Cara Menghadapi Pacar Terlalu Cuek Ini yang Harus Kamu Lakukan

blog edukasi cinta - curhat cinta online
Bagaimana malammu hari ini? Yuk, evaluasi apa yang sudah kamu kerjakan tadi pagi hingga sore ini. Semoga besok pagi lebih baik dan hari ini lebih baik dari kemarin. Selamat malam sobat.

Cara menghadapi pacar terlalu cuek adalah jangan suka cemberut itu aturan yang harus kamu pahami dulu. Pacar cuek dalam hubungan/relasi cinta dapat dikategorikan sebagai orang tidak peduli dan kurang mampu untuk tunjukkan antusiasme terhadap pacarnya.


Menurut KBBI Daring, cuek adalah masa bodoh; tidak acuh. Sedangkan, Cuek dalam Bahasa Inggris memiliki kata beragam, seperti ignorant ke arah masa bodoh, uninterested ke arah perilaku acuh tak acuh, atau apathetic ke arah tidak mampu merasakan perasaan.

Sifat cuek dapat dikategorikan sebagai pribadi phlegmatis. Cuek mirip tidak peduli dengan hal-hal yang menyebabkan perubahan sikap, perasaan, hingga perilaku. Sifat cuek bisa menjadi karakter atau kebiasaan (keadaan sesaat) yang mungkin timbul karena suatu hal tertentu.

Cara menghadapi pacar terlalu cuek dengan mendeteksi terlebih dahulu (alasan ia cuek sama kamu)

Cara Menghadapi Pacar Terlalu Cuek Ini yang Harus Kamu Lakukan

  • Memang orangnya tidak peduli dengan kebutuhanmu dan masa bodoh atas apa yang kamu lakukan. Biasanya cueknya disebabkan punya masalah pribadi tidak kunjung selesai atau tidak merasa nyaman dengan kamu.
  • Ia orangnya kurang mampu menunjukkan ekspresinya di depan kamu. Namun, jangan salah sangka dulu. Meski ia terlihat cuek di penampilan luarnya, tapi dalamnya punya kasih sayang dan perhatian yang besar terhadap kamu. Hanya saja ia kurang mampu mengekspresikan perasaannya secara langsung di depan kamu.

Setelah kamu dapat mendeteksinya di atas, maka kenali juga faktor yang menyebabkan pacarmu jadi cuek.

  • Faktor internal adalah sifat cuek yang berasal dari gen orang tuanya atau sudah menjadi bawaan sejak lahir.
  • Faktor eksternal adalah kondisi/situasi yang dipengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya, pola asuh orang tua, hingga pengalaman yang pacarmu dapatkan disertai dengan pemaknaan hidup.

Baca juga: Punya Pacar Introver Bisa Membantu Kedewasaan Hubunganmu

Pacar cuek tandanya ia sudah tidak cinta dan sayang lagi sama kamu

Cara Menghadapi Pacar Terlalu Cuek Ini yang Harus Kamu Lakukan

Apakah dia cuek berarti sudah tidak cinta/sayang lagi? Pertanyaan itu sering dijumpai pada sesi curhat dengan konselor. Pahami ya, sifat cuek kurang bisa untuk mengukur kadar cinta atau sayang seseorang. Kamu harus melihat dulu apa pacarmu cuek itu terjadi tiba-tiba atau sudah terlihat di awal hubungan.

Kalau pacarmu cuek sudah terlihat di awal hubungan, berarti cueknya itu sudah menjadi sifatnya. Jika pacarmu tiba-tiba cuek tidak seperti biasanya. Kamu bisa curiga atas perubahan sifatnya itu.

Kamu perlu konfirmasi atas dugaan kecurigaan dengan melakukan komunikasi asertif dengan pacarmu. Gampangnya, kamu perlu terbuka untuk membicarakan masalah ini dengan dia agar kecurigaanmu terjawab.

Ingat ya, pacarmu tiba-tiba cuek bukan menjadi indikasi hubungan kalian sedang bermasalah. Hanya saja ada faktor lain yang menyebabkan pacarmu mendadak cuek. Contohnya ia butuh waktu sendiri untuk menyelesaikan masalah pribadinya. Tanpa sadar ia jadi tidak memedulikan kamu sebagai pacarnya.

Baca juga: Segera Lakukan 4 Cara Ini Bila Kamu Bosan dengan Hubunganmu

Bisa tidak sifat cuek pacar dihilangkan? Pertanyaan ini sering muncul pada sesi curhat dengan konselor seperti di atas

Jika pacarmu sudah berusia 20 tahun ke atas, maka sulit untuk menghilangkan ciri kepribadian ini karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang relatif tidak sebentar.


Jika kamu menginginkan hubungan yang hangat, maka kamu perlu belajar lebih toleran dan terbuka atas sifat cueknya. Kamu mengajaknya mengobrol asertif dari hati ke hati dan jujur/terbuka atas apa keinginanmu dalam menjalani hubungan ini.

Kamu tidak bisa gunakan komunikasi “Diam-diam” atau “Kode-kodean” dengan dia. Ketika berdiskusi dengan pacarmu yang cuek, kamu harus dalam kondisi stabil/tidak emosional juga gunakan bahasa yang sopan.

Hindari menyela/memotong/mengkritik pembicaraannya karena bisa membuat pacarmu yang cuek jadi tidak nyaman, bahkan ia bisa tidak mau membuka diri lagi. Ingat, fokusmu pada penyelesaian masalah bukan lainnya. Lalu, buatlah kesepakatan kalian dalam menjalani hubungan ini.

Baca juga: Kamu Suka Abaikan Masalah Sampai Hal Sensitif Bikin Dia Jadi Kesal

Cara menghadapi pacar terlalu cuek adalah komunikasi asertif itu kuncinya

Cara Menghadapi Pacar Terlalu Cuek Ini yang Harus Kamu Lakukan

Hubungan tidak adanya komunikasi yang asertif bisa menimbulkan kesalahpahaman. Efeknya berpotensi menurunkan kepuasan dan kualitas hubungan ke depan. Kamu punya pacar cuek butuh alokasi waktu yang khusus untuk membicarakannya.

Contoh kamu bisa bertanya tentang kondisi dirinya, arah hubungan yang lebih baik, atau kebutuhan apa yang belum dipenuhi olehnya. Ingat ya, komunikasikan dengan kepala dingin/jangan emosional.

Kamu berani minta maaf bila pernah berbuat salah, hingga membuatnya berubah jadi cuek. Contohnya kamu pernah memotong/menyela pembicaraannya, atau berargumen dengan kata kasar. Belajar bertanggung jawab atas apa yang pernah kamu perbuat dan berjanji tidak mengulangi lagi.

Terakhir, tidak membuat harapan terlalu tinggi menurut ekspektasimu sendiri untuk hubunganmu. Tanamkan pemahaman pada dirimu untuk melakukan perubahan memerlukan waktu dan proses. Jadi, kamu harus belajar bersabar dengan tidak memaksakan ekspektasimu terlalu tinggi untuk terjadinya perubahan.

Kesimpulan cara menghadapi pacar terlalu cuek

Mendeteksi dulu alasan pacarmu cuek dengan kamu seperti yang sudah kita jelaskan di atas. Hindari/belajar untuk tidak menyela/memotong pembicaraannya. Ini termasuk kamu tidak mengkritik dia secara berlebihan dalam menyampaikan opinimu, terutama di luar topik pembicaraan.

Ia akan menganggap kamu tidak mau mendengarkan opini/keluh kesahnya. Efeknya ia jadi malas untuk mengekspresikan dirinya. Selain itu, kamu kenali topik pembicaraan apa saja yang membuatnya tidak berminat atau memang dia tidak menyukainya.

Jika kamu membalas dia dengan bersikap cuek. Ini menunjukkan kamu orangnya egois karena lebih pakai komunikasi kode-kodean daripada asertif. Kamu menuntut dia untuk lebih banyak berikan perhatian ke kamu. Yang terjadi ia merasa kamu menjauhinya dan efeknya miskomunikasi.

Suka artikel cara menghadapi pacar terlalu cuek ini? Pastikan kamu subscribe weekly digest agar tidak ketinggalan update relasi cinta, pranikah, dan pengembangan diri dari kita, atau klik melek cinta news.

Terima kasih kamu sudah membaca sampai selesai. Semoga bermanfaat. Kalau kamu punya pengalaman yang sama, komentar ya bisa jadi kita punya pengalaman yang sama.

Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor, silakan ke menu layanan curhat. Follow instagram kita @ruang cinta seputar cinta yang remeh-temeh, serius, sampai sensitif. Termasuk isu-isu tabu yang dibahas secara ringan.



2 komentar untuk “Cara Menghadapi Pacar Terlalu Cuek Ini yang Harus Kamu Lakukan”

  1. untuk spesifik ia mendua atau tidak, itu susah-susah gampang. namun, perhatikan saja apakah ada perubahan yang signifikan dari dirinya. apakah ada perubahan frekuensi komunikasi dirinya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *