Bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh dengan tepat

Bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh dengan tepat

Kisahcintasejati.com - Artikel tentang "Bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh dengan tepat" dibaca normal antara tiga atau empat menit.

Bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh, padahal sudah menjalin hubungan bisa dikatakan cukup lama. Bahkan ada pula yang sudah memperkenalkan kepada keluarga masing-masing tetapi kenapa akhir-akhir ini pacar mulai berubah seperti jarang memberi kabar atau sikapnya acuh tak acuh.

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah tanyakan kepada pacar kenapa dirinya berubah. Dari sini kamu bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya kenapa pacar berubah. Tentu saja untuk mengumpulkan semua informasi itu diperlukan komunikasi dua arah atau komunikasi langsung kepada pacarmu.

Kuncinya bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh hanyalah berbicara dan bertanya secara jujur maupun terbuka atas perubahan sikapnya kenapa kok berubah. Jika dirinya mulai mencari-cari alasan yang aneh-aneh lebih baik tinggalkan saja daripada menjalin hubungan yang sia-sia hanya buang-buang waktu, usia, pikiran dan tenaga dengan seseorang yang tidak menginginkan kamu

Kunci sebuah hubungan yang nyaman dan awet adalah komunikasi dua arah (komunikasi langsung) untuk memahami dan mengerti seperti apa permasalahan yang sedang dihadapi. Komunikasi langsung merupakan satu-satunya cara untuk menghadapi pacar yang mulai menjauh.

Baca Juga:  Ini Tandanya Kamu Terlalu Bergantung Emosional dengan Pacarmu

Namun, komunikasi ini tidak bisa berjalan dengan baik dan lancar jika hanya dilakukan dari satu arah saja. Kalau pihak lainnya tidak bersedia melakukan komunikasi secara jujur dan terbuka, malah yang ada bisa terjadi pertengkaran tiada henti.

Hubungan pacaran bisa dikatakan masih dalam tahap awal bukan tahap memasuki hubungan yang sebenarnya, umumnya hubungan tahap awal masih terlihat mesra-mesranya dan optimis bahwa hubungannya akan berlanjut (tidak pernah putus). Istilahnya, suka duka berbagi bersama dan dunia hanya milik berdua. Namun, kenyataannya lama-lama semakin meredup dan merasa hubungannya seperti berjalan di tempat.

Ketika hubungan cinta kian lama semakin meredup, serasa berjalan di tempat dan pacar mulai menjauh dari kamu sebelum membuat keputusan “apakah harus diteruskan atau berpisah”. Ada baiknya ajak dulu pacar untuk berbicara terus terang “kenapa kok berubah”.

Jika kamu menyadari akhir-akhir ini, pacar mulai menjauh seperti jarang menghubungi kamu, sikapnya mulai berubah jadi acuh tak acuh, atau hubungannya mulai meredup. Daripada kamu emosi dan marah tiada arah, ada baiknya kamu tanyakan langsung terlebih dahulu kepada pacarmu, “apakah ada alasan yang tepat kenapa pacarmu berubah”.

Baca Juga:  Tips Jitu Mendekati Orang Yang Kamu Sukai Tanpa Sakit Hati

Apakah ada kegiatannya yang membutuhkan prioritas atau perhatian paling utama, misalnya ada ujian, tugas kantor keluar kota, dikejar deadline, dirinya saat itu lagi sakit, atau ada keluarganya lagi sakit. Dari sini kamu bisa menilai dan menentukan dengan intuisi dari segala macam informasi yang kamu terima dan dapatkan tentang kebenarannya adalah salah satu cara menghadapi pacar yang mulai menjauh daripada kamu berasumsi tidak jelas.

Setelah kamu melakukan komunikasi langsung dan mengumpulkan semua macam informasi, ternyata pacar mulai mencari alasan tidak masuk akal (aneh-aneh) dan lebih memikirkan dirinya sendiri. Misalnya, tidak mau lagi memikirkan hubungannya ke depan, tidak mau lagi bersama orang yang dicintainya itu pertanda kamu harus mengambil sikap yang tegas terhadap pacar, yaitu mengevaluasi lagi hubungannya.

Tanda-tanda pacar sebetulnya ingin minta putus dan tidak tertarik lagi dengan kamu. Perilaku yang sering dijumpai adalah pacar mulai malas berkomunikasi, mulai menjauh, tidak lagi peduli dengan hidupmu, mulai menjaga jarak, tidak tertarik lagi untuk menghabiskan waktu bersama dengan kamu, kamu bukan lagi prioritas dalam hidupnya, moodnya sulit ditebak dan sering memberikan alasan yang berubah-ubah.

Baca Juga:  Ini Caranya Agar Kamu Tidak Depresi Saat Mantan Nikah Duluan

Kesimpulan bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh:

Komunikasikan dulu kepada pacar atas perubahan sikapnya. Namun, jika hubungannya yang terjadi malah sebaliknya. Kamu harus berani mengambil sikap yang tegas dengan menanyakan arah hubungannya kepada pacar, apakah berlanjut ataukah putus. Sikap tersebut diambil untuk menegaskan kepada pacar, bahwa perasaan kamu bukanlah permainan yang seenaknya bisa di-reset ataupun di-restart.

Kamu boleh mencintai seseorang tetapi jangan melupakan untuk mencintai diri sendiri daripada menjalin hubungan yang sia-sia belaka hanya buang-buang waktu, usia, pikiran dan tenaga dengan seseorang yang tidak menginginkan kamu. Jadi, jika pacarmu mulai mencari-cari alasan. Maka, lebih baik kamu tinggalkan saja.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh. Bagikan artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?

Yuk berbagi di media sosialnya.


Terhubung dengan komunitas cinta kami.
* Facebook Komunitas Kisah Cinta Sejati
* Instagram @kcs.portal
*** Sobat galau masalah cinta bisa curhat via kisahcintasejatiportal@gmail.com
TANGGAPANNYA UNTUK ARTIKEL INI?

167 Replies to “Bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh dengan tepat”

  1. Min gw punya pacar,tapi akhir2 ini dia berubah bnget..suka bls chat lama sibuk sendiri pokoknya dan klu di tanya suka ngasih alesan aneh2..tp dia ttp msh peduli,dk khawatir pada saya..
    Apa yg yerjdi sm dia ya min

    1. pacarnya bosan, jadi lebih baik komunikasikan lagi dan bikin hubungannya lebih harmonis

  2. BeutikAri berkata:

    Saya menjalin hubungan sama pacar saya emang bru berjalan sekitar 7bulanan awal,y baik” ajahh sering sekali ngeluangin waktuya buat saya komunakasi lancar tapi gak tau knpa akhir* ini pacar saya sering bangeet kalo di tlpn itu sedang menerima panggilan lain jangan untuk ketemu komunikasi ajah sekarang,mh minim bangeet sekali,y bales simple udah kaya gak respect lagii sama aku.terus aku tanya knpa kmi ko jadi berubahh dengan alesan kerjaaan tapi terkadang ngasih alesan,y itu tidak meyakinkan gitu..banyak bertele tele aku coba sabar masih jah ttep kaya gitu
    Baik,y saya harus kaya gimana untuk mengambil tindakan yang baik??sebenerya aku syang bangeet sama dia itu tapi melihat sikap dia kadang aku,y malah emosi

    1. sayang & cinta tidak cukup untuk menjalani hubungan, tetapi komunikasi dan pengertian dari kedua pihak. kita tidak bisa saling egois ataupun minta selalu diperhatikan (tidak selamanya ada keinginan kita bisa terwujud). jadi, komunikasikan kembali dengan pacarmu. tanyakan kenapa kok berubah? tanyakan hal ini secara langsung (ketemuan) bukan via WA, telp, ataupun media sosial. cari tahu apa yang membuat pacar berubah, apakah ada kehadiran orang ketiga atau pekerjaan yang membuatnya sibuk. maka, cari tahu dengan ketemuan langsung. nanti kamu bisa tahu, apakah pacar sedang berbohong atau tidak. jika pacar tidak mau ketemuan (terkesan menghindar), kami sarankan pikirkan kembali hubungannya, apakah kamu mau meneruskan hubungan yang tidak sehat? Jika hubungan yang sehat, kamu dan ia sama-sama berjuang untuk mencapai gol terakhir (pernikahan). jika pacarmu tidak antusias untuk berjuang bersama-sama, maka langkah yang tepat adalah akhiri hubungannya

      1. BeutikAri berkata:

        Terimaksih banyak…semoga bermanfaat bagii saya

  3. little star berkata:

    hallo min,
    aku mau curhat dan minta pandangannya nih. saat ini aku sdg menjalin hubungan dgn laki2 (duda anak 1) saya sudah bisa berusaha menerima seutuhnya. hubungan kami baru berjalan sebulanan, awalnya semua manis dan indah, namun belakangan ini semua berubah drastis mulai dr minimnya komunikasi, jarang lg kirim random text setiap bbrpa jam cm utk blg iloveu atau imissu. aku udah coba bicarakan dgn dia berharap dia kembali normal seperti sblmnya dia pun menerima protes aku dan menyadari akan perubahan di dirinya dan meminta maaf, dgn alasan sdg byk pikiran dan kerjaan sdg padat2nya, yg saya tahu sesibuk sibuknya dia, dia msh bisa bersikap hangat ke aku dgn selalu bertukar kabar walau sekedar tanya sdg apa. aku harus gmna lagi min? dan yg paling mengganggu adalah perasaan yg jadi acak2an di hati ini galau luar biasa.
    thanks min

    1. apakah little star sudah mengetahui secara pasti, apakah orang itu memang berstatus duda ataukah masih punya istri hanya saja bilangnya duda? kalau sudah tidak ada komunikasi ataupun menjauh, dikhawatirkan little star hanya dijadikan selingannya saja atau pelarian atas masalah yang ia hadapi. kalau laki-lakinya sudah bosan, ia akan pergi gitu saja

  4. Permisi Min saya mau tanya ni tapi sebelum nya curhat dikit gapapa ya kan

    saya punya pacar (cewe) seminggu emang belon ketemu ,dikarenakan bentrok dengan hari hari kerja ,seketika saya mau ketemu saya pulang kerja malem dia udeh larut tidur , dan seketika lamaan dia berubah 100% marah marah melulu katanya si lagi mumed dan pengen nenangin diri , tapi status disosmed diganti foto foto diapusin , dan pertanyaan saya apakah yang dipikirin cewe saya dan apakah dia bosen ??

    1. kalau dari ceritanya sobat, cewek itu bosan karena kurang perhatian dari sobat. pertanyaannya, apakah cewek itu sudah tahu posisinya sobat sudah bekerja? kalau cewek itu paham dengan pekerjaan sobat, ia akan mengerti kondisinya sobat. sayangnya ceweknya tidak mengerti kondisinya sobat yang sukanya marah-marah melulu

  5. Hesti simbolon berkata:

    Min saya mau tanya kenapa pacar saya gak ada kabar apa karna dia udah ada pengantiku terus waktu kami jumpa hari itu dia bilang sma saya kalau saya udah berubah terus saya tanya berubah kenapa tapi dia gk mau bilang. Saya harus gimana

    1. cowoknya tidak ada kabar bisa jadi, dia lagi bosan atau punya cewek lain daripada muncul penafsiran yang aneh-aneh, ada baiknya sista mengobrol dengan cowoknya, pilih waktu dan hari yang tidak menganggu aktivitas dua-duanya

  6. aulia agustin berkata:

    Min , saya binggung sma pacar saya min… Dia akhir” ini berubah jdi cuek , dan tdk perhatian lagi… Ada yg blang klo cwo kita berubah cuek ada orang ke3 , tpi klo memang benar knapa fto kita ber2 msih ada disosmednya min.. Dia lebih jarang ngabarin min , bles seadanya dan singkat.. Saya harus gmana min ? Tolong dibantu min solusinya , makasih min ..

    1. ada baiknya sista ajak cowoknya ketemuan empat mata untuk membicarakan masalah ini, tentukan tempat dan waktu yang tidak menganggu aktivitas sista maupun cowoknya, misalnya sabtu atau minggu, atau hari kosong

  7. Hallo min saya dengan pacar saya sudah 1 tahun pacaran, terus kita mau nikah karena sudah terlanjur hamil duluan. Semenjak saya hamil, dia berubah total. Dia jarang kasih kabar. Gak perduli lagi. Gak pernah chat saya duluan. Kadang ngeluarkan kata2 yang gak sepantasnya diucapkan membanding2kan saya dengan mantan nya. Kata nya dia saya menjebak dia. Karna saya dia gak jadi tunangan sama mantan nya. Sekarang saya bingung harus berbuat apa. Tolong saran nya min
    Terimakasih

    1. cowoknya bisa dikatakan tidak mau bertanggung jawab perbuatannya, terlihat dari sikapnya yang menyalahkan sista. sista harus tegas dengan cowoknya untuk bertanggung jawab atas perbuatannya, disarankan segera menikah dan tagih semua janji-janjinya dulu saat cowok itu mengajak sista “gituan” karena sista dan cowok itu dalam keadaan sadar saat “gituan”, untuk owok itu ada itikad tidak baik, sista bisa melaporkan ke polisi bagian unit PPA

  8. David putra berkata:

    Kenapa ea akhir akhir ini pacar saya berubah bangat dan sering bo.ong

    1. berubah dan bohongnya seperti apa sobat david? mohon dijelaskan agar kami bisa mudah dalam menganalisis

  9. Budi muhammad ilham berkata:

    Min saya sudah tanya sama pacar saya kenapa dia berubah, apa karna ada yang lain atau gimana, namun dia menjawab, kata nya dia hanya menjaga jarak, dan bukan karna ada orang lain di hubungan ini, lalu berjarak 3 hari dia berkata kalau saya terlalu baik buat dia, hubungan kami hubungan jarak jauh min, apa yg harus saya lakukan min, tolong penjelasan nya min

    1. cewek mengatakan “kamu terlalu baik untuk saya”, banyak maksudnya sobat, mulai dari sudah bosan, sudah ada orang lain yang mengisi hatinya, mau PDKT dengan orang lain tetapi bukan dengan jalan selingkuh, sudah tidak menarik lagi di matanya, atau malas mencari alasan lain. dengan kata lain, cewek itu tidak mau kasih jawaban yang menyakitkan, lebih baik kasih jawaban yang aman saja.

  10. Min bagaimana jika pacar mulai berubah,sudah ketahuan suka chat perempuan lain, tapi ketika saya minta putus dia nya gak mau putus ? Knp ya min ? Jadi saya harus apa ?

    1. sista tanyakan kepada cowoknya kenapa kok berubah dan harus tegas tidak suka kalau chat dengan perempuan lain. jika frekuensi komunikasi dengan perempuan lain sudah sangat sering, tanyakan pada cowoknya maunya apa, serius atau tidak jalani hubungan bersama sista. kalau tidak ada itikad baik dari cowoknya (masih suka chat dengan perempuan lain), kami sarankan pikirkan ulang lagi hubungannya

      1. Min, aku pacaran sama seorang cowo bru sebulan yg lalu kita jalani hubungan, tp dipertengahan aku dan dia bertengkar gara2 masalah sepele doang, kita smpt putus tp balikan lg, nah setelah bbrp hari kami jadian lagi,tp pas balikan itu dia intense komunikasi sm aku tp pas sekitar 2 or 3 hari stlah itu kami bertengkar lg dan putus, krn dia nya suka emosi bgt dan suka mukul, tp alhamdullilah dia gak prn mukul aku, emg sih anaknyaa agak temperamen gtu, nah stlah kami bertengkar itu gara2 masalah sepele lg sih dia yg suka cepat kesinggung akhirnya kami bertengkar dan tdk bertegur sapa slma seminggu lebih, nah bbrp wkt lalu aku smpt ktmu sm dia dan mulai komunikasikan hubungan aku sama dia, cuman dianyaa sprt gak ada respon lg sama aku, tp aku ttp berusaha buat pertahanin hubungan aku sm dia krn aku uda mulai syg bgt sama dia,stlah bbrp hari pertemuan itu dia uda gak prn hubungi aku lagi atopun ngasih kabar sama sekali sprti menghindar gtu, aku ngga tahu msti gmn min? Soalnya aku uda sayang bget sama dia apa aku cuma jadi pelarian doang
        Minta saran dong min aku hrs gmn?

        1. Setiap kali ada masalah sepele selalu saja bertengkar dan minta putus, lalu dia-diam sampai beberapa hari begitu seterus berulang-ulang. Apa tidak capek selalu menjalani hubungan seperti itu, apalagi ini baru di awal hubungan sudah tidak sehat. Kalau diteruskan bukan kebahagiaan, tetapi penderitaan lahir batin. Jadi, sebaiknya tidak usah memikirkan cowok itu lagi, hanya buang-buang waktu, pikiran, & usia. (orangnya emosi banget dan suka mukul ada kecenderungan suka melakukan kekerasan ketika tidak dituruti keinginannya)

  11. Saya pnya pacar min, dan saat ini saya sedang mengalami kehilangan kebiasaan yg seperti biasanya, contohnya hilang kabar dari doi, doi seperti mulai tak peduli, mulai, dan seperri sudah tidak semangat utk bersama saya lagi, tetapi ketika di tny diaselalu jawab aman semua aman, ketika saya meminta utk jujur jika dia bosan dan dia juga mengatakan tidak bosan , tetapi knp sikap dia berubah, sperti tidak menginginkan saya lagi, dan saya harus gimana ? Saya tkt salah langkah min,

    1. sebaiknya sista veni hilangkan semua perasaan tidak nyaman tetap berpikir positif, ajak pacarnya ngomong blak-blakan mengenai masalah yang dialami oleh sista, disarankan ketemuan secara empat mata dan pilih waktu yang tepat untuk mengobrol

  12. juliana berkata:

    Hi..sia.saya pacaran sudh 5 tahun.tp slu LDR dlm stahun bisa skli atau 2 kli ketemu.dia jnji kan serius dn g kan klain hati jk masi ad hbgan.dn smpai skrng q slu percya itu.kami ud mulai mmbcarakan prnikahn.tp slu ad aj maslah.klu bukan di kluarga dia kadang kluarga q.jd dana yg kmi kmumpulkan sam2 terpakai..mulai dri awal lg.lama kelamaan dia jenuh q pun jg kok g ad kepastian.tp q slu ykin dia kan berusaha.dan ke tahun ke 5.kami ad problem mmbuat dia sdikit kurang prcya.krn uang tabungan kami.q pakai untuk menyelesaikan maslah adk q.memng sih q g ad blang.tp krn q kerj q kan mnggantinya tp sblm bs trganti dia minta uangnya krn ad kebutuhan mendadak.di situ bru ketahuan sebagian duitnya q pakai.dia marah2 langsung memaki q.berkata yg g pantas di ucapkan untuk calonnya.tp q ud minta maaf.q ganti uangnya jk dapet bonus lebaran tp dia g mau tau..memng sfat dia egois.mudah marah suka berkata kasar tp lama2 terbiasa q dgarnya.tp semenjak kejadian itu dia berubah total.g komunikasi g peduli ud cuek marah2 trus.pdhal uangnya ud q ganti..
    Je bgaiamana min q mnyikapinya

    1. sista harus minta maaf secara sungguh-sungguh dan sangat menyesal. kami memaklumi cowoknya sista marah besar karena kepercayaan yang dia berikan kepada sista sudah dilanggar oleh sista. apa pun masalah yang terjadi, jangan pernah memakai sedikitpun uang tabungan bersama. apalagi menggunakannya tanpa izin dikhawatirkan bisa terjadi penafsiran yang keliru (anggapan yang berbeda). kami sarankan sista sebelum ada ikatan pernikahan yang sah, hindari dulu untuk membuka tabungan bersama karena jika terjadi sesuatu di tengah jalan, misalnya kasus yang sista alami saat ini atau putus di tengah jalan akan kesulitan dalam membagi tabungan bersama itu

  13. Rakha berkata:

    Sedikit berbagi cerita ..dulu saya mulai pacaran sama si dia semenjak SMA awal kenal sama si dia lewat media sosial,wktu itu hubungan kita emang gak berjalan baik sering bertengkar masalah sepele yg ujung”nya berujung putus.Udah pacaran lama juga gak pernah ketemu karena emang jarak yg memisahkan.jd dia sudah kuliah saya masih SMA posisinya wktu itu,tp kita sama”kelahiran tahun 1993.sewktu ada liburan kelulusan SMA saya memutuskan untuk pergi buat nemuin dia untuk pertama kalinya,setelah ketemu terus jalanin hubungan lg sama dia, sering bertengkar masalah sepele seperti jarang balas chat lama ttp masih menjadi masalah utama dalam hubungan kami,dan lg”berujung kata”putus..sempat hilang kontak selama kurang lebih 1 tahun, ahirnya saya berinisiatif buat cari nmr kontak dia lg..setelah lama chatting karena saya merasa nyaman sama dia saya memutuskan untuk bertemu dengan dia yg posisinya sedang kuliah di surabaya dan saya di malang.tepatnya 25 desember 2014 hubungan kita kembali lg sampai sekrang 3 july 2017 tepatnya sudah 2 tahun 6 bulan 8 hari.dan selama 2 tahun 6 kita jalanin hubingan bersama ttp si dia yang mendominasi chatting saya hanya membalas chatting yg dia kirimkan.bukan berarti saya gak pernah chat duluan tp karena saya emang suka mencuri perhatian dia..dan itu semua mulai saya rasain berubh setelah 2 minggu terahir ..dia mulai jarang chat saya duluan,jarang ngajakin ketemuan kalau gak saya duluan yang ngajakin,dan saya mulai berfikir apa semua ini karma atas semua yg pernah saya lakuin 2 tahun lebih selama ini,?dan saya harus bagaimana menyikapi perubhan sikapnya?minta sarannya 🙂

    1. rakha perbaiki lagi komunikasinya, apalagi hubungannya LDR karena faktor komunikasi berperan penting. carilah juga penyebab kenapa selalu bertengkar karena masalah sepele dan perbaiki masalah itu dulu. ada kalanya rakha juga memberikan perhatian kepadanya, salah satunya rakha bisa chatting duluan kepada dirinya bukan menunggu dia chatting duluan. sebaiknya rakha tanyakan saja kenapa 2 minggu ini si dia berubah. apakah ada tugas kuliah, masalah keluarga, atau sudah bosan dengan hubungannya. kuncinya komunikasi.

  14. Shinta krisnawati berkata:

    Sis sya 2 thun 1 bulan pcrn selama 1 bulan ini dia berubah total sama saya cuwek tp klo d ajak ketemu mau,d tanya mash cinta ktanya cinta tp jujur dia tidak lgi merasa nyaman krna sikap q slma 2 thun yg egois tiap hri harus telvonan,tidak mau ngalah tidak mengerti keadaan dia..jujur nyesel udh nyia”in si dia yg rela ngelakuin apapun demi saya
    Sekrg saya sakit hati terus karna dia cuwe terus saya hrus gimna sis?

    1. sista sakit hati atas sikapnya yang cuek, coba pikirkan bagaimana perasaannya dulu yang disakiti selama 2 tahun oleh sikap sista yang egois. ada baiknya sista minta maaf kepada cowoknya dan berjanji tidak mengulangi sikap yang konyol itu, sista harus bisa menunjukkan bukti kepada cowoknya, bahwa sista sudah berubah tidak egois lagi, pengertian, dan mau mengalah.

  15. Halo min mohon dijawab yaa
    saya pacaran udah 10 bulan, pacar saya (cowok) memang bisa dikatakan belum dewasa dan sangat egois. Pada 4 bulan pertama dia sangat mempercayai saya, mendengarkan katakata saya dan selalu saya ajak untuk berkembang menjadi lebih baik lagi
    tapi 6 bulan terakhir dia langsung berubah total, dia bilang karena saya terlalu sulit untuk dipahami, dulu saya menghimbau kepada pacar saya agar jangan terlalu cemburuan, lalu dia berubah jadi 100% tidak peduli pada saya dan beranggapan “nggak cemburu=nggak peduli”. Saya dulu juga pernah bilang jangan terlalu menghubungi saya tiap detik, saya harus kuliah dll, lalu dia berubah jadi tidak pernah menghubungi saya, saya telpon berkali2 selalu direject walaupun keadaan genting, saya minta ketemu dia banyak alasan, saya minta dia ke rumah tidak mau, saya minta bicara 4 mata dia selalu menghindar dan selalu memilih berbicara di chat yang 100% menimbulkan masalah baru.
    6 bulan terakhir saya sudah sabar dan berusaha memahami, namun ia semakin menjadi2, katakatanya kasar, tidak peduli, tidak mempriorotaskan saya dll. Seakan2 hanya saya saja yang berjuang dan dia lelah berjuang
    apa yang harus saya lakukan bila dia sudah tidak mau mendengarkan saya samasekali seperti ini? Apakah pilihan saya untuk putus itu tepat? Karena sudah 6 bulan saya berjuang dan bersabar. Terimakasih min mohon bantuannya

    1. ada baiknya sista lani minta maaf dan komunikasikan dua arah, bertatapan langsung dan hindari lewat media chat. untuk menanyakan kenapa kok berubah pada cowoknya, kemungkinan ada sikapnya sista yang membuatnya jadi kesal, kelihatannya ada kata-katanya sista pernah mengatakan “jangan terlalu cemburuan” karena dalam benaknya tidak cemburu = tidak peduli. jika sista sudah melakukan segala upaya dalam 1 bulan memperbaiki hubungannya tetapi cowok itu tidak ada respon, bahkan kelakuannya makin jadi. lebih baik sista memikirkan kembali hubungannya.

  16. Min, saya ada masalah dengan pacar saya, dia bersikap berubah terhadap saya. Acuh tak acuh, pesan dibalas singkat, tdk lagi mengucapkan selamat pagi, good night, dan bla bla bla nya. Saya ajak komunikasi kenapa dia berubah, tp dia tdk mau mengatakan yg sebenarnya terjadi. Memang dia sedang ada masalah pertemanan yg sangat berat. Jadi seakan-akan saya kena imbas nya. Apa yg hrs saya lakukan skrg? saya nasehati dan mengajak untuk terbuka/jujur, dia malah mengancam untuk pergi dari saya.

    1. ceweknya sobat bisa dikatakan masih labil orangnya, masih egois memikirkan dirinya sendiri. kurang bisa mengontrol emosi dalam dirinya atau tidak mampu menghadapi konflik. sobat biarkan saja ceweknya sampai tenang dulu pikirannya, baru sobat bisa membicarakannya. tapi sobat, bukankah menjalin hubungan dibutuhkan keterbukaan dan kejujurann. jika salah satunya tidak mau terbuka dan jujur, bagaimana mungkin hubungan akan berjalan selaras dan seirama. jika sobat mencari hubungan jangka panjang. pikirkan juga matang-matang. masalah seperti ini saja ceweknya tidak mau berbagi kepada sobat, bahkan mengancam sobat. lalu, ketika menghadapi masalah yang lebih komplek. sobat bisa bayangkan sendiri seperti apa sikapnya

  17. Anon berkata:

    Gue punya pacar.
    Dia ilang 4 hari ga ada kabar apa apa sama gue, pas gue cari tau.
    Ternyata dia suka on di social media, tp satu chat pun ga ada yang di bales.
    Dan alesan dia tuh aneh gitu setiap gue tanyain. Gajelas bgt pokok nya
    Padahal baru 1 minggu pacaran.
    Wajar ga kalo gue bilang putus?

    1. wajar, si dia tidak ada kejelasan karena sudah hilang selama 4 hari tanpa kabar tapi kok suka on di sosmed

  18. chaca berkata:

    Haii admin…kasih aku solusi donk,aku pacaran udah 2 tahun 6 bulan. 3 minggu belakangan pacar aku tiba2 bilang perasaannya udah mulai berkurang.padahal setiap ketemu aku, sikap dy selalu hangat seperti biasa. Sekarang dy tidak mau lagi angkat tlfn, kalaupun aku chat blsnya kdg lama,kadang jg g’ d bls.diajak ketemu jg byk alasannya, sebelumnya kita g’ da mslh

    1. penyebabnya bisa beragam sista, contohnya si dia lagi ada masalah, ada kelakuan sista yang membuatnya jadi iflil, atau si dia bosan dengan hubungannya (monoton menjalani hubungan yang gitu-gitu aja). ada baiknya sista tanyakan kembali kepada si dia, kenapa 3 minggu terakhir ini sikap berubah. jika si dia tidak ada respon atau tidak ada iktikad baik selama sebulan, ada baiknya sista memikirkan kembali hubungannya

  19. radeka berkata:

    Min misalkan wanita saat pdkt dia tiba”menjauh itu gimana yaa ? Dan disetiap gue bbm dia selalu balesnya singkat kata kadang suka bales dengan ketawa saja min . Atau kah ilfiel sama gue ataukan dia cuma ngetes gue aja sebagaimana gue sayang sama dia ?
    Tolong dibalas ya min terimakasih

    1. banyak sekali bro radeka kemungkinannya, sudah berapa lama PDKT-nya? cewek itu menjauhnya seperti apa? kalau cewek menjauh tanda-tanda paling umum, seperti balasnya lama bisa sampai 3 tiga hari lebih atau tidak membalas sama sekali, respon balasannya dengan kata-kata yang singkat, dan malas untuk diajak keluar. untuk melihatnya bro radeka, perhatikan dalam 1-2 bulan ini, apakah responnya cewek itu kepada bro radeka semakin meningkat atau malah menurun

  20. Dina Arum berkata:

    Jadi gini min, sekarang aku lagi ada masalah sm cowo aku, dia sekarang mulai berubah banget min, aku ngerti emang aku tuh orangnya crewet dari dulu, trus sekarang dia sering banget marah2 ke aku min, dia selalu bilang kalo kesabarannya dah hbis, dia sering ngmong kasar ke aku min, aku udah minta maaf segala macem tapi dia masih marah gitu ke aku min, sekarang aku harus gmn? Putus atau lanjut? Aku sayang bgt sm dia min tapi aku juga udah sakit hati bgt min? sedangkan kita pacaran udh 2 tahun. Plis kasih solusi

    1. sikapnya berubah sudah berapa lama seperti itu? komunikasikan sista secara baik-baik dulu, pilih momen yang tepat untuk berkomunikasi seperti suasana lagi nyantai. tanyakan mengapa sikapnya berubah? apa ada tingkah laku/omongan sista yang membuatnya kesal. tanyakan juga, apa yang membuatnya kesabarannya sudah habis. saat komunikasi sista, dengarkan sampai selesai dan jangan potong pembicaraannya. usahakan komunikasi 4 mata (ketemuan), jangan lewat telepon/chatting. jika komunikasi sudah sista lakukan berkali-kali, tetapi tidak ada iktikad baik dari dia. lebih baik sista memilih untuk mundur daripada sakit hati berkali-kali

  21. Utariduwi berkata:

    Kak saya mau nanya saya punya pacar cuek bgt dulu waktu pdkt kalo gak dihubungin sejam aja udh nyari kesemua sosmed, semenjak udah pacaran dia cuek bgt, dia tahan gak ngehubungin sampe berhari hari giliran saya nuntut dia kurang perhatiin ke saya dia malah marah dan bilang saya anak kecil, dan itu berangsur sampe skrg udah setahun, kita udah sering putus nyambung karna saya msh sayang bgt sama dia , skrg saya gak prnh nuntut, dia gak prnh blg putusin saya, makanya itu saya msh bertahan, saya harus bagaimana kak

    1. cowoknya bukan tipe cowok cuek tetapi cowok yang tidak bisa menghargai ceweknya, kalau sista cari keseriusan hubungannya tidak akan ada di cowok ini karena hubungannya sering putus nyambung itu artinya hubungannya sudah tidak sehat lagi, kalau masih dipertahankan malah yang ada sista sering sakit hati, apalagi cowok itu tidak memiliki pikiran terbuka (masih egois) karena tidak bisa menerima kritikan “ketika sista bilang kurang perhatian, cowok itu malah balik marah-marah dan menuduh sista kayak anak kecil”. apa yang dirasakan oleh sista itu bukan perasaan sayang tetapi takut kehilangan dirinya, kalau sista mau melihatnya dengan pikiran terbuka bahwa pacarnya bukan cowok baik-baik terbukti sista sudah mulai bimbang/muncul keraguan terhadap dirinya. wake up sista jangan mau dibodohi terus, baca juga kelakuan cowok yang sering bikin makan ati

  22. Hai min saya mau tanya,saya pacaran sudah 3tahun,awalnya pacaran saya baik2 aja selama 2tahun lebih,,,namun Akhir2 ini cewe saya lebih cuek banget,setelah saya telusuri ternyata dia sedang dekat sama bos nya,awalnya saya tau dr temen nya,setelah saya desak tanya sama cewe saya akhirnya dia ngaku juga…alasannya dia ingin manfaatkan bos nya,hancur banget rasanya,gak nyangka dia yg selama ini saya pandang baik banget malah begitu,dan parahnya dia dekat sdh 2 bulan yg lalu..

    Dia juga minta maaf sama saya atas kelakuan dia yg begitu,dan sempat saya ambil keputusan buat ninggalin dia,tapi dia nya ga mau saya putusin,
    namun sampai saat ini dia masih tetep komunikasi,bahkan jalan bareng,,,

    Sekarang sikaf saya mesti gimana min? Apa saya bertahan atau putus…
    Jujur saya sayang banget sama dia

    1. alasan ceweknya hanya sekedar memanfaatkan bosnya bisa dikatakan alasan yang “klasik”, sobat harus bersikap tegas kepada ceweknya, pilih bosnya atau sobat. kami sarankan sobat minta putus saja karena ceweknya sudah mempermainkan perasaannya sobat dan komitmen hubungannya (pacaran 3 tahun). jika seorang cewek dekat dengan seorang cowok itu perasaannya sedang bermain terlihat dari sikapnya yang cuek kepada sobat dan diam-diam sudah dekat dengan bosnya. alasan ceweknya tidak mau diputusin sama sobat karena sobat dijadikan cadangannya jika bosnya tidak sesuai harapannya, ceweknya balik lagi ke sobat tapi kalau ternyata bosnya sesuai dengan harapannya, sobat ditinggal pergi sama ceweknya

  23. naomy aulia putry berkata:

    Kk naomy udah mencintai dia apa ada nya naomy sudah trlanjur sayang ma dia and dia skrg brbh sikap gara gara istri sudah hamil and aku bingung hrus berbuat app and harus berbuat ngapain

    1. sista harus melupakannya karena apa pun itu sista yang dirugikan karena hubungan yang dijalani bersama sista itu hanya sebatas bersenang-senang bukan untuk serius. cowok itu akan tetap memilih istrinya dibandingkan sista apalagi sekarang istrinya sedang hamil. sista jangan menjadi cewek perebut dan perusak hubungan orang lain karena sista juga tidak suka kalau hubungan cintanya dirusak oleh orang lain.

  24. naomy aulia putry berkata:

    Hay gays, saya naomy saya pcaran ma pacar saya sudah 2 bulan tapi skrg nh dia udah berubah sikap ea gak ragil aku kenal dulu skrg mh sms pun jarang low gk di duluan ma aku mah di tlpn kadang di angkt kadang gak aku harus bagai mana nh untuk menghadapi dia aku akui dia sudah pnya istri semenjak istri yua hamil dia benr bner berubah sikap nya

    1. wajarlah sista si dia akan memilih istrinya sedang hamil dibandingkan sista, cowok yang sudah memiliki seorang istri ketika menjalin hubungan dengan cewek lain itu hanya sebatas untuk senang-senang untuk melupakan masalahnya. setelah masalahnya selesai pasti akan kembali lagi ke istrinya dan sista ditinggalin

  25. Hai admin .saya mau share juga . saya sudah pacaran 5th 3bulan ini ,, kita saling menyayangi tapi kita saling egois juga , ortu kita juga sdah saling silahturahmi. kita LDR udah 1th 3bulan ini , hubungan kita tetap bagus , komunikasi kita lancar , sering vcall an tiap kali dia melakukan sesuatu , tp kita slalu dg keegoisan kita masing2 ,tiap kita berantem dia minta putus tp besoknya dia minta balikan lgi ,, stiap kali aku pergi dia selalu melarang , ya begitupun aku . aku slalu melarang dia pergi tiap hari minggu karna aku takut ditaiwan banyak banget cewe nakal , pernah waktu itu aku diramal dan ramalan itu menyatakan kalo dia sering jalan sama cwe , dia bukan jodoh aku jg . bagaimana apa harus percaya dg ramalan itu ? dan akhir2 ini kita berantem , aku kita ga komunikasian udah 3hari ini , dia nyuruh aku diam jangan hubungin dia dulu tp dia slalu komen2an sama temennya di fb , apa dia selingkuh dari aku ? dan bagaimana aku menyikapinya ??

    1. hubungan sudah 5 tahun 3 bulan bukanlah waktu yang sedikit bisa dikatakan sista dan cowoknya sudah mengenal satu sama lainnya, apakah itu kelebihan maupun kekurangannya. disarankan sista bisa meminta maaf duluan dan ajak cowoknya komunikasikan kembali untuk menyelesaikan masalahnya, berantemnya masalah apa? apa masalah ramalan atau sebab lain. bila berantemnya disebabkan masalah ramalan, sikap yang bisa sista ambil tidak perlu percaya begitu saja anggaplah angin lalu tidak perlu diambil pusing yang penting sista tetap jalani dengan kebaikan dan hindari keburukan, nanti Tuhan akan melindungi dan memberikan jalan terbaik buat sista. untuk kebaikan hubungannya ke depan agar tidak saling egois secara berlebihan, sista dan cowoknya belajar mengelola emosi dan ego dalam dirinya, tingkatkan komunikasi dua arah secara jujur dan terbuka satu sama lainnya agar rasa percaya tetap terjaga, apalagi hubungannya LDR.

  26. Panda06 berkata:

    Saya pacaran sdh 3 Tahun 4 Bulan , Tetapi ga semulus itu pacaran saya putus nyambung terus ..
    Pacar saya orangnya emosian banget , dan saya sendiri pun hampir cape ngadepin emosinya dia.
    Dia sangat sayang sama saya , tetapi caranya dia salah dia sayang tetapi dia buat diri sendiri ga tenang , dalam artian contoh seperti saya nongkrong dengan teman-temannya setiap saya ngomong salah kata sedikit aja dia marah dan bisa bertengkar sampai seminggu bahkan lebih , karena dia ga pengen sikap saya didepan temen temennya itu bikin malu dia ,..
    Dan dia dulu kerja sekarang dia di pecat karena jarang masuk yang disebabkan karena waktu itu sempet berantem dan putus . Saya bingung harus ngadapi sifat cowok saya seperti apa??
    Tolong kasih saran ya min 🙂 Thanks.

    1. cowoknya sista bisa dikatakan orangnya labil tidak bisa mengelola emosi dalam dirinya, perilaku cowoknya kepada sista bisa dikategorikan kekerasan dalam pacaran (verbal dan psikis), [baca juga hanya orang yang bodoh mau mempertahankan pacar kasar]. hubungan yang sista jalani saat ini bisa dikatakan sudah tidak sehat lagi; pertama putus nyambung, kedua sering berantem bisa sampai seminggu bahkan lebih, dan ketiga si dia memiliki luapan emosi yang meledak-ledak. sista bisa mengambil tindakan tegas dengan mengatakan kepada cowoknya secara jujur dan terbuka, bahwa sista tidak suka dengan perilakunya yang emosional dan minta cowok itu untuk mengubahnya, apabila tiap waktunya semakin parah atau tidak ada perubahan sama sekali, ada baiknya sista lupakan saja cowok itu daripada sakit hati di kemudian hari, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

  27. nova wulansari berkata:

    saya sering diabaikan pacar saya? entahlah saya tidak tahu kenapa. dia jarang ada waktu buat saya sejak pertama jadian, saya kenal sudah 6 bulan berjalan. tapi terkadang saya tidak tahan dengan sikapnya yang seenaknya saja, saya ingin pergi tapi tidak bisa karena saya begitu mencintainya. tapi entahlah apa dia juga mencintai saja? kalo saya tidak ada dia nyariin saya, kalo saya ada saya diabaikan. ketika saya ajak ketemu dia sering alasan. kenapa begitu banyak problem dalam hubungan saya? saya sudah perjuang bertahan bersabar tapi sampai sekarang masih tidak ada hasil?

    1. sista nova apakah cowoknya memang mengajak jadian dari awal untuk menjadi sepasang kekasih atau hanya sebatas teman tapi mesra karena dari awal jadian sista sering diabaikan, sista memang mencintainya tapi apa si dia juga mencintai sista. coba perhatikan dari awal jadian sudah diabaikan dan sikapnya yang seenaknya sendiri itu artinya si dia tidak mencintai sista tapi hanya mempermainkan perasaannya sista, dan hubungan 6 bulan yang sista jalani bahwa hubungannya sudah tidak sehat, saran kami putus saja daripada menjalani hubungan yang makan ati dan selama 6 bulan sista sudah menghabiskan banyak waktu, usia, tenaga dan pikiran untuk orang yang tidak memprioritaskan sista dalam hidupnya, oh iya sista jangan cinta buta tapi gunakan juga logikanya agar tidak ketipu

  28. fhaatun berkata:

    Saya sudh pcrn slama 8 bln, smnjak dia pulkam k kmpung hlamnnya dan jaln br2 sma mntannya,sikaf dia berubh udh gak sms dluan,klw ktmu ska main hp,ap lg hpnya skrang pke pola, biasanya klw ktmu suka brdkatn dan sring becanda ketwa breng..tpi skrang dia udb beda gk kya gtu lg skrang lbih cuek… Gmna craya spya dia sprti dl lagi dan ap yg hrus sya lkukn?

    1. fhaatun katakan sejujurnya apa yang dirasakan untuk disampaikan kepada pacarnya, kenapa kok berubah setelah pulang kampung sampaikan semuanya (sikapnya, suka main hp, cuek, dll) jangan fhaatun simpan sendiri kalau tidak dikatakan maka pacarnya tidak akan tahu apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh fhaatun, kuncinya komunikasikan dan lihat bagaimana responnya

  29. Artikelnya Bagus sekali kak. Oiya, boleh minta sarannya?
    Saya punya mantan yg barusan saya putusin 3 hari yang lalu. Saya dan mantan saya sudah pacaran hampir 3,5 th. Sudah hampir 2 tahun kita LDRan.Terakhir pacaran saya ngrasa sikapnya sudah berubah dibanding sebelumnya, sudah jarang kasih kabar, kurang peduli, dan sibuk dengan urusan sendiri padahal waktu itu adalah waktu dimana kita masing2 punya kesempatan buat ketemu. Diajak ketemu pun susah banget. Hampir sebulan dia bersikap kaya gitu. Saya sudah berusaha mengalah, berusaha tetap perhatian, tetap menjaga komunikasi dan mencoba berfikiran positif akan sikapnya. Disisi lain juga tetap bertanya dan mengingatkan. Namun tidak ada hasilnya dan sikapnya seperti itu terus. Dan dia hanya bilang pengen break dulu. Namun, saya berkata enggak karena gak bisa mengalahkan rasa kangen saya yang gak bisa tertahan di kesempatan untuk bertemu waktu itu. Pada akhirnya saya merasa capek dengan sikapnya, dan gak tau harus bagaimana lagi. Inilah alasan saya memutuskan pacar saya walaupun sebenarnya di dalam hati saya berteriak tak ingin. Minta sarannya ya kak, terimakasih.

    1. sama-sama sista dea, senang bisa membantu dan semoga bermanfaat. apa yang sista lakukan sudah benar dan tepat, apalagi hubungannya hampir 3,5 tahun itu bukanlah waktu yang sedikit. selama 3,5 tahun sista dan cowoknya sudah bisa belajar mengenai sikap dan karakternya masing-masing, alasannya “minta break” itu mengada-ada karena kalau cowok sudah jenuh dengan hubungannya dan ingin putus tapi bingung bagaimana caranya biasanya akan melakukan perilaku seperti yang dilakukan oleh mantannya, sekarang yang bisa sista lakukan pelan-pelan belajar untuk melupakan semua kenangan terhadapnya bisa melakukan hobi kesukaan sista, kumpul bareng sahabat atau keluarga, tingkatkan prestasinya, atau dekatkan diri kepada Tuhan adalah cara terampuh untuk melupakannya

  30. arifani berkata:

    sy sudah hampir 1 tahun pacaran dan beberapa bulan terakhir ini pacar sy berubah, seperti ada rasa jenuh dengan sy dan ditambah lagi setelah pacar sy satu kelas dengan mantannya itu dia mulai berubah lagi. kalau ketemu diem²an aja. padahal dulunya dia ga pernah cuek atau begitu. mulai ga mau mengalah. sy salah sedikit selalu marah. dulu dia ga pernah marah sama sekali. tp sekarang dia sperti bukan pacar sy yg sy kenal pertama ketemu dulu. apakah itu tanda bahwa dia sudah mulai jenuh dengan sy?
    apa yg harus sy lakukan?

    1. masa pacaran 1 tahun akan menemui problematika seperti yang sista alami, ada baiknya sista komunikasikan lagi dengan pacarnya dan sampaikan apa yang sista rasakan untuk disampaikan kepada pacarnya, tanyakan juga kepada pacarnya apa yang membuatnya berubah dalam beberapa bulan terakhir. pilihlah waktu yang tepat untuk berbicara dan usahakan ketemuan hindari lewat chat online

  31. noviaa berkata:

    Aku baru pacaran 2 bulan, lalu aku sebelumnya meminta video horor ke dia, dan kata dia temennya (perempuan) memiliki video tsb nah, keesokannya dia jujur sama aku lagi pulangin memori trsbt krmh tmnnya itu dan lebih parah lagi dia numpang tidur di rumah cewe itu sehabis pulang kerja katanya cape bgt, aku bbmin tapi cuma deliv doang sampe sekarang. terakhir dia bilang baru smpe rmh jam 7 malem. Abis itu gada kabar lagi deh, aku sudh berusaha mikir positif tapi perasaan ga enak, solusi dong apa aku harus menanyakan kabarnya atau biarkan dia yg memulai menghubungi? Soalnya baru pertama dia kaya gini

    1. apa hubungannya pacarnya dengan cewek itu? apakah ada hubungan saudara atau sebatas teman saja, cewek itu tinggal bersama orang tuanya atau kos-kosan, soalnya dirinya numpang tidur di rumah cewek, apalagi belum ada ikatan pernikahan. ada baiknya sista yang duluan menanyakan kabarnya dan tanyakan juga apa alasan dirinya numpang tidur di rumah cewek. bila alasan yang diberikan oleh pacarnya ternyata ambigu dan mengganjal di hatinya sista ada baiknya tinggalkan saja dia

  32. Karina Pauline berkata:

    Saya LDR selama 7 bulan. LDr beda negara. saya di Indo dia di Singapura. Pacar saya punya pola moody setiap bulan dan saya sudah beradaptasi. setiap kali mood nya jelek dia diam, tidak mau menghubungi duluan, jika dihubungi duluan malas malasan menjawab, jika tidak dihubungi bertanya “kenapa gak hubungin aku?”. pola ini selalu terjadi setiap bulan dan selalu berakhir baik baik sja ketika mood nya kembali bagus. Dia rajin memberi kabar dan hangat.

    Bulan ini dia kembali ke Indonesia. hanya saja kami masih LDr karena berbeda pulau. dia berjanji akan datang bulab depan. Ketika dia di Indo, pola moody nya kembali. Namun saat ini saya merasa insecure. Entah kenapa? moody nya tidak sama seperti biasa, dia hanya tidak mau menghubungi duluan. Jika saya menghubungi dia membalas namun tidak dua jalur sehingga saya kehabisan bahan pembicaraan. saya coba untuk sama sekali tidak menghbunginya. dan dia diam saja. Saya perhatikan dia memang tidak bersemangat bukan hanya dengan saya, di social media pun dia tidak terlalu cerewet berbalas komen dengan teman2 nya seperti biasa. apa yg harus sya lakukan. jika dia bosan saya akan mundur. sebelum sikapnya berubah dia mengirim gambar dengan tulisan. cowok yg selalu memberi kabar 24 jam adalah cowok pemalas dan tidak punya kerjaan, sedangkan cowok yg kamu oikir sibuk karena jarang memberi kabar sebenarnya sedang sibuk mempersiapkan masa depan kalian. i dont get it. 🙁

    1. masalah LDR sering ditemui masalah sejenis itu sista biasanya disebabkan komunikasi yang kurang lancar, apalagi cowoknya memiliki pola mood yang sering kali berubah-ubah bisa dikatakan cowok itu tidak mampu mengelola konflik di dalam dirinya sendiri, ada baiknya sista bangun komunikasi lagi ke cowoknya dan tanyakan sikapnya yang berubah, baca juga teknik membuat LDR makin seru agar tidak bosan.

  33. saya sudah jalin hubungan hampir 2 tahun. tapi sekrang dia berubah . padahal dulu dia sangat perhatian dengn saya . dia mengajari saya dengan banyak hal . sikapnya dulu manis sekali . pagi siang malm dia mngingtkan saya untuk mkan . kadang dia telfn sya pagi2 hnya untuk mengingtkan saya makan. tapi dengan berjalannya waktu dia mulai berubah
    bahkan sekarang dia tidak mau lagi telfonan sama saya.
    dulu dia cuek jika saya melakukan kesalahn. tapi sekarang tanpa ku salah dia sering cuek
    saat dia marah saya slalu mengalah . tapi pada saat itu dia pernh bhongin saya . jadinya sejak itu saya kadang sering marah sama dia . padahal dulu saya sedikitpun tak pernah marah
    saya pun jika marah hanya berusaha mengingatkan dia agar dia mengerti saya. agar dia seperti yang dulu . dan jikapun saya marah itupun hanya beberapa menit saja . apapun kesalahannya saya berusaha untuk tidak cuek .
    tapi perubahannya kini membuat saya tak tahan. tapi saya gak sanggup untuk putus
    dia yang sering cuek tnpa alasan . dia yang mulai gak menghargai saya . dia mulai acuh . tak perhatian . tak peduli bahkan kini mulai menjauh . padahal saya slalu berusa jadi apa yang dia ingin meski dia sulit mengerti saya.
    saya sering tanya kenpa dia berubah . tapi dia hanya diam dan tak mau mnjawab .
    aku sering meluapkan hatiku . tapi tetap saja kini dia tak perduli lalu apa yang harus saya lakukan
    mohon bantuannya

    1. menjalani hubungan hampir 2 tahun bukanlah waktu yang tidaklah sedikit pasti sista sudah cukup mengenal siapakah cowoknya itu, kenapa cowoknya berubah pasti ada sesuatu bisa masalah personal (keluarga) atau sista pernah tanpa sadar melakukan sesuatu kesalahan yang membuat cowoknya berubah seperti itu, ada baiknya sista ketemuan (4 mata bukan lewat online) dengan cowoknya sambil meminta maaf dan komunikasikan lagi dengan cowoknya apa yang membuatnya berubah.

  34. Larasati putri berkata:

    Minta solusinya dong..
    Saya pacarn sma dia udah ada 1 thn tpi akhir2 ini dia berubah, dia udah ga pernah ngasih kbar ke saya slama dua minggu ini, klo di sms ga prnh di bls, di tlp pun ga diangkat dan misalnya diangkat ga mau ngomong, tapi dia malahan aktif di sosial media, saya ngomong apa pun si dia udah ga peduli sama omongan saya di diemin ajh… Please bantu solusinya dong,,

    1. sista sudah pernah belum berbicara langsung blak-blakan sama pacarnya (ketemuan bukan lewat online), mungkin saja ada masalah yang tanpa sadar sista pernah lakukan atau bisa juga pacarnya lagi bosan sama hubungannya, ada baiknya komunikasikan kembali secara jujur dan terbuka tetapi kalau sikapnya begitu terus tidak ada perubahan, ada baiknya sista lupakan saja si dia karena sikapnya yang tidak mau peduli sama sista menandakan si dia sudah tidak lagi menghargai sista secara utuh

  35. min mau curhat dong, pacarku akhir akhir ini udah berubah sikapnya dingin jadi acuh, padahal aku udah berusaha meluluhkan dia biar dia bisa bersikap seperti dulu, sekarang ngejalanin hubungan adanya berantem, dia kalo ditanya kenapa berubah ga pernah jawab selalu menghindar, diajak ketemu pun juga susah sekarang, kasih saran dong min. makasih

    1. komunikasikan kembali secara jujur dan terbuka, kalau sikapnya masih tetap sama tidak ada perubahan maka tanyakan kembali apa masih mau serius menjalani hubungan ini

  36. maaf min saya pacaran sudah 2 th dan rencana menikah tahun depan.. mau menanyakan kalo cew saya sekarang lebih suka pergi dengan temannya, klo di bbm balas singkat ogah2an, klo ditelp g semangat, klo ketemu cman sebentar itupun lebih suka mantengin sosmednya, suka telponan dengan laki2 lain, trus inisiatif bbm lebih dahulu klo pas ada butuh (g kayak dulu yg sering nanyain kabar). sebelumnya sih sering ada masalah antara kami saya agak melarang tapi demi hal baik, agak posesif karena sayang dan g mau kehilangan, dan saya sering g nepati janji (karena ada alasannya jelas dan bikin g tepat janji) dia punya sifat klo udah punya keinginan harus keturutan.. trus aq bilang bakal berubah n aq sekarang sudah berusaha berubah dari melarang, posesif dan tepat janji tapi sikapnya tetep dingin bahkan rencana nikah diundur 2 th lagi karena alasan kontrak kerja baru.. menurut admin apakah dia sudah g sayang lagi sama aq dan dia mau komunikasi klo pas ada butuhnya atau dia masih dendam dengan masalah sebelumnya,, soalnya dia bilang dah g mau ngurusi masalah percintaan dan dia ingin berfokus atas masalah hidupnya (keluarga, financial, dll).. sebelumnya makasih min atas jawabannya.

    1. eh iya min dia juga udah aq tanya kenapa kok berubah tapi jawabannya itu cuma perasaan ku saja.. padahal dia benar2 berubah jd cuek, ogah2an, menghindar dan sering marah2 dan sering telp2nan dengan temen2nya cow (g tahu klo dulu karna baru ketahuan akhir2 ini).. menurut admin saya harus gmana makasih min..

      1. ada baiknya komunikasikan kembali secara jujur dan terbuka kepada pacarnya, sampaikan apa yang dirasakan oleh kiki semuanya untuk melihat sikapnya si dia sebelum memutuskan ke jenjang pernikahan

  37. artikelnya membantu, bagus banget, jadi bisa intropeksi diri:’) tapi kak saya mau tanya sekalian curhat nih, tolong dibls ya makasih,

    saya punya pacar lebih tua saya 3bln, saya kakak kls dia adek kls, awal pdkt dia itu baik bgt kak, suka ngasih kabar, kalau mau ngapain gitu selaku memberitau dan selalu memberi saya alasan untuk menunggu,
    awal pacaran baik2 saja kak, saya ini memang meliki ego tinggi jadi sering marah, tapi dia selalu sabar ngehadapin, sampai2 saya pernah DC dia di bbm tapi dia tetep ngehubungi saya lewat medsos atau telpon atau ngajak ketemuan, tapi akhir2 ini dia lumayan berubah kak, aku dc dia diam gk berusaha apa2, apa dia sudah capek dgn saya? dia diajak pulang jalan keparkiran bareng aja udah gk mau kak, aniv lupa ngucapin padahal dia pernah bilang gk akan melupakan hal hal kecil seperti itu
    atau saya kak yg terlalu egois, saya juga capek kak sama sikapnya yg sekarang pemarah, dan tidak mau tau kalau ada masalah, menghilang kalau lagi chat, solusinya juga gimana kak?

    dia juga awal pacaran sudah pernah suka sama Teman sekelasku sendiri, apa dari awal dia udah gk tulus jadi dia begini dgn mudahnya, mohon dibalas kak

    1. sikapnya berubah tidak seperti biasanya bisa disebabkan akibat perilaku rere sendiri yang terlihat seperti tidak menghargai si dia (rere mengakui memiliki ego yang tinggi dan sering marah), mungkin saja si dia lama-lama muak menghadapi sikapnya rere seperti itu. ada baiknya rere meminta maaf ke pacarnya dan berjanji tidak mengulangi kembali perilakunya, dikhawatirkan kalau rere tidak mau mengubah perilakunya bisa jadi pacarnya jatuh cinta kembali sama teman sekelasnya rere

  38. Lidiya berkata:

    Postingannya cocok pakek bgt min hehe ?
    Emmmm numpang curhat ya min, please reply!! Thanks before.
    Jadi gini min aku punya pacar satu sekolah beda kelas jurusan, parahnya dia satu kelas sm mantannya yg masih terlihat bgt ngatep ke pacrlu min. Dan saat ini pacarku betah gak chat sm aku min, udah 3 hari gk kasih aku kabar gitu, walaupun kita di sekolah ketemu, lha di sekolahpun aku ngerasa kita semakin jauh min. Dia jarang bgt nyapa aku di sekolah, biasanya kalo pulang pamit min, lha belakangan ini enggakin, aku takut dia deket lagi sm mantannya min aku takut dia jatuh hati lg sm mantannya. Dan aku ngerasa dia udah bosen sm aku min. Lha aku masih sayang dia, gimana dong min?

    1. terima kasih sista, semoga bermanfaat iya, hubungannya sudah jalan berapa lama? ada baiknya sista komunikasikan kepada cowoknya, bicarakan saja apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh sista kepada cowoknya secara jujur dan terbuka. untuk membicarakannya pilihlah waktu dan tempat yang nyaman seperti hari minggu, tidak ada salahnya sista kasih kabar duluan atau pun ketika jam istirahat main ke kelasnya

  39. mellmell berkata:

    Artikel’a bgus sekali min, saya sekalian mau curcol ni, saya sama pacar saya satu kantor kalo lagi jam istirahat kadang dia suka diem , saya tanya kenapa dia jwab’a ga ap” cuma lagi males ngapa”in aj, saya harus bersikap gimana ya ? Di ajak ngbrol malah d cuekin , di diemin bilang’a ga perhatian

    1. terima kasih mellmell, semoga bermanfaat. sikapnya itu bisa jadi dirinya lagi ada masalah atau lagi jenuh, itu mellmell harus cari tahu sendiri. apakah kantornya punya peraturan ketat mengenai masalah relationship? bisa jadi sikap diamnya pacar malas mengobrol secara blak-blakan karena situasinya tidak nyaman baginya (masih dalam lingkungan kantor), mellmell pilihlah waktu luang untuk menanyakan apa ada masalah yang menganggu pikirannya

  40. Carolin berkata:

    hai Min.. mau dong nanya. Saya Lin berumur 22 tahun. saya baru jadian dengan pacar saya selama 2 bulan dan dia lebih tua 2 tahun dari saya. Jujur, ini adalah pertama kalinya saya jadian selama 22 tahun hidup saya. Dia perhatian dan baik serta punya manner. Tapi entah kenapa setelah 2 bulan saya mulai merasa jenuh dan gampang kesal apabila dia mulai mengomentari sesuatu. Saya berpikir apakah pada awalnya saya biasa2 aja sama dia, tp karena senang punya pacar pertama makanya saya hype bngt.

    Sekarang saya minta saya dan dia break dulu. Saya sempat berpikir untuk memutuskannya tapi saya merasa tidak enak. Saya tidak ingin terkesan mempermainkan dia. Minta sarannya dong min 🙁

    1. cobalah sista komunikasikan lagi sama pacarnya apa yang dirasakan oleh sista untuk disampaikan secara jujur dan terbuka, oh iya sista belajarlah untuk memiliki pikiran yang terbuka untuk pelan-pelan belajar mengenali cara pandangnya, terutama saat cowoknya mengomentari sesuatu, apakah komentarnya itu untuk kebaikan sista maupun hubungannya atau tidak

  41. Yohana Tamba berkata:

    Min saya mnta bantuan dan saran nyaa..
    Saya punya pacar cwok dan kami ldr, kmi baru jalan 1minggu pacaran tapi akhir2 ini dia agak bersikap cuek terhadap saya, biasanya dia selalu nanya kabar saya tiap pagi siang sore malam dia selalu ada buat saya..
    Tapi entah kenapa akhir2 ini dia berubah, gak pernah nanya kabar saya lagi..
    Jarang chating saya duluan min..
    Apalagi kalo lagi chatingan, dia sering banget bales pesan saya lama, di tambah lagi kadang pesan saya diabaikan gitu sama dia,, tapi sya udah pernah nanya sama dia min, kalau dia tuh masih sayang apa ngga sama saya tapi dia selalu jawab sayang sama saya..
    Tapi yang gak habis pikir itu min perkataan nya itu loh gak sesuai dengan sikap nya, katanya sayang.tapi masih aja aku nya serasa diabaikan!!
    Aku serasa dianggap tidak ada min..
    Lalu apa yang harus aku lakukan sebagai wanita min, apakah aku harus mundur atau bagaiman??

    1. LDR-nya masih 1 minggu tidak ada salahnya sista yang duluan melakukan komunikasi kepada cowoknya seperti tanya kabarnya. sista dan cowoknya juga memikirkan cara menyangkut pola komunikasinya agar tidak membosankan tiap waktunya untuk menumbuhkan kepercayaan seperti obrolan mengenai kegiatannya sehari-hari atau video call seminggu sekali, apabila respon dari cowoknya masih tetap seperti itu diabaikan selama 1 atau 2 bulan ada baiknya sista bersikap untuk mundur saja

      1. Yohana Tamba berkata:

        Thanks ya min atas saran nya.. ?

        1. sama-sama sista, senang bisa membantu dan semoga bermanfaat

  42. Trivi berkata:

    Hi min, artikelnya bgus. Oh ya min saya mau curcol skligus mnta sarannya nih. Saya Punya pasangan min dulunya kita Ldran karna dia lg pendidikan min, handphone nya d sita slama pendidikan itu dan cuman bs komunikasi pas hari libur doang, hub kita tetep berjalan lancar min dia tetep nyempetin buat ngabarin walaupun cmn seminggu skali, smua itu berjalan kurang lebih 3 bulan. akhirnya pendidikannya selesai dan pelantikan. wktu itu dia sangat berharap sy dtng pas hari pentingnya tapi karena ada hal akhirnya saya minta maaf karena gabisa hadir. dimulai dari situ kita mulai bertengkar min, dia marah dia kecewa saya maklumi min, sypun akan bersikap sama. akhirnya dia maafin saya, kita baikan lagi, smua berjalan baik lagi. tapi lain lagi min, sebulan ini kita sering berantem min, hampir tiap minggu ada aja alasan kita berantem cuma gegara hal sepele, cmn karena hal sepele itu kita ga komunikasi sampe seminggu dan akhirnya saya yg mengalah karena menurut saya hub ini lebih penting daripd ego sya, sya ngaku, wktu itu saya selalu menuntut dia mngabari di sela” kesibukannya. mungkin karena komunikasi kita udh tiap hari dan kagen karena ldran, bknkah komunikasi itu pnting min? apa lagi kita ldran. Skrg sy sedikit lega, setidaknya kita ga ldran lg karna dia di tempatkan satu kota sm saya, tapi min.. udah 3 minggu ini dia udh gapernah ngabarin sy lagi, hrus sy pertama baru ada percakapan. sy paham dia sibuk dg penempatan barunya, sy sebisa mungkin mengerti.. tapi apakah normal smpe 3 minggu dia sama sekali gapernah ngabarin saya min? stidaknya mnyempatkan diri menyapa saya .sempat sy berpikir ingin menyudahi smuanya, saat saya tnya dia baik-baik dan serius ada apa dgnnya, knpa dia berubah beda dari dulu, atau kah mungkin dia bosan. tapi jawabannya selalu saja dia tdk apa” dia masih seperti dulu dan dia gabosan.. Oke sy hargai penjelasan dia, mungkin kesibukannya sdg memuncak-muncaknya.. sampe skrg dia masih tetap bgtu min, bhkan sms sy pun di blsnya jarang. jadi min, skrg apa yg seharusnya saya lakukan utk menghadapi situasi ini? jujur sy capek, tapi sy juga takut firasat saya salah. mohon sarannya min.

    1. terima kasih sista, semoga bermanfaat. apakah sista pernah bertanya mengenai kesibukannya di tempat barunya apa saja? apa sista mengetahui dengan jelas dimana tempat dia bekerja? ada kemungkinan besar si dia di tempat barunya lagi masa percobaan karena atasannya lagi melihat bagaimana kriteria dan etos kerjanya (stres pekerjaan). ada baiknya sista komunikasikan lagi secara dua arah satu sama lainnya secara jujur dan terbuka apa yang dirasakan oleh masing-masing pihak, dalam artian sista bisa bicara blak-blakan apa pun yang sista rasakan dan pikirkan untuk disampaikan kepada si dia dan si dia juga bisa bicara blak-blakan apa pun yang si dia rasakan dan pikirkan untuk disampaikan kepada sista. disarankan untuk membicarakannya ketemuan dan pilihlah waktu luang agar tidak mengganggu aktivitasnya sista maupun si dia, oh iya sista gunakan bahasa dengan nada yang lembut jangan memaksakannya atau memojokkannya.

  43. Sis saya mau minta bantuan nasihat dari anda, saya punya pacar cewek. Hubungan kami dah 7 bulan, tapi akhir-akhir ini dia lebih bersikap untuk lebih memproritaskan teman daripada saya. Sebenernya sikap itu terjadi jika dia bersama dengan teman-temannya. Tapi jika tidak sedang dengan temannya dia juga masih perhatian ke saya. Tapi dia juga berkata takut untuk memutuskan saya karena hal pertemanan sebenernya juga saya tidak ingin putus juga, dia juga tidak ingin tapi itu tadi dia takut memutuskan saya karena hal pertemanan. Jadi apa yang harus saya lakukan

    1. hubungan 7 bulan akan memasuki masa-masa kenyataan cinta, pasangan mulai kembali melakukan rutinitas seperti biasanya “ceweknya mulai berkumpul lagi bersama teman-temannya”, sobat jangan khawatir ceweknya masih perhatian sama sobat, ada baiknya sobat berikan ruang buat ceweknya berkumpul bersama teman-temannya, carilah waktu luang untuk komunikasikan lagi dengan baik-baik bersama ceweknya mencari pola yang tepat untuk belajar berbagi waktu dan belajar mengerti (belajar menghadapi konflik), baca juga fase perubahan gaya pacaran yang patut diperhatikan

  44. anjani berkata:

    hi min , artikelnya membantu sekali , sebellumnya saya prnah hampir 10 kali bertemu cowok lalu cowoknya kabur . berulang kali saya introspeksi diri dan saya merasa tidak ada yang salah dengan diri saya. saya sempat sangat trauma dengan itu . lalu saya kembali bangun dan bertemu dengan cowok yang sekarang sudah 1 bulan menjalin hubungan. namun baru sebulan jadian , dia sudah mulai berubah cuek , mencari satu masalah dia minta “*” yang terus terang saya tidak bisa berikan . saya sangat sayang sama dia sampai saat ini saya sangat takut kalau dia benar2 pergi dari saya . setiap saya tanya apa dia mulai bosan? dia menjawab tidak dan bla bla bla dia mengelak pertanyaan saya . lalu apa yang harus saya lakukan sebagai wanita min ?

    1. terima kasih sista, semoga artikelnya bermanfaat. caranya sista sudah tepat untuk tidak mau memberikannya dan jangan pernah sista memberikannya apa pun alasan yang diberikan oleh cowok itu “sista akan dijanjikan dinikahi” atau “setia sama sista selamanya” itu bohong sista jangan percaya, apalagi hubungannya baru 1 bulan dia sudah berani minta “*” menandakan dia adalah cowok yang egois dan mau lepas dari rasa tanggung jawab.

      kenapa sista? baru sebulan jadian, cowok itu sudah minta “*” dengan menunjukkan sikap berubah cuek, selalu mengelak pertanyaannya sista bahkan suatu saat nanti dia mengancam akan pergi dari sista kalau sista tidak mau menuruti permintaannya, tipikal cowok ini sista sukanya masih ingin main-main dalam hubungannya, kalau sudah bosan atau sudah dapat yang dia minta “*” pasti dia akan lari dan pergi meninggalkan sista.

      untuk membuktikannya sista kalau dia masih minta “*” cobalah tantang cowok itu untuk melamar dan menikahi sista dengan datang ke orang tuanya sista, pasti dia tidak akan mau atau ada saja alasannya yang bla bla bla, kalau sudah begitu sista bisa mengambil sikap minta putus daripada menjalani hubungan yang sudah tidak sehat lagi, baca juga dampak egois dari gaya pacaran kelewatan batas

      sista harus tetap berpikiran positif, yakin dan percaya bahwa Tuhan sedang menyiapkan kualitas cowok yang terbaik untuk sista dan cowok itu akan datang ketika sista sudah siap untuk menerimanya, oh iya ada tips singkat sista untuk melihat mana cowok yang serius atau tidak, ketika PDKT cobalah tanyakan saja apa visi misinya ke depan (jangka panjang).

  45. Saya Tini 18thn, cowo saya juga 18thn. Kami sdh menjalin hubungan hmpir 2thn, tp akhir2 ini dia jarang mmberi kabar ke saya, dia mulai acuh, dia seperti tidak peduli lagi dengan saya. Saya sedih dgn perilakunya yg seperti itu. Tp saya berfikir apakah dia bosan dgn saya yang mungkin sudah membosankan ? Sdh tidak menarik lagi? Apa yg hrs saya lakukakan ?

    1. untuk melihatnya apa cowoknya sudah bosan atau belum sista, perubahan sikapnya sudah ada berapa lama? kalau sudah lebih dari 2 minggu, ada baiknya sista berinisiatif mencari tahu sendiri apa aktivitasnya akhir-akhir ini, cobalah berkomunikasi kepada cowoknya secara jujur dan terbuka apa yang sista rasakan untuk disampaikan kepada cowoknya (hindari bahasa kode-kodean), oh iya karena usianya sama-sama 18 tahun usahakan komunikasikannya secara pelan-pelan dan jangan pakai emosi.

      1. Yaa mngkin sdh sekitaran 2minggu. Dia diajak ketemu aja skrng susah sist, bagaimana mau berbicara ? Sdangkan di bbm kalo aku mengeluh ttg sikap nya dia selalu marah2 dia bilang aku ini alay lah, terlalu mikirin cinta lah -_- iyaa mngkin krn mau ujian jd seperti ini tpi masa separah ini sist ?

        1. sista komunikasikannya apa lewat aplikasi chat atau bertatap muka? disarankan ketemuan sista agar komunikasi yang terjadi bisa lebih jelas dan nyaman “nyambung apa yang dibicarakan” dan kesalahpahaman bisa dimininalisir, komunikasikannya dengan baik-baik sista. ada sebagian cowok usia 18 tahun kalau kritiknya membangun akan didengarkannya, sebagian lainnya tidak suka kalau dikritik walaupun itu kritiknya membangun, sekarang cowoknya sista tipe mana? itu sista yang harus cari tahu sendiri. bisa jadi sista mau ujian pikiran cowoknya jadi karut-marut, ada baiknya sista berikan support kepadanya

  46. nida khofiyyah berkata:

    Hai sist, namaku Nida usiaku baru 17thn sama spt pacarku 17th juga, aku pacaran sama pacarku sdh jalan 2thn tapi belakangan ini dia gapernah peduli lagi sist, dia slalu sibuk, aku marah dia malah balik marah,gapenah komunikasi lg dengan ku, kalau ada perlunya aja dia hubungin aku, dia juga susah diajak buat ketemu pokoknya ga seindah dulu deh sist :'( :'( tapi setiap aku lihat hndpnnya gapernah ada 1pun cewe sist, kenapa dia bisa berubah ya sist? apa karna dia bosan menjalankannya dengan ku??? mohon responnya ya sist makasih 🙂

    1. untuk melihatnya apa karena lagi bosan sama hubungannya atau memang lagi sibuk, ada baiknya sista hubungi cowoknya duluan dan jangan lupa minta maaf kalau sista dulu pernah marah-marah sama dia karena tidak diperhatikan. sista bisa berinisiatif sendiri mencari tahu apa kesibukan cowoknya selama ini, apakah dia benar-benar sibuk karena padatnya aktivitasnya atau sebab lainnya. oh iya sista karena usianya sama-sama 17 tahun, komunikasikannya pelan-pelan jangan pakai emosi katakan apa yang sista rasakan untuk disampaikan ke cowoknya, baca juga fase perubahan gaya pacaran yang patut diperhatikan

  47. Min, sy pcrn sdh 1 stgh bln, tp skpny brbh slma 1 mgu stlh dia sembuh dr sktny, yg awlny dia perhatian mnjd krg prhatian. Pdhl dr awl jadian kt mau serius mnjlni hubungan, sdh 2 mgu kmi ga prnh gi ktmu krna alsn skt & bokek. Pcr sy byk tagihan, dia srng nmgeluh klo dia lg ga pnya uang & meminta sy utk mengerti, stlh 1 mgu prbhn skp, dia ga prnh gi nanyain kbr sy, slma 3 hr kmi sma sekali tdk brkomunikasi, hr ke-4 sy tanya kbrny & sy tnya dia ada mslh atau tdk, dia blng ga apa2, sy tnya lg knp dia ga tnya kbr aku slma 3 hari, dia cm blng mau menenangkan diri dulu. Apa yg hrs sy lakukan min….apa sy tinggalkan saja….jd skrg hub kmi gantung

    1. usianya sista dan cowoknya berapa tahun? selama cowoknya sakit, apakah sista pernah menanyakan kabarnya seperti memberikan perhatian atau menjenguknya. ada baiknya sista datang ke rumahnya, bicarakan secara jujur dan terbuka apa yang sista rasakan dan pikirkan untuk disampaikan kepadanya, terutama tanyakan maksudnya dia “mau menenangkan diri dulu”. ajak juga cowoknya untuk bicara jujur dan terbuka apa yang dirasakan saat ini. hubungan setengah bulan ikatan emosionalnya satu sama lainnya belum begitu kuat “masih saling mengenal satu sama lainnya”, jadi tidak ada salahnya memberikan perhatian atau obrolan yang menyenangkan.

  48. d. malik berkata:

    mohon solusi dan pencerahannya..
    Hi, panggil saja saya Dao, saya laki laki umur 27 dan saya sudah berpacaran 10th lamanya dengan dia, jenis kelamin perempuan umur 27..masalah yang kami hadapi begitu besar dan baru pertama kali masalah seperti ini muncul. masalah muncul ketika pada saat terjadi perubahan sikap yg dialaminya setelah dia lulus test cpns d jakarta. saya sekarang masih mencari pekerjaan setelah gagal mengikuti test cpns berbarengan dengan dia. bulan pertama sampai bulan ke 3 dia mulai bekerja dan menetap dijakarta hubungan kami masih hangat. tapi pada pertengahan bulan ke 4 saya merasakan ada perubahan sikap dan prilaku dia terhadap hubungan kami, dia mulai acuh tak acuh.
    puncaknya pada bulan ke 5 masalah tersebut meledak. memang sebelumnya sikap saya yg egois, keras kepala dan posesif membuat dia merasa tertekan ditambah lagi dia merupakan tulang punggung kluarga. tapi sikap saya yg seperti itu telah saya rubah perlahan sejak merasakan perubahan sikap yang terjadi pada dirinya. dan sebelum masalah tersebut meledak, 100% saya sudah merubah sikap menjadi lebih baik.
    dari situlah dia berterus terang bahwa dia merasa bersalah kalau dia tidak mengatakannya karena melihat perubahan yg saya alami. dia mengatakan bahwa selama bulan pertama sampai bulan ke 3 hubungan kami masih berjalan seperti biasanya, tapi pada pertengahan bulan k 5 dia mengatakan bahwa dia sering berbohong dan dia pernah jalan (jalan2 berdua tpi tidak sampai jadian) dengan orang lain meskipun cuman sesaat bisa di katakan pelarian. perubahan sikap sayalah yang membuat dia berterus terang. sayangnya masalah tersebut dibicarakan lewat telpon dan dia tidak pernah mau mengatakan secara face to face. inilah yang membuat saya merasa emosi kenapa tidak secara langsung berbicara empat mata.
    kembali kepermasalahan, jujur saya sedih kecewa dan lainnya atas keterangan yang dia lontarkan. tetapi karena saya sangat menyayanginya dan tidak siap untuk berpisah saya memaafkan kesalahnnya itu dan saya juga meminta maaf atas perbuatan dan sikap serta prilaku saya dulu terhadap dia. dan setelah itu saya mengajak dia supaya membangun hubungan kami dari nol. akan tetapi dia meminta waktu kepada saya untuk berpikir kenapa dia(dirinya sendiri) seperti ini sekarang, apa yang membuat dia berubah menjadi seperti ini dalam waktu yang singkat. dan saya pun mengiyakan dan memberi kesempatan untuk saling introspeksi diri meskipun saya masih belum sempat bertemu langsung dengannya, tetapi komunikasi kami masih berjalan seperti biasa meskipun terasa aneh dan canggung bagi saya. tidak lebih dari satu minggu dia mengirimkn pesan lewat bm dan mengatakan bahwa “bolehkah q menyerah”.
    pada saat itu pun saya lngsung berangkat ke jakarta.
    sesaat setelah sampai d tempatnya saya bertemu dengan dia dan lngsung berbicara dan saya meminta maaf kalau selama ini sikap saya begitu membuat dia merasa tertekan. kami terus mencari solusi dan berusaha memecahkan masalah meskipun pada saat itu dia menatap saya dengan penuh emosi dan amarah. dan ternyata masalah lebih berat muncul pada saat dia mengatakan bahwa orangtuanya (hanya tinggal ayah dan 1 dik perempuannya yang masih kuliah) mengetahui sikap dan prilaku saya selama saya berhubungan dengan dia. yang saya sayangkan kenapa baru bicara sekarang?.
    setelah itu keputusan pun di buat dia menyetujui untuk memulai kembali dari nol tetapi dengan konsekuensi dia masih berusaha mengembalikan rasa sayang yang begitu besar seperti dulu terhadap saya. saya hanya bisa mengatakan iya dan saya akan melakukan apapun supaya hubungan kami bisa utuh sampai ke jenjang pernikahan sesuai dengan apa yg kami impikan dan rencanakan dari dulu. setelah itu saya pulang ke kampung halaman dan menyempatkan untuk bertemu dengan ayahnya.
    saya sujud meminta maaf kepada ayahnya atas kelakuan saya terhadap anaknya, beliau pun memaafkan dengan ikhlas dan tulus melihat perubahan yang saya alami.
    saya semakin dekat dengan ayah dan adiknya dan tidak merasa canggung seperti dulu. malahan perasaan canggung tersebut berbalik dengan pacar saya sendiri.
    hari demi hari telah kami lewati , 1 bulan setelah masalah tersebut hubungan kami masih berlanjut, tapi……..
    hubungan saya dengan ayah dan adik perempuannya malah semakin hangat sudah seperti keluarga sendiri.
    saya masih berkomunikasi dengan baik meskipun jarang lama.
    sebisa mungkin setiap berkomunikasi saya selalu berusaha menghibur dan menghindarkan sesuatu yang bisa membuat dia tertekan.
    meskipun sikapnya masih sama, dan ini hanyalah masalah waktu pikirku.

    prilaku saya yg dulu : egois, keras kepala, posesif, banyak aturan, selalu menceramahi, langsung berbicara apapun yang saya tidak sukai dan perhatian berlebihan. (tidak pernah main fisik atau berbicara kasar).
    prilaku saya sekarang : sabar, mengalah, tidak banyak aturan, memberikan ruang gerak kepada dia, perhatian secukupnya, dan selalu berusaha membuat dia terhibur saat berkomunikasi.

    sifat dia yang dulu : sabar, selalu mengalah, baik, manja, selalu berbicara halus, perhatian yang lebih, gampang menangis, selalu ingin bertemu saya tiap hari dan rasa sayang yang begitu besar kepada saya tetapi dia selalu memendam perasaan yang dia tidak sukai, selalu dipikirkan berlebihan segala sesuatunya meskipun tidak penting sampai membuat dia tertekan dan pusing.

    dia yang sekarang : sifat yang keras, egois, keras kepala, kurang perhatian, tetapi selalu bilang kalau akan pergi kemana meskipun berangkat kerja, sedikit acuh ta acuh, komunikasi keseringan hanya seperlunya saja tapi kadang lama, tidak terima saran ataupun kritik, tidak mau ambil pusing, lebih terdengar seperti malas malasan tapi dia masih jujur, dia mengungkapkan apa yang ada dalam hatinya berat untuk meninggalkan saya tetapi dia takut kalau hubungan diteruskan apakah akan berjalan bahagia atau tidak?? tetapi dia belum siap untuk mengikatkan diri lebih jauh.

    tujuan saya sekarang: berusaha mewujudkan harapan dan impian kami yang sudah di rencanakan sejak dulu.

    tujuan dia sekarang : membiayai adiknya sampai lulus kuliah, apa yang ada di depan dijalani saja dan tidak muluk muluk selama itu menyenangkan dan tidak berakibat masalah, yang dia pikirkan hanya besok tidak jauh jauh.

    Seperti itulah masalah yang saya hadapi.
    Saya mohon masukan dan sarannya, apa yang harus saya lakukan untuk mempertahankan dan mengembalikan hubungan kami seperti dulu dengan sikap dan prilaku yang lebih baik.
    Terima kasih.

    1. berpacaran sudah berjalan 10 tahun sudah memiliki pandangan terhadap komitmen hubungannya dalam jangka panjang, tidak mau menjalani “drama” yang berujung ketidakpastian dan ketidakjelasan hubungannya. apakah lanjut untuk menikah atau putus ditengah jalan. masalahnya sobat adalah ceweknya saat ini bimbang menyangkut masa depan hubungannya karena dirinya lulus cpns dan sobat sendiri masih mencari pekerjaan, apalagi usia ceweknya saat ini 27 tahun pasti ada keinginan untuk menikah. sobat yakinkan kepada ceweknya, bahwa sobat pasti akan memiliki sebuah pekerjaan. ceweknya sobat kelihatannya tidak kuat menjalani LDR, jadi ada baiknya sobat bersama ceweknya bicarakan (kesepakatan) untuk gantian giliran siapa main ke kotanya dan pasti ini membutuhkan biaya. kuncinya ajaklah berkomunikasi secara terbuka dan jujur, apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh sobat maupun ceweknya bisa langsung disampaikan.

    2. Dhea Hermina berkata:

      Makasih atas pengertiannya semua #

  49. tini b berkata:

    Min saya pacaran udh 2 tahun lebih , tpi akhir2 ini dia kurang perhatian lg sama saya uda ngk kyak dulu lg .
    Saya sempat tanya uda ngk syg lg kh sama aku , dia jawab bukan gitu aku malas dh mikirkan cinta tu , itu min jawaban nya .
    Jdi gimana min solusi ny?

    1. usianya sista dan cowoknya berapa tahun? tanyakan maksudnya “bukan gitu aku malas mikirkan cinta”, kata-katanya mengandung banyak arti yang ambigu, bisa cowoknya lagi bosan sama hubungannya “monoton” atau bisa cowoknya saat ini prioritas utamanya berfokus pada “aspek hidupnya” lagi berupaya untuk kehidupan yang lebih baik buat keseriusan hubungannya. pacaran sudah 2 tahun lebih sering dijumpai ada sebagian pasangan tidak lagi mengumbar kegombalan cinta tetapi lebih menekankan perbuatan nyata yang bisa dipertanggungjawabkan. kuncinya berkomunikasi apa yang sista rasakan dan dipikirkan untuk disampaikan kepada cowoknya secara jujur dan terbuka.

  50. Saya sudah berpacaran dgn cowo saya sekitar 6bulan.. 1minggu yg lalu dia melakukan donor darah yg memang saya panitianya, keesokkan harinya, dia mengaku sakit, lemas, memegang handphone tdk bisa lama, muntah2 di kantornya dan lebih sering memilih tidur. Namun, ada sedikit kejanggalan, saya tau cowo itu sering pegang hp karna saya lihat di WA dia sering online. Tapiiiii chat saya di bbm tdk di read apalagi dibalas. sy berabggapan dia bukan pusing jika lama memegang hp, tapi memang tdk mau berkomunikasi dgn saya.
    Sudh lebih dari 24jam tdk ber komunikasi, padahal biasanya dlm sehari pasti saja mengabari walaupun tdk sering. Saya enggan utk nge-chat dia duluan, karna chat sy yg sebelumnya pun tdk diread padahal dia on, saya juga takut mengganggunya pdhl saya tdk tahu apa yg sedang dilakukan, diantara dia&saya; sayalah yg lebih sering mencari nya karna dia yg sering menghilang. Utk kali ini, dia tdk menghilang karna sibuk, dia ada tapi tdk mau merespon saya. Kita jarang bgt berantem, tp gatau kenapa tiba2 kayak gini.. saya kerap merasa kalau saya bukan prioritasnya, karna dia lebih mementingkan socmed lain (spt: posting, nglove dan komen di ig teman2nya, online wa, ganti dp bbm tapi tdk cepat merespon saya). Saya harus bagaimana? Saya sudah merasa cukup menyibukkan diri dengan kuliahkuliah, organisasi dan kepanitiaan, tapi tetap saja tdk bisa lupa lama-lama. Saya bingung dengan relasi ini. Ditunggu tanggapannya, terimakasih.

    1. cowoknya mengaku sakit/lemas atau tidak, apakah sista sudah menyarankannya ke dokter untuk diperiksa kondisinya? apakah sista sudah menjenguknya? masalahnya sista tidak mau melakukan komunikasi secara jujur dan terbuka sama cowoknya, apabila sista tahu cowoknya online, kenapa tidak membalasnya daripada mengeluh tidak jelas sista, lama-lama bisa jadi salah paham… pacaran 6 bulan penting untuk mencari pola penyelesaian masalah paling cocok untuk kalian berdua, terutama apabila ada perbedaan kebiasaan atau cara pandang kerapkali menjadi sumber pertengkaran seperti yang dialami oleh sista saat ini… sista cobalah berkomunikasi kepada cowoknya apabila responnya dalam waktu lebih dari 2 minggu sampai 1 bulan cowoknya tidak merespon seperti tidak mau balas chatnya sista atau menghilang, lebih baik sista tinggalkan saja.

  51. Assaalamualaikum kak ?
    Saya bingung . saya punya pacar kami menjalani hubungan sudh 7 bulan . tp kita ldr .orang tua juga uda saling kenal . dia berubah karena saya sudah ngelnggar janji . dulu kita uda komitmen kaau semarah2nya kita ga boleh bilang putus . tp saya saking emosi saya ngucapin itu . dia lngsung maraah . skrng dia jrang bls sms saya krena dia ngejlasin kalau dia banyak masalah . skrng dia sakit2an mikirin saya . gimana ka kasi pendapat

    1. wa’alaikumussalam, sista amel bisa langsung meminta maaf sama pacarnya secara tulus (disarankan bertatap muka) dan berikan bukti nyata untuk tidak mengulangi perbuatannya tersebut. oh iya sista dari ceritanya bahwa pacarnya sedang banyak masalah, sista bisa menemaninya untuk sharing mengenai masalahnya dan dukunglah di belakanngnya untuk sama-sama menyelesaikan masalahnya, termasuk juga memberikan perhatian kepada pacarnya agar lekas sembuh.

  52. Min, lagi bigung mau bersikap apa nih. Saya br menjalin hubungan dgn seorang pria blm sampe sebulan sih.. kami sudah tdk pnh bertemu hampir 2bln dan komunikasi semakin jarang. Saya sibuk dan dia jg sibuk. Dia sering ngajak ketemuan tapi dia juga yg membatalkan. Saya srg berusaha menjauh dan tdk berkomunikasi sama dia. Setiap x saya menjauh dia hubungi saya dan tanya kenapa saya tdk menghubungi dia tapi jika saya hubungi dia pagi hari bls na bisa2 malem. Saya pnh tanya knp dia lama bls na dia menggunakan alasan sibuk. Saya bigung hrs bersikap apa.. tolong sarannya yah min

    1. usianya sista dengan usia cowoknya berapa tahun? komunikasikan dulu, apa yang sista rasakan sampaikan semuanya kepadanya secara jujur dan terbuka, tidak ada salahnya sista berinisiatif mencari tahu sendiri apa yang membuatnya sibuk hingga sulit sekali untuk berkomunikasi (apakah ada sebab lainnya sibuk dijadikan alasan untuk menutupi sesuatu), juga temukan dan tentukan kapan hari dan waktu yang tepat untuk kalian berdua dalam membangun hubungan cintanya seperti bertatap muka dan komunikasi secara mendalam, lalu lihat responnya kalau tidak ada perubahan lebih baik sista tinggalkan saja

  53. saya punya pacar tapi di cuek acuh tak acuh sms gak pernah,tlpon dimatiin trus, apa lagi mau balas sms atau tlpon balik gak pernah, diajak ketmuan gak pernah, dan sering berbohong kalau janjian ktmu saya sering tunggu tapi gak pernah datang nemuin saya gimana nih ?

    1. hubungannya sudah berjalan berapa lama? kalau sikapnya pacar sudah ada 2 mingguan sampai 1 bulanan berturut-turut seperti itu berarti dirinya tidak ada lagi ketertarikan sama reno (sudah tidak lagi peduli), sikapnya reno bisa lupakan saja dia karena sikapnya sudah tidak lagi menghargai reno secara utuh

  54. saya sudah berpacaran 4 bulan (LDR). Dari awal kita udah serius. Tp makin jarang komunikasi. menurutnya sibuk, stress, dan menyalakan jaringan. Saya tanya baik2,,, “kenapa kita sulit berkomunikasi?” dia cuekin. saya marah2 kenapa whatsapp saya dicuekin (krn dibaca, tp nga dibalas), dan menanyakan hal yang sama. Sekarang malah dia malah nga balas sms, telp, whatsapp saya di blok. Harus bagaimana ya? thx

    1. sista hubungan LDR baru 4 bulan belum bisa dipertanggungjawabkan hubungannya dikatakan serius, apabila dalam jangka waktu 2 minggu – 1 bulan si dia tidak ada komunikasi ditambah lagi sikapnya mencuekin sista (tidak balas sms, telp, whatsapp-nya sista di blok) tandanya si dia tidak tertarik lagi sama sista dengan cara menjauhi sista, kemungkinan besar si dia lagi dekat dengan seseorang atau sudah memiliki pacar baru di sana.

  55. Min bagaimana cara menyikapi seorang perempuan yang sekarang ini dia tidak romantisme, bersikap acuh tak acuh, membatasi untuk bertemu, dan tidak lagi memanggil dengan kata sayang ? Oh ya, kami berhubungan sudah 2 tahun lebih jujur 2 tahun kebelakang kami sempat banyak masalah yg dtimbulkan dari saya akibat selingkuh , ga serius lah, memang selama 1,5 tahun itu saya masih labil . dan selanjutnya saya sudah berkomitmen untuk serius dengannya. Kami tinggal 1 desa tetapi LDR karena berbeda wilayah untuk meneruskan ke perguruan tinggi.

    1. komitmen dan kesetiaan adalah harga mati bagi seorang perempuan, sikapnya yang berubah karena dirinya sudah ilfil dan kecewa sama sobat akibat perilaku selingkuh yang pernah dilakukan oleh sobat, di sisi lain dirinya menangkap bahwa sobat seperti mempermainkan perasaannya dengan menunjukkan sikap ingin main-main dulu terhadap hubungannya (belum mau ingin serius), jadi tingkat kepercayaannya mulai pudar. untuk mengatasinya mintalah maaf secara tulus ke ceweknya, bahwa sobat sangat menyesal dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi dengan memperlihatkan tindakan nyata dari sobat, disarankan untuk meminta maaf bertatap muka (ketemuan)

      1. Sering kali saya bicara sama dia min untuk membicarakan nya segala problem yang buat dia sendiri tidak nyaman, tapi dia malah diam setiap saya meminta alasan kenapa marah? Kenapa jadi acuh ? Kenapa jadi beda ? Dia bilang gapapa. Trakhir dia ngajak putus sewaktu aniv 2 tahun . karena saya melarang dia untuk berkomunikasi atau menanggapi kepada laki laki yang suka sama dia . tapi saya handle itu setelah meminta maaf selama 1 minggu, karena memang sudah berkomitmen. Dari waktu itu dia berubah seperti yang saya bilang sebelumnya. Tapi perubahan itu hanya di lakukan ketika di media sosial saja, pada saat ketemu dia seperti biasanya serius. Setiap saya bertanya masih sayang tidaknya , dia jawab kalau ga sayang ga mungkin di maafin lagi . nah apa yang musti saya lakukan ?

        1. ada sebagian seorang perempuan tidak mau mengumbar kemesraannya di sosial media terutama bila dirinya ingin menjalin keseriusan hubungannya, sikapnya dia bilang “gak apa-apa” kelihatannya ada dua sebab, bisa tidak usah dibahas lagi masalah itu atau bisa juga ada sesuatu yang masih menganjal pikirannya kemungkinan akibat kejadian dulu yang pernah sobat lakukan… tetapi di sisi lain dia juga masih sayang “kalau ga sayang ga mungkin dimaafin lagi”, ada baiknya sobat bicaralah sama ceweknya dengan menggunakan nada yang lembut, tataplah matanya ketika berbicara dan pilihlah waktu yang tepat, misalnya moodnya lagi baik… bicarakan apa yang sobat rasakan untuk disampaikan kepadanya dan ajaklah ceweknya juga untuk berbicara apa yang dia rasakan untuk disampaikan kepada sobat secara jujur dan terbuka

      2. Tepatnya kemarin saya sudah berbicara pada saat mood yang baik, saya bilang jgn bersikap acuh tak acuh lagi pada saat berkomunikasi via message, dia jawab iya . dan ternyata dia masih tetap begitu saat ini . apa saya biarkan saja , menunggu waktu ? Apa mengajaknya mengobrol kembali dengan topik yang sama ?

        1. komunikasi yang baik bertatap muka (ketemuan) dan hindari via message atau chat apabila ingin membicarakan hal yang serius sama ceweknya, topiknya apa yang sobat rasakan saat ini itu yang disampaikan dan ajak juga ceweknya untuk bicara apa yang mengganggu pikirannya untuk disampaikan

      3. Oke , trimakasih tips nya min 🙂

        1. sama-sama sobat, senang bisa membantu.

  56. iraoktifiana berkata:

    emang kalo cowok lagi sakit jadi cuek gitu ya ? males ng charge hp.. tapi masih tetep ngabarin dan bls chatku walopun balesnya singkat dan selang waktu 10 – 12 jam . oh iya kita ldr dan dia lagi sekolah dari jam 9 – 5 sore..tapi biasanya sebelum bilang sakit ini dia kadang di sela2 kegiatannya itu pasti ngabarin . tolong aku harus gmna ? aku takut ini cuma alasan dia aja buat ninggalin aku 🙁

    1. hubungannya sudah berjalan berapa lama sista? cowok kalau lagi sakit sista biasanya akan lebih manja (minta diperhatikan) sama ceweknya, apakah cowok itu pernah main bolak balik ke kotanya sista? kalau cowoknya tidak pernah main ke kotanya sista bisa dikatakan dia tidak serius, ada kemungkinan besar memakai alasan sakit untuk menjauhi sista.

  57. mutia yudita berkata:

    kak, aku sudah 2 tahun lebih pacaran sama pacar saya.
    tapi akhir-akhir ini dia berubah, mulai tak peduli dan sudah jarang menghubungi. dan dia juga sudah sering kepergok senyum dan saling tatap-tatapan sama adik klas saya kak. 🙁

    1. sista mencari tahu terlebih dulu apa penyebabnya dia mulai berubah? apakah dia lagi sibuk dengan keperluan studinya ataukah dia lagi bosan dengan hubungannya. kalau perubahannya sudah ada lebih dari 2 minggu sista, ada baiknya cobalah komunikasikan lagi secara jujur dan terbuka kepada cowoknya, sampaikan apa yang dirasakan oleh sista.

  58. Saya 3 bulan Lagi akan menikah, tetapi sudah 2 minggu kami gak ada komunikasian, saya hubugi dan saya sms pun gak ada dihiraukannya. yang saya herankan kenpa dia slu menghubungi orgtua saya dan menanyakan kbr saya kepada ibu saya. Seharusnya sikap yg bagaimana hrus saya ambil ya? atau hrus saya sudahi aja hbungan ini? saya juga gak tau dia sbnrnya dia masih sayang apa gak sma saya.

    1. kenapa sista ada pikiran dia tidak sayang sama sista? mungkin ada tradisinya menjelang menikah tidak boleh menghubungi sista tetapi menghubungi orang tuanya sista seperti menanyakan kabarnya sista atau keperluan lainnya menjelang pernikahan, untuk lebih jelasnya sista bisa menanyakan kepada orang tuanya sista. kalau dia tidak memiliki tradisi seperti itu, sista tetap komunikasikan ke semua media komunikasi yang dimiliki olehnya seperti facebook, twitter, path, line, WA, BBM, sms, telepon dan sampaikan apa yang sista rasakan kepadanya. apabila media komunikasi tidak dibalasnya ada baiknya sista datang ke rumahnya bisa ditemani oleh kakak atau adiknya sista.

  59. Sis saya mau berbagi cerita, saya punya pacar tapi LDR selama 4 bulan, 5 hari yg lalu terakhir kita komunikasi. sblumnya kita marahan sedikit, stelah itu dia bilang mw btulin hpnya dlu, jadi gk mw komunikasi dulu, sampai sekarang tidak ada kabar sista. sedangkan saya khawatir, bneran ge dibetulin pa sengaja buat menjauh.

    1. hubungan LDR rawan terjadinya miskomunikasi sista, sebelum spekulasi lebih jauh mengenai tidak ada kabarnya apa sengaja atau tidak, apakah sista memiliki no hp lainnya untuk menghubunginya, apakah dia rajin atau pernah ketahuan update status di sosial medianya setelah dia bilang mau dia betulin hpnya. kalau sista tidak memiliki no lainnya tetapi dia rajin atau pernah ketahuan update status ada kemungkinan besar “mau membetulin hpnya” itu hanya alasannya saja untuk menjauh dari sista

  60. clara alverina berkata:

    Sis saya punya pacar. saya pacaran sudah 4 bulan tapi belakangan ini sikap pacar saya semakin dingin. dia seperti menjauh. yang biasanya slalu sms pagi siang sore malem tapi skrg udh jarang kaya dulu lg smnjak dia kerja malem. dia slalu beralasan baru bangun tidur lah, cassannya rusak, hape nya rusak pokonya banyak bgt alasannya.
    Saya bingung harus kaya gimana ? Saya minta pendapat sista dong plis tolong banget:”( saya sangat mencintai dia tapi dia udah mulai berubah :'( saya ga kuat daya pengen putus tapi saya enggan mau bertahanpun hati saya sakit;'( bantu pendapat ya . terimakasih

    1. sikapnya berubah apa karena kecapekan sehabis kerja malam bisa mempengaruhi moodnya di pagi hari atau karena ada sebab lainnya? itu yang harus sista cari tahu sendiri termasuk kenapa alasannya terlihat aneh-aneh, jadi sista komunikasikan lagi, sampaikan semuanya sejujurnya apa yang sista rasakan, usahakan berkomunikasi 4 mata sista (ketemuan) nanti bisa tahu dari sana, apakah dia memang ada masalah atau berbohong dari sista seperti ada pihak ketiga.

  61. aditia laura berkata:

    Saya punya temen dia sering curht cma sya mslh hubngan dia yg kt sy ribet
    Dia punya pcr trz pcrny selingkuh Tpi pcrnya slu jujur ama dia klu dia selingkuh kta dia akhir”ini dia udh Mulai cuk Tpi klu di ajk pts gx Mw.

    Apa yg hrs temen sya lakukan
    Mohon tipsnya dong.

    1. pacar temannya sista berselingkuh apalagi jujur kalau dia berselingkuh tetapi tidak mau diputus bisa dikatakan hubungannya sudah tidak sehat lagi, sikapnya dia seperti tidak menghargai temannya sista, ada baiknya temannya sista harus berani bersikap tegas untuk minta putus dan katakan secara jujur apa yang dirasakan oleh temannya sista dengan menyampaikan langsung kepada pacarnya.

  62. sigit maulana berkata:

    Kenapa akhir akhir ini pacar saya klw saya deketin selalu menjauh?
    Tolong tips nya!

    1. menjauhnya apa frekuensinya sudah mulai jarang atau barusan? sobat harus melakukan komunikasi dengannya untuk mencari tahu apa penyebabnya dia menjauh, mungkin ada dari sikap atau sifat dari kita yang bisa membuatnya jadi ilfil atau dia bosan atau ada sebab lainnya

  63. Saya punya pacar,mulai dari SMA smpai skrng ini sdh mulai kuliah di prguruan tinggi,sdh sring kami brtengkar,slah paham dan akirnya ptus,stlah balikan lg ,ptus trus trkir ini sy mnta balikan sulit rsanya mlupknnya,meskipun dia cuek,jrng prhatian..awalnya dulu wktu msih srig ktmuan wktu sma masih prhatian tpi slama dia lnjut kliah dsana,kt jd LDR ,jrng ktmu..,maslhnya dia slalu mnta ptus stiap sy sdh balikan rsnya dia mlas sm sy jengkel pdhl rasanya baik2 sj tdk ad mslh ap2 ..moodnya brubah ubah tdk psti..dia super cuek ksaya..su trus yg brusha memahminya dia tdk prnh mncoba..rsnya ini hbngn hnya brjlan satu arah,tapi saya jujur cinta dnganya dngan kekuran dan klbihan sy cinta sm dia..sy rela lkukn apapun..jd stiap dia mau ptus sy slalu mngmis jngn dlu ptus..bgaima tnggapnya

    1. apakah sobat sudah berkomunikasi dengannya untuk mencari akar permasalahannya? hubungan yang berjalan satu arah menandakan hubungannya sudah tidak sehat lagi, kalau diteruskan yang ada hanyalah keegoisan. sobat memang mencintainya tetapi apakah dia juga sama mencintai sobat, dari sikapnya yang dia tunjukkan kepada sobat menunjukkan bahwa “sobat tidak lagi jadi prioritasnya”, lebih baik sobat tidak perlu lagi memikirkannya (move on) dan berfokuslah menyelesaikan studinya untuk bekal di masa depan, kalau si dia tidak lagi selera dengan sobat pasti masih ada cewek lain yang lebih baik untuk sobat namun waktunya saja belum tepat.

  64. selly wukandari berkata:

    Gmna caranya menghadapi hubungan yg udah jauh,pdhal di satu sisi cwenya sangat mencintai dia,tapi krna amarah nya dia tak mw peduli

    1. kalau si cewek masih mencintainya dan ingin memperbaiki hubungannya kembali maka si cewek meminta maaf duluan untuk meredakan amarahnya mungkin saja ada sikap kita yang secara tidak langsung bisa bikin dia jadi ilfil setelah itu jalin kembali komunikasi lagi dengannya tetapi pelan-pelan iya jangan dipaksakan

  65. jesslyn berkata:

    Hi sis/bro. Sy pacaran dgn cowoku ud 2 tahun lebih. Cowoku sibuk kerja dr pagi smpe sore. Setiap hari kita ad chat meskipun hny bntr dan itupun balasnya lama bgt. Tp itu sy maklum. Pas malamnya lngsung tidur dan kyk ga niat kabari atau chat. Pdhl sering pegang hp tp ga niat read bb aku. Gmn dong. Kita saling terbuka. Aku sering tny tp percuma. Dia orgnya agak menyendiri tolong bls d emailku y

    1. sista niatkan duluan untuk bangun komunikasi lagi dengannya dan lihat responnya bagaimana selanjutnya, iya segera nanti kami akan membalas melalui emailnya sista

  66. Indah berkata:

    Hubungan saya LDR, pacar sdh gak mau komunikasi lagi, smua akses di blokir, bertemu pun gak mau apa lagi komunikasi, apa emang kita harus pisah dan gak perlu cari tau dia lagi?mau nya saya ketemu baik2 dan kalau ingin putus ya blg aja langsung, jangan ninggalin tanpa berita sama sekali, Ada Saran gak??

    1. kalau memang pacarnya tidak ada niat untuk berkomunikasi lagi dan semua akses di blokir maka kami sarankan lupakan saja dia, fokuskan untuk menyenangkan diri sendiri seperti melakukan hobinya, kumpul bersama para sahabat atau keluarga, bisa juga tingkatkan prestasinya kalau studi tingkatkan nilainya, kalau kerja tingkatkan prestasi kerjanya. dia putus tidak baik-baik menandakan dia tidak menghargai diri sista secara utuh atau bisa dikatakan egois, seandainya kalau dia minta balikkan lagi maka sista tolak saja karena nanti dia akan mengulangi lagi hal yang sama berulangkali

  67. Wulan berkata:

    Bagaimana dengan pacar saya yang sama sekali tidak menghiraukan saya saat-saat ini.. Saya bm aja tdak d read.. Tapi temann2 saya yg bm cepat balas nya..

    1. kalau pacarnya tidak menghiraukan sista lebih dari 2 minggu kelihatannya ingin menghindari dari sista, ada baiknya cobalah berkomunikasi lagi dengannya sampaikan apa yang sista rasakan, perhatikan bagaimana responnya. kalau dia tetap saja tidak menghiraukan maka fokuskan pada yang lain daripada memikirkannya, misalnya tingkatkan prestasi studinya atau kerjanya

  68. sairilove berkata:

    Saya sudah menanyakan ”kenapa kamu berubah say?”, tapi katanya dia tidak berubah, masih seperti yang dulu. Padahal, perubahannya sangat jelas terlihat.. Oh iya dia pernah bilang, ”akhir akhir ini aku ingin tidur terus”.. Apa maksudnya? Apakah dia bosan?
    Dia selalu ngomong dengan kata kata yang bermakna ”konotatif”. Membuatku sulit memahami keinginanya..

    1. komunikasikan lagi sentuhlah perasaannya supaya dia mau lebih terbuka dan jujur, tetapi bila dia komunikasinya seringkali ditemukan tidak jelas bahkan makin sulit untuk dipahami dan tindakannya seperti menghindar atau menjauh darimu, ada baiknya sairilove tidak perlu lagi membuang-buang waktu dan pikirannya hanya untuk dia

  69. Annisaga berkata:

    Saya lg bingung 🙁 pcr saya kmrn mlm marah krna saya sibuk latihn band. Pdhl saya sibuk juga supaya bisa cpt selesai dan cpt main lg sama dia. Tp dia ga ngerti. Malah dia inbox mantannya dan sms mantan2nya 😥 saya udh bilang maaf udh kejar dia smpe rumahnya dingin2an pdhl saya lg sakit. Harus gmana??? 😥

    1. pacar anda egois hanya ingin dimengerti tapi tidak mau belajar untuk mengerti keadaan anda, coba anda komunikasi lagi dengannya bila ternyata sikapnya masih sama bila diteruskan bisa sakit hati dan hubungannya sudah tidak sehat lagi. lebih baik tinggalkan saja dia, tidak perlu marah-marah, ataupun mengemis. jika pacar menyayangi kita pasti dia mau belajar menerima dan mengerti keadaan kita

  70. cici tifani berkata:

    Keliatan banget memang klo misalnya cowok kita udh gk suka sm kita. Pengalamanku dl jg gt. Si cowok mulai berubah perangainya kasar,cuek,udh males deket kita. Trnyata bener dia selingkuh. Hiksss..tp yah klo di inget2 saya bersyukur banget gk jadi sm dia. Krn pacarn aja udh berani selingkuh apalagi klo menikah.terbukti si mantan skrmg cerai sm istrinya gara2 dia selingkuh

    1. tandanya sista di sayang oleh Tuhan untuk dijauhkan oleh orang itu apalagi proses kenalan saja sudah berani berselingkuh tidak heran kalau menikah akan melakukan hal yang sama

  71. mahadyatmika kusuma berkata:

    Menanyakan pada pasangan kenapa sikapnya mulai berbeda. Jika ada masalah dibicarakan bersama agar menemukan titik masalahnya. Jika memang hubungannya tidak bisa dilanjut pasrahkan pada tuhan.

    1. Dia sllu ngotot bilang kalau dia ttep kyak dulu. Pdahal perubahanx keliatan banget

    2. Makasih buat tipsx

    3. keren nih mas bro, menanyakan dulu itu kuncinya baru tahu apa penyebabnya

  72. ika brilliant berkata:

    Kita harus mencari tahu apa yang bisa membuat hubungan meredup dan juga menanyakan pada pacar mengapa sikapnya mulai berubah..
    Bila ada masalah diselesaikan baik2 bukan malah mengacuhkannya..
    Jadi kita bisa tau kejelasannya masih bisa dilanjutkan atau tidak..

    1. setuju sista, kuncinya bertanya dulu untuk mencari tahu apa penyebabnya

  73. eny susilowati berkata:

    artikelnya sangat membantu saya min, makasih ya
    Dulu saya sempat terjadi hal seperti itu, tp skarang udah membaik sekali 🙂

    1. sama-sama sista, terima kasih kembali

  74. yah tips yg sangat membantu
    dari pada kita mencari lagi mending yg ada di perbaiki

    1. terima kasih sista senang bisa membantu

  75. poetri anggraeni berkata:

    Sebaiknya kita ajak bicara mgkn di sisi lain pasangan lg sibuk jd jarang hubngi qt…sabar…

    1. benar sekali sista lebih baik di ajak bicara

Komentar ditutup.