Cara Damai Nan Elegan Menghadapi Pacar Selalu Merasa Benar

Cara Damai Nan Elegan Menghadapi Pacar Selalu Merasa Benar

Kisahcintasejati.com - Artikel berjudul "Cara Damai Nan Elegan Menghadapi Pacar Selalu Merasa Benar" dibaca normal sekitar tiga sampai empat menit.

Salah satu cara damai nan elegan menghadapi pacar selalu merasa benar dengan memperhatikan tandanya, pacarmu selalu mencari kambing hitam atas semua permasalahan yang terjadi “Semua ini salahmu…. “. Kamu selalu disalahkan atau jadi pihak yang disalahkan.

Pacar yang selalu merasa benar bisa dikatakan dirinya punya kepribadian obsesif kompulsif (OCD), ciri-cirinya ia suka menyalahkan orang lain atas semua konflik yang terjadi dalam hubungannya. Selain itu, ia sering tidak mau mengalah (berkeras hati) saat mengungkapkan argumen dan berusaha meyakinkan orang lain agar satu pemikirannya.

Cara damai nan elegan menghadapi pacar selalu merasa benar adalah hindari ego yang berlebihan. Misalnya, jangan terbawa emosi, turunkan ego, hingga berkomunikasi dengan kepala dingin agar terhindari dari percekcokan yang sama di kemudian hari

Seperti yang dijelaskan oleh Karyl McBride, Ph.D. Pacar selalu merasa benar memiliki kecerdasan emosional yang rendah karena kesulitan untuk meredam egonya (punya ego yang rapuh). Tak jarang, sikapnya cenderung menyalahkan atau menyudutkanmu agar terlihat lebih kuat (tidak lemah).

Hal ini disebabkan pacarmu berusaha untuk menutupi diri dari rasa tidak aman saat harga dirinya terancam. Oleh karena itu, sikapnya akan terus-menerus menekan kamu agar tidak percaya diri (minder). Sikapmu yang tidak percaya diri ini secara tidak langsung kamu mengikuti semua keinginannya.

Ya memang benar untuk menghadapi pacar selalu merasa benar, ada baiknya kamu sering mengalah dan tidak ikutan emosian. Namun, apabila pacarmu bolak-balik suka menyudutkan kamu. Hingga membuatmu kesal dan frustasi atas perilakunya, maka kamu harus ambil tindakan yang tepat. Misalnya, mampu beradu argumen tanpa terbawa emosi.

Terkait Juga:  Waspadai 6 Perilaku Ini Bikin Pacarmu Minta Putus

Ada empat cara damai nan elegan menghadapi pacar selalu merasa benar

1. Wajib bersikap tenang (jangan terbawa emosi)

Hal pertama ini, wajib hukumnya untuk menghadapi pacar yang selalu merasa benar. Apa pun reaksi yang kamu dapatkan dari berbagai tuduhannya. Kamu harus tetap bersikap tenang, jangan sampai terpancing emosimu. Jangan sampai kamu merespon dengan mengotot bukan menyelesaikan masalah, alias berbicara baik-baik jangan mengotot. Yang ada malah memperparah keadaaan, bahkan keretakan hubunganmu.

Bersikap tenang artinya, kamu mampu mengendalikan emosimu dengan cara mengambil napas dalam-dalam melalui hidung dan menghembuskan pelan-pelan melalui mulut. Lakukan berulang kali hingga kamu merasa tenang. Selain itu, kamu bisa memberikan jeda waktu tergantung kebutuhan dalam memenangkan diri. Misalnya, 15 menit, sejam, atau seharian.

Setelah kamu dan pacarmu merasa tenang (emosi sudah menurun), kamu bisa mengajak pacarmu berdiskusi mengenai masalah yang terjadi. Ingat, jangan berdiskusi saat kamu dan pacarmu masih penuh emosi karena akan sia-sia. Yang ada bukanlah diskusi secara sehat, melainkan pertengkaran tiada henti.

2. Turunkan ego dan intropeksi diri

Cara kedua untuk menghadapi pacar selalu merasa benar adalah seberapa kuat usahamu, atau kemampuanmu dalam mengendalikan egomu sendiri. Karena pacar selalu merasa benar dirinya memiliki ego yang tinggi. Apabila kamu meresponnya dengan ego yang tinggi pula, maka akan memunculkan konflik baru dan deretan masalah lainnya.

Terkait Juga:  Kenali 3 Tanda Kamu Sudah Terjebak Cinta Buta dengan Pacarmu

Alasan untuk menurunkan egomu dan saling intropeksi diri, kamu akan memiliki kemampuan untuk memahami sudut pandangnya sebelum kamu mengutarakan pendapatmu. Dengan kata lain, kamu akan mampu menganalisis dan memahami apa yang pacarmu rasakan atau pikirkan. Selain itu, kamu akan mudah untuk memaafkan perilakunya yang terkadang menyebalkan.

3. Ajak komunikasi dengan kepala dingin

Penting untuk kamu pahami, komunikasi mengatasi masalah di sini bukan dalam artian kamu menekannya agar pacarmu mengaku bersalah. Namun, ajaklah pacarmu berkomunikasi dengan tenang (kepala dingin). Komunikasikan pelan-pelan apa pun masalahnya, serta gunakan bahasa yang tidak memancing emosi pacarmu.

Komunikasikan semuanya secara baik-baik dan gunakan bahasa yang sopan. Kamu juga bisa meminta pacarmu untuk saling intropeksi diri setelah egonya menurun. Cara ketiga ini mampu menurunkan ego pacar yang selalu merasa benar, serta menumbuhkan rasa saling pengertian pada dirinya.

4. Cari jalan keluar saling menguntungkan bukan sepihak

Cara terakhir untuk menghadapi pacar selalu merasa benar adalah cari jalan keluar saling menguntungkan kedua pihak bukan sepihak. Artinya, bukan keputusan hanya mementingkan salah satu pihak saja tanpa memperhatikan kepentingan pasangannya.

Terkait Juga:  Keseriusan Cinta Itu Butuh Persiapan Matang Kedua Pihak

Kalau kamu dan pacarmu masih mencari siapa yang salah atau benar, siapa yang menang atau kalah untuk mengatasi konflik. Ada kecenderungan lebih mengedepankan kepuasan ego salah satu pasangan. Tak jarang, tidak ada penyelesaian yang melegakan kedua pihak. Setiap masalah yang sama pasti akan terjadi percekcokan.

Kesimpulan cara damai nan elegan menghadapi pacar selalu merasa benar

Carilah atau buatlah keputusan yang saling menguntungkan antara kamu dan pacarmu. Hindari ego yang berlebihan dalam menghadapi pacar selalu merasa benar, bukan malah mencari siapa yang benar atau salah, ataupun siapa yang menang atau kalah.

Carilah apa yang dapat membantu mencairkan suasana dalam menyelesaikan suatu konflik yang terjadi. Misalnya, jangan terbawa emosi, turunkan ego, intropeksi diri, hingga berkomunikasi dengan kepala dingin.

Hal ini untuk membantu suasana hati dan pikiranmu maupun pacarmu semakin mudah dalam mencari jalan keluar yang tepat. Cara ini untuk menghindari percekcokan yang sama di kemudian hari.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca cara damai nan elegan menghadapi pacar selalu merasa benar. Silakan bagikan artikel ini kepada pacarmu, temanmu, kakakmu, atau adikmu.

Bagaimana menurutmu cara damai nan elegan menghadapi pacar selalu merasa benar? Kami senang sekali apabila kamu berkomentar untuk artikel ini.

Baca pula artikel lain terkait Fakta dan konsep cinta, Chemistry dalam hubungan cinta, Cinta memiliki pola, Cinta juga punya emosi, beserta ratusan tips praktis cinta dari kisahcintasejati.com.

Terhubung dengan komunitas cinta kami.
* Facebook Komunitas Kisah Cinta Sejati
* Instagram @kcs.portal
*** Sobat galau masalah cinta bisa curhat via Ruang konsultasi cinta

Tinggalkan Balasan