Cara Memahami Logika Cowok dan Perasaan Cewek

blog edukasi cinta - curhat cinta online
Selamat pagi sobat, bagaimana harimu? Pagi hari selalu mengajarkan kamu ada harapan di setiap langkah kehidupan.

Cara memahami logika cowok dan perasaan cewek adalah kalian harus memiliki kebiasaan berkomunikasi dua arah yang baik agar dapat terbangun pola komunikasi hubungan secara sehat.


Gampangnya, kamu bisa ungkapkan apa yang dirasakan secara jujur dan terbuka ke dia. Kamu tidak pakai bahasa diam saja maupun kode-kodean. Ini untuk mencegah potensi konflik/pertengkaran dalam hubungan kalian.

Apa contohnya? Cewek sering dibilang ‘susah ditebak’ oleh cowoknya, sedangkan cowok sering dibilang ‘nggak peka’ oleh ceweknya. Cewek mengandalkan perasaannya untuk mendeteksi gelagat aneh cowoknya, sedangkan cowok menggunakan logikanya untuk mendeteksi gelagat aneh ceweknya.

Cewek menginginkan cowoknya bereaksi/berpikir seperti yang dia pikirkan. Hal ini sering dijumpai pada usia hubungan sudah berjalan lama, si cewek beranggapan cowoknya bisa langsung paham tanpa harus ngomong apa keinginannya.

Padahal cowok bukanlah makhluk yang bisa membaca pikiranmu (paranormal). Masalah lainnya, cewek sering berkata cowoknya tidak mendengarkan dan bersikap dingin. Begitu pula, cowok sering berkata ceweknya berusaha untuk mengubahnya.

Baca juga: Jawaban Cowok Selalu Salah Sementara Cewek Selalu (Merasa) Benar

Cara memahami logika cowok yang cenderung mengikuti logika berpikir dan memilih mengikuti arus yang mengalir, sedangkan cewek cenderung mengikuti perasaan dan menginginkan semua berjalan sesuai rencananya

Cara Memahami Logika Cowok dan Perasaan Cewek

Yang perlu kamu pahami sebagai seorang cewek, bahwa cowokmu sangat menghargai keterampilan yang menyangkut tujuan yang ingin dia raih dalam hidupnya. Ketika ada masalah cowok cenderung menutup diri (jarang membicarakan masalahnya dan lebih mengatasi sendirian).

Kenapa? Minta tolong ke orang lain atas masalahnya dianggap sebagai tanda kelemahan atas harga dirinya. Meski, cowok jarang membicarakan masalahnya. Ada kalanya dia akan bicarakan masalahnya pada orang yang dihormatinya atau tenaga ahli di bidangnya.

Cowok ingin diterima apa adanya oleh ceweknya, terutama penghargaan atas pencapaiannya atau perbuatan yang telah berusaha untuk membahagiakan ceweknya. Penghargaan dari ceweknya bisa dikatakan sebagai bentuk dukungan pada dirinya.

Sedangkan, cewek sangat menyukai sesuatu yang mendetail dan mementingkan kuantitas pertemuan. Dengan kata lain, cewek sangat menghargai perasaan (cinta) dan ikatan hubungannya.


Tak heran, tindakan cewek selalu berkaitan dengan unsur mendukung dan berbagi. Bagi cewek berbagi perasaan bukanlah sesuatu yang tabu karena ungkapan perasaan atas apa yang dirasakannya itu sangat penting bagi cewek.

Baca juga: Cara Membuat Pria Selalu Ingat Terus dan Rindu Berat Sama Kamu

Saran untuk cowok dalam memahami perasaan cewek

Belajarlah mendengarkan dan menghargai perasaan cewek tanpa memberikan solusi. Kamu cukup jadi pendengar yang baik. Yang perlu kamu pahami, cewek berbicara bukan menyuruh kamu untuk menyelesaikan masalahnya, tapi bertujuan agar akrab dengan kamu.

Intinya, jangan langsung menyela saat cewekmu mengobrol sama kamu. Jangan langsung tawarkan cewekmu sebuah solusi atas ceritanya apabila dia tidak minta bantuanmu untuk diselesaikan masalahnya.

Dengarkan, dengarkan, dan simak apa yang diceritakan oleh cewekmu. Kamu mendengarkan dan menyimak ceritanya itu tandanya sudah menghargai perasaannya. Kenapa? cewek hanya butuh perhatian dan empati dari kamu sebagai cowoknya sebagai kebutuhan dasar untuk memotivasi dirinya.

Saran untuk cewek untuk memahami logika berpikir cowok

Belajarlah untuk menahan keinginanmu untuk memberikan nasihat ketika cowokmu menghadapi suatu masalah, kecuali cowokmu yang memintanya. Yang bisa kamu lakukan cukup berikan dukungan positif tanpa ikut campur terlalu jauh.

Kamu biarkan saja dulu cowokmu menyelesaikan masalahnya. Apabila cowokmu memang meminta bantuanmu. Barulah kamu bisa memberikan nasihat ke cowokmu, tapi ingat ya jangan memaksa dia untuk menerima nasihatmu.

Contohnya, kamu melihat ada sesuatu yang kurang sreg pada cowokmu. Ia kurang rapi, tidak wangi, atau tidak menyimak obrolanmu. Cobalah membahas itu di lain waktu agar cowokmu tidak merasa diserang oleh kamu. Yang perlu kamu pahami, cowok hanya butuh penghargaan dari ceweknya sebagai cara terbaik untuk memotivasi dia.

Baca juga: Cowok Gak Peka Hanya Gak Ngerti Kode Cewek, Betulkah?

Cara Memahami Logika Cowok dan Perasaan Cewek

Gampangnya cara memahami logika cowok dan perasaan cewek yang perlu kamu tahu

  • Cowok lebih mengikuti logika berpikirnya, sedangkan cewek cenderung mengikuti perasaannya.
  • Cowok lebih mementingkan kualitas hubungannya, sedangkan cewek lebih mementingkan kuantitas pertemuan hubungannya.
  • Cowok cenderung lebih memilih mengikuti arus yang mengalir, sedangkan cewek menginginkan semua berjalan sesuai rencananya.
  • Cewek akan merasa sedih/kecewa apabila sesuatu yang telah direncanakan secara matang tidak berjalan sesuai rencana, sedangkan cowok tidak akan berlarut-larut dalam kesedihan apabila rencananya tidak berjalan sesuai rencananya.
  • Cowok akan mengevaluasi/mengganti rencana awal dengan lainnya untuk melihat apa yang terjadi (berhasil atau tidak).
  • Cowok menyukai sesuatu yang lebih simple/sederhana tidak mau rumit, sedangkan cewek menyukai sesuatu yang mendetail.
  • Cowok mengingat sesuatu yang penting-penting saja, sedangkan cewek hampir mengingat semuanya bahkan itu hal terkecil pun.
  • Cowok cenderung menarik diri agar dapat memusatkan perhatiannya untuk menyelesaikan masalah itu, sedangkan cewek cenderung membicarakan masalahnya ke cowoknya ataupun cowoknya punya masalah ingin dibicarakan ke dia.
  • Ketika cowokmu ada masalah tunggu sampai dia menyelesaikan masalahnya. Ketika sudah selesai pasti cowokmu akan kembali sama kamu. Nah, baru kamu memancingnya untuk berbicara.
  • Cewek mengobrol sama kamu cenderung acak. Ia berbicara semuanya dari masa lalu, saat ini, dan waktu akan datang. Semakin cewek banyak berbicara sama kamu, maka dia akan semakin tenang perasaannya (kamu bisa diandalkan).
  • Cewek berbicara banyak sama kamu itu bukan tandanya dia menyerang kamu, tapi dia hanya ingin mengeluarkan perasaannya. Kamu cukup mendengarkan cewekmu saat berbicara tanpa menyelanya.
  • Stop menafsirkan sikap diam cowokmu menandakan dia sudah tidak mencintaimu lagi. Pahami ya, cowok itu berbicara berdasarkan atas apa yang membuatnya penting untuk dibicarakan.
  • Ketika cowok bilang “saya baik-baik saja” itu artinya dia baik-baik saja tidak ada masalah yang berarti. Cowok tidak marah/tidak peduli sama kamu atau masalah yang sedang kalian hadapi.

Suka dengan postingan seperti ini? Pastikan kamu subscribe agar tidak ketinggalan update Melek Cinta 5K’s RelationshipTerima kasih kamu yang sudah membaca sampai selesai. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentarmu apabila masih ada kurang dimengerti. Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor, silakan ke menu layanan curhat ya.

Follow juga Instagram @ruang cinta yang bahas masalah relationship yang remeh-temeh, serius, hingga sensitif. Ini termasuk isu-isu tabu relationship yang dibahas secara ringan.



2 komentar untuk “Cara Memahami Logika Cowok dan Perasaan Cewek”

  1. Langkah pertama, mengalah dan memberikan pengertian. langkah kedua, jika kamu sudah dipuncak batasan tidak sanggup menjalani hubungan. Maka evaluasi ulang hubungannya sebagai jalan terbaik

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *