Kamu Bodoh Mempertahankan Pacar Kasar Cuma Makan Ati Doang

blog edukasi cinta - curhat cinta online gratis
Sudah larut malam kamu masih belum tidur? Jangan lupa ya untuk pejamkan mata sebelum larut menyapa. Terima kasih ya sudah berkunjung

Kamu bodoh mempertahankan pacar kasar karena hubunganmu sudah nggak sehat lagi. Kalau kamu diam saja nggak bertindak, tiap waktunya kamu selalu dikasarin pacar. Akhirnya itu akan melumpuhkan akal sehatmu (Logika).


Cinta nggak hanya dirasakan di daerah perasaan, tapi juga dirasakan di daerah logika. Untuk membangun kualitas hubungan yang sehat membutuhkan usaha dari kamu sendiri. Seperti apa usaha kamu membangun cintamu sama dia.

Ini bertujuan untuk bisa melihat ketulusan cinta dengan bukti konkret yang nyata, mana kepalsuan cinta yang menjebak dengan semua pesonanya. Contohnya pacar suka berbicara kasar, ringan tangan sampai membuat wajah/tubuhmu memar-memar.

Contoh lainnya, pacar suka mengancam minta putus apabila ada keinginan/kemauannya yang nggak bisa kamu turutin. Beberapa contoh tersebut, artinya kamu sudah mengalami kekerasan dalam pacaran.

Kamu bodoh mempertahankan pacar kasar cenderung memilih diam/nggak berani bertindak karena faktor status hubungan

Kamu memilih diam saja nggak bertindak, artinya kamu sudah mempertahankan hubungan nggak sehat ke depannya. Berani mengambil tindakan, seperti berbicara langsung sama pacar nggak suka atas sikapnya yang kasar.

Dapatkan materi cinta 'premium' tanpa syarat. Isinya dari tingkatkan kualitas cintamu lewat self love - self confidence, keintiman obrolan, ciptakan ekspektasi realistis hubungan, hingga materi pranikah untuk menyamakan persepsi kamu dan dia tentang pernikahan, Segera ambil materi ini

Alasan kamu cenderung mempertahankan pacarmu yang kasar, terutama cewek. Kamu beranggapan masih banyak sesuatu yang baik bisa ditoleransi dari dia. Bahkan, kamu masih percaya waktu bisa menyelesaikan permasalahannya (Pacarmu bisa berubah).

Ini jelas pola pikir yang keliru, kenapa? Makin lama kamu menjalani hubungan nggak jelas “Toxic”, Makin sering pula kamu alami tiga kali frekuensi kekerasan yang dilakukan oleh pacarmu.


Hubungan yang sudah nggak sehat lagi apabila diteruskan ke arah pernikahan berpotensi calon kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Yang kena nggak hanya kamu saja, tapi juga anak-anakmu kelak nantinya.

Hubungan yang toxic hanya bertahan seumur jagung sekitar empat sampai tujuh bulan. Walaupun, awalnya kamu beranggapan pacarmu akan berubah nggak kasar lagi. Lama-lama bikin sakit hati karena nggak tahan sama perilaku pacar semakin lama semakin menjadi.

Teman yang lain juga menelusuri

Sebelum kamu bodoh mempertahankan pacar kasar, ada baiknya kenali dulu tiga kategori kekerasan dalam pacaran

1. Pacar sudah berani melakukan kekerasan fisik

Contohnya pacarmu suka memukul, menampar, menendang, dan mendorong sampai kamu terjatuh. Kamu juga ditarik rambutmu dengan keras sampai kepalamu pusing. Parahnya, tubuhmu terdapat bekas luka atau memar-memar.

Tandanya hubunganmu sudah nggak sehat lagi. Pacarmu punya kondisi emosional yang labil. Kondisi ini yang memicu pacarmu suka melakukan kekerasan fisik sama kamu. Walaupun, masalah itu terlihat sepele. Apabila kamu membiarkan, pacar jadi ketagihan untuk melakukan aksi itu berulang-ulang.

Bagaimana kamu harus bersikap? Berikan sikap tegas kamu nggak suka sama sikap kasarnya. Apabila pacar nggak berubah minta putus nggak peduli betapa cintamu sama pacar. Pacar yang sudah berani melakukan kekerasan fisik, tandanya dia nggak benar-benar cinta sama kamu.

2. Pacar sudah berani melakukan kekerasan psikis

Contohnya pacarmu mengekang aktivitas hidupmu, overprotektif  yang membuatmu jadi tertekan. Parahnya, cowok suka mengajak “tidur bareng” dengan minta di-video-kan atau dikirimkan foto bugil ceweknya. Ini contoh kekerasan psikis yang disertai dengan kekerasan fisik.

Cewek bersedia diajak “tidur bareng” karena cowoknya pernah berjanji nggak meninggalkannya/menikahinya. Cowoknya orang yang beragama dan nggak akan main-main, hingga ada perasaan takut diputusin apabila nggak menurutin permintaan cowoknya.

Kasus penyebaran foto bugil/video nggak senonoh akibat cowok nggak terima diputusin/nggak suka lihat ceweknya bahagia sudah memiliki pengganti dirinya “Kalau kamu putusin aku, lihat aja nanti video dan fotomu bakal kusebarkan.”

Kekerasan psikis ditandai pacar suka memberikan ancaman mental, terutama ada kemauannya yang nggak diturutin sama kamu. Efeknya ini bisa membuatmu jadi trauma berkepanjangan.

Apa yang terjadi? Hubungan yang baik dan sehat nggak akan terjadi. Pacar nggak pernah mau membangun cintamu sama dia. Yang ada kamu harus bisa memahami/mengerti semua kebutuhannya. Egois, bukan?

3. Pacar sudah berani melakukan kekerasan verbal

Pacarmu suka berkata kasar, hingga menghina dirimu dengan perkataan bodoh atau sejenisnya. Frekuensi ini akan selalu kamu jumpai dalam hubunganmu apabila kamu nggak segera bertindak.

Kalau kamu mendiamkan sikapnya itu sama artinya kamu sudah merendahkan harga dirimu sendiri. Parahnya, kamu punya pemahaman yang keliru “Dengan cinta, pengertian dan kasih sayang. Pacar akan berubah”

Katanya siapa? Yang ada kamu menjadi target bullying pacarmu. Kok bisa? Kata-kata kasar sudah dianggap oleh pacar sebagai sesuatu yang wajar dan boleh dilakukan kapan saja.

Pacar suka berkata kasar bisa dikatakan dia punya pribadi yang egois. Pacarmu nggak mau melihat dirimu apa adanya “Kekurangan dirimu”, tapi kamu harus bisa menerima kekurangan dirinya “Kamu harus mengikuti kemauannya.” Inilah sebabnya pacar suka merendahkan dirimu.

Teman yang lain juga membaca

Efek jangka panjang kamu bodoh mempertahankan pacar kasar dalam hubunganmu, kamu jadi nggak percaya diri sama potensi dirimu

Apa buktinya? Kamu mulai ragu-ragu mengambil keputusan yang penting, mudah menyerah, dan mudah galau. Nggak mau kan? Kamu harus berani berbicara tegas nggak suka dikasarin.

Apabila pacar sudah kelewatan batas, meski kamu sakit hati jangan melawannya itu sia-sia. Alihkan sakit hatimu dengan melaporkan ke Unit Pelayanan Perempuan dan Anak di kantor polisi daerahmu.

Jika usiamu di bawah 18 tahun bisa mengadu ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), sedangkan cewek bisa mengadu ke Komnas Perempuan itu baru cara smart zaman now (telepon sudah smartphone, pola pikir juga harus smart dong).

Kamu juga bisa menghilang pelan-pelan sebagai jalan terakhir minta putus dari pacar, tapi sebelumnya kamu harus berbicara blak-blakan sama pacar nggak suka sama sikapnya yang kasar.

Setelah putus, kamu jangan buru-buru cari pacar baru karena bisa membuat dia makin sakit hati, bahkan dia lebih berani mengancam kamu dan menghancurkan hubunganmu.

Kesimpulan kamu bodoh mempertahankan pacar kasar cuma makan ati

Jika kamu tetap mempertahankan pacar yang kasar, kamu akan menjadi target bullying pacarmu. Hubunganmu juga berubah nggak sehat lagi karena model hubunganmu tipe serang balik dan bertahan.

Lama-lama model hubunganmu bisa berubah jadi sado-masokis, apa itu? Kepuasan untuk saling menyakiti dan disakiti. Kamu menunggu pacar untuk menyakiti dirimu, kalau pacar nggak menyakiti dirimu seperti ada yang kurang.

Semoga poin-poin kamu bodoh mempertahankan pacar kasar bisa membuka pola pikirmu yang keliru. Mendiamkan/membiarkan pacar yang kasar, kamu bisa terjebak dalam hubungan yang toxic. Padahal meninggalkan pacar yang kasar sebagai upaya penyelamatan diri dari hubungan yang toxic.

Pengin curhat yang dibantu oleh konselor? DM saja, layanan ini bukan bersifat konseling. Follow Instagram @ruang cinta untuk update lebih banyak lagi tentang 5k relationship.

Kalau kamu dapat value dari post ini, sharing ke teman-temanmu supaya dapatin value yang sama juga.



68 komentar untuk “Kamu Bodoh Mempertahankan Pacar Kasar Cuma Makan Ati Doang”

  1. Hubungan yang dijalani sudah tidak sehat lagi lebih baik kakak putus. Pacar kakak ada kecenderungan berperilaku toxic yang selalu berkata kasar dan mudah sekali bilang putus. Jika kakak ingin lebih dalam lagi curhatnya dibantu oleh konselor via DM instagram kami Ruang Cinta

  2. kak saya punya pacar, dia udah 10 kali minta putus tapi saya masih tetap mempertahankan dia karna saya sayang sama dia, dia juga sayang banget sam saya dan sudah berkorban apapun buat saya, keluarganya juga baik sama saya… Cuman kekurangan dia itu,, pacar saya selalu bilang kasar, contohnya : saya dikatain anjing, bodoh, dll…. Dan dia itu kayak gampang banget buat bilang putus ke saya,,,

    Mohon pencerahannya buat hubungan saya ini kak 🙏

  3. Callysta secara tidak sadar ada ketakutan dalam dirimu “takut menjomblo”. Jika Callysta sudah tidak tahan lagi harus ambil sikap yang tegas daripada menderita secara fisik dan psikis terus-menerus. Sayangi dan hargailah dirimu sendiri itu lebih penting.

  4. Pacar ku persis di no 2 dan 3 sikap dia menunjukan dia itu gabaik tp sy minta putus dia gamau dan dia pun gamau mutusin saya. Sedangkan sy udh gatahan sy gamau mutusin dia takut nyesel mangkanya sy selalu cari cara agar dia yg mutusin , kenapa ya

  5. putus jalan terbaik untuk Mila karena cowok kasar tidak baik untuk dijadikan pasangan. Cowok yang kasar jiwa dan emosinya labil tidak bisa menjadi laki-laki dewasa, lebih baik putus dan cari seorang kekasih yang bisa menghargai Mila. Ingat Mila, cowokmu hanyalah seorang pacar tidak layak (tidak berhak) untuk membentak atau kasar pada Mila. Karena orang tua Mila saja tidak pernah berkata seperti itu, jangan jadi bodoh hanya karena cinta yang membutakan mata dan pikiran Mila

  6. Aku sama hal nya dengan yg ketiga ketika dia marah dia sering berkata kasar pada ku, dia bilang aku bodoh,setan, bajingan dan dia bilang penyebab emosi nya tinggi itu karena aku, padahal aku berusaha membuat dia tenang, dan membuat sedikit lelucon agar dia tertawa dan emosi nya reda tapi dia mengatai ku boodoh dan ketika dia meminta untuk menenangkan diri lalu dia mengirim pesan kembali pada ku dengan sedikit lembut dan aku pun membalas nya Dengan lembut, tapi setelah ku baca kembali kata2 kasar nya itu sangat membuat aku menangis dan sesak sekali

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *