Apa Sih Tandanya Kamu Sudah Bisa Move On dari Mantan?

Apa Sih Tandanya Kamu Sudah Bisa Move On dari Mantan?

Sobat, artikel tentang Apa Sih Tandanya Kamu Sudah Bisa Move On dari Mantan? dibaca normal antara tiga atau empat menit. (Ilustrasi: pixabay).

Pada artikel kali ini, kisahcintasejati.com akan membahas “Apa Sih Tandanya Kamu Sudah Bisa Move On Dari Mantan?“. Sebelumnya kamu harus tahu dulu, apa itu move on? Menerima kondisi hubunganmu telah berubah (putus) dan siap menghadapi segala perubahan yang terjadi.

Proses dimana kamu sudah menerima, memahami, dan mengerti hubunganmu bersama si dia (mantan) telah selesai. Pada akhirnya kamu siap untuk menghadapi kondisi sebenarnya tidak lagi bersama si dia (mantan) ke depannya.

Apa sih tandanya kamu sudah bisa move on dari mantan? Kamu sudah dapat menerima hubunganmu bersama mantan pacar telah selesai atau sudah berakhir, serta kamu mampu memahami rasa sakit akibat putus cinta itu

Move on ini ditandai dari berkurangnya (tidak ada lagi) perasaan kamu untuk memikirkan dirinya, serta tidak munculnya pikiran-pikiran negatif mengenai putus cinta dan meningkatnya kualitas karakter dirimu menjadi lebih baik lagi.

Apa sih tandanya kamu sudah bisa move on dari mantan?

Catatan: proses move on yang dialami setiap orang berbeda-beda kasusnya setelah putus cinta. Ada yang mengalami peristiwa putus cinta yang berat, misalnya ditinggal nikah.

Berikut yang kamu lakukan setelah putus dari mantanmu? (disesuaikan dengan kondisimu saat ini).

  1. Kamu mulai mengubah prioritas hidupmu mengenai hal apa yang penting untuk dijalani (tidak berlarut-larut dalam kesedihan).
  2. Kamu lebih menerima dan menghargai hidupmu sendiri (kebahagiaanmu bukan berasal dari mantan pacar, tetapi berasal dari dirimu sendiri).
  3. Kamu mampu melakukan segala hal lebih baik dalam hidupmu (ingin melakukan apa pun kamu bisa, misalnya hobi atau belajar bahasa asing).
  4. Kamu lebih memahami apa pun yang terjadi di dunia ini berkaitan dengan spiritualitas.
  5. Kamu lebih memiliki kedekatan bersama keluarga atau sahabatmu secara mendalam daripada sebelumnya.
  6. Kamu sudah memikirkan rencana-rencana baru apa yang harus dilakukan dalam hidupmu.
  7. Kamu menyadari mampu menghadapi kesulitan yang terjadi dalam hidupmu (tidak mudah baper ataupun galau).
  8. Kamu sudah memiliki keyakinan religius lebih baik dan kuat daripada sebelumnya.
  9. Kamu lebih kuat untuk menjalani kondisi ini daripada yang dibayangkan selamanya.
  10. Kamu mulai belajar untuk merasakan kebaikan orang yang ada di sekitarmu.
Baca Juga  Tips Jitu Mendekati Orang Yang Kamu Sukai Tanpa Sakit Hati

Dari 10 kondisi pernyataan yang kamu pilih di atas, sejauh mana proses move on yang sudah kamu lakukan. Apabila kamu sebagian besar memilih pernyataan tersebut, maka kamu sudah banyak belajar atau menerima kondisi putusmu dari mantan pacar. Jika kamu masih memilih sebagian kecil dari 10 kondisi pernyataan tersebut. Maka, kamu perlu usaha lagi untuk move on.

Nah, artikel yang berjudul “Apa Sih Tandanya Kamu Sudah Bisa Move On dari Mantan?” adalah tepat untuk kamu yang baru saja putus atau sudah lama putus, tetapi belum mampu melupakan mantan pacar (berlarut-larut dalam kesedihan).

Artikel “Apa Sih Tandanya Kamu Sudah Bisa Move On dari Mantan?” lebih berfokus pada pendekatan Coping (cara menghadapi situasi yang menekan), atau memahami masalah yang sedang kamu alami, serta berusaha mencari solusi terbaik sesuai permasalahanmu.

Baca Juga  Cara Menyikapi Pasangan Ingin Menikah Tapi Beda Agama

Kamu harus mencari tahu informasi yang tepat untuk mengatasi permasalahan cintamu, seperti pahami secara sadar bahwa putus cinta itu akan membuat sakitmu. Bahkan, kamu seolah-olah bisa kehilangan identitas diri.

Rasa sakit akibat putus cinta sebagai gejolak emosi yang kamu alami merupakan sesuatu hal yang normal. Ketika kamu mengetahui dan memahami rasa sakit ini akan membuatmu bertindak dengan tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Apa sih langkah-langkah konkrit kamu untuk bangkit dan melanjutkan hidup setelah putus cinta. Langkah-langkah ini bertujuan agar kamu tidak merasa sendirian setelah putus cinta, bahwa masih ada orang-orang di sekitarmu yang mendukung dan menemanimu. Misalnya, keluarga maupun sahabatmu.

Contoh langkah konkrit, berupa evaluasi hubungan yang dahulu, cara mengisi waktu luang, hingga cara yang tepat mencari pasangan baru. Contoh lainnya, pertanyaan diri yang bisa kamu renungkan untuk memahami diri sendiri (refleksi diri).

Baca Juga  Cara Jitu Melupakan Mantan Agar Cepat Membuka Hati

Misalnya, mantanmu suka berkata kasar, suka memukul, atau bolak-balik berselingkuh. Sikapmu seharusnya bersyukur putus dari mantanmu, bahwa Tuhan menunjukkan mantan pacarmu bukanlah seorang kekasih yang baik.

Saat kamu dapat memahami pengalaman putus cinta, maka kamu akan mampu mengambil pelajaran berharga dari pengalaman tersebut. Misalnya, kamu tidak serta-merta menyalahkan dirimu atas putus cinta dari mantan pacar. Tidak ada lagi punya pikiran tidak bisa hidup tanpanya.

Kesimpulan apa sih tandanya kamu sudah bisa move on dari mantan?

Move on itu kamu sudah menerima hubunganmu bersama mantan telah selesai, akhirnya kamu siap untuk menghadapi kondisi sesungguhnya tidak lagi bersama mantan dalam menjalani kehidupan.

Artinya, kamu menerima kondisi hubungan sesungguhnya, bahwa rasa sakit akibat putus cinta adalah hal normal yang akan kamu rasakan. Memahami rasa sakit ini akan membuatmu bertindak untuk tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca apa sih tandanya kamu sudah bisa move on dari mantan? Silakan bagikan artikel ini kepada kekasihmu, sahabatmu, atau keluargamu lewat media sosial. Jika kamu punya pendapat lain tentang apa sih tandanya kamu sudah bisa move on dari mantan? Silakan berkomentar di bawah.

Jika sobat suka artikel ini, kami sangat senang sobat berbagi di media sosialnya.
Pesan cinta bulan ini.
Tidak semua kehilangan akan berakhir menyakitkan maupun menyedihkan. Suatu hari nanti kamu bersyukur mampu melewati dan menghadapi proses kehilangan tersebut. Sakit hati ini akan membuatmu sadar harus ada proses kehilangan untuk menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya. @kcs.portal

Terhubung dengan komunitas sosial kami.
* Facebook Komunitas Kisah Cinta Sejati
* Instagram @kcs.portal
Sobat galau masalah cinta bisa curhat melalui kisahcintasejatiportal@gmail.com
BAGAIMANA MENURUT SOBAT ARTIKEL INI?

Tinggalkan Balasan