Hangatnya A Little Princess Keluarga Bukan Hanya Families of Origin


Begitu hangatnya A Little Princess itu gambaran yang tepat untuk film Korea bertema keluarga ini. Yang mengajarkan arti keluarga bukan hanya berasal dari families of origin (keluarga sebagai asal usul), tapi juga extended family (wadah orang tua beserta anaknya).

Singkat cerita, film Korea A little princess yang mengisahkan seorang nenek bernama Mal Soon berusia 72 tahun dengan dua orang cucunya, Gong Joo berusia 12 tahun bersama adiknya masih bayi tiba-tiba hadir dalam kehidupan Mal Soon. Gong Joo mengaku sebagai anak dari putrinya yang sudah meninggal dunia.

Akhirnya Mal Soon mengizinkan dua cucunya untuk tinggal bersamanya. Usia yang terpanut jauh antara Mal Soon dengan Gong Joo sering membuat mereka berdebat akibat perbedaan pola pikir dan kebiasaan.

Teman yang lain juga menelusuri

Hangatnya A Little Princess lebih bercerita fungsi keluarga, pembentukan sifat dan mengendalikan emosional anggota keluarga

hangatnya a little princess
Goon Joo sedang mencuci rambut neneknya, Mal Soon (hancinema.net)

1. Sumber kebahagiaan yang tidak dikekang oleh waktu 

Cinta dan kasih sayang dari keluarga bisa menjadi sumber kebahagiaan tak tergantikan sepanjang masa. Enggak peduli seberapa banyak masalah yang dihadapi. Saat pulang ke rumah dan berkumpul sama anggota keluarga bisa membuat pikiranmu menjadi tenang.

Sejuta teman yang kamu miliki di sekelilingmu, namun pelukan kenyamanan dan ketenangan selalu bisa kamu dapatkan dari keluargamu. Cinta dan kasih sayang yang tulus selalu bisa kamu dapatkan dari keluarga.

Keluarga bukan hanya sekumpulan orang yang terikat dalam pernikahan atau hubungan darah/keturunan, tapi juga adopsi yang hidup dalam satu atap. Keluarga adalah bagian kehidupan tak terpisahkan dari kamu.

hangatnya A Little Princess
Salah satu adegan mengharukan dari film Korea A Little Princess (hancinema.net)

2. Tempat untuk berkeluh-kesah dan menerima kamu apa adanya

Kamu sebagai makhluk sosial pasti tidak lepas dari bantuan orang lain. Bantuan paling tulus dan ikhlas selalu berasal dari keluarga. Apa pun kesedihan, kekecewaan, dan kebahagiaan yang kamu rasakan. Keluarga selalu bisa memberikan dukungan dan pelukan hangat untuk dirimu.

Keluarga bisa menjadi wadah untuk mendengarkan segala curhat/keluh-kesahmu, bahkan mampu memberikanmu motivasi untuk bangkit dari keterpurukan. Keluarga selalu bisa menerima dirimu apa adanya karena mereka enggak pernah meninggalkan kamu hidup sendiri di dunia ini.

Usia Mal Soon dan Gong Joo bisa dibilang cukup jauh sering terjadi perdebatan akibat perbedaan pola pikir dan kebiasaan. Seiring waktu berjalan mereka belajar saling berkompromi, hingga keduanya menjadi sangat dekat dan mengerti satu sama lainnya.

Selain, masalah finansial harus mereka hadapi. Adik Gong Joon menderita hemofilia dan Mal Soon juga menderita demensia oleh dokter. Namun, masalah itu membuat mereka saling menguatkan satu sama lainnya.

Mal Soon berusaha memberikan pengertian sama Gong Joon untuk menerima adopsi dari istri dokter yang merawat adiknya. Agar adiknya bisa mendapatkan perawatan terbaik di luar negeri dan usia Mal Soon tidak selamanya bisa menjaga mereka.

hangatnya a liitle princess
Adegan Goon Joo sedang mengobrol sama neneknya, Mal Soon yang hobi menjahit (hancinema.net)

3. Alasan kamu untuk pulang dan bertahan hidup di dunia ini

Rumahku, istanaku adalah ungkapan yang merindukan kehangatan keluarga. Tempat yang nyaman untuk melepas rindu dan aman untuk melepas lelah dari berbagai kesibukan dunia.

Inilah menjadi alasan kamu untuk pulang ke rumah di mana pun berada, contohnya pulang kampung saat hari raya keagamaan/liburan yang panjang.

Satu hal yang diketahui Goon Joon, neneknya sudah mengetahui kalau Goon Joon bukanlah anak dari putrinya (anak tiri). Gong Joon bertanya “Kenapa masih merawatnya?”, Mal Joon berkata “Kamu adalah cucuku tidak akan pernah bisa dipisahkan lagi”

Mal Joon merasa hidup dan bahagia setelah dua cucunya hadir dalam kehidupannya. Kenangan indah itulah membuat Goon Joon menjadi sosok perempuan dewasa yang hangat, “Momen terbaik dalam hidupku saat aku bersama dengan nenekku”

Ini juga paling banyak dibaca

Kesimpulan hangatnya A Little Princess, film Korea yang mengajarkan keluarga bukan hanya families of origin

Keluarga nggak hanya tempat pertama kali berbagi cinta dan kasih sayang, tapi juga tempat membentuk karakter individu. Keluarga juga tempat terbaik untuk memberikan dukungan dan mengatasi masalah kehidupan.

Keluarga merupakan tempat yang bisa memberikan perasaan aman dan nyaman kepada semua anggota keluarga. Poin-poin hangatnya A Little Princess bisa membuatmu memahami arti dari sebuah keluarga.

Yang nggak hanya terbentuk dari proses pernikahan atau hubungan darah saja, tapi bisa berasal dari ikatan emosional yang kuat.

Pengin curhat dibantu oleh konselor? DM saja, layanan ini bukan bersifat konseling. Cek juga @ruang cinta buat kamu yang ingin tau lebih banyak soal 5k relationship dan berbagai permasalahannya.

Terima kasih sudah berkenan membaca postingan ini. Share di media sosialmu supaya banyak teman-teman yang lain ikutan dapat manfaatnya.


Tinggalkan komentar