Inikah Emosi Cinta

Rasanya aku ingin mati saja

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Rasanya aku ingin mati saja
Ilustrasi acak tentang Rasanya aku ingin mati saja (sumber: Pixabay.com)

Rasanya aku ingin mati saja akhir-akhir ini sahabat terdekat atau pacar kita berubah tidak seperti biasanya, misalnya menjadi kurang semangat, malas beraktivitas, seringkali tidak fokus, menjadi lebih tertutup, prestasinya mulai menurun, suka menyendiri dan setiap kali ditanya ada apa lebih banyak diam apalagi kita pernah menemukan tulisan di catatan hariannya “rasanya aku ingin mati saja buat apa saya hidup”.

“Rasanya aku ingin mati saja jika kita menemukan tulisan di catatan hariannya ataupun ucapannya jangan pernah dianggap remeh atau dimarahi habis-habisan”

Tulisan di catatan hariannya merupakan penanda serius tidak boleh dianggap remeh atas gejala-gejala yang secara tidak langsung diperlihatkan oleh sahabat terdekat atau sang pacar kepada kita, kata-kata “rasanya aku ingin mati saja buat apa saya hidup” ada kemungkinan mengarah ke perilaku bunuh diri atas peristiwa yang bisa membuatnya risau.

Bila kita mengetahuinya jangan pernah menganggap tidaklah penting ataupun dimarahi habis-habisan dikaitkan dengan masalah dosa tetapi harus segera dibicarakan kepada keluarganya lalu dibawa untuk ditangani oleh psikiater walaupun niat bunuh diri tersebut belum dilaksanakannya baru dituliskannya di secarik kertas.

Baca juga:  Empat Cara Cerdas Mengontrol Emosi Ketika Marah dengan Pasangan

Kata-kata ingin mati belum tentu sahabat atau pacar kita memiliki niat tersebut untuk melaksanakannya, hanya sekedar ancaman saja sebagai upaya dari dia untuk mendapatkan perhatian dari kita atau orang-orang sekitarnya agar keinginannya terpenuhi tetapi kata-kata tersebut jangan pernah kita remehkan.

perilaku ingin mati saja penyebab utamanya adalah mengalami depresi serius, kata-kata yang berasal dari sahabat atau pacar kita tidaklah main-main tindakannya tersebut termasuk gejala-gejala yang ditunjukkannya. Tulisan dari catatan hariannya bisa dianggap sebagai petunjuk bahwa dia sebenarnya meminta pertolongan atau memohon bantuan tetapi bingung kepada siapa.

Belum tentu tujuan utamanya memilih untuk bunuh diri dalam mencari kematian atas masalahnya tetapi seiring dengan perjalanan waktu, tidak mendapatkan perhatian dan dukungan dari orang sekitarnya bisa jadi orang ini merasa tidak ada jalan lain untuk menghentikan rasa sakit dan nyeri di dalam jiwanya.

“Orang terdekat kita mengatakan rasanya aku ingin mati saja maka temani dengan tetap berada didekatnya dan berikan pelukan yang hangat bahwa kita memahami perasaannya”

Cara terbaiknya temani dia dengan mendengarkan masalahnya dan keluhannya, cara ini dapat membantu meringankan permasalahannya maupun perasaannya tetapi bila tetap saja dia memilih diam tidak mau berbicara jangan dipaksakan ataupun dimarahi apalagi mengkritiknya bisa membuatnya untuk memantapkan keyakinannya untuk melakukan perilaku bunuh diri tersebut karena tidak ada orang yang mau memahaminya.

Baca juga:  Sebaiknya Kamu Tanyakan Dulu Ketika Pacar Minta Break

Orang yang ingin bunuh diri atas masalah dalam hidupnya, dia menderita depresi berat dan nasihat yang panjang tidak akan cukup berpengaruh besar terhadap dirinya karena saat itu dirinya sedang mengalami gejolak yang sangat tinggi pada daya pikirnya dapat mempengaruhi faktor biologis dan psikososial apalagi ikut berperan didalamnya faktor lingkungan yang bisa membuat dirinya melakukan hal tersebut.

Apa yang harus kita lakukan, temani tetap berada didekatnya dengan bersikap empati dan berikan dukungan kepadanya. Kita tidak perlu bicara terlalu banyak ataupun memberikan nasihat yang panjang, berikan dia pelukan yang hangat bahwa kita ada disampingnya jauh lebih penting daripada memberikan nasihat yang panjang, hal ini bisa membuatnya merasa ada orang yang bersikap memberikan dukungan dan memahami perasaannya.

Berikan perhatian yang konsisten dan usahakan dia tetap berinteraksi dengan orang-orang terdekat yang bisa memahami perasaannya sedang buntu berkaitan dengan masalah dalam hidupnya apabila kita tidak bisa mengatasinya, jadi sebelum terlambat segera lakukan langkah antisipasi dengan membawanya ke psikiater.

Baca juga:  Cara Tepat Menolak Cinta Cewek Tanpa Menyakiti Perasaannya

Kesimpulan rasanya aku ingin mati saja adalah

Sahabat atau pacar akhir-akhir ini berubah tidak seperti biasanya dan kita menemukan tulisan di catatan hariannya bahwa dia ingin mati merupakan penanda serius tidak boleh dianggap remeh atas gejala-gejala yang sudah dijelaskan diatas, cara terbaiknya temani dia dengan mendengarkan masalahnya dan keluhannya. Kalau dia memilih diam jangan dipaksakan ataupun dimarahi apalagi mengkritiknya bisa memantapkan keyakinannya untuk melakukan perilaku bunuh diri karena tidak ada orang yang mau memahaminya.

Baca juga cara mempelajari ilmu cinta dengan mengenal dan memahami terlebih dahulu apa itu cinta secara utuh sehingga kamu bisa menjawab suatu permasalahan cinta, Cara mempelajari ilmu cinta.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca rasanya aku ingin mati saja, sobat menyukainya jangan lupa membookmark atau berbagi artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua.




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge