Inikah Emosi Cinta

Resolusi penyelesaian konflik dalam cinta

Resolusi penyelesaian konflik dalam cinta

Resolusi penyelesaian konflik dalam cinta bagaimana kita menyiapkan diri untuk menerima dan menghadapi serangkaian masalah datang silih berganti ketika menjalin hubungan cinta, konflik atau masalah yang terjadi dalam hubungan cinta janganlah beranggapan sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan.

Kesan yang muncul dalam menjalin hubungan cinta, ditemukan kalau hubungan cinta yang baik itu di dalamnya adalah sesuatu yang indah-indah, manis-manis dan segala macam berbau keromantisan tetapi kalau hubungan cinta yang tidak baik itu di dalamnya ada konflik atau masalah.

Padahal hubungan cinta yang menyehatkan bukan di dalamnya tidak ada masalah melainkan melalui konflik, kita jadi lebih mengenal dan memahami sedemikian rupa sang kekasih bagaimana orangnya yang sebenarnya termasuk bagaimana kemampuannya untuk menerima dan menghadapi suatu konflik maupun menyelaraskan dengan kemampuan diri kita.

Kalau ada konflik pasti ada penyelesaiannya atau resolusi, tergantung bagaimana kita bersama sang kekasih untuk membentuk dan mempersamakan buat memperhubungkan suatu pola umum yang muncul berurusan dengan gagasan yang berbeda. Biasa kita mengenalnya sebagai perbedaan pandangan terhadap suatu hal yang ada di luar diri kita untuk menyikapinya.

Baca juga:  Pacaran Lama itu Artinya Kamu Cuma Buang-buang Waktu

Kalau perbedaan pandangan dalam menghadapi konflik tidak bisa seirama, selamanya dalam menjalin hubungan cinta selalu saja tidak ada titik temunya atau jalan keluarnya. Tidak mungkin bisa kita menyatukan pandangan dengan cara memaksakan sesuai keinginan atau harapan kita, menyatukan dua kepala tidaklah mudah dibutuhkan proses dan sedikit mau melepaskan egonya dahulu.

Untuk menyikapi perbedaan pandangan dibutuhkan proses, dari perbedaan pandangan tersebut menuju bagaimana untuk menyikapinya lalu selanjutnya menimbulkan pola persamaan pandangan dari masing-masing pasangan dengan memikirkan bagaimana jalan untuk menyelesaikan konflik yang terjadi.

Melalui persamaan pola tersebut bisa memunculkan konteks dan latar belakang yang sama dalam menyelesaikan suatu konflik bisa memunculkan dinamika relasi yang kuat di antara pasangan atau melahirkan adanya ikatan internal yang kuat, cara penyelesaiannya biasa disebut resolusi konflik.

Bahwa resolusi konflik di dalamnya ada metode, proses dan penerapan yang terlibat bertujuan untuk memfasilitasi penyelesaian konflik secara positif buat menemukan persamaan titik temu bukan mengutamakan keegoisan dari salah satu pasangan saja.

Baca juga:  Lima Tanda Kamu Menjalani Hubungan Tidak Sehat

Penyelesaian dibutuhkan peran aktif dari masing-masing pasangan dengan cara berkomunikasi buat menyampaikan informasi mengenai pandangannya kepada kekasihnya dengan terlibat komunikasi maupun negosiasi kolektif, jadi dalam menjalin hubungan cinta bahwa konflik adalah suatu yang wajar dalam kehidupan percintaan.

Lalu bagaimana pemahaman terhadap resolusi konflik bisa menjadi efektif untuk meredakan ketegangan apabila terjadi adanya suatu konflik dalam hubungan cinta, tentu saja melalui proses pembelajaran dengan cara mendengarkan apa pandangan dari kita sendiri maupun sang kekasih.

Jangan lupakan juga kerendahan hati atau membuang dulu faktor keegoisan atau egonya di dalam diri kita masing-masing, perlu diperhatikan juga untuk mengingatkan kembali akan kesadaran niat dan tujuan awalnya dulu kenapa bersedia mau menjalin hubungan asmara bersama dengan kita.

Cara ini bisa dikatakan sebagai teguran keras apabila salah satu pihak mulai mengedepankan egonya dalam menyelesaikan suatu konflik dalam hubungan cintanya, semua resolusi konflik tidak akan berjalan dengan lancar apabila di dalamnya tidak menyertai hati sebagai ketenangan untuk mengontrol keegoisan atau ego sedangkan logika sebagai pemikiran untuk mencari solusi yang tepat.

Baca juga:  Gaya pacaran berpengaruh terhadap kelanggengan hubungan

Hati dan logika dalam resolusi konflik bisa menjadi kekuatan pengikat maupun penyambung sehingga masing-masing pasangan tidak ada yang saling dirugikan atau disakiti dalam mencari penyelesaian konflik yang terjadi di dalam hubungan cintanya, baca juga solusi mengatasi masalah cinta.

Kesimpulannya: resolusi penyelesaian konflik dalam cinta yang sehat apabila ketika ada konflik yang muncul di dalam kehidupan percintaan kita bukan malah melarikan diri melainkan hadapilah dengan bangga bersama sang kekasih sampai akhir, berawal dari konflik maka kita akan mengetahui bagaimana kemampuan sang kekasih untuk menerima dan menghadapi suatu konflik termasuk juga diri kita sendiri.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca resolusi penyelesaian konflik dalam cinta, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?




ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Gravityscan Badge