Kenapa Kamu Harus Punya Self Love dalam Hubunganmu?

blog edukais cinta - curhat cinta online
Bagaimana siangmu hari ini? Semoga siangmu menyenangkan dan semua mimpi semalam yang kamu tuliskan pagi hari menjadi kenyataan di siang ini.

Kenapa kamu harus punya self love dalam hidup maupun hubunganmu? Apa sih self love itu? Kamu dapat mencintai diri sendiri. Tepatnya perasaan percaya dan bangga atas kemampuan dirimu.


Self love bukan berarti kamu ingin memuaskan diri atas apa yang menjadi segala keinginanmu, melainkan mengharuskan kamu untuk memperlakukan dan menerima dirimu sendiri dengan baik apa adanya.

Gampangnya self love dapat membantumu bersikap tegas, mengejar dan meraih mimpimu dalam hidup, menjalani hubungan romantis yang sehat (pacaran, pranikah, dan pernikahan), serta punya rasa percaya dan bangga atas kemampuan diri.

Kamu jadi lebih gampang untuk berpikir positif dalam hidup maupun hubunganmu. Sikap positif ini membuatmu mampu mengelola perasaan marah, kecewa, dan sedih yang muncul dalam hidupmu.

Kamu tidak gampang nyinyir/berkomentar jahat di media sosial, menyalahkan pasangan/keadaan, atau terlalu kepo dengan hidupnya temanmu. Self love dapat membantumu bersikap saat menghadapi waktu yang buruk maupun menikmati waktu yang indah dalam hidupmu.

Baca juga: Cara Memahami Logika Cowok dan Perasaan Cewek

Kenapa Kamu Harus Punya Self Love dalam Hubunganmu?

Alasan kenapa kamu harus punya self love dalam hidup maupun hubunganmu?

  • Kamu mampu bersikap tegas atau assertive.
  • Kamu dapat menghargai dan tidak menyinggung perasaan orang lain.
  • Kamu mampu percaya dan jujur terhadap dirimu sendiri.
  • Kamu dapat memprioritaskan dirimu tanpa merugikan orang lain.
  • Kamu mampu membedakan mana hubungan yang sehat dan mana hubungan yang toxic.
  • Kamu dapat memberikan waktu istirahat untuk dirimu sendiri dari self judgement.
  • Kamu mampu bersikap tenang dalam menghadapi permasalahan/tantangan hidup.
  • Kamu memiliki semangat yang tinggi untuk mewujudkan impianmu menjadi kenyataan.

Baca juga: Buang Ekspektasimu yang Berlebihan Itu Kunci Hubungan Bahagia

Kenapa kamu harus punya self love? Memangnya seberapa penting aku harus memilikinya?

Kenapa Kamu Harus Punya Self Love dalam Hubunganmu?

Self love seperti ucapan cinta atau perasaanmu pada pasangan “Aku mencintaimu apa adanya”, tapi ucapan cinta itu ditujukan untuk dirimu sendiri. Usaha kamu untuk merawat dan menghargai dirimu sendiri kalau bukan kamu siapa lagi.

Ingat ya, kebahagiaan yang kamu rasakan tergantung pada dirimu bukan tanggung jawab pasangan, temanmu, atau orang lain. Bahagia itu tergantung dari cara kamu dalam merespon, melihat, dan mempersepsi atas kejadian yang kamu alami.

Untuk hidup bahagia, maka kenali berbagai perasaan yang muncul pada dirimu. Apa sih yang membuatmu merasa bahagia? Apa yang membuatmu cemas? Apa yang membuatmu marah? Apa yang membuatmu kecewa?


Ketika kamu bisa mengenali berbagai perasaan yang muncul itu. Kamu lebih mudah untuk mengelola perasaanmu dan menyadari kebahagiaan itu terletak pada dirimu bukan berasal dari pasangan, temanmu, atau orang lain.

Baca juga: Komunikasi Dua Arah Adalah Kunci Agar Hubungan Langgeng

Apa manfaatnya kamu punya self love dalam hidupmu?

  • Kamu tahu kapan berkata ‘Tidak’, kamu tidak selalu berusaha untuk menyenangkan orang karena itu jelas melelahkan jiwamu.
  • Kamu tidak lupa bersyukur atas pencapaian dan perjalanan hidupmu.
  • Kamu tahu caranya mengapresiasi diri untuk mencapai tujuan atau meraih impianmu. Bukan lewat cara nyinyir atas pencapaian/kebahagiaan temanmu atau orang lain di media sosial.
  • Standar bahagia menurut versimu itu sederhana tidak mahal. Kamu tidak memaksakan diri untuk memasang standar tertentu agar bisa bahagia. Kamu tidak meniru standar kebahagiaan temanmu atau orang lain.
  • Kamu dapat bahagia dengan cara sederhana, seperti bangun pagi tiap hari, tidup lelap di malam hari, menikmati secangkir kopi susu hangat di pagi hari, nonton acara favoritmu, atau bermain hewan peliharaan itu sudah membuatmu bahagia.
  • Kamu tahu bagaimana caranya memunculkan rasa bahagia dengan memaknai kebahagiaan dalam kehidupanmu.

Suka artikel pengembangan diri ini? Pastikan kamu sudah subscribe weekly digest agar tidak ketinggalan update dari kita seputar cinta, pranikah, pengelolaan diri, dan pengembangan diri, atau klik melek cinta news.

Terima kasih buat kamu sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga bermanfaat. Kalau kamu punya pengalaman yang sama, komentar ya bisa jadi kita punya pengalaman yang sama.

Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor, silakan ke menu layanan curhat. Follow instagram kita @ruang cinta seputar cinta yang remeh-temeh, serius, sampai sensitif. Plus isu-isu tabu yang dibahas secara ringan.



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *