Fakta Punya Pacar Introver Bisa Membantu Kedewasaan Hubunganmu

blog edukasi cinta - curhat cinta online
Bagaimana malammu hari ini? Yuk, evaluasi apa yang sudah kamu kerjakan tadi pagi hingga sore ini. Semoga besok pagi lebih baik dan hari ini lebih baik dari kemarin. Selamat malam sobat.

Bukan mitos, tapi fakta punya pacar introver bisa membantu kedewasaan hubunganmu. Menurut KBBI daring, introver adalah orang yang minatnya ditujukan kepada yang ada di dalam pikiran dan perasaannya sendiri; orang yang bersikap tertutup.


Bersifat suka memendam rasa dan pikiran sendiri dan tidak mengutarakannya kepada orang lain; bersifat tertutup. Dari pengertian tersebut, kamu bisa tahu pacarmu itu termasuk tipe orang yang berkepribadian introver atau tidak.

Perlu dipahami, orang introver tidak gampang mengungkapkan isi hati dan pikirannya secara terbuka. Ia membutuhkan waktu untuk berpikir sebelum merespon atau beraksi terhadap sesuatu hal. Orang introver lebih memilih berkomunikasi empat mata.

Baca juga: Pahami Niat Pacar Untuk Apa Berpacaran Biar Kamu Tidak Sakit Hati

Alasan introver bisa membantu kedewasaan hubungan karena ia tidak menyukai drama dalam hubungannya, berusaha memahami posisimu, dan bisa diajak berdiskusi itulah fakta punya pacar introver bukan mitos

Fakta Punya Pacar Introver Bisa Membantu Kedewasaan Hubunganmu

  • Keuntungan kamu punya pacar introver adalah tidak manja dan clingy setiap waktu. Ketika kamu beraktivitas tidak akan diganggu dari chat yang banyak dalam frekuensi yang sering. Kamu tidak akan kelelahan untuk meladeni dari tuntutan perhatian setiap saat.
  • Pacar introver sangat tidak menyukai drama dalam hubungannya. Ia malas melibatkan diri dari drama-drama tidak penting, terutama bertukar argumen dari hal-hal yang remeh di media sosial karena sangat menguras energinya cukup banyak.
  • Kamu punya pacar introver tidak perlu khawatir ketika menghadapi konflik hubungan. Ia tidak akan menyalahkan/menyudutkan, mendiamkan, atau lari dari masalah. Tapi lebih memilih menyelesaikan masalah bersamamu dengan kepala dingin.
  • Keunggulan introver adalah kemampuannya dalam memahami posisi orang lain. Ia tidak gampang memberikan penilaian buruk orang lain hanya dari satu perspektif saja. Orang introver cenderung lebih dalam untuk mengetahui seluk beluk kepribadian orang lain.
  • Inilah membuat introver tidak mudah menghakimi orang lain karena ia bisa menjadi sosok lebih berempati, bahkan dapat dimintai pendapatnya ketika kamu melakukan kesalahan.
  • Satu lagi keuntungan berpacaran dengan orang introver bisa diajak berdiskusi banyak hal. Ia tidak suka dengan interaksi hubungan yang dangkal. Orang introver tidak hanya ingin mengenal kepribadianmu, tapi juga kapasitas pikiranmu.
  • Orang introver bisa dikatakan teman mengobrol yang menyenangkan karena ia tidak pernah kehabisan topik-topik seputar kehidupan yang bisa diangkat. kamu tidak akan pernah bosan menjalani hubungan bersamanya.

Baca juga: 5 Contoh Komunikasi yang Sehat dan Baik dengan Pacar Bisa Menentukan Kelanjutan Hubungan Kalian

Cara berkomunikasi dengan pacar introver yang benar dan bisa mendukung kedewasaan hubunganmu

Fakta Punya Pacar Introver Bisa Membantu Kedewasaan Hubunganmu

  • Jangan menyela dia saat berbicara karena orang introver membutuhkan banyak energi untuk melanjutkan pembicaraan. Dengarkan dia sampai selesai berbicara baru kamu menyampaikan pikiran dan perasaanmu.
  • Duduklah dengan tenang sambil mengulangi apa yang sudah kamu dengarkan dari dia. Tujuannya kamu meyakinkan dia lagi kalau dirimu benar-benar mendengarkan ceritanya dengan baik.
  • Meski orang introver adalah pendengar yang baik, tapi ada baiknya kamu juga berikan kesempatan dia untuk berbicara. Kamu bisa membujuknya untuk berbicara, seperti tanyakan bagaimana harinya saat ini.
  • Gunakan gaya komunikasi nonverbal. Seperti dijelaskan di atas, ada kalanya untuk berbicara atau mengutarakan perasaannya membutuhkan banyak energi bagi introver. Hargailah dia dengan menggunakan komunikasi nonverbal, seperti berpegangan tangan, berpelukan, taruh catatan romantis yang mudah dilihat olehnya atau dalam tasnya.

Baca juga: Pacaran Itu Juga Butuh Modal Nggak Bisa Seenaknya Sendiri

Berikut 4 fakta punya pacar introver itu membuat hubunganmu jadi berwarna

Fakta Punya Pacar Introver Bisa Membantu Kedewasaan Hubunganmu

1. Ia tidak suka basa-basi orangnya

Pacar introver bukan tidak suka berbicara, tapi ia tidak suka basa-basi. Orang introvert cenderung lebih tertarik dengan topik atau persoalan yang menarik. Pembahasan yang mengandung informasi yang menarik perhatiannya bukan sekadar say hello atau keromantisan saja.

Jika kamu bisa menarik perhatiannya. Ia tidak akan berhenti membahas hal tersebut berjam-jam lamanya. Kuncinya, langsung ingin bicara apa tanpa harus basa-basi dulu. Ingat ya, orang introver butuh alasan (tujuan) yang kuat untuk berinteraksi.

2. Sikap yang jutek bukan lagi marah atau cuek

Kamu sering mendengar perkataan pacarmu yang keras dan tajam, terutama menyangkut masalah prinsip. Tak jarang, kamu jadi salah paham dengan pacarmu beranggapan juteknya dia lagi marah, cuek, dan lain sebagainya. Anggapan itu muncul karena kamu punya banyak prasangka (efek halo).

Efek halo: di mana seseorang punya satu sifat baik yang terlihat, kamu akan menyimpulkan secara keseluruhan orang itu adalah orang baik. Ini termasuk juga menghubungkan perilaku dengan penampilan. Sebelum kamu jadi salah paham lebih jauh tentang dia. Pahami sikap juteknya itu disebabkan dia lagi berusaha jujur dengan kamu.


3. Bukan tidak suka pergi ke tempat umum

Pacar introver bukan tidak suka pergi ke tempat umum (keramaian), tapi ia cenderung butuhkan waktu sendiri untuk memulihkan energi tubuhnya. Ketika kamu mengajak dia pergi secara mendadak, terutama akhir pekan pasti ia akan menolaknya.

Ini berlaku juga pada ikatan pertemanan, meski tidak punya banyak teman. Hanya satu atau dua teman yang akrab bukan tidak suka berteman, tapi ia sangat menjaga ikatan pertemanan. Kepercayaan sangat penting dalam ikatan pertemanan bagi introver.

Tak jarang, orang introver sangat berhati-hati dalam memilih pertemanan. Ini termasuk juga urusan cinta. Setelah ia nyaman dan percaya sama kamu, maka ia berusaha maksimal untuk menyenangkan dan membahagiakan kamu.

4. Butuh ruang tersendiri bukan sengaja menjauhi kamu atau orang lain

Kamu jangan salah sangka dulu. Pacar introvert cenderung lebih banyak berpikir karena butuh ruang tersendiri untuk menikmati apa yang terjadi dalam pikirannya. Ia menyukai tempat tidak begitu ramai untuk memikirkan atau berusaha memecahkan sesuatu hal.

Kalau kamu mengajak dia untuk bertukar pikiran terhadap sesuatu apa pun. Ia sangat senang untuk membantumu. Jadi, tidak perlu minder punya pacar introvert. Kenali dan pahami lebih jauh pacarmu. Nanti kamu akan tambah sayang padanya.

Suka postingan ini? Pastikan kamu follow agar tidak ketinggalan update relasi cinta, pranikah, dan pengembangan diri dari kita, atau klik jelajah Melek Cinta News.

Terima kasih kamu sudah membaca sampai selesai. Semoga bermanfaat. Tinggalkan komentarnya. Ingin curhat? Kamu menginginkan solusi lebih profesional dari konselor, silakan ke menu layanan curhat. 

Follow instagram kita @ruang cinta bahas hubungan cinta dari remeh-temeh, serius, sampai sensitif. Termasuk isu-isu tabu yang dibahas secara ringan.



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *