5 Tips Ketika Sahabat Jadi Cinta Agar Hubungannya Tidak Canggung

5 Tips Ketika Sahabat Jadi Cinta Agar Hubungannya Tidak Canggung
Ilustrasi tentang 5 Tips Ketika Sahabat Jadi Cinta Agar Hubungannya Tidak Canggung (pixabay). Artikel ini dibaca normal tiga atau empat menit.

Berikut 5 tips ketika sahabat jadi cinta agar hubungannya tidak canggung, ini terutama bagi kamu yang menyukai sahabatmu sendiri. Jatuh cinta pada sahabat yang sudah lama kamu kenal. Memang jatuh cinta pada sahabat tidak ada salahnya. Namun, perlu kamu perhatikan adalah jika salah satu mencintai sahabatnya. Persahabatan yang kalian bangun selama ini bisa rusak, terutama sahabatnya tidak ada perasaan sama sekali ataupun menyukai orang lain.

Salah satu dari 5 tips ketika sahabat jadi cinta agar hubungannya tidak canggung adalah masih tetap sama seperti dulu, meskipun statusnya sudah berubah dari sahabat menjadi pacar karena akan terasa lebih menyenangkan dalam menjalani hubungan ke depan. Kata lainnya, tetap saling melindungi, dan berbagi cerita selayaknya seorang pacar maupun sahabat

Seperti yang kamu ketahui, rasa cinta bisa muncul saat kamu merasa nyaman dengan seseorang. Terlebih lagi seseorang tersebut sudah lama kamu mengenalnya dan akrab, seperti sahabatmu sendiri. Seorang sahabat merupakan orang yang tidak hanya dekat dengan kamu di masa-masa bahagia, tetapi juga menemani dan mendukungmu di masa-masa sulit.

Ia bisa dikatakan sosok yang mengerti, memahami, dan menerima kamu apa adanya. Segala kebiasaan baik dan burukmu, sahabatmu telah mengetahui semuanya. Hal ini bisa dikatakan sahabatmu adalah sosok yang sempurna dalam memahami dan mengenal dirimu sebenarnya. Tak jarang, kamu jatuh cinta dengan sahabatmu sendiri karena kamu sudah merasa nyaman dan ia sudah tahu banyak tentang kamu, sehingga tidak perlu lagi bersikap jaim atau berpura-pura di depannya.

Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan saat kamu jatuh cinta dengan sahabatmu sendiri. Bahkan, kamu harus berpikir matang-matang sebelum mengungkapkan perasaannya kepada sahabatmu. Tidak ada masalah, kalau sahabatmu memiliki perasaan yang sama.

Terkait juga:  Pria Mudah Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama ketimbang Wanita

Namun, bagaimana kalau ia tidak menyukaimu (menolak secara harus) dengan alasan tidak mau merusak persahabatan yang sudah dibangun selama ini. Termasuk juga, tiba-tiba ia pelan-pelan mulai menjauhimu. Tentu saja kamu membutuhkan keberanian lebih untuk mengungkapkan perasaan kepada sahabatmu, terutama saat ia menolak cintamu.

Jika sahabatmu ternyata memiliki perasaan yang sama, hal pertama kali adalah yakinlah kepada sahabatmu. Bahwa kamu dan ia masih bisa menjalani hari-hari yang sama, dan katakan pula masih tetap menjadi diri masing-masing, seperti sosok sahabat yang masih dikenalnya.

Perlu kamu ingat juga, walaupun ia menerima cintamu. Jangan pernah menyia-nyiakan sahabatmu, ataupun berlaku egois dengan mengutamakan keinginanmu sendiri tanpa memerdulikan kepentingan sahabatmu. Mengapa? Jika kamu menyakitinya, kamu akan kehilangan orang yang mencintaimu sekaligus sahabat terbaik yang kamu miliki.

Menjalani hubungan cinta dengan seorang sahabat, awalnya bukan hal yang mudah setelah jadian. Misalnya, ada perasaan canggung satu sama lain, seperti waktu ketemuan, telepon, makan, ataupun nonton bareng. Walaupun kamu dan ia sering melakukannya sebelum jadian (saat masih bersahabat).

Lalu, bagaimana 5 tips ketika sahabat jadi cinta agar hubungannya tidak canggung, apa saja yang perlu dihindari? Simak tipsnya berikut ini!

1. Jalanilah hubungan pelan-pelan
Maksudnya tidak perlu terburu-buru untuk langsung mengubah status hubungan dari sahabat menjadi pacar. Ini butuh waktu bagi kamu dan ia untuk beradaptasi satu sama lain. Yang perlu kamu ketahui, perubahan status awalnya seorang sahabat menjadi seorang pacar, awalnya akan terasa canggung dan aneh menjalani hubungan ini. Oleh karena itu, jalani hubungannya pelan-pelan saja, tidak perlu terburu-buru.

Terkait juga:  5 Cara Ampuh untuk Menarik Perhatian Cewek yang Kamu Sukai

2. Tetap lakukan kegiatan yang biasa dilakukan saat masih bersahabat
Walaupun stausnya kamu dan ia berubah dari sahabat menjadi pacar. Tetap menghabiskan waktu bersama, seperti masih menjadi seorang sahabat. Misalnya, kamu dan ia saling curhat blak-blakan mengenai masalah apa pun, makan di pinggir jalan tanpa ada rasa malu (jaim), dan lain-lain. Meski status kamu dan ia sudah menjadi seorang pacar, tetap usahakan masih meluangkan waktu bersama ketika seaktu bersahabat dulu.

3. Jangan minta atau memberi perhatian secara berlebihan
Maksudnya tidak berlebihan, sewajarnya, atau secukupnya, baik dalam memberi ataupun meminta perhatian kepada sahabatmu yang saat ini menjadi pacarmu. Tujuannya agar ia tidak merasa tertekan, terancam, ataupun overprotective terhadapnya. Tetap berikan waktu luang baginya (Me Time) untuk melakukan aktivitas keseharian ataupun sesuatu yang disukainya, seperti pekerjaan, studi, hobinya, hingga kumpul bersama teman-temannya maupun keluarganya.

4. Berikan kejutan kecil yang dapat membuatnya bahagia
Semua orang sangat suka diberikan kejutan, terutama dari orang yang dicintainya. Memberikan kejutan tidak perlu mahal, pilihlah kejutan yang memiliki nilai berharga di matanya, itu akan menjadi kejutan yang tidak terlupakan baginya. Kejutannya apa? Kamu sebagai sahabatnya, pasti sudah paham dan tahu apa yang ia sukai. Masak kamu tidak mengetahui? Jadi, pilihlah dan berikan sesuatu yang ia sukai sebagai kejutan untuknya.

5. Menjadi pendengar yang baik untuknya
Seperti yang kamu ketahui, menjalani hubungan cinta itu bukan hanya tentang membahagiakan dan dibahagiakan. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kedua pasangan berjuang bersama membangun dan mempererat hubungan cintanya ke depan. Nah, menjalani kehidupan dan persahabatan tidak luput dari namanya masalah, termasuk juga hubungan cinta.

Terkait juga:  Tips Bagaimana Menyatakan Break dalam Pacaran

Pasti adakalanya kamu atau ia memiliki masalah masing-masing dalam menjalani kehidupan, ada saatnya ia membutuhkan kamu bukan sebagai pacarnya melainkan sebagai sahabatnya. Termasuk juga, sebaliknya. Nah, kamu harus paham jika hal itu terjadi. Oleh karena itu, jadilah pendengar yang baik setiap waktu agar kamu memahaminya. Jika kamu tidak bisa memberikan solusi, setidaknya menjadi pendengar yang baik dengan tidak menyela (memotong) saat ia berbicara.

Kesimpulan 5 tips ketika sahabat jadi cinta agar hubungannya tidak canggung

Menjalani hubungan cinta dari sahabat menjadi seorang pacar adalah sesuatu yang tidak mudah. Meskipun demikian, tidak ada salahnya kamu dan ia masih seperti dulu (tidak berubah sewaktu masih bersahabat). Jika kamu dan ia masih tetap sama seperti dulu, meskipun statusnya sudah berubah dari sahabat menjadi pacar. Hal itu akan terasa lebih menyenangkan dalam menjalani hubungan cintanya ke depan. Oleh karena itu, jalani hubungannya pelan-pelan. Tetap saling melindungi, dan berbagi cerita selayaknya seorang pacar maupun sahabat.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca 5 tips ketika sahabat jadi cinta agar hubungannya tidak canggung. Bagikan artikel ini agar bermanfaat tidak hanya untuk dirimu, tetapi juga temanmu, pacarmu, ataupun keluargamu. Jika kamu punya pendapat lain tentang sahabat jadi cinta? Silakan berkomentar di bawah.



Berkomentar atau ingin curhat dengan artikel ini