Kenali Pola Cinta

Cara mengatasi pacar impulsif

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Cara mengatasi pacar impulsif
Ilustrasi acak tentang Cara mengatasi pacar impulsif (sumber: Pixabay.com)

Cara mengatasi pacar impulsif pertama-tama kamu harus menjawab pertanyaan ini, apakah kamu punya pacar yang selalu bertanya secara detail kegiatan yang sudah kamu lakukan pada hari ini? ketika ketemuan pacarmu selalu memeriksa isi aplikasi chat, sms dan telepon yang keluar masuk di gadgetmu?

Apabila penjelasanmu hanya dijawab secara asal-asalan yang terjadi pacarmu marah-marah dengan berbicara tidak jelas, bahkan bisa menghina kamu dan menganggap kamu tidak lagi mencintainya. Kalau jawabannya iya itu tandanya, kamu memiliki seorang pacar yang impulsif.

Impulsif adalah suatu dorongan yang sifatnya tidak bisa dikelola oleh diri sendiri secara matang atau ada unsur ketidakmatangan di dalam dirinya, hal tersebut bisa muncul apabila dalam keadaan tertekan mempunyai keinginan yang tidak bisa dikendalikan.

Kenapa orang bisa menjadi impulsif karena ada faktor tertentu yang melatabelakanginya seperti kejadian masa lalu yang menginginkan sesuatu tetapi tidak terpenuhi, akhirnya pacar mengingat kembali pengalaman tersebut yang ada di masa lalu dan berusaha untuk dipenuhinya.

Baca juga:  Pacaran Lama Tidak Menjamin Kamu Akan Menikah

Jika pacar impulsif tidak mau membiasakan diri untuk melatih dirinya sendiri akan terus berkembang sampai usia dewasa, akhirnya menjadi kebiasaan. Setiap orang, bahkan diri kita sendiri memiliki impulsif dengan kadar yang berbeda-beda tergantung tipe kepribadian yang kita miliki.

Ada yang marah-marah, ada juga yang menangis, atau bergembira secara berlebihan, ataupun meledak-ledak akibat dari peristiwa yang mendahuluinya, tujuan dirinya melakukan tindakan tersebut untuk menenangkan dirinya dan mencari sesuatu yang bisa memuaskan dirinya sendiri.

Artikel lainnya: Cara menghadapi perilaku pacar yang emosi.

Cara mengatasi pacar impulsif dengan melakukan tindakan-tindakan apa saja yang harus kamu lakukan:

1. Sabar dan tenang.
Jangan sampai ikutan marah-marah, lebih baik ikuti dulu apa kemauannya dan tenangkan pacar dengan cara lembut seperti pegang tangannya dan berikan pelukan. Jika pacar sudah tenang, ajaklah berbicara karena ketika pacar sedang marah-marah dan kamu mengajaknya berbicara pasti pacar tidak dapat menerima apa pun penjelasan dari kamu karena logikanya tidak bisa dikendalikan.

2. Berkomunikasi dan saling mendengarkan.
Setelah pacar tenang dan bisa diajak berbicara, cobalah kamu tanyakan apa pemicunya. Cobalah mendengarkan untuk menemukan jalan keluarnya, terkadang pemicunya ada hal lain yang dapat membuat pacar jadi emosi tetapi meluapkannya kepada kamu yang tidak tahu apa-apa. Kamu wajib membantu pacar untuk mengelola emosinya.

3. Cintai diri kita sendiri.
Bila pacar tidak mau berubah, walaupun kamu sudah membantunya bahkan menyemangatinya sekuat tenaga tetapi pacar sampai merebut kebebasanmu dan memberikan siksaan, baik itu secara fisik atau pun psikis maka lebih baik kamu mempertimbangkan kembali karena hubungannya sudah berkembang menjadi tidak sehat lagi.

Baca juga: Cara mengatasi mood swinger sang pacar.

Kesimpulan cara mengatasi pacar impulsif:

Pacar ada unsur ketidakmatangan di dalam dirinya, cara mengatasinya tidak bisa secara instan tetapi dibutuhkan waktu dan proses. Keberhasilannya tergantung pada niat dan kesungguhan hati dari pacar sendiri untuk berubah menjadi lebih baik lagi, walaupun kamu sudah berusaha membantunya hanya pacar sendiri yang bisa mengatasi keadaan tertekannya.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca cara mengatasi pacar impulsif, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

18 balasan untuk artikel ini

  1. Halo disini aku si penderita impulsif yg sama seperti artikel. Dan cara mengatasi dan mengobatinya yaitu memang membutuhkan seseorang yang extra sabar utk selalu ada di sampingnya. Dan 1001 manusia sabar di dunia ini. Seseorang menjadi impulsif adalah kegagalan personal individual yang tidak sempurna. Maka dr itu dia selalu terobsesi sama suatu hal yang dia kejar dan bisa berhenti ditengah jalan. Oleh karena itu seorang impulsif membutuhkan pasangan yg bisa menjaga rasa kepercayaan, sabar, pintar dan pendengar setia. Karena orang2 impulsif adalah org2 yg setia. Dan dia akan bergantung dengan pasangannya.
    Jadi kalo kalian yg memiliki karakter kuat dan individual banyak yg tidak berlangsung lama.

  2. Mungkin aq termasuk tipe impulsif. Terkadang sifat itu muncul tiba2, tanpa disadari seperti mood. Shg sering menyakiti keluarga, teman, n pacar. Kalo sadar n menyesal uda sakiti org yg disayang terkadang sbg pelampiasan adlh menyakiti diri sendiri.
    Apakah impulsif seperti ini gangguan jiwa? Bgm solusinya?

    1. setiap orang memiliki impulsif di dalam dirinya tetapi tingkatnya berbeda-beda ada ringan, sedang dan berat, solusinya tanamkan niat dan kesungguhan hati sista untuk mengatasi keadaan tertekannya dengan latihan mengontrol dirinya atau bersikap disiplin agar memiliki kestabilan emosi.

  3. Aq dl jg pnya sifat kyk gt. Tp akhirnya ditinggalin sm mantan soalny dia merasa tertekan. Akhirny aq instropeksi dan berubah gk lagi pnya sifat sperti itu

  4. sesekali sih mungkin gapapa dicek.. tapi kalo keseringan ribet juga, yang wajar2 ajalah yang penting saling percaya

  5. Wah artikelx brmanfaat bgt min. Q jg pny mantan yg kyk gt. Udah dwasa tp kelakuanx kyk ank kcil bgt. Slalu pgn tw ap yg q lakuin. Sering mrh2 gag jelas..

  6. Klou aq sneng pny pcr yg tanya2 scra dtail wlopun kdang dlm sbel,y q hargai cew yg sprt 2,dy tnya krna dy pngen lbh tau tntng khdpan psnganya,kgiatanya,.dy lkukan smua 2 krna dy takud khlangan km

  7. Iya bnr min. Aq jg ngalami gitu….
    Smpe di selidiki sapa yg pnya nomer itu apa hubngan nya.
    Bikin BT deh,,aq aja gk prnh tnya2 eh diamlh tnya2.ya kan qt cm tmn masak gk blh.
    Smpe skrg msh aja kyk gitu dia suka ngambek sndr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge