Inikah Emosi Cinta

Trauma bikin orang malas untuk pacaran lagi

Trauma bikin orang malas untuk pacaran lagi

Trauma bikin orang malas untuk pacaran lagi apabila hatinya sudah terluka yang amat dalam, penyebabnya bisa sering dibohongi oleh mantannya dulu, mantannya orang yang posesif sampai diselingkuhi berkali-kali. Alasan-alasan tersebut bisa membuat kita jadi sulit untuk membuka hati buat jatuh cinta lagi kepada lawan jenis.

Trauma yang dimiliki oleh masing-masing orang berbeda-beda, kalau kita mengenali dulu apa saja tingkatannya maka kita bisa mengenali dan memahaminya untuk belajar mengerti perasaan orang lain juga belajar untuk merasakan dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Berawal dari sana kita bisa menjadi sosok yang dewasa, tidak egois, pengertian, perhatian dan peka terhadap kebutuhan perasaan orang lain.

Ada tiga tingkatan trauma bikin orang malas untuk pacaran lagi mulai dari trauma tingkat ringan sampai trauma tingkat berat:

1. Trauma pacaran tingkat ringan.
Orangnya memiliki perasaan paranoid sangat dalam akibat terlalu banyak memikirkan kata-kata pertanyaan dan prasangka secara berlebihan seperti “kalau”, “tidak mungkin”, “pasti”, atau “bagaimana”, kata-kata tersebut akhirnya melahirkan adanya ketakutan di dalam dirinya saat menjalani hubungan berpacaran dengan orang lain.

Parahnya dirinya sampai memikirkan hal-hal jelek apa saja yang kemungkinan besar terjadi di dalam benaknya, akhirnya menimbulkan sebuah beban pikiran yang amat dalam seperti “pacaran itu tidak enak”, “pacaran itu tidak seindah kenyataannya”, “pacaran itu menyakitkan”, “pacaran itu egois”, dan lain-lain.

Ketakutan tersebut muncul akibat rasa tidak percaya diri yang begitu rendah saat menghadapi seseorang yang mendekati dirinya atau ada seseorang yang mengungkapkan cinta kepadanya untuk mengajaknya jadian. Contohnya dulu kita pernah pacaran sudah jalan tiga bulan, pacar orangnya perhatian dan romantis pokoknya kita happy bersamanya, namun sayangnya tiba-tiba pacar minta putus yang alasannya mau fokus dulu menyelesaikan sekolahnya atau kuliahnya.

Pasti kita menerima kalau alasannya seperti itu, tetapi yang membuat kita jadi sakit hati ternyata kita mendengar kabar kalau dirinya punya pacar baru. Sejak kejadian tersebut akhirnya kita jadi selektif sekali apabila ada seseorang yang mendekati kita atau mengungkapkan perasaannya kepada kita, dalam benaknya kita “pasti nanti dia sama saja kayak mantanku dulu’.

Baca juga:  Tanda kamu dan dia adalah pasangan yang cocok satu sama lain

2. Trauma pacaran tingkat sedang.
Orangnya menyimpan rasa sakit hati yang mendalam akibat terlalu banyak merepresentasikan perasaan terpendamnya secara berlebihan kepada mantannya dulu, dirinya tidak bisa menyampaikan rasa sakit hati yang dideritanya akibat tidak bisa menyampaikan apa yang dirasakannya (ada sesuatu yang menganjal di pikiran maupun hatinya).

Rasa sakit hati tersebut akibat pernah diabaikan, ditusuk dari belakang, dimanfaatkan oleh mantannya dulu ketika menjalani hubungan berpacaran dengannya, istilahnya kita berpacaran tetapi kita merasa kosong atau hampa seperti tidak memiliki seorang pacar.

Contohnya pacaran sudah jalan satu tahun setengah dan kita sangat menyayanginya, namun tiba-tiba pacar minta putus secara sepihak yang alasannya berubah-ubah, katanya tidak ada kecocokan lagi, beda prinsip, kita orangnya egois tetapi besoknya setelah putus, kita melihat mantan sudah jalan dengan orang lain.

Kenyataan yang bikin kita jadi sakit hati ternyata mantan berselingkuh di belakangnya kita selama ini, selama proses move on dalam dua bulan terakhir kita merasa baik-baik saja tetapi minggu yang lalu hampir setiap harinya mantan menghubungi kita untuk mengajak balikan dan menyesal sudah minta putus.

Contoh lainnya pacar memutuskan LDR karena dirinya pindah tugas ke kota lain oleh kantornya, dirinya berjanji dua bulan sekali datang untuk menemui kita tetapi kita tetap tidak setuju dengan keputusan tersebut karena kita tidak kuat menjalani hubungan LDR. Akhirnya kita diam seribu bahasa dengan harapan agar dirinya tidak jadi pergi, sayangnya dia tetap pergi dengan meninggalkan kesan yang mendalam pada dirinya “bahwa kita orangnya egois”.

Baca juga:  Bedanya cowok dengan cewek memandang keluhan soal cinta

3. Trauma pacaran tingkat berat.
Orangnya menderita rasa sakit hati yang akut akibat terlalu dalam memikirkan rasa sakit hatinya setiap waktunya, pikiran tersebut bisa mempengaruhi cara pandang ke depan dan memunculkan adanya selalu ketakutan “disakiti lagi” sehingga menganggap semua orang adalah sama seperti mantannya dulu kalau ada seseorang yang mendekati atau mengungkapkan perasaannya kepada kita.

Tanpa disadari karena terlalu dalam memikirkan rasa sakit hati setiap waktunya, tak heran kesehatan tubuh juga ikut terganggu. Hal tersebut terjadi akibat semakin besarnya tekanan yang dirasakan dan diterima oleh kita, akhirnya secara otomantis kita mengubah cara pandangnya kita menuju jalan yang tidak sehat dan efeknya kita jadi tidak bisa mengerti perasaan orang lain.

Contohnya pacaran sudah jalan tiga tahun walaupun terkadang hubungan yang dijalaninya sering putus nyambung selama pacaran, meskipun pacarannya banyak masalah yang kita lewati bersama. Perselingkuhan yang berkali-kali pacar lakukan dan berjanji tidak mengulanginya lagi, kita masih bisa memaafkannya tetapi untuk satu ini tidak bisa lagi kita toleransi.

Pacar berselingkuh dengan sahabat kita sendiri, mereka berdua adalah orang yang kita anggap paling spesial ternyata menusuk dari belakang. Kita sempat kaget mengetahui kenyataannya sampai jatuh sakit karena tidak nafsu makan, akhirnya kita menegaskan diri untuk putus hubungan dari mereka.

Sejak kejadian tersebut karena takut disakiti lagi, kita lebih memilih untuk jadi jomblo. Suatu waktu sahabat kita datang untuk meminta maaf karena mantannya dulu adalah mantannya kita juga berselingkuh di belakangnya, sayangnya permintaan maafnya kita tolak mentah-mentah karena sudah terlanjur sakit hati yang mendalam.

Cara mengatasi trauma bikin orang malas untuk pacaran lagi adalah buatlah agar dirinya percaya sama kita, bahwa kita bukanlah orang yang sama dengan mantannya dulu dan ciptakan atmosfer dalam hubungannya agar dirinya merasa disayangi oleh kita tetapi ingat jangan dipaksakan, hindari juga jangan membuat janji-janji yang tidak bisa kita tepati.

Baca juga:  Lima Alasan Inilah Membuat Cowok Belum Siap Menikah

Kita harus mengedepankan kejujuran dan keterbukaan kalau memang ingin menjalin hubungan cinta bersamanya dengan cara berikan niat kesungguhan kita untuk benar-benar serius berkomitmen kepada dirinya atau tidak main-main dalam hubungannya.

Sedangkan kalau kita menjadi korban akibat trauma maka kita harus belajar untuk meningkatkan rasa percaya diri yang kita memiliki bisa melalui ikut berbagai kegiatan yang ada di sekolah atau kuliah ataupun ikut komunitas sosial di luar.

Belajar untuk curhat kepada orang-orang terdekat agar masalah yang kita simpan sendirian menjadi ringan, pilihlah curhat kepada orang-orang yang bisa dipercaya, mampu untuk menerima curhat kita dan mampu mensupport kita seperti orang tua, kakak, paman, tante, atau konsultan ahli di bidangnya.

Kita curhat kepada orang-orang terdekat sama saja kita belajar pelan-pelan memiliki pikiran terbuka untuk mengerti perasaannya orang lain dan mematahkan cara pandang kita yang keliru tidak semua orang sama dengan mantannya kita.

Kesimpulan trauma bikin orang malas untuk pacaran lagi:

Sulit untuk membuka hatinya buat jatuh cinta lagi disebabkan hatinya sudah sakit akibat sering dibohongi oleh mantannya dulu, mantannya orang yang posesif sampai diselingkuhi berkali-kali. Kita bisa belajar menjadi sosok yang dewasa, tidak egois, pengertian, perhatian dan peka terhadap kebutuhan perasaan orang lain dengan mengetahui apa saja tingkatan trauma.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca trauma bikin orang malas untuk pacaran lagi, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Gravityscan Badge