamu dan pacar, tetapi perbedaan cara pandang dan pola pikir yang berbeda

Kuncinya, tenangkan diri dan hormatilah keputusan keluarganya (keyakinan yang dianut oleh keluarganya). Seperti yang kamu ketahui, menjalin keseriusan hubungan cinta adalah mengenai perasaan yakin yang sama terhadap pasangan satu sama lain (kepercayaan yang sama).

Itu yang harus kamu pahami dulu, keyakinan yang sama inilah akan menciptakan keselarasan atau kesinambungan dalam hubungan cinta. Apabila keyakinan antara kamu dan pacar, termasuk juga keluarga ternyata sudah berbeda pasti akan sulit untuk menyelaraskannya.

Ya, kamu tidak bisa memaksakan keyakinanmu pada pacarmu, termasuk pula pacarmu tidak bisa memaksakan keyakinannya pada dirimu. Contohnya perbedaan pola pikir, pola asuh, dan kebiasaan antara kamu dengan pacarmu, atau kamu mengenalnya perbedaan adat yang dianut.

Terkait Juga:  Untuk Kamu yang Baru Diputusin Pacar Ini Hanya Sebentar Saja

Kita ambil contoh kasus yang baru-baru ini terjadi, seorang perempuan berpisah dengan pacarnya setelah lima tahun berpacaran dan ada rencana menikah. Namun, tidak jadi menikah lantaran weton. Perempuan tersebut menceritakan apabila dirinya dan pacar menikah, maka kehidupan rumah tangga keduanya akan mengalami kemalangan nasib.

Kasus lainnya, seorang perempuan asal Yogyakarta gagal menikah disebabkan posisi rumah pacarnya yang menghadap ke utara. Menurut keyakinan yang dianut, posisi tersebut dianggap tidak baik untuk kehidupan rumah tangganya.

Ada pula, gagal menikah disebabkan keduanya adalah anak pertama dan letak posisi rumah yang berbeda, serta perhitungan tanggal lahir yang tidak bagus. Apabila dipaksakan untuk nikah, nanti ada yang meninggal, tidak bahagia, jatuh miskin, dan lain sebagainya.

Beberapa contoh kasus di atas, ketika hubungan harus kandas karena mitos sesuai kepercayaan yang dianut oleh salah satu keluarga pacar. Memang masih terjadi di masyarakat Indonesia yang memiliki nilai-nilai budaya dinamisme atau animisme.

Terkait Juga:  Tidak Baik Langsung Cari Pengganti Setelah Putus Cinta

Seperti yang kamu ketahui, konteks masyarakat Indonesia itu multikultur pasti banyak budaya yang dianut dan berkembang, serta tidak terlepas juga dengan kepercayaan-kepercayaan di luar akal manusia (tidak nampak oleh mata atau tidak mampu dijangkau oleh logika).

Di sisi lain, fenomena gagal menikah karena mitos ini terjadi disebabkan generasi orang tua terdahulu masih meyakini nilai-nilai kepercayaan. Walaupun, generasi muda saat ini sudah banyak yang tidak terlalu meyakini nilai-nilai tersebut.

Seperti yang sudah kita bahas di atas, ketika seseorang sudah berbicara nilai-nilai yang dianut itu sulit untuk diubahnya. Apalagi nilai-nilai tersebut berbeda dengan yang lain, pasti akan timbul ketidakserasian karena nilai-nilai yang dianut sangat penting dalam hidup seseorang.

Dengan kata lain, kamu tidak bisa memaksakan keyakinanmu pada pacar. Pacarmu juga tidak bisa memaksakan keyakinannya pada dirimu. Yakinkan pada dirimu, bahwa perpisahan ini (gagal menikah) antara kamu dan pacar adalah takdir yang telah ditetapkan oleh Tuhan.

Ya, Tuhan menginginkan kamu untuk belajar dari pengalaman hubungan cintamu dengan mengatakan kamu dan pacar tidaklah cocok (bukanlah jodohmu sesungguhnya).

Terkait Juga:  Evaluasi Hubungan Terdahulu Agar Move On Berjalan Lancar

Percayalah semua kesedihan, kekecewaan, dan kemarahanmu akan hilang seiring waktu. Bahwa Tuhan telah menyiapkan seorang kekasih yang lebih baik di depan sana daripada yang kamu punya saat ini. (Baca, Evaluasi hubungan terdahulu agar move on berjalan lancar)

Kesimpulan ketika hubungan harus kandas karena mitos

Hargailah keputusan dan keyakinan yang dianut oleh keluarga pacar. Tidak perlu kamu hina atau menjelekkannya. Namun, mundurlah dengan terhormat yang membuktikan kamu adalah orang yang terhormat. Kamu itu tidak merasa kalah atau terhinakan karena masalah ini.

Bukanlah perbedaan adat yang memisahkan kamu dan pacar, tetapi perbedaan cara pandang dan pola pikir yang tidak sama. Jadi, janganlah bersedih karena Tuhan sudah menyiapkan jodoh terbaik buat kamu. Tetap semangat dan tersenyum.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca ketika hubungan harus kandas karena mitos. Silakan bagikan artikel ini kepada pacar, teman, kakak, atau adikmu.

Bagaimana menurutmu? Yuk, berdiskusi untuk artikel ini atau ada yang ingin kamu tanyakan.

Baca pula artikel lain terkait Fakta dan konsep cinta, Chemistry dalam hubungan cinta, Cinta memiliki pola, Cinta juga punya emosi, beserta ratusan tips praktis cinta dari kisahcintasejati.com.

Terhubung dengan komunitas cinta kami.
* Facebook Komunitas Kisah Cinta Sejati
* Instagram @kcs.portal
*** Sobat galau masalah cinta bisa curhat via Ruang konsultasi cinta

Tinggalkan Balasan