Cowok Gak Peka Hanya Gak Ngerti Kode Cewek, Betulkah?

blog edukasi cinta - curhat cinta online gratis
Sore hari telah memberitahu kalau kamu sudah menyelesaikan tugasmu hari ini. Semoga kamu menikmati malam yang segera tiba. Selamat sore kawan

Betulkah cowok gak peka hanya gak ngerti kode cewek? Kenapa cewek gemar pakai kode? Kenapa cewek gak bisa berterus terang? Kalau cowokmu nggak ngerti “kodemu”, lantas kamu marah dan menuduhnya gak peka. Ladies, kalau mau dimengerti oleh cowokmu. Ya, jangan pakai kode itu sama saja kamu bikin komunikasimu jadi ribet dan macet.

Alasan cewek suka pakai “kode” disebabkan stereotipe feminim yang sudah tertanam sejak kecil. Cewek dari kecil sudah dididik untuk jadi pasif dan dianggap tabu untuk ungkapkan apa kemauannya secara aktif. Peran cewek harus dilindungi dan diselamatkan, atau dipilihkan dan diarahkan. Ini membuat cewek selalu pakai “bahasa kode” untuk menyampaikan keinginannya.

Jika ada cewek yang aktif atau to the point dalam mengutarakan apa yang dia inginkan dianggapnya sudah melanggar kodrat. Dia akan dikatakan cewek nggak bisa diatur, cewek agresif, atau cewek nggak benar. Tapi pandangan itu nggak relevan lagi di dunia modern sekarang ini. Hp kamu saja sudah smartphone.

Kamu nggak perlu takut lagi untuk ungkapkan apa keinginanmu. Kamu nggak usah gengsi untuk ngomong apa yang diinginkan dari cowokmu. Nggak ada salahnya kamu ngomong jujur dan terbuka daripada menunggu ketidakpastian bertahun-tahun lamanya dari cowokmu.

Betulkah cowok gak peka karena gak ngerti kode cewek? Otak cowok bekerja lebih sedikit saat mencerna/memahami maksud cerita dari sesama cowok. Saat cewek bercerita otak cowok bekerja lebih keras untuk mencerna/memahami maksud cerita itu

Cowok Gak Peka Hanya Gak Ngerti Kode Cewek, Betulkah?

Peneliti dari Institut Neuroscience and Psychology dari Universitas Glasgow dan Department of Psychology Universitas Montreal menemukan fakta aktivitas otak cowok harus bekerja lebih keras dalam mencerna dan memahami apa maksud dari cerita ceweknya.

Aktivitas otak itu membuat cowok sulit untuk menerka-nerka emosi yang ceweknya rasakan ketika berbicara sama dirinya. Hal ini membuat cowok butuh waktu lebih lama untuk mencerna dan memahami apa maksud yang sebenarnya dari ceweknya.

Kenapa cowok butuh waktu lebih lama untuk mencerna dan memahami perkataan ceweknya? Ini disebabkan suara cewek lebih komplek dibandingkan suara cowok. Ketika cewek bercerita cenderung bersuara dengan intonasi lebih berirama. Hal itu membuat cowok sulit untuk menangkap secara cepat apa maksud sebenarnya dari ceweknya.

Alhasil perbedaan bahasa cowok yang sering menggunakan bahasa bermakna tunggal dengan cewek berbahasa penuh dengan makna. Komunikasi yang sebenarnya sederhana bisa berubah jadi ribet dan macet. Nggak heran, timbullah pertengkaran dalam hubungan kalian.

Baca juga terkait lainnya 

Benarkah gak ngerti kode cewek dikatakan cowok gak peka? Atau, kamu sendiri sebagai cewek yang sengaja menjadikan dirimu sulit untuk dimengerti oleh cowokmu

Cowok Gak Peka Hanya Gak Ngerti Kode Cewek, Betulkah?

Kamu sering melemparkan “kode-kodean” bisa membuatmu jadi gak peka sama cowokmu. Kamu suka bermain “kode-kodean”, artinya kamu hanya berfokus ingin dimengerti oleh cowokmu. Alhasil kamu sendiri yang membuat cowokmu jadi menebak-nebak apa keinginanmu itu.

Nggak heran, hubunganmu berjalan jadi nggak seperti yang kamu harapkan. Ujung-ujungnya kamu menyalahkan cowokmu dengan menuduhnya “cowok nggak peka.” Efeknya kamu jadi gagal paham kalau cowokmu lagi berikan kode nonverbal, contohnya dia lagi ada masalah atau sudah capek sama kamu.

* Cowokmu mulai mundur, abai, atau justru menghindar dari kamu

Artinya, dia kesal dan nggak suka sama perilaku kamu yang suka bermain “kode-kodean” untuk menuruti apa kemauanmu. Kode-kodean itu membuatnya susah untuk mengerti apa keinginan kamu yang sebenarnya. 

Kamu dianggap oleh cowokmu nggak bisa hargai dia. Kalau kamu biarkan terus kelakuan ini, maka cowokmu akan terang-terangan pilih pergi dari kamu. Jadi, bersikaplah jujur dan berterus terang saja apa yang kamu inginkan.

* Kamu jadi gagal paham sama kelakuan cowokmu

Artinya, cowokmu ingin juga dapat pujian atas usahanya dalam menyenangkan dan membahagiakan kamu. Pujian yang berasal dari kamu bisa dikatakan bentuk penghargaanmu terhadap dia. Seperti yang kamu tahu, pujian terhadap pasangan bisa membuat hubungan langgeng.

Pujian merupakan bentuk penghargaan dari rasa kagum yang di dalamnya ada unsur objektivitas terhadap pasangan. Hubungan yang diwarnai dengan pujian dari pasangan bisa membuat seseorang jadi percaya diri dalam menjalani kehidupan. Cowok yang dihargai sama ceweknya bisa tercipta hubungan yang bahagia. Cinta yang sehat. Hidup jadi bahagia.

* Cowokmu tarik ulur perasaan kamu

Artinya, cowokmu lagi memastikan kamu itu orang yang tepat untuk menjalani hubungan ke depan. Ya, kamu lagi dipastikan sama dia layak nggak untuk diperjuangkan. Perbedaan ini sering membuat cewek jadi salah paham sama cowok tentang kelanjutan hubungannya.

Seperti halnya cewek yang suka bermain “kode-kodean”, cowok juga begitu untuk memastikan secara jelas apa kamu itu orang yang tepat untuk hubungan selanjutnya (kamu layak nggak untuk diperjuangkan). Nggak heran, perbedaan kode ini cewek beranggapan cowok yang suka tarik ulur perasaannya dikatakan hubungannya lagi digantungin.

* Cowokmu tiba-tiba berubah jadi nggak ekspresif

Artinya, cowokmu lagi menyimpan kesedihan. Cowokmu lagi membutuhkan kamu untuk berada di sampingnya. Kamu nggak perlu melakukan apa-apa untuk membantunya. Kamu cukup mendukungnya dengan berada di sampingnya saja. Seperti halnya cewek yang suka bermain “kode-kodean”, cowok juga begitu lebih nyaman menyembunyikan emosinya.

Meski cowokmu tampil ekspresif, bahkan humoris di depanmu bisa jadi dia lagi menyimpan suatu masalah yang nggak kamu sadari. Cowokmu nggak mau menunjukkan emosi kesedihannya, tapi cenderung menunjukkan emosi ekspresif yang menurutnya itu lebih diterima secara sosial.

Baca juga terkait lainnya

Gak ngerti kode cewek dituduh cowok gak peka. Tapi cewek juga gagal paham dalam membaca kode dari cowok yang sedang mendekati dirinya

Cowok Gak Peka Hanya Gak Ngerti Kode Cewek, Betulkah?

1. “Nanti pulangnya sama siapa?”

Kamu mungkin mendengarnya seperti bahasa basa-basi, tapi kode ini memiliki maksud tersembunyi di belakangnya. Kalau tiba-tiba ada cowok yang mengucapkan “Nanti pulangnya sama siapa?” itu artinya “Mau diantar gak?.”

2. “Ganggu gak kalau aku nelepon kamu?”

Kamu pasti pernah mendengar cowok mengucapkan ini. Ya, kode ini menunjukkan kamu adalah sosok penting bagi dia. Cowok itu lagi meminta waktumu untuk mengobrol lebih lama buat mengenal kamu lebih jauh. Dia ingin tahu kamu orangnya seperti apa.

3. “Kamu mau ikut main sama aku, gak?”

