Inikah Emosi Cinta

Penyebab emosi tak terkontrol

penyebab emosi tak terkontrol

Apakah akhir-akhir ini kita kalau marah seringkali meledak-ledak atau menangis sejadi-jadinya sampai mata terlihat sembap ataupun kita terkadang merasa ingin marah, ingin menangis, ingin sedih dan semuanya campur jadi satu bahkan pemicunya disebabkan hal yang sepele atau juga tanpa ada alasan di belakangnya.

Bermasalah dengan mood kita sendiri salah satu penyebab emosi tak terkontrol maka tugas kita untuk mengolah bagaimana caranya supaya benang tersebut tidak kusut lagi

Keluhan tentang keadaan yang kurang bisa mengendalikan emosi ini bisa sampai mengganggu aktifitas keseharian bahkan kalau kita sedang sensitif sekali adakalanya kadar emosi bertambah dua kali lipat, apabila kita mengetahui dan menyadari kondisi kita seperti ini, tandanya kita masih sadar atau normal tetapi kalau kita tidak menyadari keadaan keluhan ini, tandanya kita mungkin mengalami keadaan gangguan jiwa kelas berat.

Apa yang sedang kita alami sekarang bahwa kita sedang bermasalah dengan mood kita sendiri, mood kita sepertinya berontak berlari-lari kesana kemari dan keadaan ini ada sesuatu dalam tubuh kita terutama jiwa kita ingin keluar tapi belum bisa keluar ibaratnya seperti benang kusut, jadi tugas kita untuk mengolah bagaimana caranya supaya benang tersebut tidak menjadi kusut lagi.

Baca juga:  Kenali 4 Tanda Kamu Sudah Siap untuk Jatuh Cinta Lagi

Biasanya masalah keadaan ini terjadi di usia belahan sampai dua puluhan tahun yang kerapkali dikendalikan oleh masalah hormonal terutama bagi perempuan saat terjadi siklus menstruasi, suatu bentuk keseimbangan yang rumit antara tubuh, pikiran dan emosi ditambah lagi kadar hormonnya turun akan ada perubahan mood yang bisa mempengaruhi emosi perempuan, misalnya tiba-tiba suka marah-marah, mudah tersinggung, mudah menangis, terlalu sensitif, cemas, depresi, agresif hingga gangguan kepada fisiknya seperti sakit kepala, timbul jerawat, lelah bahkan pingsan.

Penyebab emosi tak terkontrol kerapkali oleh masalah hormonal khususnya bagi perempuan saat terjadi perbedaan bentuk keseimbangan antara tubuh, pikiran dan emosi

Perempuan saat terjadi siklus menstruasi, gangguan yang kerapkali muncul adalah sindrom saat menghadapi menstruasi atau premenstrual syndrome yang meliputi gejala fisik maupun psikis pada umumnya tetapi apabila gangguan ini sangat mengganggu sekali terutama adanya perubahan mood atau premenstrual dysphoric disorder adalah gejala kejiwaan yang lebih ekstrim dari premenstrual syndrome seperti merasakan kesedihan sangat mendalam pada saat premenstrual syndrome bahkan ada keinginan untuk bunuh diri.

Baca juga:  Kenali 4 Tanda Kamu Sudah Siap untuk Jatuh Cinta Lagi

Seseorang yang mengalami keluhan gangguan terhadap moodnya yang terjadi akhir-akhir ini maka kita harus mengetahui sudah berapa lama kita mengalami keluhan ini muncul, masalah gangguan mood ini tidak bisa dianggap enteng atau digampangkan harus segera ditangani kalau tidak akan mengganggu aktifitas keseharian kita sendiri.

Ada baiknya meminta bantuan seorang psikiater untuk mendapatkan bantuan supaya benang kusut tersebut tidak menjadi kusut lagi tentu melalui proses latihan pengendalikan diri supaya masalah gangguan mood ini bisa diatasi apabila tidak segera ditangani dikhawatirkan akan menunjukkan dorongan impuls yang keluar tanpa bisa kita kendalikan.

Apabila penyebab emosi tak terkontrol tidak segera ditangani efeknya akan terlihat dari menurunnya kualitas hidup dan produktivitas kita

Gejala masalah gangguan mood ini akan mengganggu aktifitas keseharian kita dan efek mencapai puncaknya terlihat dari menurunnya kualitas hidup dan produktivitas kita, misalnya tiba-tiba mudah marah karena hal sepele, memakai narkoba atau minum minuman keras sebagai jalan keluarnya, dan lain-lain.

Baca juga:  Kenali 4 Tanda Kamu Sudah Siap untuk Jatuh Cinta Lagi

Kesimpulannya penyebab emosi tak terkontrol adalah bila marah seringkali meledak-ledak atau menangis sejadi-jadinya dan pemicunya disebabkan hal yang sepele atau tanpa ada alasan di belakangnya apalagi bila kita sedang sensitif, kadar emosi bisa bertambah dua kali lipat dan keluhan ini kalau terlalu lama dibiarkan tidak segera ditangani bisa mengganggu aktifitas keseharian kita.

Bila kita menyadari kondisi ini tandanya kita masih sadar tetapi kalau kita tidak menyadarinya tandanya kita mungkin mengalami gangguan jiwa kelas berat. keluhan keadaan ini seperti benang kusut, jadi tugas kita untuk mengolah bagaimana caranya supaya benang tersebut tidak menjadi kusut lagi.

Ada baiknya kita meminta bantuan psikiater untuk mendapatkan bantuan supaya benang tersebut tidak menjadi kusut lagi melalui proses latihan supaya masalah gangguan mood bisa diatasi apabila tidak segera ditangani dikhawatirkan akan mengganggu aktifitas keseharian dan efeknya merosotnya kualitas hidup dan produktivitas kita.

Terima kasih kawan sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca artikel penyebab emosi tak terkontrol, bagaimana lovers ada komentar lain?




ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Gravityscan Badge