Keseriusan Cinta Itu Butuh Persiapan Matang Kedua Pihak

Keseriusan Cinta Itu Butuh Persiapan Matang Kedua Pihak
Artikel tentang Keseriusan Cinta Itu Butuh Persiapan Matang Kedua Pihak dibaca normal antara tiga atau empat menit (ilustrasi: pixabay).

Bagi kamu yang sepakat ingin melanjutkan hubungan ke arah pernikahan, maka perlu memiliki kebiasaan keuangan yang baik. Karena keseriusan cinta itu butuh persiapan matang kedua pihak, istilahnya kamu dan pasangan harus siap menghadapi segala macam persoalan yang muncul.

Memutuskan menikah bukan hanya menyangkut proses menentukan pasangan saja, seperti persamaan visi misi, penerimaan kelebihan dan kekurangan, hingga persiapan fisik, mental, dan pikiran. Namun juga, kebiasaan keuangan (perencanaan keuangan) yang baik dari masing-masing pasangan.

Bahwa keseriusan cinta itu butuh persiapan matang kedua pihak untuk meminimalisir kekacauan keuangan sebelum dan sesudah pernikahan dengan membuat perencanaan keuangan, misalnya menyisihkan minimal 10% dari penghasilan bulanan dan tetapkan dua tujuan finansial

Menikah bukan asal menikah tanpa pertimbangan, tetapi juga harus dipikirkan secara matang. Seperti yang kamu ketahui, pernikahan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hal (perbuatan) menikah, upacara bernikah. Apalagi kamu adalah bagian dari golongan menengah yang seharusnya tidak miskin ataupun melarat.

Baca Juga  Pacaran Itu Harus Serius dan Berkomitmen Bukan Main-Main

Mengapa demikian? Rata-rata dari kamu memiliki pendidikan sarjana atau diploma, bahkan kamu bersyukur masih bisa makan minum enak, meluangkan waktu untuk memuaskan hobi, tidak nyenyak, punya pekerjaan, beli pakaian yang kamu sukai, nonton atau nongkrong bareng pasangan dengan uang yang kamu miliki.

Namun, semua itu sampai kapan? Apalagi saat kamu memutuskan untuk menikah akan ada biaya seserahan, cincin pernikahan, tempat dan dekorasi resepsi pernikahan, katering resepsi pernikahan, busana dan tata rias pengantin, undangan dan souvenir. Belum lagi, biaya mengurus surat-surat pernikahan, dokumentasi, biaya hiburan (penyanyi dan alat musik), hingga liburan bulan madu,

Keseriusan cinta itu butuh persiapan matang kedua pihak dan tidak ada kata terlambat membuat perencanaan keuangan, sebagai berikut tipsnya:

1. Bagi kamu dan pasangan sama-sama bekerja, maka pastikan harus menyisihkan minimal 10% dari penghasilan bulanan.

2. Kamu dan pasangan harus menetapkan dua tujuan finansial, yaitu: dana darurat dan dana pensiun. Misalnya, kamu sanggup mengeluarkan dana Rp500.000 per bulan untuk acara kencan. Mulai sekarang dana tersebut sebagian dipakai untuk investasi, misalnya Rp200.000 masuk tabungan untuk dana darurat, Rp100.000 masuk reksadana saham untuk dana pensiun, dan sisanya Rp200.000 untuk acara kencan.

Baca Juga  Ada 8 Tanda yang Membuat Hubunganmu Cepat Kandas

3. Tetapkan juga, tujuan lainnya tidak kalah penting dengan dana darurat dan dana pensiun adalah dana untuk bersenang-senang. Bahwa Rp200.000 untuk acara kencan merupakan contoh dana ini. Caranya kamu dan pasangan bisa menyepakati berapa persen yang diambil dari dana darurat dan dana pensiun untuk dana bersenang-senang.

Tips tersebut untuk memastikan kamu dan pasangan sepuluh tahun ke depan, baik sebelum dan setelah menikah tidak mengalami kekacauan keuangan. Istilahnya, sedia payung sebelum hujan. Sebelum kamu dan pasangan menikah, ada baiknya harus sudah siap segalanya.

Kesimpulan keseriusan cinta itu butuh persiapan matang kedua pihak

Untuk meminimalisir kekacauan keuangan sebelum dan sesudah pernikahan, sebaiknya kamu dan pasangan membuat perencanaan keuangan. Pastikan menyisihkan minimal 10% dari penghasilan bulanan, tetapkan dua tujuan finansial utama, dan dana untuk bersenang-senang. Hindari juga, penggunaan kartu kredit berlebihan mampu membahayakan perencanaan keuangan yang kamu dan pasangan terapkan.

Baca Juga  Sebaiknya Kamu Tanyakan Dulu Ketika Pacar Minta Break

Kasus hutang kartu kredit itu terjadi karena asyik menggesek kartu kredit, padahal kamu atau pasangan tidak memiliki uang untuk membayar hutang dari kartu kredit tersebut. Untuk memperoleh manfaat dari kartu kredit, maka kamu atau pasangan harus membayar lunas hutang yang diambil.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca keseriusan cinta itu butuh persiapan matang kedua pihak. Silakan bagikan artikel ini kepada teman-temanmu, pacarmu, atau keluargamu via media sosial. Jika kamu punya pendapat lain tentang keseriusan cinta itu butuh persiapan matang kedua pihak? Silakan berkomentar di bawah.



Silakan bertukar pikiran di bawah