Kamu Paham Peta Cinta Berpeluang Menemukan Pasangan yang Tepat

blog edukasi cinta - curhat cinta online gratis
Hebat, pagi ini kamu sudah bangun dan siap menjemput mentari pagi dengan secangkir kopi semangat. Selamat pagi kawan

Kamu paham peta cinta (love map) pasangan berpeluang untuk menemukan pasangan yang tepat. Ada kemungkinan besar hubungan yang kamu jalani ke depan bisa langgeng dan harmonis.

Seperti yang kamu ketahui, memperkuat ikatan kemesraan dan mempertahankan hubungan cinta tetap harmonis bukanlah perkara mudah. Seiring perjalanan waktu banyak hal bisa terjadi pada kalian.

Tentu saja itu akan berimbas besar pada hubungan kalian. Salah satunya keinginan salah satu pihak untuk mempertahankan hubungan mulai berkurang atau nggak peduli lagi. Nggak sedikit yang berujung pada perpisahan.

Baca juga cara bikin hubunganmu awet

Kamu paham peta cinta nggak hanya untuk menemukan pasangan yang tepat, tapi juga untuk mencegah hal itu terjadi (perpisahan atau hubungan berubah toxic)

Kamu Paham Peta Cinta Berpeluang Menemukan Pasangan yang Tepat
Lewat mengobrol kamu bisa temukan peta cinta yang dimiliki oleh dia (image: pixabay.com)

Pada dasarnya love map (peta cinta) yang diperkenalkan oleh pakar hubungan dan psikolog, Dr. John Gottman. Upaya kamu untuk mengenal dia secara mendalam dengan cara mengetahui hal-hal kecil tentang kehidupan pasangan.

Gampangnya, apa sih harapan hidupnya? Apa sih nilai-nilai yang dia pegang? Apa sih prinsip hidupnya? Bagaimana cara dia berpikir? Seperti apa kebiasaannya? Apa sih yang dia butuhkan saat ini? Apa sih yang dia inginkan dari hubungan ini?

Apa sih kesukaan dia? Apa yang dia sukai saat ini? Bagaimana kondisi pekerjaannya? Apa dia nggak lagi stres akibat tuntutan pekerjaannya? Seperti apa pola komunikasinya? Obrolan apa yang dia sukai?

Semakin banyak kamu tahu dan mengerti kehidupan dia. Semakin besar pula peluang hubunganmu langgeng dan harmonis. Semakin banyak kamu mendengarkan keluh kesah dia, maka semakin mengerti pula kamu tentang persoalan hidupnya.

Kamu paham peta cinta pasangan bisa mengetahui seperti apa dunia pasangan yang sesungguhnya. Dunia yang menyangkut harapan, kekuatan, ketakutan, pemikiran, perasaan, dan kenyamanannya

Kamu Paham Peta Cinta Berpeluang Menemukan Pasangan yang Tepat
Lewat mengobrol pula kamu bisa mengetahui seperti apa dunia pasangan yang sebenarnya (image: pixabay.com)

Kamu akan paham seberapa jauh dirimu mengenal dia. Mulai dari pola pikir, prinsip hidup, misi visi, karakter, kebiasaan, hingga masalah apa yang dimiliki oleh dia dalam kesehariannya.

Kamu belajar mengenali dan memahami dunia pasangan akan berpengaruh besar pada koneksi pasangan di kemudian hari. Seberapa jauh koneksi ikatan yang kamu miliki sama dia itu ditentukan dari seberapa jauh kamu sudah mengenali dan memahami dunianya

Gampangnya, kalau kamu merasa ngobrol sama dia nggak asyik atau nggak nyambung. Nah, ini menunjukkan peta cinta (love map) kamu belum terbentuk sama dia. Kamu belum mengenal dia secara dekat.

Jika kamu masih menyalahkan atau menuduh dia saat terjadi konflik. Kamu masih mengucapkan kalimat yang menyalahkan atau menuduh dia, seperti “Kamu itu nggak pernah…., atau “kamu itu selalu….”

Artinya, kamu masih menempatkan dirimu berdasarkan sudut pandangmu sendiri melalui kritik atau kemarahan yang berlebihan. Nggak heran, interaksi kamu dengan dia cenderung negatif. Konflik jadi melebar kemana-mana.

Kemampuan kamu belum optimal atau masih kurang dalam hal bercerita dan mendengarkan dia. Apa yang terjadi? Hubungan kalian selalu dijumpai pertengkaran. Bahasa gaul zaman now, kamu nggak ada koneksi sama dia.

Pahami ya, tujuan dari love map untuk menciptakan fondasi kuat dalam persahabatan dan keintiman di antara kalian. Love map ini membutuhkan sikap saling terbuka lewat komunikasi dua arah sebagai kuncinya.

Karena bersifat dua arah dalam praktiknya, jadi bukan memuaskan satu pihak saja. Kalau love map belum terbentuk akan terjadi kalian nggak dekat satu sama lain, nggak ada rasa saling menerima, nggak ada perasaan aman.

Baca juga cara untuk menemukan pasangan yang tepat

Kamu paham peta cinta pasanganmu bisa memperhatikan hal-hal apa saja yang dapat mempertahankan hubunganmu

Kamu Paham Peta Cinta Berpeluang Menemukan Pasangan yang Tepat
Paham peta cinta pasangan membuatmu tahu apa harapan, kekuatan, ketakutan, pemikiran, perasaan, dan kenyamanannya (image: pixabay.com)

1. Enhance love map

Kamu dapat memperdalam lagi untuk mengenali pasanganmu, baik itu sifat, karakter, dan perilaku kesehariannya luar dalam. Kamu paham seperti apa dia orangnya. Nggak ada lagi perkataan, “Kok dia sekarang berubah!”

2. Membangun rasa suka dan kagum

Poin ini agar kamu terhindar dari rasa bosan yang muncul dalam hubunganmu. Apa sih yang membuat kamu jatuh cinta sama dia? Coba diingat lagi masa-masa awal dulu kamu naksir sama dia. Perasaan kamu pertama kali jatuh cinta sama dia. Nah, perasaan itu harus terus kamu bina tiap harinya.

3. Turn toward

Kamu belajar untuk terbuka dan berbicara sama dia. Ketika kamu kesal sama perilakunya, atau ada perbedaan pendapat. Kamu nggak menjauhinya, seperti mendiamkan, menyalahkan, atau menyudutkannya. Tapi kamu mau berbicara dan berusaha memahaminya.

4. Belajar memahami konflik yang terjadi

Poin ini berkaitan erat dengan poin ke-3 di atas, kamu belajar membedakan konflik yang mana bisa diselesaikan dan mana yang nggak bisa diselesaikan dalam hubungan kalian.

Kamu bisa berfokus pada konflik yang terjadi bukan mengungkit lagi masalah yang ada di masa lalu. Kamu nggak memilih jalan melarikan diri dari masalah, seperti mendiamkan, menuduh, atau menyalahkannya.

5. Belajar saling menerima dalam pengambilan keputusan

Poin ini berkaitan erat dengan poin ke-4 di atas, kamu belajar menghormati dan menerima keputusan pasangan. Adakalanya pasangan mengambil keputusan sendiri demi kebaikan hubungan kalian, atau ia lebih tahu tentang sesuatu hal itu.

Contohnya, kalian sudah memiliki tiga orang anak, lalu istri memutuskan ingin menggunakan KB agar bisa maksimal mengasuh anak. Suami mengambil KPR rumah karena ia yakin dengan gajinya mampu membayar angsuran KPR tiap bulannya.

6. Mengatasi perbedaan pendapat

Menjalani hubungan cinta itu sama artinya menyatukan dua kepala yang berbeda menjadi selaras. Utamanya saat menghadapi konflik seperti yang sudah dijelaskan pada poin ke-5 di atas.

Kamu harus bisa mengatasi perbedaan pendapat yang muncul. Apabila kamu nggak sanggup mengatasinya. Kendala ini bisa menjadi fenomena gunung es yang menimbulkan konflik jauh lebih besar dalam hubunganmu.

7. Kejelasan dan kesepakatan mengenai tujuan hubungan

Gampangnya, mau dibawa ke mana hubungan ini. Tujuan apa yang ingin kalian tuju ke depannya? Seberapa penting arti hubungan ini bagi kamu? Kalau kamu nggak punya tujuan hubungan. Wajar kamu bingung mau dibawa ke mana hubunganmu.

Apa buktinya? Kamu selalu ngomong serius sama dia, tapi realitanya kamu menggantungkan dia selama bertahun-tahun. Ini terjadi karena kamu nggak ada rasa percaya dan komitmen dalam dirimu.

Terima kasih buat kamu yang sudah membaca artikel berjenis studi kasus ini sampai selesai. Tinggalkan komentar apabila masih ada yang kurang dimengerti.

Oh ya, jangan lupa follow Instagram @ruang cinta berfokus pada hubungan yang toxic, pranikah, dan seni membangun hubungan yang sehat.

Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor bisa masuk ke menu layanan curhat. Layanan ini bukan bersifat konsultasi.

Pastikan kamu sudah subscribe biar nggak ketinggalan insight dan update-an ilmu cinta terbaru tiap minggu.


Free Access Seputar Love & Relationship
Cara jadi pribadi berkualitas lewat building pesona, meningkatkan skill mengobrol, mengendalikan egomu, cara agar cowok bucin sama kamu, sampai kriteria pasangan ideal versi kamu lewat mr right check list. Daftarkan email kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *