Alasan Cowok Minder Sama Cewek Karena Egonya Terganggu

blog edukasi cinta - curhat cinta online gratis
Pagi hari selalu mengajarkan kamu ada harapan di setiap langkah kehidupan. Selamat pagi kawan

Alasan cowok minder sama cewek karena krisis harga dirinya. Cowok ini dibesarkan di lingkungan keluarga yang memiliki budaya memosisikan laki-laki sebagai kedudukan tertinggi, atau budaya patriarki.

Ia dididik dan dipola harus menjadi kepala keluarga yang dapat bertanggung jawab dan membahagiakan keluarganya. Ia akan mendapatkan kehormatan di posisi tertinggi dalam keluarganya, tapi dengan konsekuensi ia harus dapat menafkahi segala kebutuhan keluarganya.

Apa yang terjadi kalau cowok gagal memenuhi kehormatan itu? Si cowok akan mengalami krisis percaya diri. Ini disebabkan cowok dibebani tanggung jawab superior secara fisik, psikis, dan finansial. Kehormatan ini membuat cowok merasa ditekan sana-sini oleh lingkungan.

Ini juga terjadi dalam aktivitas hubungan cinta. Cowok yang gagal mendapatkan kehormatan itu dalam hubungannya akan bersikap minder. Apa buktinya? Apa pun yang ceweknya lakukan atau berbicara selalu serba salah di mata si cowok.

Kelakuan si cowok sering marah-marah, cepat tersinggung, malas berkomunikasi, nggak ada kejelasan keseriusan hubungan ke depan, hingga berselingkuh dengan mencari cewek yang posisinya lebih rendah daripada ceweknya.

Baca juga: Cara Menghadapi Cowok Pengangguran Berikan Rasa Tanggung Jawab

Alasan cowok minder sama cewek akibat masih ada pemikiran patriarki yang berbuah pada tindakan keseharian

Alasan Cowok Minder Sama Cewek Karena Egonya Terganggu

Cowok mengakui kesetaraan gender di ruang publik, tapi saat ditanya tentang pekerjaan domestik (rumah tangga). Contohnya membersihkan rumah dan merawat anak. Mayoritas ngomongnya, “Kalau kerjaan rumah tangga saya juga yang ngerjain, trus istri kerjaannya ngapain? Santai-santai sambil ngabisin duit.”

Meski zaman milenial dan teknologi smartphone makin canggih, tapi pemikiran ini masih terjadi kalau perempuan itu seputar dapur, sumur, dan kasur. Esensi pernikahan itu suami dan istri merupakan mitra sejajar nggak ada yang lebih tinggi atau rendah.

Dalam rumah tangga istri bukan menuntut kesetaraan kewajiban di ranah domestik karena nggak mau mengerjakannya. Yang istri tuntut adalah kerja sama. Suami dan istri punya hak – kewajiban yang sama dalam membangun rumah tangga.

Nggak ada satu pihak dalam berumah tangga yang dieksploitasi tenaganya untuk urusan domestik (istri bukanlah pembantu). Pernikahan itu proses diskusi dan bertukar pikiran tanpa henti antara suami dan istri tentang kehidupan rumah tangga yang akan dijalani bersama puluhan tahun ke depan.

Belum lagi cewek yang memiliki wajah cantik, atau berdandan cantik hanya akan mengundang perhatian cowok. Padahal cewek berdandan cantik sebagai bentuk untuk menghargai dirinya terhadap kesukaan, aspirasi, pemikiran, dan pendapatnya bukan yang lain.

Baca juga: Kunci Memahami Isi Pikiran Cowok dengan Komunikasi yang Tepat

Berikut beberapa alasan cowok minder sama cewek yang disertai contoh kasus

Alasan Cowok Minder Sama Cewek Karena Egonya Terganggu

Si cowok selalu dapat ranking lima besar di sekolahnya. Ia juga diterima dan lulus dari universitas bergengsi dengan IPK tinggi. Tapi ia diterima di perusahaan nggak bergengsi, sedangkan ceweknya yang diterima di perusahaan bergengsi.

Apalagi ditambah gaji si cowok lebih kecil dibandingkan gaji ceweknya yang lebih besar. Sikap si cowok nggak bisa menyikapi secara bijak. Ia minta ceweknya untuk resign dari pekerjaannya. Kalau ceweknya nggak mau resign, maka si cowok pakai ancaman putusin ceweknya.

Contoh lainnya, cowok yang minder atas gajinya akan selalu berusaha mencari batu lompatan ke sana kemari. Cari perusahaan yang memiliki gaji lebih besar buat mengalahkan ceweknya.

Nggak heran si cewek ngomong “Mau sampai kapan cari-carinya?.” Kelakuan ini membuat si cewek jadi kesal sama cowoknya karena dia telah menunggu terlalu lama (nggak ada kepastian).

Meski cewek sudah membicarakan dan meyakinkan si cowok. Ia nggak keberatan atas apa yang cowoknya miliki (status) karena si cewek hanya ingin bersamanya. Ia berani melepaskan semuanya apabila cowoknya siap menikahinya secara lahir dan batin.

Baca juga: Memang Ada Pria Peka Seperti Pak Han? Jawabannya Masih Ada Kok

Alasan cowok minder sama cewek karena krisis percaya diri, maka solusinya ajaklah cowokmu berbicara dari hati ke hati

Alasan Cowok Minder Sama Cewek Karena Egonya Terganggu

Kamu berikan semangat dengan mengatakan ketekunan, kegigihan, dan kerja keras pasti membuahkan hasil yang memuaskan. Berikan keyakinan jangan melihat hasilnya sekarang, tapi prosesnya.

Kamu juga bisa berikan contoh orang-orang sukses yang dulu berada di bawah, tapi kerja keras dan semangatnya membuatnya jadi sukses. Gampangnya, belajarlah berkomunikasi secara terbuka dan jujur apa yang dirasakan untuk disampaikan.

Hal ini untuk menghindari munculnya rasa khawatir akibat kamu/dia nggak pandai dalam hal berkomunikasi. Istilahnya, kalian nggak bingung dalam memahami apa maksud yang ingin pacar bicarakan.

Terima kasih buat kamu yang sudah membaca sampai selesai. Tinggalkan komentarmu apabila masih ada kurang dimengerti. Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor silakan ke menu layanan curhat.

Pastikan kamu subscribe agar nggak ketinggalan update 5K’s relationship. Follow juga Instagram @ruang cinta yang bahas masalah relationship yang remeh-temeh, serius, hingga sensitif. Termasuk isu-isu tabu relationship dibahas secara ringan.


Free Access Seputar Love & Relationship
Cara jadi pribadi berkualitas lewat building pesona, meningkatkan skill mengobrol, mengendalikan egomu, cara agar cowok bucin sama kamu, sampai kriteria pasangan ideal versi kamu lewat mr right check list. Daftarkan email kamu.

4 komentar untuk “Alasan Cowok Minder Sama Cewek Karena Egonya Terganggu”

  1. Yaa kalo minderan terus sih gak usah deketin cewek aja sekalian, masa cewek gak boleh berkarir, emnk gaji suami aja cukup memenuhi kebutuhan seblnnya.. wajar kan punya tabungan dari uang gaji istrinya..

  2. Jangankan cowok yang masih minder karena penghasilannya lebih rendah dari wanitanya, cowok yang udah sukses pun kadang malas mendekati wanita wanita mandiri tipe ini. Mereka malas karena wanita wanita seperti ini umumnya tidak bisa membedakan urusan pekerjaan dan urusan rumah tangga. Sama seperti laki laki yang tidak punya waktu untuk keluarganya.

    Makanya jangan heran kalo laki laki sukses, justru mencari wanita yang sederhana aja, yang taat beragama dan tau hak dan kewajiban dia sebagai seorang ISTRI. Dan cenderung menjauhi wanita wanita mandiri…karena pemikiran itu tadi.

    Jadi jangan samakan minder dan malas ya mba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *