Berpikir Seimbang Bantu Kamu Move On Berjalan Lancar

Berpikir Seimbang Bantu Kamu Move On Berjalan Lancar

Kisahcintasejati.com - Artikel berjudul "Berpikir Seimbang Bantu Kamu Move On Berjalan Lancar" dibaca normal antara tiga atau empat menit saja.

Ini kelanjutan dari artikel yang berjudul “tidak baik langsung cari pengganti setelah putus cinta” dan “bentuk indikator move on yang sehat pascaputus cinta“. (Sobat sudah baca? Kalau belum, segera baca agar nyambung). Berpikir seimbang bantu kamu move on berjalan lancar, tujuannya agar kamu bersikap realistis dengan melihat kejadian yang ada secara lengkap.

Bahwa kamu mengajak pikiran dan perasaanmu untuk mencari informasi baru yang jarang kamu sadari, ataupun menolak kamu terima atas kenyataan yang ada pascaputus (tidak tenggelam dalam kesedihan dan kekecewaan yang kamu ciptakan sendiri).

Berpikir seimbang bantu kamu move on berjalan lancar adalah jangan larut dalam kesedihan yang kamu ciptakan sendiri karena mantanmu sudah tidak peduli lagi dengan apa yang kamu alami sekarang

Ya, kondisi putus cinta memang menyakitkan, menyedihkan, dan memberatkan. Tak jarang, banyak orang setelah putus cinta akan mencari alasan rasional untuk mendukung pikirannya (yang kebanyakan pikiran negatif). Akhirnya pikiran tersebut malah memperburuk keadaannya sendiri.

Contohnya, kamu mengingat semua kenangan bersama mantan. Mulai dari rasanya memperjuangkan cintamu agar diterima oleh mantan, hingga membangun hubunganmu terdahulu bersama mantan.

Baca Juga:  Rela Diperlakukan Kasar Akibat Persepsi Pacar Adalah Segalanya

Tiap hari selalu bersama mantan, seperti chatting, jalan bareng, berantem mantan yang banyak mengalah. Apapun itu dilakukan berdua bersama mantan. Ya, memang sakit saat kamu membayangkan masa-masa pacaran itu. Kamu merasa mantanmu itu orang yang istimewa.

Rasa sakit dicampur dengan pikiran-pikiran bersama mantan membuatmu tidak mampu berpikir jernih, seperti buru-buru jadian untuk menghapus jejaknya mantan, mengorbankan masa depanmu dengan malas sekolah atau kuliah, menyakiti dirimu sendiri dengan tidak merawat tubuh, hingga ingin bunuh diri.

Ketika sahabatmu mengatakan untuk move on dari mantan, kamu malah bilang “bicara itu gampang, kamu tidak mengalaminya”. Contoh di atas adalah sebagian dari kasus yang sering terjadi pascaputus cinta.

Oleh karena itu, kamu harus menguji, melihat, dan menganalisis pikiranmu dengan melihat kejadian pascaputus secara menyeluruh (tidak hanya pikiran positif tapi juga negatif yang muncul).

Lalu, bagaimana cara berpikir seimbang bantu kamu move on berjalan lancar. Kamu perlu kontra pikiranmu terhadap kejadian putus cinta dengan pikiran negatif dan positif.

Baca Juga:  Cara Damai Nan Elegan Menghadapi Pacar Selalu Merasa Benar

Maksudnya, kamu diajak bukan untuk melihat kejadian tersebut dari sisi positif atau negatif saja melainkan sisi semuanya. Kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kontra pikiran di bawah ini.

  • Apa ada bukti yang mendukung atau meragukan pikiran ini?
  • Apa yang harus aku katakan pada sahabatku kalau aku berpikir seperti ini?
  • Apa yang dikatakan sahabatku kalau aku berpikir seperti ini?
  • Apa aku membuat kesalahan berpikir punya pikiran ini?

Setelah kamu menjawab pertanyaan di atas, maka kumpulkan semua bukti yang ada atas kontra pikiran itu. Kemudian, pikirkan apa yang dikatakan sahabat atau orang terdekat tentang bukti itu. Lalu, cek dan analisa kembali apa ada kesalahan berpikir yang terjadi pascaputus.

Setelah kamu berpikir seimbang dengan kontra pikiran atas kejadian putus cinta tersebut, maka kamu akan sadar dan menerima pikiran yang lahir dari hasil kontra pikiran tersebut.

Kemudian, kamu bisa mengevaluasi kembali hubunganmu terdahulu dan pola perilaku yang terjadi bersama mantan itu kuncinya agar proses move on kamu bisa berjalan lancar.

Kesimpulan berpikir seimbang bantu kamu move on berjalan lancar

Baca Juga:  Kamu Perlu Move On dari Mantan untuk Hidup yang Lebih Baik

Tanamkan dan terapkan pikiran ini agar proses move on kamu berjalan lancar. Mantanmu tidak peduli dengan apa yang kamu alami sekarang. Kamu harus menjadi pribadi yang kuat karena waktu terus berjalan dan dunia terus berubah seiring perkembangannya.

Telepon seluler saja sudah smartphone dan touch screen, jadi kamu harus smart dong. Mau sampai kapan kamu membuang waktu, pikiran, dan tenagamu untuk tenggelam dalam kesedihan dan kekecewaan?

Banyak hal yang bisa kamu lakukan dalam hidupmu selain memikirkan mantan. Orang tua, kakak, dan sahabatmu adalah orang yang benar-benar peduli padamu.

Jangan malu untuk minta bantuannya agar kamu bisa bahagia lagi. Ingat hidup terus berjalan, jangan terlalu larut dalam kesedihan yang kamu ciptakan sendiri. Saatnya kamu bangkit dan menatap masa depanmu.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca berpikir seimbang bantu kamu move on berjalan lancar. Silakan bagikan artikel ini kepada pacar, teman, kakak, atau adikmu.

Bagaimana menurutmu? Yuk, berdiskusi untuk artikel ini atau ada yang ingin kamu tanyakan.

Baca pula informasi lain terkait Fakta dan konsep cinta, Chemistry dalam hubungan cinta, Cinta memiliki pola, Cinta juga punya emosi, beserta ratusan tips praktis cinta dari kami, kisahcintasejati.com.


Terhubung dengan komunitas cinta kami.
* Facebook Komunitas Kisah Cinta Sejati
* Instagram @kcs.portal
*** Sobat galau masalah cinta bisa curhat via Ruang konsultasi cinta
TANGGAPANNYA UNTUK ARTIKEL INI?

Tinggalkan Balasan