Kode ini si cowok lagi menawarkan diri apa kamu mau ikut bergabung dengan kegiatan atau aktivitas kesukaannya. Dia ingin kamu mengetahui seperti apa kegiatan atau aktivitasnya. Si cowok juga ingin menunjukkan ke teman-temannya kalau kamu itu cewek yang selama ini dia ceritakan.

4. “Gak usah malu kalau butuh bantuan bilang aku aja!”

Pernah gak dengar kalimat itu? Kode ini sebenarnya dia ingin lebih sering berinteraksi sama kamu. Ceritanya dia lagi berusaha jadi seorang cowok yang dapat diandalkan sama kamu.

5. “Makasih ya kamu sudah mau menemani/bantuin aku. Kalau gak ada kamu apa jadinya aku”

Meski ucapan terima kasih itu terlihat wajar, tapi kamu harus bisa membedakan mana ucapan kewajaran dan ada maksud di belakangnya. Perhatikan kalimat “….Kalau gak ada kamu apa jadinya aku” ini menunjukkan keberadaan atau kehadiranmu memiliki arti lebih buat dia. Cowok itu menginginkan kamu jadi sosok yang penting dalam hidupnya.

6. “Kamu suka dengan yang aku bawain?”

Terdengar seperti wajar ya, tapi jangan salah itu ada maksudnya. Bukan makanan, oleh-oleh, atau barang yang dibawakan oleh cowok itu. Tapi sikap dia ada yang sedikit berbeda setelah membawakan barang. Kalau cowok nggak punya maksud lain setelah dia memberikan barang itu.

Dia akan langsung pergi setelah kamu mengucapkan terima kasih. Tapi dia akan berlanjut dengan melempar pertanyaan, “Kamu suka dengan yang aku bawain” itu artinya si cowok sebenarnya ingin bertanya “Kamu suka gak sama aku?”

7. “Menurut kamu apa yang perlu diperbaiki dari aku?”

Kode ini bisa dibilang si cowok sangat serius ingin dekatin kamu. Ia ingin mengambil hatimu. Ibaratnya “Bagaimana caranya kamu jadi sayang sama aku?” yang sama artinya “Aku suka kamu”, meski kalimat ungkapan cinta belum keluar dari mulutnya.

8. “Menurut kamu kalau aku melakukan ini, gimana?”

Kode si cowok mulai minta pendapat kamu sebagai upaya dia untuk mendapatkan perhatianmu. Kritik atau saranmu dianggap penting oleh dia karena si cowok ingin melibatkan kamu dalam hidupnya. Ia ingin mengenal kamu lebih jauh lagi, seperti apa kamu orangnya.

9. “Risih gak kalau kamu ada didekat aku!”

Kalau kamu dengar cowok ucapkan ini, artinya dia kesal sama kamu setelah semua usaha untuk menarik perhatianmu. Tapi kamu masih tetap memperlakukannya seperti teman biasa. Sebenarnya dia ingin menyatakan cintanya sama kamu, tapi bingung untuk mengucapkannya.

10. “Tau gak aku sering diledekin teman-temanku kalau pergi sama kamu?”

Kode ini hampir sama dengan no. 9 di atas, dia sangat menyukai dan ingin menyatakan cintanya. Tapi dia malu untuk menyampaikan itu sama kamu. Apa pun yang kamu lakukan sama dia. Cowok ini menyukainya dan senang menghabiskan waktu bersama kamu.

Semoga artikel “Betulkah Cowok Gak Peka Hanya Gak Ngerti Kode Cewek?” bisa membuat kamu memahami dan nggak gagal paham dengan kode-kode cowok. Terima kasih yang sudah membaca artikel ini sampai selesai. Tinggalkan komentarmu apabila masih ada yang kurang dimengerti.

Jangan lupa follow Instagram @ruang cinta berfokus permasalahan toxic relationship, broken relationship, premarital, dan bad marriages. Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor langsung ke menu layanan curhat ya.

Pastikan kamu subscribe dengan menyalakan notifikasi di browser agar nggak ketinggalan update 5k in relationship terbaru dari KCS Talks.


Free Access Seputar Love & Relationship
Cara jadi pribadi berkualitas lewat building pesona, meningkatkan skill mengobrol, mengendalikan egomu, cara agar cowok bucin sama kamu, sampai kriteria pasangan ideal versi kamu lewat mr right check list. Daftarkan email kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *