Cewek Saya Sulit Dinasihati, Orangnya Sangat Keras Kepala

kisah cinta sejati - melek cinta - blog edukasi cinta
Selamat pagi sobat, bagaimana harimu? Pagi hari selalu mengajarkan kamu ada harapan di setiap langkah kehidupan.

Saya cowok berusia 22 tahun dan berpacaran 2 tahun. Cewek saya sulit dinasihati. Orangnya sangat keras kepala dan hati. Sulit bagi dia untuk minta maaf, meski nyata-nyata sudah melakukan kesalahan.


Saya sering menasihatinya, tapi dia selalu cari pembenaran atas sikapnya itu. Ia suka balik marah-marah ke saya dengan alasan tidak jelas, bahkan mendiamkan saya berminggu-minggu. Telepon saya juga di-reject dan chat cuma di-read saja.

Yang akhirnya saya minta maaf dan mengakui itu kesalahanku. Terkadang saya berikan sesuatu agar dapat membujuk dia supaya memaafkan saya. Kami sering bertengkar karena masalah sepele.

Hanya kesalahan kecil saja dia bisa semarah itu, bahkan sampai mengabaikan saya. Sikapnya itu sering membuatku sakit hati. Saya marah, kecewa, dan merasa tidak dihargai oleh dia.

Kenapa saya yang selalu menolerir setiap kesalahan dia. Ini bukan pertama kalinya yang bikin saya ingin berhenti. Saya bertekad untuk mengakhiri hubungan ini, apakah keputusan saya tepat untuk meninggalkan pacar yang egois?

Baca juga: Aku Sadar Dia Sangat Toxic, Tapi Aku Gak Mau Putus Sama Dia

Jawaban curhat mengenai cewek saya sulit dinasihati, orangnya sangat keras kepala oleh konselor

Cewek Saya Sulit Dinasihati, Orangnya Sangat Keras Kepala

Kamu sedang dilema menyikapi hubungan ini. Memang berhadapan dengan pasangan keras kepala itu melelahkan ya. Apalagi kamu merasa sebagai pihak yang terus-menerus mengalah atas sikapnya.

Kamu cukup bijak menyikapi cewekmu masih menggunakan egonya yang tinggi. Kamu bisa menurunkan egomu dengan minta maaf dan memberikan barang agar dia membaik.

Banyak hal yang membuat cewekmu menjadi keras kepala, misalnya ia sangat kukuh dalam melakukan sesuatu. Hanya saja kekukuhan dia dalam jalani hubungan bersamamu. Ia tidak menyadarinya itu bisa membuatmu jadi lelah.

Atau, keras kepalanya karena terbiasa mendapatkan apa yang dia mau/inginkan dari kamu. Cewekmu sulit minta maaf atau memaafkan bisa jadi ia memiliki trauma di masa lalunya.


Permintaan maaf dianggap olehnya sebagai suatu kelemahan atau kekalahan. Hal ini membuatnya jadi tidak mudah percaya dengan orang lain karena dia tidak mau terluka.

Contohnya dia sulit untuk minta maaf, meski nyata-nyata sudah melakukan kesalahan. Ini termasuk ketika dia tidak bisa memaafkan kamu. Meski kesalahan itu menurut kamu kecil.

Hubungan yang sedang kamu jalani bersifat toxic relationship. Hal ini terjadi karena adanya konflik batin pada dirimu yang mengarah pada amarah, kecemasan, atau depresi.

Jadi kamu merasa tidak aman, ada keegoisan, sikap merendahkan, terdapat komentar negatif dan mengkritik dalam hubunganmu. Setiap orang menjalin hubungan pasti ada harapan mendapatkan perlakuan yang sama dari pasangannya.

Ya, minimal ego pasangan bisa sedikit diturunkan agar masalah yang terjadi bisa diselesaikan dengan baik. Seperti yang kamu ketahui, hubungan yang sehat terdapat saling memberi dukungan dan memelihara satu sama lain.

Ada rasa kasih sayang, rasa aman, kepedulian, kebebasan dalam berpikir, dan menghormati perbedaan pendapat yang muncul. Ketika hubungan yang berjalan baik-baik saja tanpa ada masalah, maka hubungan itu perlu dipertanyakan.

Baca juga: Setelah Berjanji Menikahi Dia, Saya Merasa Tekanan Makin Bertambah

Cewek saya sulit dinasihati dan sulit untuk minta maaf, meski nyata-nyata sudah melakukan kesalahan. Maka perhatikan marah-marahnya itu alasannya jelas atau tidak, lalu bagaimana sifat aslinya selama ini

Cewek Saya Sulit Dinasihati, Orangnya Sangat Keras Kepala

Cewekmu suka marah-marah dengan alasan tidak jelas, bahkan mendiamkanmu berminggu-minggu sebenarnya menunjukkan dirinya sedang bermasalah, tapi dia bingung untuk menyelesaikannya. Kamu pasti paham risiko atas pilihan yang diambil, bertahan atau putus.

Bila kamu pilih bertahan: tentu kamu harus lebih sabar dan siap sewaktu-waktu egonya bisa kambuh lagi. Kamu bisa evaluasi lagi cara menasihati agar cewekmu bisa menerimanya.

Kamu pilih komunikasi secara terbuka dengan cewekmu, juga pilih keadaan lebih tenang ketika menyelesaikan sesuatu, hingga belajar lagi cara memahami dan bijak dalam menyikapi cewekmu.

Jika kamu pilih putus: tentu kamu akan kehilangan dan perasaan sedih, juga usaha untuk bangkit lagi. Namun, positifnya kamu tidak sakit hati, kecewa lagi, lebih bebas, dan punya kesempatan luas untuk meningkatkan kualitas dirimu.

Sebelum kamu memutuskan bertahan atau putus, maka perhatikan dulu kemarahan cewekmu itu apa lebih banyak terjadi dalam hubungannya bersamamu. Bisa jadi cewekmu mulai membuka sifat aslinya seiring usia hubungan kalian bertambah.

Cewekmu bereaksi atas apa yang kamu lakukan, maka kabar baiknya kamu juga harus berubah apa penyebab yang membuatnya marah. Kalau kamu menemukan kemarahannya itu sudah berlangsung lama, bahkan menyentuh relasi sosialnya.

Yang menurutmu dia bisa marah-marah untuk masalah yang sepele. Ada kemungkinan cewekmu memiliki masalah lain yang belum dia sadari. Kemarahan yang terjadi terus-menerus itu salah satu tanda adanya isu klinis, seperti depresi terselubung.

Kamu harus tentukan sampai batasan mana bisa menolerir keegoisannya. Bisakah kamu menyadari dia untuk menyadari sifat keegoisannya? Jika masih sulit, maukah kamu membantu dia untuk mengatasi kemarahannya dengan mengajaknya ke psikolog?

Jika cewekmu tidak ada perubahan sama sekali, bahkan produktivitas dan kesehatanmu secara fisik – psikologis mulai terganggu. Pilihan putus itu jalan terbaik. Cinta dan sayang boleh, tapi jangan biarkan diri terjebak dengan orang yang salah. Jangan lupakan untuk menyayangi diri sendiri.

Baca juga: Pasangan Ketahuan Selingkuh dengan Mantan (Studi Kasus)

Curhat tentang cewek saya sulit dinasihati, orangnya sangat keras kepala yang diposting sudah dapat izin/persetujuan untuk dijadikan contoh kasus. Agar siapa pun yang mengalami masalah serupa bisa belajar dari kisahnya.

Suka dengan postingan berjenis curhat cinta ini? Pastikan kamu subscribe agar tidak ketinggalan update dari Melek Cinta yang berfokus 5K’s Relationship

Terima kasih buat kamu yang sudah membaca sampai selesai. Semoga bermanfaat. Oh ya, tinggalkan komentar apabila kamu masih kurang mengerti. Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor, silakan ke menu layanan curhat. 

Follow instagram @ruang cinta seputar single/PDKT, relationship, putus cinta, pranikah, dan self improvement dari remeh-temeh, serius, sampai sensitif. Plus isu-isu tabu relationship yang dibahas secara ringan.



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *