Cinta Itu Komunikasi Dua Arah Adalah Kunci Agar Hubungan Langgeng

blog edukasi cinta - curhat cinta online gratis
Sudah larut malam kamu masih belum tidur. Jangan lupa kawan untuk pejamkan mata sebelum larut menyapa. Terima kasih buat kamu yang sudah berkunjung

Back to basic, cinta itu komunikasi dua arah bukan satu arah. Dari teman-teman yang curhat tentang persoalan cintanya selalu dijumpai masalah ini. Ya, masalah komunikasi. Tanpa komunikasi yang baik dan sehat akan sulit untuk menjaga dan membina sebuah hubungan.

Banyak dari kamu tahu kunci hubungan yang langgeng adalah komunikasi dua arah bukan satu arah. Tapi sayangnya banyak dari kamu bingung, “Seperti apa sih komunikasi yang baik itu?”

Rata-rata dari kamu pasti menjawab seputar menanyakan kabar, memberikan perhatian, atau teleponan tiap hari. Bukan seperti itu. Lalu, seperti apa komunikasi dua arah yang baik dengan pasangan?

Komunikasi dua arah yang baik adalah kamu dan dia berusaha mencari titik temu bukan saling mencela, menyerang, menghakimi, dan menyalahkan satu sama lainnya. Gampangnya, kamu dan dia nggak berkontribusi langsung merusak hubungan kalian sendiri.

Istilahnya, kamu nggak gampang mengancam, berbicara kasar, merengek, mendiamkan, atau ngambek. Kelakuan ini secara nggak langsung kamu hanya berkomunikasi untuk mendapatkan apa yang dirimu inginkan.

Baca juga: 5 Contoh Komunikasi yang Sehat dan Baik dengan Pacar

Langgengnya hubungan cinta itu komunikasi dua arah bukan satu arah sebagai kuncinya. Berikut cara paling gampang berkomunikasi dua arah yang baik dan sehat dengan pasangan

Cinta Itu Komunikasi Dua Arah Adalah Kunci Agar Hubungan Langgeng

1. Saling mendengarkan

Coba luangkan waktu untuk saling mendengar satu sama lainnya. Tatap mata dia dengan sungguh-sungguh dan dengarkan semua uneg-uneg yang dia sampaikan ke kamu dengan baik.

2. Pahami perasaannya

Coba tanyakan beberapa hal yang baru saja dia dialami hari ini. Misalnya, pekerjaannya di kantor atau apa dia ada masalah hari ini. Kamu juga bisa bertanya hal-hal yang ringan dan menyenangkan ke dia.

Misalnya, weekend nanti kita ke mana? atau kamu lagi tertarik mau mencicipi menu baru di tempat nongkrong lagi viral. Cara ini bisa dikatakan kamu berusaha untuk pahami perasaannya.

3. Carilah waktu khusus buat berbicara

Cara ini bisa digunakan apabila kalian punya masalah serius. Carilah waktu khusus berdua untuk membicarakan masalah kalian. Ini bertujuan agar kamu dan dia nggak mudah terbawa emosi ketika mengobrol masalah ini (kamu dan dia sudah siap untuk membicarakannya).

Contohnya, kamu dan dia bisa pergi ke kafe sambil menikmati secangkir kopi. Lewat suasana yang santai bisa membuat kalian jadi rileks untuk membicarakan masalah itu.

4. Jangan pernah sok tau

Kamu jangan suka menyela dan sok tau atas apa yang sedang dia bicarakan. Ini membuat komunikasi kalian yang terjadi nggak menyenangkan. Saat dia berbicara kamu diam dan mendengarkan bukan ikut-ikutan berbicara juga.

Kamu menahan diri sebentar dengan memosisikan diri sebagai dia. Kamu menahan diri akan membuat komunikasi yang terjadi bisa berjalan dengan baik dan sehat.

Baca juga: Saat Bertengkar Ucapkan 12 Kalimat Ini Bikin Hubunganmu Bisa Hancur

Ini yang terjadi apabila kamu nggak mau belajar cinta itu komunikasi dua arah: kurang mendengarkan, kebohongan, dan saling menghina pasangan

Cinta Itu Komunikasi Dua Arah Adalah Kunci Agar Hubungan Langgeng

1. Kurang mendengarkan pendapat dia

Nggak hanya kamu saja yang ingin didengarkan pendapatnya, tapi dia juga ingin didengarkan pendapatnya. Kamu jangan suka menjadi pihak yang selalu ingin didengarkan saja. Ini termasuk kelakuan kamu yang suka menuduh dan memarahi dia apabila nggak sesuai dengan harapan/ekspektasimu.

Berikan kesempatan dia untuk berbicara apa pendapatnya dan kamu yang mendengarkan. Komunikasi dua arah yang sehat apabila terjadi support dan listening itu kunci untuk memahami dia.

Gampangnya kamu bisa mendengarkan, memahami, dan memberikan dukungan itu sangat berarti buat dia.

2. Suka berbohong jarang berkata jujur dan terbuka

Ingat ya, sekali kamu berbohong akan memicu kebohongan lainnya. Kebohongan yang pernah kamu lakukan akan menjadi bom waktu buat hubunganmu. Ini akan membuat dia jadi kecewa dan nggak percaya lagi.

Berusahalah berkata jujur dan terbuka apa yang kamu rasakan. Biasakan untuk berkata sesuai fakta dan kebenaran atas apa yang terjadi dengan kamu.

3. Berkata kasar yang saling menghina

Pernahkah kamu berkata kasar sama dia? Seberapa sering kamu berkata kasar ke dia? Bagaimana perasaanmu saat dia berkata kasar ke kamu? Apakah kamu marah, sakit hati, dan nggak terima saat dia berkata kasar?

Hubungan yang sering dijumpai perkataan kasar akan berujung perilaku saling menghina dan merendahkan pasangan. Berkata kasar merupakan bentuk kekerasan verbal.

Jika kamu atau dia punya kebiasaan ini. Cobalah belajar untuk menahan emosi dan pilih menyendiri ketika marah. Ingat ya, berkata kasar bisa membawa hubunganmu ke arah toxic relationship.

Baca juga: Cowok Gak Peka Hanya Gak Ngerti Kode Cewek, Betulkah?

Kesimpulan cinta itu komunikasi dua arah bukan satu arah

Komunikasi dua arah yang baik dan sehat adalah dengarkan dia saat berbicara apabila kamu ingin dia mendengarkanmu. Kalau kamu ingin dia berkata jujur, maka jangan pernah berbohong di belakangnya.

Bila kamu ingin dia menghargaimu, maka lakukan hal yang sama ke dia. Berani minta maaf apabila kamu berbuat salah bukan malah menuduh atau menyalahkan dia.

Ketika hubungan kalian ada masalah. Jangan berdebat atau melebar ke topik lainnya agar kamu bisa menang dan mengalahkan dia. Tapi diskusikan secara baik-baik agar bisa menemukan solusi yang tepat buat kalian.

Komunikasi yang baik dan sehat akan melahirkan hubungan yang awet serta langgeng. Suka dengan postingan seperti ini? Pastikan kamu subscribe agar nggak ketinggalan update 5K’s relationship.

Terima kasih buat kamu yang sudah membaca sampai selesai. Tinggalkan komentarmu apabila masih ada kurang dimengerti. Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor silakan ke menu layanan curhat.

Follow juga Instagram @ruang cinta yang bahas masalah relationship yang remeh-temeh, serius, hingga sensitif. Ini termasuk isu-isu tabu relationship yang dibahas secara ringan.


Free Access Seputar Love & Relationship
Cara jadi pribadi berkualitas lewat building pesona, meningkatkan skill mengobrol, mengendalikan egomu, cara agar cowok bucin sama kamu, sampai kriteria pasangan ideal versi kamu lewat mr right check list. Daftarkan email kamu.

4 komentar untuk “Cinta Itu Komunikasi Dua Arah Adalah Kunci Agar Hubungan Langgeng”

  1. Phie Phie Narkan

    yup bener bgt tuw min dengan kata2 yang baek hubungan pasti akan menjadi lebih mesra. tapi jangan sampai kata2 manis dibuat hanya untuk menutupi kesalahan atau kebohongan kepada pasangannya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *