CLOSE ADS
CLOSE ADS

4 Cara Menyampaikan Cemburu yang Sehat Gak Perlu Ngambek

blog edukasi cinta, curhat cinta online, melek cinta

Ada 4 cara menyampaikan cemburu yang sehat untuk minimalisir perselisihan adalah introspeksi diri, bukan menuduh tapi berbagi kekhawatiran, cari solusi bersama, dan tunjukkan kasih sayangmu lewat bahasa cinta yang pasangan sukai.

Cara tersebut menunjukkan kamu dapat menyampaikan rasa cemburumu secara dewasa. Alias, kamu bisa mengomunikasikan apa yang menganjal di pikiran dan hatimu sama pasangan. Cara ini juga dapat menciptakan ruang yang nyaman dan aman dalam hubunganmu.

Yang suka menonton video, kamu bisa play video cara ngomong rasa cemburu yang baik di bawah


Baca juga: Kamu Mimpi Pacar Minta Putus Ini Penjelasan Psikologi

Ada 4 cara menyampaikan cemburu yang sehat gak perlu pakai ngambek

4 Cara Menyampaikan Cemburu yang Sehat Gak Perlu Ngambek

1. Introspeksi diri

Introspeksi diri bertujuan untuk mengenali dan memahami dari mana rasa cemburu kamu itu berasal. Apa dari rasa kesepian, cemas, takut, atau kurangnya rasa percaya diri. Introspeksi diri juga membantumu menciptakan komunikasi yang baik dengan pasangan, misalnya kebuntuan komunikasi.

Dengan kata lain, introspeksi diri untuk meminimalisir drama kamu suka menyalahkan pasangan. Jadi, sebelum kamu menyalahkannya karena rasa cemburumu. Cobalah kamu memosisikan dirimu sebagai dia. Bayangkan bagaimana perasaanmu kalau tiba-tiba disalahkan.

4 Cara Menyampaikan Cemburu yang Sehat Gak Perlu Ngambek

2. Bukan menuduh, tapi berbagi kekhawatiranmu

Maksudnya apa yang kamu rasakan, apa yang kamu khawatirkan. Bagikan semua rasa khawatir kamu sama pasangan. Caranya dengan membuat obrolan yang isinya tidak ada kata-kata tuduhan, menghakimi, atau menyudutkannya.

Cara ini untuk membantu dia memahami dan mengerti permasalahan apa yang kamu rasakan. Intinya sih, kalau kamu gak ngomong bagaimana bisa dia memahami kamu.

Baca juga: Ada Masalah Hubungan Jangan Buru-buru Minta Putus (Stop Bocil)

4 Cara Menyampaikan Cemburu yang Sehat Gak Perlu Ngambek

3. Cari solusi bersama-sama

Cara ketiga ini tidak kalah pentingnya adalah carilah solusi atau jalan tengah bersama pasanganmu. Kamu harus melibatkan dia untuk mencari solusi atas permasalahanmu, misalnya bagaimana cara kamu dan dia menyikapi munculnya rasa cemburu di kemudian hari.

Cari solusi bersama atas masalahmu (rasa cemburumu) ini menunjukkan kamu menghargai dia, alias kamu tidak menyalahkan dia. Cara ini juga bisa mengurangi ego kalian yang muncul dalam menjalani hubungan ke depan.

4 Cara Menyampaikan Cemburu yang Sehat Gak Perlu Ngambek

4. Tunjukkan kasih sayang lewat bahasa cinta yang dia sukai

Cara terakhir tidak kalah pentingnya, setelah kamu bisa menyampaikan rasa cemburumu. Tentu kamu harus bisa membangun lagi keharmonisan hubunganmu. Caranya gampang banget, katakan saja keberadaan dia sangat berarti bagi kamu.

Tunjukkan kasih sayangmu lewat bahasa cinta yang dia sukai. Kalau kamu bingung seperti apa bahasa cintanya, artinya kamu belum begitu mengenal dan memahami pasanganmu dengan baik.

Kunci mengungkapkan rasa cemburu tetap bisa minimalisir perselisihan adalah kamu dapat mengomunikasikan apa yang menganjal di pikiran dan hatimu. Kamu bisa menunjukkan ekspresi perasaanmu sama dia.

Cara ini pula bisa menyentuh titik emosional pasangan untuk memahami apa yang kamu rasakan. Selain itu, cara ini juga bisa membantu kalian meningkatkan mood menjalani hubungan ke depan.

Ingat, hubungan sehat berawal dari cara komunikasi kalian yang baik dan penyelesaian konflik yang sehat.

Baca juga: Si Dia Minta Break Berikan Jangka Waktunya Biar Nggak Ngantung

Terima kasih sudah membaca 4 cara menyampaikan cemburu yang sehat. Suka postingan ini? Kamu bisa sharing ke teman-temanmu supaya mereka dapat value yang sama. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Pantau terus channel Youtube Melek Cinta, Instagram Ruang Cinta, dan Facebook Melek Romansa untuk update tips dan strategi cinta cowok cewek, hubungan pranikah, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan komentarmu bila masih ada kurang dimengerti, atau kamu punya pengalaman yang sama bisa berbagi. Bisa jadi kita semua bisa belajar dari pengalamanmu.

Yang ingin curhat menginginkan solusi profesional dari konselor via chat bisa langsung ke curhat konselor. Pastikan kamu subscribe hubungan romantis biar gak ketinggalan.


Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.