cara pacaran new normal
Fakta dan Konsep Cinta

Cara Pacaran New Normal Enggak Bersikap Masa Bodo

Cara pacaran new normal tetap mesra dan aman dengan tidak bersikap masa bodo terhadap perubahan yang terjadi. New normal bukan berarti kamu bebas seperti sebelum adanya pandemi corona. Semua kebiasaan kalian dulu berpacaran juga ikut berubah di masa new normal ini.

Contohnya kalian mau berpegangan tangan saat jalan bareng harus repot-repot cuci tangan atau pakai hand sanitizer dulu, makan bareng di kafe atau nonton bioskop duduknya harus berjauh-jauhan, mau berpacaran harus jarak jaga, dan komunikasi lebih banyak lewat chatting/video call daripada ketemuan.

Baca juga ya: Cara PDKT dengan Cewek Lewat Whatsapp yang Benar dan Tepat

4 cara pacaran new normal agar tetap mesra dan aman dengan memperhatikan kesehatan kalian tanpa mengurangi kemesraan hubungan

1. Gunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut saat keluar rumah

Mindset pertama ini wajib kamu terapkan saat beraktivitas di luar rumah. Seperti yang sudah kamu ketahui, penyebaran/penularan virus corona terjadi melalui droplet. Masker ini untuk melindungi hal tersebut agar tidak langsung terkena ke wajahmu, lalu masuk ke hidung/mulut yang akhirnya menginfeksi kamu.

Ada baiknya juga kamu gunakan kacamata dan jaga jarak di manapun kamu berada. Hindari kamu pakai sarung tangan, terutama jenis karet saat berkencan/aktivitas di luar rumah karena belum tentu akan melindungi kamu dari virus corona.

Apalagi kamu punya kebiasaan masih sering menyentuh hidung/mulut/mata, atau menyentuh smartphone saat masih pakai sarung tangan berisiko sama besar seperti kamu menyentuh wajah dengan tangan sebelum mencuci tangan. Kenapa?

Bila kamu menyentuh permukaan yang terkena corona, seperti pegangan tangga, dinding, gelas minuman, dan benda-benda yang kamu sentuh. Kalau kamu masih suka memegang wajah sebelum cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir secara tidak sadar kamu sudah mengantarkan virus corona masuk ke tubuhmu.

Melepaskan sarung tangan juga ada aturannya tidak boleh sembarangan, kamu harus menggapai bagian dalamnya dan melepasnya secara terbalik. Kemudian membuangnya langsung di tempat sampah bukan diletakkan begitu saja di lantai. Kamu dan dia boleh berpacaran di tempat umum, tapi kesehatan kalian perlu juga diperhatikan.

2. Rutin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir selama 20 detik

Mindset kedua ini penting kamu lakukan setelah melakukan aktivitas apa pun, terutama habis menyentuh permukaan benda yang tidak menjamin kebersihannya. Ada baiknya juga kamu membawa hand sanitizer saat berkencan di luar, terutama kamu sulit menemukan air yang mengalir dan sabun untuk cuci tangan.

Karena kamu enggak pernah tahu apa ada virus corona yang menempel pada permukaan benda tersebut. Jadi, ada baiknya kamu dan dia selalu cuci tangan dengan air mengalir pakai sabun atau pakai hand sanitizer untuk berjaga-jaga agar terhindar dari virus corona.

Yang sudah kamu ketahui, sabun dapat melarutkan membran lemak pada virus corona. Hingga membuat virus tersebut hancur berantakan dan mati. Untuk cuci tangan yang baik harus menggunakan sabun dengan air yang mengalir selama 20 detik.

Selama berkencan kamu dan dia punya kebiasaan rutin cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir selama 20 detik. Tandanya kamu menjaga kesehatan dia itu salah satu bentuk rasa cintamu ke dia di masa new normal ini.

Baca juga ya: Tips Pacaran Romantis Selama Pandemi Corona Mengobati Rasa Kangen

3. Terapkan kebiasaan berpacaran yang sehat dan bersih

Pandemi corona ini suka atau tidak, siap atau tidak siap. Kamu dan dia harus disiplin menjalani kebiasaan baru yang sehat dan bersih dalam berpacaran. Ya, kebiasaan pola hidup sehat seperti memperbanyak olahraga, makan makanan bergizi, dan beristirahat yang cukup.

Jika kamu sedang diet, lakukan cara diet yang sehat dan aman tidak membahayakan tubuhmu. Bagi kamu yang perokok bisa mengurangi frekuensi merokok karena rentan terinfeksi virus corona. Menghisap batang rokok membuat kamu lebih sering bersentuhan dengan bibir/mulut.

Hal tersebut meningkatkan risiko terjadinya perpindahan virus corona dari tangan ke mulut/bibir, apalagi kamu jarang sekali cuci tangan dengan air mengalir pakai sabun setelah berakvitas lalu merokok.

Dikutip dari Scientific American, Robert Tarran, profesor fisiologi dan biologi di Chapel Hill mengatakan tubuh perokok cenderung menghasilkan lendir lebih banyak dan berakibat terganggunya fungsi paru-paru.

Merokok dapat meningkatkan perubahan pemicu peradangan paru-paru dan mengurangi kemampuan sistem imum dalam melawan kuman/virus. Hal ini membuat perokok lebih rentan terinfeksi virus corona dengan dampak yang parah.

Merokok bisa melemahkan fungsi imun di paru-paru, kebiasaan ini memicu peradangan di organ tersebut. Perokok lebih rentan untuk menderita pneumonia apabila terinfeksi virus corona.

Hal ini yang menyebabkan perokok lebih berisiko mengalami komplikasi dan kematian akibat virus corona. Ya, semua itu memang tidak menyenangkan/kaget dengan kebiasaan baru ini, terutama bagi kamu yang tidak punya kebiasaan hidup sehat untuk waktu lama.

Namun, kebiasaan baru ini tidak hanya meningkatkan kebersamaan antara kamu dan dia. Tapi juga, perilaku saling mengingatkan untuk menjaga kesehatan tubuh akan meningkatkan keintiman dalam hubungan kalian. Artinya, kamu peduli sama dia dengan memperhatikan kesehatan diri sendiri dan mau bekerja sama dalam menjaga dia.

4. Tingkatkan lagi komunikasi dua arah antara kamu dan dia

Mindset terakhir ini paling penting dari semua di atas. Kamu harus menyadari new normal sewaktu-waktu bisa dicabut oleh pemerintah apabila jumlah kasus positif corona naik tajam karena pandemi corona belum berakhir.

Tingkatkan lagi komunikasi dua arah bertujuan untuk meminimalisir debat-debat panjang yang kering antara kamu dan dia. Maksudnya begini, kamu mau bercerita kejadian seru. Dia malah merespon dua patah kata saja. Mau bahas masalah hubungan kalian, dia malah mengatakan kamu jangan terlalu banyak drama.

Hasilnya kamu jadi malas mengobrol sama dia. Kamu pun menanggapinya ala kadarnya saat dia mengobrol sama kamu. Dampaknya hubungan kalian jadi membosankan/enggak seindah dulu karena komunikasi kamu dan dia sudah berantakan.

Komunikasi yang baik itu kamu dan dia bisa membeberkan apa yang menjadi keluhannya akhir-akhir ini. Ya, katakan secara jujur apa yang kamu rasakan untuk disampaikan ke dia.

Oh ya, jangan terlalu mendominasi obrolan. Adakalanya kamu perlu terbuka untuk mendengarkan keluhan-keluhannya yang berimbas ke caranya dia berkomunikasi sama kamu.

Ingat ya, komunikasi dua arah itu bisa terjadi apabila kamu dan dia sudah nyaman membeberkan uneg-unegnya dan siap untuk menerima keluhan masing-masing. Kamu dan dia enggak perlu buru-buru untuk mencari solusi atas keluhan tersebut.

Terburu-buru langsung mencari solusi bisa membuat komunikasi yang terjadi cepat panas, kenapa? Kamu bersikeras untuk menggunakan solusi versi kamu paling terbaik buat dia, termasuk pula dia juga punya solusi menurut versinya sendiri.

Baca juga ya: Tentukan Tujuan Pacaran yang Realistis Agar Hubunganmu Tidak Gagal

Kesimpulan cara pacaran new normal enggak bersikap masa bodo

Kamu tidak bersikap masa bodo terhadap perubahan yang terjadi dan disiplin terapkan pola hidup sehat itulah cara pacaran di masa new normal. Karena new normal bukan berarti kamu bebas seperti sebelum adanya pandemi corona.

Ada 4 cara pacaran new normal tetap aman tanpa mengurangi kemesraan dan keintiman hubungan kalian. Mulai dari gunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut saat keluar rumah, rutin cuci tangan dengan air mengalir pakai sabun selama 20 detik, terapkan kebiasaan berpacaran yang sehat dan bersih, hingga meningkatkan lagi komunikasi dua arah.

Wajar kamu merasa khawatir terhadap perubahan kebiasaan di masa new normal ini, tapi 4 cara di atas akan membantu kalian bila ada kendala hubungan yang muncul selama new normal ini.

Semoga poin-poin tentang cara pacaran new normal di atas dapat membantu meningkatkan kemesraan dan keintiman hubungan kamu dengan dia. Kalau kamu suka artikel ini, silakan share, like, dan subscribe.

Jangan lupa sharing ke Facebook, Twitter, Line, status WhatsApp, dan teman-temanmu agar enggak ketinggalan tips-tips self improvement dan relationship seperti ini.

Kalau kamu punya pengalaman yang sama, please komentar bisa jadi kita punya pengalaman yang sama. Follow Instagram @ruang cinta buat kamu yang ingin tahu banyak tentang update kecerdasan relasi.


Kupas tuntas masalah 5K relationship yang perlu kamu ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *