Ketakutan berlebihan akan perasaan tidak dicintai lagi

Ketakutan berlebihan akan perasaan tidak dicintai lagi
Ilustrasi tentang Ketakutan berlebihan akan perasaan tidak dicintai lagi (pixabay). Artikel ini dibaca normal antara tiga atau empat menit.

Ketakutan berlebihan akan perasaan tidak dicintai lagi datangnya ketika waktu sendirian, seolah-olah merasa kesepian terbayang-bayang dengan wajah orang yang tersayang tiap waktunya tiada henti. Seringkali memunculkan bayangan akan perasaan tidak dicintai lagi, pergi ditinggalkan dan dilupakan olehnya.

Biasanya ini berkaitan dengan masa lalunya terutama masa kecilnya, bagaimana orang tersebut dibesarkan. Apakah dipenuhi oleh rasa kasih sayang, kebahagiaan dan rasa aman sejak kecil, atau sebaliknya tidak dipenuhi oleh rasa kasih sayang, kurang bahagia dan rasa tidak aman sejak kecil sehingga ada kekhawatiran ditinggalkan oleh orang tersayang.

Bila masa kecil seseorang sering diisi dengan kejadian traumatis dan penuh dengan kekhawatiran tetapi sayangnya tidak diselesaikan dengan baik maka sering memunculkan perasaan ketakutan secara berlebihan di dalam dirinya seperti kesepian, ketakutan, kemarahan, kesedihan, dan emosi negatif lainnya.

Walaupun kejadian traumatis dan penuh dengan kekhawatiran itu terjadi di masa kecilnya sudah lama berlalu tetapi kejadian ini bisa muncul kembali di masa sekarang akan memunculkan kembali semua perasaan-perasaan tersebut, tanpa disadari semua kejadian traumatis di masa kecil yang terjadi kerapkali menjadi suatu refleksi bagaimana seseorang tersebut bereaksi di masa sekarang dengan kata lain pengalaman masa lalu bisa mempengaruhi dirinya di masa kini.

Terkait juga:  20 Cara Pasti untuk Move On Dari Gebetan yang Cuek

Perasaan seolah-olah merasa kesepian ketika sendirian dengan terbayang-bayang wajah orang tersayang tiap waktunya sehingga dirinya memunculkan bayangan akan perasaan tidak dicintai lagi, pergi ditinggalkan dan dilupakan oleh orang tersayang.

Semua bayang-bayang atas pemikiran tersebut yang sebenarnya belum terjadi bisa membuat seseorang dihantui berbagai macam perasaan negatif lainnya bisa membuat orang tersebut jadi malas beraktifitas, jika memang merasa kesepian ketika sendirian bisa melakukan aktifitas sederhana seperti melepas kangen melalui telepon atau bisa diajak ketemuan tiap akhir pekan.

Apalagi usianya sudah tidak lagi remaja atau sudah dewasa tetapi memiliki kendala dengan perasaan ketakutan berlebihan, berarti perlu ditelusuri lagi apa sebenarnya sumber kecemasannya atau masalah internal di dalam dirinya paling terdalam, biasanya ini terjadi disebabkan kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Terkait juga:  Sejuta Makna Kata Cinta yang Menyentuh Hati Perempuan

Bagaimana sosialisasi di tempat barunya tersebut, bila tidak bisa menempatkan dirinya di lingkungan yang baru maka memunculkan perasaan seolah-olah merasa kesepian apalagi usia sudah dewasa sebenarnya sudah mampu untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri dan mampu untuk mengelola perasaan akan dirinya secara proporsional.

Untuk mengatasinya dengan cara membuka diri termasuk pikirannya dan carilah aktifitas yang bisa menyibukkan diri sendiri seperti mendekati diri kepada Tuhan, ikut perkumpulan acara sosial, mengembangkan diri melalui hobinya atau mengikuti kursus keahlian yang disukai untuk menambah keahliannya, pergi melihat pameran, pergi ke toko buku untuk mengecek atau membeli bacaan kesukaannya dan lain-lain, baca juga bagaimana membangun hubungan cinta yang sehat.

Terkait juga:  Betapa Konyolnya Mengandalkan Hubungan Cinta yang Labil

Kesimpulannya: ketakutan berlebihan akan perasaan tidak dicintai lagi seolah-olah merasa kesepian ketika sendirian terbayang-bayang wajah orang tersayang sering memunculkan akan perasaan tidak dicintai lagi, ditinggalkan dan dilupakan oleh orang tersayang. Hal ini berkaitan dengan masa lalu terutama masa kecilnya.

Semua kejadian traumatis di masa kecil yang terjadi kerapkali menjadi refleksi di masa sekarang dengan kata lain pengalaman masa lalu bisa mempengaruhi seseorang di masa kini, untuk mengatasinya dengan cara membuka diri dan carilah aktifitas yang bisa menyibukkan diri sendiri.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca ketakutan berlebihan akan perasaan tidak dicintai lagi, jangan lupa membookmark atau berbagi artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?



2 Comments

  1. By jesslyn