Hanya Satu Cara Menghadapi Pasangan Cemburu Buta

Hanya Satu Cara Menghadapi Pasangan Cemburu Buta
Ilustrasi tentang Hanya Satu Cara Menghadapi Pasangan Cemburu Buta (pixabay). Artikel ini dibaca normal tiga atau empat menit.

Hanya satu cara menghadapi pasangan cemburu buta adalah mencari penyebabnya. Apa sih yang menyebabkan pasangan mempunyai sifat cemburu buta? Sebenarnya cemburu merupakan hal yang biasa dalam menjalin hubungan cinta. Karena setiap manusia memiliki ego dan rasa kepemilikan terhadap suatu hal, seperti benda, kekuasaan, harta, dan kekasih. Pertanyaannya sampai di mana tingkat kecemburuan tersebut dapat dikendalikan oleh seseorang.

Seperti yang kamu ketahui, tidak semua orang mampu mengendalikan tingkat kecemburuannya. Terutama, seseorang yang benar-benar cinta dan sayang kepada pasangan secara berlebihan. Tingkat kecemburuan ini dikatakan cinta mati atau cemburu buta. Tak jarang, seseorang akan berkelakuan tempramen dan tidak terkendali kondisi emosionalnya. Contohnya seseorang yang cemburu buta terhadap pasangannya akan cenderung bersikap ofensif.

Hanya satu cara menghadapi pasangan cemburu buta adalah kemampuan bertoleransi dan komunikasi dua arah agar kedua pasangan tahu dan paham apa yang dirasakan pasangannya. Hal ini untuk mengurangi atau menghilangkan perilaku ofensifnya. Kenali juga ambang batas toleransi, terutama pasangan tidak mau mendengar penjelasan ataupun menghindari komunikasi

Seseorang yang cemburu buta tidak hanya menjadi masalah buat pasangan maupun hubungan cintanya ke depan, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Selain perasaan tidak nyaman yang muncul dari pasangannya, ketakutan dan keraguan tentang hubungannya kerap menjadi pertanyaan dari pasangannya. Mengapa ia selalu tidak percaya kepadaku? Mengapa ia selalu saja mencurigaiku? Mengapa ia selalu mengatakanku berbohong? Kenapa ia menganggapku sebagai objek atau properti miliknya, dan lain sebagainya. Beberapa pertanyaan tersebut kerap muncul dari pasangan. Hanya satu cara menghadapi pasangan cemburu buta adalah komunikasikan apa yang dirasakan semua kepada pasangan.

Terkait juga:  Kenali 10 Tanda Cowok Serius yang Siap Menikahimu

Di lain pihak, seseorang yang cemburu buta juga memiliki pernyataan dibenaknya. Misalnya, mengapa ia menyukai atau mencintaiku? Padahal ia lebih mempesona, menarik, pintar, dan good looking (tampan atau cantik) dibandingkan aku yang tidak ada apa-apanya. Pertanyaan tersebut seringkali berputar-putar dalam benaknya. Hal ini disebabkan rasa cemburu didorong karena rendahnya rasa percaya dirinya. Padahal pasangan mencintainya, ia melihat kualitas pribadi dirinya yang menarik tidak dimiliki oleh orang lain.

Jika seseorang tidak mengatasi cemburu butanya dikhawatirkan bisa berbahaya terhadap hubungannya di kemudian hari. Salah satu contohnya, banyak terjadi kasus kriminal di televisi, koran, dan berita daring (online) disebabkan rasa cemburu buta. Seseorang dengan teganya menganiaya, hingga menghilangkan nyawa pasangannya akibat perasaan cemburu buta. Masalah cemburu buta dalam hubungan cinta bukanlah masalah sepele yang tidak bisa diselesaikan dalam satu atau dua hari saja.

Hanya satu cara menghadapi pasangan cemburu buta adalah sejak kapan pasangan berubah jadi cemburuan. Hal ini akan membantu kamu untuk mengatasi masalah cemburu pasanganmu. Apabila pasanganmu dari awal sudah memiliki sifat cemburu, maka hal itu sudah menjadi bawaannya dan sulit untuk hilang. Sifat pasanganmu bisa hilang, asalkan mendapatkan penanganan dari psikolog. Namun, tiba-tiba pasanganmu cemburu bisa jadi ia kurangnya rasa percaya yang muncul setelah menjalani hubungan cinta bersamamu. Kamu bisa lakukan menganalisis apa sih penyebab pasangan berubah sikap menjadi cemburu.

Terkait juga:  Kamu Merasakan Dilema Pacaran Bertahun-tahun

Alasan lainnya pasanganmu bisa menjadi cemburu buta, sebenarnya berkaitan dengan kelakuan dirimu yang bisa membuatnya berubah menjadi demikian. Hilangnya rasa percaya pasanganmu sebagai akibat ada perkataanmu atau perilakumu yang ketahuan berbohong. Mengapa demikian? Jika kamu ketahuan berbohong, apalagi frekuensinya terlalu sering. Maka, pasanganmu akan sulit mempercayaimu seratus persen. Bahkan, ada sebagian pasangan yang mengalami trauma bisa bersikap berhenti percaya kepada pasangannya dan memutuskan untuk berhenti menjalani lagi hubungannya.

Alasan berikutnya, pasanganmu merasa dirinya tidak menarik lagi di depan matamu. Hal ini membuatnya bertanya-tanya, mengapa kamu menyukai dan mencintai dirinya. Bukan hal yang mudah bagi seseorang menerima perubahan fisiknya setelah berusia beberapa tahun dalam menjalani hubungan cinta. Sikap ini mampu menjadi bumerang pada dirinya, karena perasaan inferiornya atau penampilan fisik bisa berubah menjadi sikap menyerang.

Alasan lainnya tidak kalah penting, munculnya orang lain yang mengganggu hubungan cintanya. Hal ini seringkali dipicu dari reaksi kurang bersahabat dari pasangan. Ia akan bersikap defensif sebagai umpan balik terhadap munculnya pihak yang dianggapnya pengganggu hubungannya. Misalnya, melihat pasangannya sedang berbicara dengan lawan jenis dan pembicaraan tersebut bukanlah bentuk godaan.

Terkait juga:  Benarkah Ia Pantas Kamu Perjuangkan Ketika Cinta yang Diuji

Kesimpulan hanya satu cara menghadapi pasangan cemburu buta

Kunci untuk mengatasinya adalah bertoleransi dan jalin berkomunikasi dua arah. Hal ini penting agar keduanya mengetahui dan memahami apa yang dirasakan. Apalagi tidak ada toleransi dan komunikasi yang terjadi, dikhawatirkan akan terjadi perilaku berujung pada kasus kriminalitas. Pahami juga, alasan pasangan berubah jadi cemburu buta dan komunikasi yang intens untuk mengurangi, atau menghilangkan perilaku ofensifnya.

Kamu harus mengenali ambang batas toleransi apabila pasangan sudah bersikap cemburu buta. Jika pasangan tidak mau mendengar lagi penjelasan, bahkan menghindari komunikasi. Kamu harus mengambil sikap tegas dengan menanyakan kembali arah hubungannya, terutama sikap pasangan yang sudah sangat ofensif. Apabila kamu biarkan, perilaku pasangan tersebut akan memunculkan prasangka dan perilaku menyerang akibat perasaan buruk yang berasal dari dirinya.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca cara menyikapi hubungan jarak jauh yang baik agar tetap langgeng. Silakan bagikan artikel ini kepada teman-temanmu, pacarmu, atau keluargamu melalui media sosial. Jika kamu punya pendapat lain tentang cara menghadapi pasangan cemburu buta? Silakan berinteraksi dengan berkomentar di bawah.



Berkomentar atau ingin curhat dengan artikel ini