Kenali Pola Cinta

Cintanya romantis tapi posesif bagian 1

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Cintanya romantis tapi posesif bagian 1
Ilustrasi acak tentang Cintanya romantis tapi posesif bagian 1 (sumber: Pixabay.com)

Pacar cintanya romantis tapi posesif dalam hubungan pacarannya, possesive “having or shoing a desire to control or dominate” atau posesif dalam bahasa psikologi diartikan sebagai sikap yang dimiliki oleh seseorang atau individu akan ditunjukkan untuk mengontrol atau mendominasi pacarnya dalam hal apa pun atas nama cinta.

Sikap membatasi ruang gerak pacarnya dan berpikir bahwa kamu adalah miliknya, orang yang mencintai pacarnya secara berlebihan tanpa sadar akan timbul rasa sayang dan takut kehilangan yang memuncak sehingga timbul rasa cemburu yang berlebihan dan menciptakan sifat posesif pada dirinya.

Contohnya cemburu yang berlebihan menciptakan rasa posesif dengan melarang pacarnya berteman dengan temannya yang lawan jenis dan mewajibkan pacarnya untuk memberitahukan segala aktivitasnya dengan menelepon, sms atau BBM. Apabila tidak memberitahukan ke dirinya akan bisa salah paham seperti berantem, ngambek dan lain-lain.

Cintanya romantis tapi posesif yang dimiliki oleh seseorang ditunjukkan untuk mengontrol atau mendominasi kekasihnya dalam hal apa pun atas nama cinta

Sifat posesif cenderung memiliki tingkat yang terlalu sayang terhadap pacarnya dan kurangnya rasa percaya diri sendiri seperti takut kehilangan pacar yang dicintainya, banyak yang menilai sikap yang posesif itu negatif merugikan diri sendiri dan pacarnya seperti tingkat percaya yang kurang, rasa curiga, prasangka buruk dan benci terhadap seseorang.

Baca juga:  Kenali 10 Tanda Cowok Serius yang Siap Menikahimu

Akibat dari sifat posestif itu pacar menjadi tidak nyaman seperti terpenjara dan akhirnya hubungan kandas, sikap posesif tergantung darimana kamu memandang dan menilainya, ada yang baik manakala sikap posesif itu tidak berlebihan dan ada yang buruk manakala sikap posesif itu berlebihan.

Pacar menjadi posesif disebabkan dari pengalaman cinta yang tidak menyenangkan berulang kali seperti dibohongi sampai dikhianati sehingga dirinya memiliki rasa takut yang berlebihan bisa membuat dirinya ingin mengawasi, mengendalikan dan mendominasi pacarnya secara berlebihan.

Selain itu adanya trauma yang muncul karena rasa sayang yang berlebihan, merasa tidak aman terhadap hubungan cintanya sampai tidak percaya diri. Penyebabnya pacarnya cantik, tampan, keren dan banyak yang naksir bisa menimbulkan banyak saingan di dalam pikirannya, atau penyebab lainnya ingin menutupi kesalahannya kalau dia lagi berselingkuh jadi cenderung posesif ke pacarnya.

Baca juga:  Lima Alasan Inilah Membuat Cowok Belum Siap Menikah

Pacar pernah berbohong bisa membuat dirinya lebih posesif lagi karena dirinya merasa tidak percaya sama pacarnya “pernah dibohongi”. Di sini pentingnya komunikasi secara baik-baik, apa yang kamu inginkan sehingga pacar tahu kemauan kita. Pacar yang posesif karena ada masalah di hatinya menyangkut komitmennya pacarnya masih abu-abu, jadi usahakan selalu jujur apapun kepada pasangan.

Sikap posesif diperbolehkan apabila untuk menasihati secara baik-baik, sepanjang apa yang dilakukan oleh pacar tidak melanggar norma agama, aturan dan komitmen. Cinta akan berkembang dengan baik apabila kita sendiri mau merawatnya dan memupuknya dari awal secara wajar tidak berlebihan akan tumbuh indah dengan berjalannya waktu.

Tanda-tanda pacar memiliki cintanya romantis tapi posesif dalam hubungannya:
1. Bersikeras mengetahui keberadaan kamu.
Selalu ingin mengontrol hidupmu, jika pacar tidak bisa menghubungi kamu melalui telepon dia akan mencari-cari atau mengorek informasi dari kamu untuk mendapatkan jawaban yang detail

2. Menghubungi berkali kali.
Dia akan menghubungi kamu untuk mengetahui keberadaan pasangannya dan mengirim sms berkali-kali bahkan menelepon meski sudah larut malam.

Baca juga:  Empat Cara Cerdas Mengontrol Emosi Ketika Marah dengan Pasangan

3. Menganggap kamu adalah teman dia satu-satunya.
Baginya kamu adalah segalanya dan menuntut kamu untuk melakukan dan melalui semuanya secara bersama sama, jika kamu merencanakan jalan-jalan bersama teman-temanmu maka pacar merasa diabaikan dan marah-marah bisa membuat kamu jadi merasa serba salah (Bersambung).

Jangan lupa baca juga kelanjutannya: Cintanya romantis tapi posesif bagian 2

Kesimpulan Cintanya romantis tapi posesif bagian 1:

Sikap posesif diperbolehkan apabila untuk menasihati secara baik-baik, sepanjang apa yang dilakukan oleh pacar tidak melanggar norma agama, aturan dan komitmen. Walaupun memiliki sikap posesif harus didasari dan disikapi dengan saling menghormati, menghargai dan menjaga perasaan pacar, termasuk juga kebebasan pribadinya menjalani aktivitasnya dalam kerangka membentuk komitmen yang sehat

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca cintanya romantis tapi posesif bagian 1, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge