Apa Artinya Cinta

Tumbuhkan sikap mental cinta yang positif

Tumbuhkan sikap mental cinta yang positif

Tumbuhkan sikap mental cinta yang positif selalu mencoba untuk jujur, disiplin dan malu untuk berbuat sesuatu hal yang negatif atau merugikan, suka membaca perilaku-perilaku yang ada dalam kehidupan sehingga kita bisa tahu bagaimana untuk berbicara, bersikap dan bertindak tanpa menyakiti perasaan orang lain.

Di zaman serba instan dan bertumpu pada materi hampir ditemukan bahwa kesuksesan selalu diukur dari status, uang dan jabatan yang dimilikinya. Berlomba-lomba untuk mengejarnya dan meraihnya, baik itu melalui cara-cara yang tidak merugikan, tidak melanggar etika dan norma, namun ada juga melalui cara-cara yang merugikan, melanggar etika dan norma.

Tumbuhkan sikap mental cinta yang positif tidak bisa diajarkan tetapi hanya bisa diperoleh melalui caranya bertindak, berpikir, bersikap dan bertutur kata yang sopan

Perkembangan pemikiran saat ini kalau sudah memiliki banyak uang, jabatan dan status yang bagus sudah dikatakan menjadi orang yang sukses dan berhasil dalam hidupnya, apalagi kalau dirinya berada di level tertinggi beranggapan kalau ada orang yang tidak memiliki uang yang banyak, jabatan dan status yang bagus dikatakan levelnya rendah.

Berawal dari anggapan tersebut bisa membuat seseorang hanya memikirkan dirinya sendiri, istilahnya kurang peduli terhadap lingkungan sekitarnya sehingga sikap bertoleransi terhadap sesamanya bisa dikatakan berkurang, contohnya ketika naik pesawat sebelum berangkat, pramugari berpesan kepada seluruh penumpang untuk mematikan handphone sementara waktu.

Baca juga:  Ini Bukti Jatuh Cinta Tidak pernah Datang Terlambat

Ketika ada salah satu penumpang yang masih menyalakan handphone dan pramugari menegurnya dengan sopan, apa yang terjadi bukannya mematikan handphone malah memarahi pramugari tersebut, padahal tindakan bodohnya bisa mencelakai seluruh penumpang yang ada di dalam pesawat karena sinyal handphone bisa mengganggu sistem navigasi pesawat.

Contoh lainnya penjalan kaki menyeberang di tempat penyeberang atau zebra cross, kendaraan yang lewat untuk sementara waktu berhenti dulu memberikan kesempatan bagi penjalan kaki untuk menyeberang terlebih dahulu, apa yang terjadi ada sebagian kendaraan bukannya berhenti malah yang ada di klakson atau diteriaki dengan kata-kata kasar.

Padahal tindakan bodohnya bisa mencelakai tidak hanya dirinya sendiri tetapi juga pengguna jalan lainnya, parahnya akibat dari keegoisannya dan kecerobohannya di jalan raya bisa mengakibatkan kematian orang lain. Aturan berlalu lintas bahwa penjalan kaki adalah bagian dari pengguna jalan yang seharusnya didahulukan haknya untuk terlebih dahulu menyeberang.

Contoh lainnya ikut membantu tetapi hanya mau ikut numpang terkenal seperti mau ikut membantu memperbaiki sarana dan prasarana atau membantu orang-orang yang kurang mampu tetapi kegiatannya harus diliput dan disiarkan di TV agar semua orang tahu bahwa dirinya memiliki kepedulian dan kepekaan.

Baca juga:  Kenali 10 Tanda Cowok Serius yang Siap Menikahimu

Bahwa nilai-nilai keteladanan dan kepekaan untuk tumbuhkan sikap mental cinta yang positif mulai ditinggalkan dan menghilang di zaman yang serba instan sehingga tidak ada lagi tempat untuk tersenyum apalagi bersikap ramah, coba perhatikan generasi muda saat ini lebih banyak mengeluhnya dan masalah sopan santun, etika dan penghormatan kepada orang yang lebih tua sungguh mengecewakan dibandingkan generasi muda tahun 80 atau 90-an.

Kualitas tersebut ditentukan dari pola pikir, pola asuh, lingkungan pergaulan dan pengalaman hidupnya sebagai wadah bagi seseorang untuk menumbuhkan nilai-nilai penghargaan dalam kehidupannya, semua hal tersebut tidak bisa diajarkan dan didapatkan dari ilmu pengetahuan semata tetapi diperolehnya melalui caranya bertindak, berpikir, bersikap dan bertutur kata di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Seseorang akan tetap dikenang atas penghargaannya, penghormatannya dan pengabdiannya kepada perilaku cinta yang positif, begitu pula sebaliknya seseorang tidak akan dikenang justru ditinggalkan atas penghargaannya, penghormatannya dan pengabdiannya kepada perilaku cinta yang negatif.

Baca juga:  Menafsir Arti Mimpi Diputusin Pacar yang Masih Misteri

Seseorang yang memiliki nilai-nilai keteladanan dan kepekaan untuk tumbuhkan sikap mental cinta yang positif akan tergerak dengan respon penghargaan, penghormatan dan kesantunannya tidak hanya kepada diri sendiri tetapi juga orang lain. Orangnya akan terus berupaya mengusahakan sesuatu yang baik dan malu untuk mengecewakan orang lain juga selalu berusaha jujur terhadap dirinya sendiri dalam menjalankan amanat dan kepercayaan dari orang lain, baca juga pendidikan karakter cinta dengan cara melatihnya.

Kesimpulan tumbuhkan sikap mental cinta yang positif:

Suka melakukan perilaku yang positif bisa mengetahui dengan jelas bagaimana untuk berbicara, bersikap, selalu berusaha untuk jujur, disiplin dan bertindak tanpa menyakiti perasaan orang lain atau malu untuk berbuat sesuatu hal yang negatif. Kualitas cinta seseorang ditentukan dari pola pikir, pola asuh, lingkungan pergaulan dan pengalaman hidupnya, semua hal tersebut tidak bisa diajarkan tetapi diperoleh melalui caranya bertindak, berpikir, bersikap dan bertutur kata.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca tumbuhkan sikap mental cinta yang positif, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge