Efek Terpapar Trust Issue Berita KDRT Rizky Billar dan Lesti Kejora

efek terpapar trust issue - blog edukasi cinta tempat belajar cinta

Melek cinta mau sharing efek terpapar trust issue yang lagi ramai dibicarakan, berita KDRT Rizky Billar dan Lesti Kejora. Ketika seseorang banyak terpapar informasi trust issue, terutama cewek akan memiliki rasa percaya yang lebih rendah terhadap cowoknya.

“Nggak ada cowok yang baik di dunia ini. Semua cowok akan selingkuh pada saatnya dan melakukan kekerasan pada akhirnya”

Kenapa cewek yang banyak terpapar trust issue sampai bisa menyimpulkan seperti itu? Semua jawabannya ada di artikel ini. Baca sampai habis biar tidak gagal paham.

Ketika cewek banyak terpapar informasi trust issue tentang cowok yang selingkuh dan melakukan kekerasan, maka cewek akan menyimpulkan seperti ini:

“Semua cowok akan selingkuh pada saatnya dan melakukan kekerasan pada akhirnya”

Tidak sedikit cewek akan berpikir kayak begini:

  • “Jadi takut untuk menikah”,
  • “Emang masih ada nggak ya cowok yang baik”,
  • “Sekarang gue jadi curiga sama suami gue”,
  • Hingga banyak sentimen negatif lainnya yang muncul.

Hal Ini terjadi gegara referensi yang bias karena terkena “Mere Exposure Effect” atas informasi perselingkuhan dan kekerasan tersebut.

Baca juga:

Yang suka nonton video banyaknya efek terpapar trust issue bagi cewek di bawah


Kenapa informasi negatif efek trust issue lebih terdampak pada cewek dibandingkan cowok?

  • Karena seringnya yang jadi korban adalah cewek.
  • Sudah ada trust issue yang sebelumnya sudah dimiliki oleh cewek yang semakin bertambah parah.
  • Ada penelitian dari Grabe dan Kamhawi (2006)* yang masih relevan hingga saat ini. Kalau cewek lebih mudah terpengaruh sama berita negatif dibandingkan cowok.

* Grabe, M. E., & Kamhawi, R. (2006). Hard Wired for Negative News? Gender Differences in Processing Broadcast News. Communication Research, 33(5), 346–369.

Sekilas info, trust issue berkaitan sama fenomena psikologi yang terjadi ketika kamu sulit untuk percaya sama pasangan karena takut dikhianati atau diselingkuhi, diabaikan dan dimanipulasi.

Sedangkan, Mere Exposure Effect dalam ilmu psikologi, kondisi yang terjadi ketika kamu menjadikan apa yang paling sering dilihat, dibaca, atau diketahuinya sebagai referensi atas apa yang mungkin terjadi pada kehidupanmu atau kehidupan orang lain.

Baca juga:

efek terpapar trust issue - blog edukasi cinta tempatnya belajar cinta
Foto cover: Instagram @rizkybillar @lestykejora

Kenapa efek trust issue lebih terdampak pada cewek dibandingkan cowok? Ini penjelasannya

Ketika ada atau terpapar informasi negatif mengenai trust issue ini (perselingkuhan dan kekeraasan), cowok cenderung langsung percaya karena punya negatif bias pada dirinya. Ini membuat cowok justru lebih percaya, bisa belajar, dan menggunakan informasi negatif bias jauh lebih banyak daripada informasi positif (Vaish, Grossmann, & Woodward, 2008*).

* Vaish, A., Grossmann, T., & Woodward, A. (2008). Not all emotions are created equal: The negativity bias in social-emotional development. Psychological Bulletin, 134(3), 383–403

Sedangkan cewek, ketika ada atau terpapar informasi negatif tentang trust issue akan lebih banyak menyangkal, tidak percaya, hingga mengalami kebingungan berat dalam pikirannya. Tidak jarang, cewek berpikir kayak begini:

“Masa sih ada orang sejahat itu”

Hal ini timbul karena kecenderungan cewek untuk melihat kepositifan orang lain yang tinggi. Ini yang menyebabkan informasi trust issue bertahan lebih lama dalam pikirannya, bahkan bisa memengaruhi perilaku kesehariannya.

Yang jadi masalah, semakin banyak cewek terpapar informasi trust issue, maka algoritma otak cewek akan terus mempertemukan sama paparan informasi semacam ini seperti perselingkuhan, kekerasan, atau keduanya. Ini membuat cewek semakin terkena Mere Exposure Effect

“Tidak ada cowok yang baik di dunia ini. semua cowok akan selingkuh pada saatnya dan melakukan kekerasan pada akhirnya”

Yang akhirnya muncul patokan dan pikiran seperti di atas. Hal ini disebabkan algoritma otak cewek sering melihat, mendengar, atau membaca berita-berita negatif yang ditelan mentah-mentah dan tidak dibatasi secara sadar.

Baca juga:

efek terpapar trust issue - blog edukasi cinta tempatnya belajar cinta

Apa yang harus Dinda lakukan untuk mengatasi trust issue ini?

  • Yang pertama, tentu saja Dinda harus sadar ketika bermedia sosial itu pilihan sadar. Bukan hasil reaksi atau pantulan informasi yang diterima begitu saja dari media sosial.
  • Yang kedua, Dinda harus punya support system yang sehat. Lingkungan yang sama-sama sadar punya pemahaman yang sama, seperti di poin ke-1 di atas.

Kalau Dinda tidak punya lingkungan yang sehat, malah memperkuat Mere Exposure Effect dalam hidupmu. Disarankan Dinda buat kamu yang mau menikah atau sudah menikah untuk memiliki support system yang sehat.

Jauhi juga apabila ada temanmu yang selalu bercerita tentang masalah rumah tangganya yang tidak sehat, apa contohnya?

  • KDRT,
  • Perselingkuhan,
  • Komunikasi yang tidak lancar,
  • Suami yang pelit,
  • Orgasme palsu,
  • Atau masalah trust issue lainnya.

Agar algoritma otakmu bisa menyadari kalau pernikahan yang sehat itu ada dan nyata. Kalau kamu dan cowokmu bisa bersama-sama menciptakan lingkungan pernikahan yang sehat dan langgeng.

Semoga artikel ini bisa menambah insight kamu. Terima kasih sudah membaca efek terpapar trust issue bagi cewek, suka postingan ini? Kamu bisa sharing ke teman-temanmu supaya mereka dapat value yang sama.

efek terpapar trust issue - blog edukasi cinta tempatnya belajar cinta

Materi pemberdayaan diri yang berfokus literasi pasangan ini tidak akan kamu dapatkan di media sosial kami, atau sering kamu baca di blog ini. Materi ini tidak menggunakan sistem sekali bayar atau biaya berlangganan (gratis).

Kamu bisa pilih kebutuhan cintamu untuk level up di bawah.

  • Cara berpikir dan berperilaku karismatik (laki-laki).
  • Cara kombinasi antara inner beauty dan outer beauty (perempuan).
  • Menyamakan persepsi kehidupan pernikahan (materi pranikah).

Materi pemberdayaan diri eksklusif ini hanya terbatas untuk 50 orang saja, silakan kamu cek ketersediaan koutanya di pembelajaran cinta eksklusif.

Dapatkan insight terbaru buat kamu lover enthusiast yang super sibuk dan haus update seputar relasi cinta.

  • Update mingguan tips dan trik hubungan, cara berkencan romantis, tips pacaran nggak bosen, cara bikin dia nyaman ngobrol, cara cepat move on, cara cepat pdkt, dan masih banyak lagi.
  • Konten eksklusif seputar literasi pasangan (pola pikir, pola komunikasi, pola perilaku, pola emosi, pola asuh, dan pola hidup).
  • Materi pranikah seperti mengenali pasangan lebih baik, mengatasi keraguan pada pasangan, hingga efek unhappy marriages berkaitan erat dengan unhappy relationship.
  • Konten yang disajikan bersifat inklusif, kritis, memberdayakan, menghibur, dan berorientasi solusi.

Dapatkan manfaatnya langsung di gadget kamu, subscribe insight terbaru di sini.

Yang ingin curhat masalah cintamu bareng konselor (psikolog klinis) dan menginginkan solusi profesional tanpa menghakimi. Curhat ini bukan bersifat konseling langsung ke curhat konselor.

Pantau terus Youtube Melek Cinta, Instagram Ruang Cinta, dan Facebook Melek Romansa. Ikuti juga konten yang dipersonalisasi via Google News.

Tinggalkan komentarmu untuk efek terpapar trust issue bagi cewek, atau kamu punya pengalaman yang sama dapat berbagi bisa jadi kita semua bisa belajar dari pengalaman kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.