3 Tanda Ini Kamu Mengalami Filofobia (Takut Jatuh Cinta)

3 Tanda Ini Kamu Mengalami Filofobia (Takut Jatuh Cinta)

Kisahcintasejati.com - Artikel berjudul "3 Tanda Ini Kamu Mengalami Filofobia (Takut Jatuh Cinta)" dibaca normal sekitar tiga sampai empat menit.

3 tanda ini kamu mengalami filofobia, atau perasaan takut untuk mencintai dan dicintai seseorang. Kamu punya rasa kecemasan dan kekhawatiran saat jatuh cinta atau dicintai oleh seseorang yang berujung pada ketakutanmu sendiri.

Tanda-tandanya seperti apa? Secara garis besar, munculnya kecemasan dan kekhawatiran yang ekstrem dari dirimu. Hingga akhirnya membuatmu susah untuk membina hubungan dengan orang yang kamu taksir ataupun seseorang yang menyukaimu. Ya, kamu cenderung mengaitkan rasa jatuh cinta dengan sesuatu yang menakutkan.

Hal ini bisa disebabkan dari beberapa faktor yang melatarbelakanginya, seperti keluarga yang broken home, menyaksikan secara langsung ayahnya sering menganiaya ibunya, atau ibunya suka menjelek-jelekkan ayahnya, hingga punya pengalaman cinta yang tidak menyenangkan. (Baca juga, untuk kamu yang baru diputusin pacar ini hanya sebentar saja).

Berikut 3 tanda ini kamu mengalami filofobia, perasaan takut jatuh cinta dan dicintai oleh seseorang

1. Selalu berprasangka buruk pada diri sendiri

Setiap kali kamu menyukai ataupun disukai oleh seseorang, rasa khawatir selalu muncul dari dirimu. Mulai dari A-Z atas apa yang akan terjadi, hingga kamu malah bingung untuk menanggapi perasaan tersebut (rasa cinta).

Bahwa kamu selalu berpikiran ada perasaan takut kalau orang yang kamu taksir atau menyukaimu akan berubah jadi ilfil. Misalnya, dirinya tidak nyaman karena penampilanmu yang kasual, tertawamu yang lepas, cara makanmu yang apa adanya, punya hobi yang unik, atau kamu takut dirinya jadi sakit hati atas sikapmu yang blak-blakan.

Terkait Juga:  Ketika Hubungan Harus Kandas Karena Mitos, Bagaimana Menyikapinya?

Hal ini terjadi akibat pengalaman cintamu yang tidak menyenangkan di masa lalu. Tak jarang, kamu selalu menyiapkan diri untuk siap ditolak dan dibuat sakit hati apabila kamu mengungkapkan perasaanmu ataupun ada orang yang menyukaimu. Inilah yang membuatmu selalu cemas berujung pada ketakutan ketika menyukai seseorang.

2. Berubah jadi pribadi yang pendiam dan tertutup

Awalnya kamu cuek apabila ada orang yang menyukaimu atau mengungkapkan perasaannya, namun kebiasaan ini malah terbawa setiap kali ada seseorang yang dekat dengan dirimu atau menyatakan perasaannya.

Anehnya tiap kali kamu suka dengan orang yang ditaksir, kok muncul perasaan sering merasa tidak pantas buat dirinya. Hal ini membuatmu berubah menjadi pribadi semakin tertutup dan pendiam, terutama lawan jenis.

Tak jarang, perubahan sikapmu yang pendiam dan tertutup itu malah membuatmu berpikir negatif ketika menaksir orang yang kamu sukai. Contohnya, kamu jadi kepikiran kalau dekat dengan ia akan muncul gosip miring di sekolah.

Efeknya kamu terlalu cemas memikirkan gosip itu (belum tentu terjadi) dengan perilaku yang merugikan dirimu sendiri, seperti bolos sekolah atau mengunci diri di dalam kamar.

Terkait Juga:  Tidak Baik Langsung Cari Pengganti Setelah Putus Cinta

3. Suka minder setiap berinteraksi dengan lawan jenis

Tanda ketiga ini bisa dikatakan filofobia tingkat tinggi, kamu termasuk orang pemalu untuk mengungkapkan perasaanmu. Tak jarang, kamu hanya bisa memendam perasaanmu pada orang yang disukai.

Kenapa bisa terjadi? Hal ini disebabkan kamu punya pengalaman cinta di masa lalu, bahwa kamu pernah mengungkapkan perasaanmu pada orang yang disukai. Namun, respon yang kamu terima malah membuatmu jadi minder.

Tak jarang, rasa minder tersebut membuatmu tidak percaya diri ketika mendekati lawan jenis atau orang yang kamu sukai. Contohnya, kalau bicara langsung dengan lawan jenis, tiba-tiba kamu jadi gagap dan keringat dingin tak menentu.

Setelah kamu mengetahui tiga tanda filofobia di atas, maka kamu sudah bisa mengetahui apakah dirimu termasuk filofobia atau tidak. Lantas, bagaimana untuk mengatasi rasa takut jatuh cinta ini?

Kuncinya, kamu harus mengenali rasa takutmu. Karena hanya kamu yang mengetahui masalah dan rasa takut tersebut. Jadi, tidak ada salahnya kamu mencoba intropeksi dan refleksi diri “Apa sih yang membuatmu cemas dan takut untuk jatuh cinta”.

Tidak ada salahnya juga, kamu bisa curhat mengenai rasa cemas dan takutmu kepada psikolog. Terutama, frekuensinya cukup sering dan menggangggu aktivitas kehidupanmu. Nanti kamu akan memperoleh psikoterapi yang bisa membuat pikiran dan perasaanmu jadi rileks.

Terkait Juga:  3 Tanda Kamu Salah Pilih Pacar dalam Hubunganmu

Kesimpulan 3 tanda ini kamu mengalami filofobia (takut jatuh cinta)

Jika rasa cemas atau khawatirmu itu muncul akibat reaksi dari rasa jatuh cinta (kamu cemas memikirkan orang yang disukai) bisa dikatakan wajar atau normal. Namun, apabila rasa cemasmu sudah mengakibatkan sesuatu yang irasional atau sesuatu yang menakutkan secara ekstrem.

Hal itu malah membuatmu susah untuk membina hubungan dengan orang yang kamu sukai itu bisa dikatakan filofobia. Pertanyaannya, apakah kamu punya perasaan cemas terhadap perasaan jatuh cinta yang mengarah pada hal-hal irasional?

Jika rasa cemas membuatmu susah berinteraksi dengan lawan jenis atau muncul prasangka buruk pada orang yang kamu sukai. Ataukah, kamu cuma khawatir saja bukan kecemasan berlebihan sebagai reaksi awal ketika menyukai atau disukai seseorang. (Baca juga, konsep grows biar cepat move on tanpa harus galau).

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca 3 tanda ini kamu mengalami filofobia (takut jatuh cinta). Silakan bagikan artikel ini kepada pacar, teman, kakak, atau adikmu.

Bagaimana menurutmu? Yuk, berdiskusi untuk artikel ini atau ada yang ingin kamu tanyakan.

Baca pula artikel lain terkait Fakta dan konsep cinta, Chemistry dalam hubungan cinta, Cinta memiliki pola, Cinta juga punya emosi, beserta ratusan tips praktis cinta dari kisahcintasejati.com.

Terhubung komunitas cinta kami.
* Facebook Komunitas Kisah Cinta Sejati
* Instagram @kcs.portal
*** Galau masalah cinta bisa curhat via Ruang konsultasi cinta

Tinggalkan Balasan